ZCgRxn24sMSt1P8PT34NVVluf7C7ODQ8eSh7SrtI
Bookmark

Materi Pengertian , karakteristik, manfaat dan dimensi Kewirausahaan Mapel Prakarya kelas 10 SMA/MA

Materi Pengertian , karakteristik, manfaat dan dimensi Kewirausahaan Mapel Prakarya kelas 10 SMA/MA - Halo adik adik apa kabar? semoga dalam keadaan sehat selalu, nah pada kesempatan yang baik ini kakak ingin menyampaikan jangan lupa untuk menggunakan masker, menjaga jarak dan tentunya mencuci tangan untuk menghindari penyebaran wabah virus corona. Oiya kali ini kakak ingin membagikan materi tentang Pengertian , karakteristik, manfaat dan dimensi Kewirausahaan dari mata pelajaran Prakarya untuk adik adik kelas X SMA/MA. Semoga dengan adanya materi ini bisa bermanfaat yah. Semangat!!

Materi Pengertian , karakteristik, manfaat dan dimensi Kewirausahaan Mapel Prakarya kelas 10 SMA/MA
Materi Pengertian , karakteristik, manfaat dan dimensi Kewirausahaan Mapel Prakarya kelas 10 SMA/MA

Menjadi pengusaha muda sukses tentu bukan perkara mudah. Bangun jalan menuju kesuksesan juga bukan hal yang mudah. Tetapi bukan berarti tidak mungkin. Modul ini sebagai pendamping buku teks pelajaran (BTP) atau buku sekolah elektronik (BSE)sebagai media pendukung bagi kalian dalam memahami materi tentang karakteristik Kewirausaan. 

Materi Karakteristik Kewirausahaan  ini adalah materi yang sangat penting dan harus kalian kuasai karena dapat memberikan gambaran kepada kalian bagaimana  menjadi pengusaha muda yang sukses. Karakteristik apa saja yang harus kalian miliki agar bisa sukses menjadi pengusaha muda. Juga mengidentifikasi faktor apa saja yang menjadikan seorang wirausahawan berhasil dan faktor apa saja yang membuat seorang wirausahawan mengalami kegagalan. Serta kiat-kiat sukses untuk menjadi seorang pengusaha muda. 


Baca Juga

 

Mempelajari modul ini kalian harus membaca modul ini dengan cermat. Melalui kegiatan membaca dan mempelajari materi, kalian dilanjutkan dengan mengerjakan latihan soal sebagai alat evaluasi disertai refleksi. 

Semoga modul ini bermanfaat, kalian dapat mengerti dan memahami isi modul serta menerapkannya. 

Istilah

  • Karakteristik : sifat-sifat khusus yang membedakan seseorang dengan individu lainnya. 
  • Entrepreneurship :  suatu proses dalam mengerjakan sesuatu yang baru (creative), dan sesuatu yang berbeda (inovative) yang bermanfaat dan memberi nilai lebih. 
  • Entrepreneur : orang yang berjiwa berani mengambil resiko untuk melaksanakan pekerjaannya untuk mencapai hasil yang lebih baik dengan tidak melanggar aturan yang berlaku 

A. Tujuan Pembelajaran 

Setelah kegiatan pembelajaran 1 ini diharapkan peserta didik dapat mengidentifikasi karakteristik kewirausaan, pengertian, manfaat dan dapat menganalisa faktor-faktor keberhasilan dan kegagalan wirausahaan. 

B. Uraian Materi 

Anak-anakku hebat, sebelum mempelajari pengertian, manfaat dan dimensi kewirausaan, ayo kita baca kisah sukses pengusaha muda di bawah ini. 




Jual Kerajinan dari Daun Kering Beromzet Miliaran, Ini Kisah Dewi Tanjung Sari 
Di dunia bisnis, kreativitas adalah kunci utama untuk bisa bertahan dan sukses. Tanpa kreativitas, gempuran persaingan yang ketat akan meluluhlantakkan segala hal. Hal itu telah disadari oleh Dewi Tanjung Sari. Berangkat dari kreativitasnya, ia memulai sebuah usaha dengan modal yang tergolong sedikit. 

Berlatarbelakang keluarga yang sederhana, keadaan tak mengubur semangat Dewi untuk menjadi pengusaha sukses. Masuk kuliah diploma di Universitas Brawijaya pada tahun 2003, ia mulai menunjukkan geliatnya di dunia bisnis. Di sela-sela kesibukan perkuliahan, Dewi berinisiatif membuat kerajinan dari daun kering. 

