ZCgRxn24sMSt1P8PT34NVVluf7C7ODQ8eSh7SrtI
Bookmark

Materi Jenis Bahan Dan Alat Pengolahan Makanan Awetan Bahan Pangan Hewani Mapel Prakarya kelas 10 SMA/MA

Materi Jenis Bahan Dan Alat Pengolahan Makanan Awetan Bahan Pangan Hewani Mapel Prakarya kelas 10 SMA/MA - Halo adik adik apa kabar? semoga dalam keadaan sehat selalu, nah pada kesempatan yang baik ini kakak ingin menyampaikan jangan lupa untuk menggunakan masker, menjaga jarak dan tentunya mencuci tangan untuk menghindari penyebaran wabah virus corona. Oiya kali ini kakak ingin membagikan materi tentang Jenis Bahan Dan Alat Pengolahan Makanan Awetan Bahan Pangan Hewani  dari mata pelajaran Prakarya untuk adik adik kelas X SMA/MA. Semoga dengan adanya materi ini bisa bermanfaat yah. Semangat!!

Materi Jenis Bahan Dan Alat Pengolahan Makanan Awetan Bahan Pangan Hewani Mapel Prakarya kelas 10 SMA/MA
Materi Jenis Bahan Dan Alat Pengolahan Makanan Awetan Bahan Pangan Hewani Mapel Prakarya kelas 10 SMA/MA

Modul ini sebagai pendamping buku teks pelajaran (BTP) atau buku sekolah elektronik (BSE) sebagai media pendukung bagi kalian dalam memahami materi tentang sistem pengolahan makanan awetan dari bahan pangan hewani dan  pengemasan berdasarkan daya dukung yang dimiliki oleh daerah setempat. 

Materi sistem pengolahan makanan awetan dari bahan pangan hewani dan  pengemasan berdasarkan daya dukung yang dimiliki oleh daerah setempat ini adalah materi yang sangat penting dan harus kalian kuasai karena berguna dalam kehidupan sehari-hari sebagai tahap lanjutan untuk memulai suatu usaha yang berkaitan dengan pengolahan makanan awetan  yang dimiliki oleh daerah setempat. 

Dalam mempelajari modul ini kalian harus membaca modul ini dengan cermat. melalui kegiatan membaca dan mempelajari materi, kemudian dilanjutkan dengan mengerjakan latihan soal sebagai alat evaluasi disertai refleksi.Semoga modul ini bermanfaat, kalian dapat mengerti dan memahami isi modul serta menerapkannya.  

Istilah

  • Chest Freezer : Tempat untuk menyimpan bahan baku 
  • Irradiasi.: Penggunaan energy untuk penyinaran bahan makanan dengan menggunakan radiasi buatan 
  • Press cooker : Suatu alat memasak bertekanan tinggi 
  • Refrigerator  : Tempat untuk menyimpan produk jadi selama menunggu 
  • Radiasi : Semua jenis energy yang di pancarkan tanpa media 

A. Tujuan Pembelajaran 

Setelah kegiatan pembelajaran 1 ini diharapkan, siswa dapat: 
  1. Memahami jenis dan karakteristik bahan makanan awetan bahan pangan hewani. 
  2. Mengidentifikasi alat pengolahan makanan awetan bahan pangan hewani. 

B. Uraian Materi 

Mengolah makanan awetan dari bahan hewani, tentunya kalian perlu memahami jenis dan karakteristik bahan maupun alat pengolahan  untuk mengawetkan dari bahan hewani terlebih dahulu.  

1. Produk Makanan Awetan Hewani 

Produk makanan awetan hewani yang sudah mengalami proses pengolahan sehingga mempunyai keawetan yang lebih tinggi, tetapi tidak menggunakan  pengawet, karena untuk mengawetkan makanan banyak proses yang bisa dilakukan. Pada Proses pengolahan dan pengemasan yang baik juga dapat mengawetkan produk makanan. Pengawetan pada makanan bertujuan agar produk tahan lama dan tak mudah busuk.  
 
Pengawetan makanan juga bisa meningkatkan kualitas produk makanan. Sebab, pengawet makanan mencegah pertumbuhan mikroorganisme pembusuk sehingga memperpanjang daya simpan. Namun, tidak semua pengawet aman digunakan. Bahkan, sebagian besar malah membahayakan tubuh. Pengawet bisa menyebabkan gangguan kesehatan jangka pendek seperti infeksi saluran pernapasan dan diare. Juga gangguan kesehatan jangka panjang macam kerusakan jantung dan ginjal.  pengawetan makanan harus memperhatikan bahan yang diawetkan, keadaan bahan, cara pengawetan bahan, dan daya tarik bahan makanan. 