Pada awalnya, Dewi memunguti daun-daun yang ada di halaman kampusnya untuk dijadikan kerajinan. Ia membentuk daun-daun itu menjadi pigura foto, kotak pensil, undangan, dan kreasi kerajinan lain. Dengan hanya bermodal Rp 50 ribu, dijadikannya ajang-ajang pameran di kampus sebagai kesempatan Dewi menjual produk kerajinan buatannya. 

Adapun selain menjualnya di pameran, Dewi biasa menitipkan kerajinannya kepada teman kuliah untuk dijual. Dari situ, ia kemudian mengetahui bahwa kerajinan buatannya itu banyak diminati orang. Hampir setiap membuatnya dalam jumlah tertentu, produk kerajinan itu habis terjual ke teman-teman kuliahnya. Maka dari situ, Dewi semakin bersemangat untuk menjalankan bisnis itu. 

Hanya berlangsung 2 tahun saja, yakni di tahun 2005, usaha Dewi berkembang begitu pesat. Ia mulai mengekspor kerajinan buatannya ke luar negeri. Namun ketika itu, produk-produknya telah dimodifikasi. Salah satu modifikasi tersebut ialah Dewi mulai membuat kerajinan dari limbah. 
Dari sini, Dewi lalu merekrut 16 karyawan. Karena keunikan bahan baku dan kreativitasnya, produk Dewi laku di Australia, Hongkong, Malaysia, hingga Jerman. Omzet yang didapatkan Dewi kala itu mencapai puluhan juta. 
 
Namun, kemonceran bisnis kerajinannya tak hanya sampai di situ. Setelah sempat mengalami krisis di tahun 2009, Dewi lalu berinisiatif membuat franchise untuk bisnisnya dengan nama De Tanjung. Dari ide itu, usahanya lalu berkembang di banyak kota di Indonesia mulai dari Malang, Bekasi, Bontang, Palu, Cirebon, bahkan hingga Papua. 
 
Di tahun 2010 saja, omzet bisnis Dewi mencapai Rp 1,1 miliar dengan keuntungan bersih hingga Rp 237 miliar. Maka, akibat kreativitas juga kegigihannya menjalankan bisnis dari waktu ke waktu, nasib telah membayar perjuangannya. 
 
Anak-anakku hebat, apakah dengan membaca kisah sukses dari pengusaha sukses di atas ada keinginan dari kalian untuk menjadi pengusaha sukses? 
Ayo kita pelajari materi di bawah ini untuk menyiapkan diri menjadi pengusaha sukses. 
 

1. Pengertian Kewirausahaan 

 
a. John J, 1993

Usaha untuk menciptakan nilai melalui pengenalan kesempatan bisnis, menejemen pengambilan resiko yang tepat, dan melalui keterampilan komunikasi untuk memobilisasi seseorang, manusia,  uang dan bahanbahan baku atau sumberdaya lain yang diperlukan untuk lain yang diperlukan untuk menghasilkan proyek supaya terlaksana dengan baik. 

b. Intruksi, 1995 

semangat, sikap, prilaku, dan kemampuan seseorang presiden dalam menangani usaha atau kegiatan yang mengarah RI No.4  pada upaca mencari, menciptakan, menerapkan cara  kerja, teknologi dan produk baru dengan meningkatkan efisiensi dalam rangka memberikan pelayanan yangh lebih baik dan memperoleh keuntungan yang lebih besar. (Tercantum juga dalam lampiran keputusan menteri koperasi dan pembinaan pengusaha kecil nomor 961/KEP/M/XI/1995) 

c. Zimmerer, 1996
 
suatu proses penerapan kreativitas dan inovasi dalam memecahkan persoalan dan menemukan peluang untuk memperbaiki kehidupan. 

d. Robert, 2005

Suatu proses dinamis atau penciptaan tambahan D.Hisrich kekayaan-kekayaan diciptakan oleh individu yang berani mengambil resiko utama dengan syarat-syarat kewajaran, waktu, dan komitmen karir atau penyediaan nilai untuk berbagai barang dan jasa produk dan jasa tersebut tidak atau mungkin baru atau unik, tetapi nilai tersebut bagaimanapun juga harus dipompa oleh usahawan dengan penerimaan dan penempatan kebutuhan, keterampilan dan sumber-sumber daya.
 
 
Jadi, kewirausahaan (entrepreneurship) adalah suatu proses dalam mengerjakan sesuatu yang baru (creative), dan sesuatu yang berbeda (inovative) yang bermanfaat dan memberi nilai lebih. Kewirausahaan adalah usaha menciptakan nilai tambah dengan jalan mengkombinasikan sumber-sumber melaui cara-cara baru dan berbeda untuk memenangkan persaingan.  


Karena Kewirausahaan mempelajari tentang nilai, kemampuan, dan prilaku seseorang dalam berkreasi dan berinovasi, maka objek studi kewirausahaan adalah kemampuan. Kemampuan dalam arti seseorang  mampu merumuskan tujuan hidup, kemampuan mengatur waktu, kemampuan membiasakan diri untuk selalu belajar dari pengalaman, kemampuan tidak lekas puas atau sebaliknya frustasi apabila mengalami kegagalan,  dan kemampuan mental yang yang kuat dalam menghadapi tantangan yang terjadi misalnya persaingan, kemajuan teknologi, dan segala bentuk perubahan yang terjadi.  
 
Jadi secara sederhana arti wirausahawan (entrepreneur) adalah orang yang berjiwa berani mengambil resiko untuk melaksanakan pekerjaannya untuk mencapai hasil yang lebih baik dengan tidak melanggar aturan yang berlaku terutama bagi pegawai yang bekerja  di instansi pemerintah atau swasta, atau jika seorang pengusaha berani membuka usaha dalam berbagai kesempatan tanpa diliputi rasa takut atau cemas dalam kondisi tidak pasti (belum mencapai BEP atau belum menguntungkan).   
 

2. Karakteristik  Kewirausahaan 

Percaya diri
1. Bekerja dengan penuh keyakinan 
2. Tidak berketergantungan dalam melakukan pekerjaan 

Berorientasi pada tugas dan hasil
1. Memenuhi kebutuhan akan prestasi 
2. Orientasi pekerjaan berupa laba, tekun dan tabah, tekad kerja keras 
3. Berinisdiatif 

Pengambil resiko
1. Berani dan mampu mengambil resiko kerja 
2. Menyukai pekerjaan yang menantang 

Kepemimpinan
1. Bertingkah laku sebagai pemimpin yang terbuka terhadap saran dan kritik 
2. Mudah bergaul dan bekerjasama dengan orang lain 

Berfikir kearah hasil (manfaat)
1. Kreatif dan inovatif 
2. Luwes dalam melaksanakan pekerjaan 
3. Mempunyai banyak sumberdaya 
4. Serba bisa dan berpengetahuan luas 

Keorsinilan
1. Berfikiran menatap ke depan 
2. Perspektif 


Sumber : Naskah akademik program kewirausahaan SMA Dir. PSMA 2016 
   

3. Manfaat Kewirausahaan 

Thomas W Zimmerer et al. (2005) merumuskan manfaat kewirausahaan adalah sebagai berikut: 
  • Memberi peluang dan kebebasan untuk mengendalikan nasib sendiri. Memiliki usaha sendiri akan memberikan kebebasan dan peluang bagi wirausahawan untuk mencapai tujuan hidupnya.  
  • Memberi peluang melakukan perubahanSemakin banyak wirausahawan yang memulai usahanya karena mereka dapat menagkap peluang untuk melakukan berbagai perubahan yang menurut mereka sangat penting. Mungkin berupa penyediaan perumahan sederhana yang sehat dan layak pakai, dan mendirikan daur ulang limbah untuk melestarikan sumber daya alam yang terbatas, wirausahawan kini menemukan cara untuk mengombinasikan wujud kepedulian mereka terhadap berbagai masalah ekonomi dengan sosial dengan harapan untuk menjalani hidup yang lebih baik. 
  • Memberi peluang untuk mencapai potensi diri sepenuhnyaBanyak orang menyadari bahwa bekerja di suatu perusahaan seringkali membosanka, kurang menantang dan tidak ada daya tarik. Hal ini tentu tidak berlaku bagi seorang wirausahawan, bagi mereka tidak banyak perbedaan antara bekerja atau menyalurkan hobi atau bermain, keduanya sama saja. Bisnis-bisnis yang dimiliki oleh wirausahawan merupakan alat untuk menyatakan aktualisasidiri. Keberhasilan mereka adalah suatu hal yang ditentukan oleh kreativitas, antusias, inovasi, dan visi mereka sendiri.  
  • Memiliki peluang untuk meraih keuntunganKeuntungan berwirausahawan merupakan faktor motivasi yang penting untuk mendirikan usaha sendiri, “Orang-orang yang bekerja memiliki perusahaan sendiri empat kali lebih besar untuk menjadi jutawan daripada orang-orang yang bekerja untuk orang lain (karyawan perusahaan lain). 
  • Memiliki peluang untuk berperan aktif dalam masyarakan dan mendapatkan pengakuan atas usahanyaPengusaha atau pemilik usaha kecil seringkali merupakan warga masyarakat yang paling dihormati dan dipercaya. Kesepakatan bisnis berdasarkan kepercayaan dan saling merhormati adalah ciri pengusaha kecil.Pemilik menyukai kepercayaan dan pengakuan yang diterima dari pelanggan yang telah dilayani dengan setia selam bertahun-tahun.  
  • Memiliki peluang untuk melakukan sesuatu yang disukai dan menumbuhkan rasa senang dalam mengerjakanHal yang didasarkan oleh pengusaha kecil atau pemilik perusahaan kecil adalah bahwa kegiatan usaha mereka sesungguhnya bukan kerja. Kebanyakan kewierausahawan yang berhasil memilih masuk dalam bisnis tertententu, sebab mereka tertarik dan menyukai pekerjaan tersebut. Mereka menyalurkan hobi atau kegemaran mereka menjadi pekerjaan mereka dan mereka senang bahwa mereka melakukannya. Dengn beberapa manfaat berkewirausahaan tersebut diatas jelas bahwa menjadi wirausahawan lebih memiliki berbagai kebebasan yang tidak mungkin diperoleh jika seseorang menjadi karyawan atau menjadi orang gajian atau menjadi pekerja bagi para pemilik perusahaan. 
Sumber: Leonardus Saiman. Kewirausahaan Teori, Praktek, dan Kasus-kasus. 
(2009, Jakarta: Salemba Empat).hal: 44-45  
   

4. Dimensi Kewirausahaan 

Dimensi kewirausahaan terdiri dari : 

a. Kualitas dasar kewirausahaan yang terbagi tiga yaitu: 
- Daya pikir 
Seorang wirausaha mampu berpikir kreatif, dalam artian memiliki ide-ide yang baru, yang belum dipikirkan orang. Mampu menciptakan inovasiinovasi untuk  pengembangan usahanya 
- Daya hati/Qolbu 
Kualitas dasar ini adalah seorang wirausaha harus memiliki keteguhan hati, ketekunan, keuletan, dan mau berusaha. Meskipun pernah gagal namun pantang menyerah untuk mencoba kembali. 
- Daya fisik 
Seorang wirausaha harus memiliki ketahanan fisik, harus menjaga kesehatannya, karena dengan memiliki kesehatan yang baik maka akan mudah dalam menjalankan usahanya 
 
b. Kualitas instrumental kewirausahaan 
Kualitas instrumental terkait dengan kemampuan penguasaan terhadap disiplin ilmu, baik mono disiplin ilmu, antar disiplin ilmu, maupun lintas disiplin ilmu. Kewirausahaan bukanlah sekadar mono-disiplin (ekonomi, matematika, manajemen, dan sebagainya.) dan juga bukan hanya antar disiplin ilmu (manajemen perusahaan, ekonomi pertanian, psikologi industri, dan sebagainya), akan tetapi juga lintas disiplin ilmu (lingkungan hidup, kependudukan, dan sebagainya)  
 
Nah, anak-anakku hebat karakteristik kewirausahaan yang mana yang sudah ada pada diri kalian ? Ayo kalian pupuk dan kembangkan sehingga terbentang jalan untuk menuju sukses menjadi pengusaha muda. 
 

C. Rangkuman 

  1. Kewirausahaan (entrepreneurship) adalah suatu proses dalam mengerjakan sesuatu yang baru (creative), dan sesuatu yang berbeda (inovative) yang bermanfaat dan memberi nilai lebih. Kewirausahaan adalah usaha menciptakan nilai tambah dengan jalan mengkombinasikan sumber-sumber melaui cara-cara baru dan berbeda untuk memenangkan persaingan. 
  2. Wirausahawan (entrepreneur) adalah orang yang berjiwa berani mengambil resiko untuk melaksanakan pekerjaannya untuk mencapai hasil yang lebih baik dengan tidak melanggar aturan yang berlaku. 
  3. Karakteristik kewirausahaan antara lain adalah percaya diri, berorientasi pada tugas, berani mengambil resiko, kepemimpinan, berpikir kearah hasil dan keorisinalan. 
  4. Manfaat kewirausahaan antara lain memberi peluang dan kebebasan untuk mengendalikan nasib sendiri. 
  5. Dimensi Kewirausahaan ada dua yaitu kualitas dasar kewirausahaan dan kualitas instrumental 

D. Penugasan Mandiri 

Anak-anakku hebat kalian telah membaca biografi Kisah Dewi Tanjung Sari 
 Dari tulisan tentang Kisah Dewi Tanjung Sari di atas karakter kewirausahaan apa sajakah yang dimiliki oleh Dewi Tanjung Sari sehingga sukses menjadi pengusaha muda ? 

E. Latihan Soal 

  1. Jelaskan perbedaan Entrepreneur dan Entrepreneurship. 
  2. Pak Andy, seorang wirausahawan yang bergerak dibidang kerajinan. Dia lulusan S-1 management. Pak Andy selalu memberikan nuansa baru pada setiap hasil karyanya sehingga memberikan kesan tersendiri kepada pelanggannya. Setiap hari pelanggan pak Andy bertambah sehingga semakin lama usahanya semakin berkembang. Ditempat lain ada Bu Rahardjo yang mengembangkan usaha batik jumputan. Bu Rahardjo lulusan S-2 management bisnis. Setiap hari Ibu Rahardjo menjual batik jumputan  yang sama sehingga pelanggannya relative sama yaitu pelanggan yang menyukai batik tersebut. Usaha Bu Rahardjo tidak bangkrut tetapi juga tidak berkembang alias stagnan. 
    • Apa perbedaan dari karakteristik yang dimiliki Pak Andi dan Bu Rahardjo sehingga usahanya bisa berkembang dan satunya stagnan. 
    • Apakah kesamaan keduanya? 
  3. Identifikasikan manfaat-manfaat  kewirausahaan. 
  4. Jika seorang wirausaha mempunyai karakter berpikir obyektif dan kreatif, kemampuan apakah yang dimilikinya? 

Baca Juga

 
 
Kunci Jawaban Latihan Soal Kegiatan Pembelajaran 1 
  1. Entrepreneurship adalah suatu proses dalam mengerjakan sesuatu yang baru (creative), dan sesuatu yang berbeda (inovative) yang bermanfaat dan memberi nilai lebih. Sedangkan entrepreneur adalah orang yang berjiwa berani mengambil resiko untuk melaksanakan pekerjaannya untuk mencapai hasil yang lebih baik dengan tidak melanggar aturan yang berlaku. 
  2. a. Perbedaan antara Pak Andy dan Bu Rahardjo adalah bahwa Pak Andy selalu berinovasi dengan usaha yang dijalankannya sehingga usahanya menjadi maju. Sedangkan Bu Rahardjo menjual dengan menu yang sama dn tidak berinovasi. b. Persamaan keduanya adalah punya kualitas instrumental yang memadai. 
  3. Manfaat kewirausahaan antara lain memberi peluang dan kebebasan untuk mengendalikan nasib sendiri. 
  4. mampu menganalisis setiap kesempatan bisnis yang muncul dan pengendalian diri yang matang sehingga mampu merencanakan dan mengendalikan bisnis secara objektif dan tidak mengandalkan pertolongan ataupun fasilitas yang ada di luar kemampuan atau mengandalkan fasilitas atau kemudahan dari pihak lain. 

E. Penilaian Diri 



Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Materi Pengertian , karakteristik, manfaat dan dimensi Kewirausahaan Mapel Prakarya kelas 10 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!! 

#
Dimensi Kewirausahaan File ini dalam Bentuk .pdf File Size 74Kb
Diupload oleh www.bospedia.com

    Pencarian yang paling banyak dicari
    • pengertian kewirausahaan
    • karakteristik wirausaha adalah
    • contoh karakteristik kewirausahaan
    • karakteristik kewirausahaan dan contohnya
    • karakteristik wirausaha pdf
    • karakteristik wirausaha menurut para ahli
    • karakteristik wirausaha menurut bygrave
    • tujuan kewirausahaan
    •