2. Jenis-jenis dan karaktristik produk makanan awetan hewani 

Jenis produk makanan awetan hewani secara  alami dan tidak alami.  Terkait dengan makanan awetan hewani, setiap hewan memiliki karaktristrik tersendiri dari jenis-jenis hewan berdasarkan jenis jenis hewan pengolahannya tergolong menjadi 4 yaitu pengeringan, pembekuan, pengasapan, dan pemanasan. Jenis produk makanan awetan hewani menggunakan teknologi dengan menggunkan pengawetan zat-zat kimia dan irradiasi. Contoh produk makanan awetan hewani   Olahan bandeng yang satu ini sih jelas sudah tidak asing lagi. Apalagi kalau anda sedang melancong ke kota Semarang. Olahan bandeng presto ini ada di manamana.  Bandeng presto sendiri merupakan ikan bandeng yang diolah dengan cara dipresto hingga durinya lunak. Bandeng dipresto bersama berbagai bumbu, seperti garam, bawang putih, dan kunyit. Setelah matang, anda bisa langsung menyantapnya atau digoreng garing dengan balutan telur kocok. 

3. Alat Pengolahan Makanan Awetan 

Peggolahan makanan sangat berhubungan peralatan dalam proses pengolahan makanan awetan hewani.  Peralatan pengolahan adalah berbagai benda atau perkakas yang digunakan untuk mengolah suatu masakan sehingga bahan makan itu bias menjadi lebih tahan lama. Berbagai benda atau perkakas yang digunakan untuk mengolah suatu masakan. Jenis  Peralatan dari Baja, Stainless steel, alumunium, tembaga, kayu, dan karet.   
 
Bahan makanan dari bahan hewani pada umumnya mudah rusak (daya awetnya rendah), bersifat lunak, tidak tahan tekanan, Sifat setiap bahan sangat spesifik dan sangat sulit digeneralisasi dan Umumnya merupakan sumber protein dan lemak Karakteristik bahan makanan awetan hewani adalah : 
  • Bahan pangan hewani adalah bahan pangan yang mempunyai waktu penyimpanan lebih singkat dari bahan pangan nabati jika bahan pangan nabati masih dalam keadaan segar terkecuali Telur 
  • Karakteristik selanjutnya pagan hewani lebih lunak tekstur nya dan lembek dari bahan pangan nabati. 
  • Sifat karakteristik bahan pangan hewani sangat spesifik sehingga tidak dapat digeneralisasi.     
  • Kandungan dari bahan pangan hewani banyak mengandung sumber protein dan lemak 

C.  Rangkuman 

  1. Produk makanan awetan hewani  adalah produk makanan yang sudah mengalami proses pengolahan sehingga mempunyai keawetan yang lebih tinggi. Pengawetan makanan bertujuan untuk meningkatkan daya tahan baik keadaan fisik maupun unsur kimia didalamnya sehingga bertahan lebih lama. 
  2. Bahan untuk meawetkan salah satu contoh garam melalui prose pengaraman. 
  3. Alat pengolahan terdiri atas kayu, baja, karet, dan stenlis 

D. Penugasan Mandiri (optional) 

Ayo setelah kalian mempelajari materi pada kegiatan pembelajaran 1 ini, lakukanlah hal-hal berikut: 
  1. Amatilah lingkungan di sekitar kalian. Adakah usaha kuliner makanan! 
  2. Lalu, berdasarkan pengamatan kalian, analisalah jenis makanan tersebut termasuk kategori bahan pangan hewani atau nabati! 

E. Latihan Soal 

Yuk cek penguasaanmu terhadap kegiatan pembelajaran 1 tentang jenis dan alat pengolahan makanan awetan. Agar dapat dipastikan bahwa kalian telah menguasai materi tersebut di atas, maka kerjakan soal berikut secara mandiri di buku tulis kalian masing-masing.  

Kerjakan soal berikut ini! 
  1. Jelaskan pengertian dari bahan makanan awetan hewani! 
  2. Mengapa setiap makanan awetan mempunyai karakteristik berbeda dengan bahan yang digunakan untuk pengolahan makanan awetan hewani?  
  3. Tuliskan contoh (minimal 3) makanan awetan dari bahan pangan hewani! 

PEMBAHASAN LATIHAN SOAL  

  1. Makanan awetan hewani  adalah produk makanan yang sudah mengalami proses pengolahan sehingga mempunyai keawetan yang lebih tinggi.  
  2. Karakteristik bahan makanan awetan hewani adalah : 
    • Bahan pangan hewani adalah bahan pangan yang mempunyai waktu penyimpanan lebih singkat dari bahan pangan nabati jika bahan pangan nabati masih dalam keadaan segar terkecuali Telur 
    • Karakteristik selanjutnya pagan hewani lebih lunak tekstur nya dan lembek dari bahan pangan nabati. 
    • Sifat karakteristik bahan pangan hewani sangat spesifik sehingga tidak dapat digeneralisasi.     
    • Kandungan dari bahan pangan hewani banyak mengandung sumber protein dan lemak 
  3. Contoh bahan pangan hewani : 
    • telur = telur ayam, teluru burung. 
    • daging = daging sapi, domba, kambing, ayam • ikan = ikan air tawar, ikan air laut, udang, kerang • susu = susu sapi, susu kambing. 

F. Penilaian Diri 

Berikut diberikan tabel untuk mengukur diri kalian terhadap materi yang sudah kalian pelajari. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jujur dan bertanggung jawab! 


Bila ada jawaban "Tidak", maka segera lakukan review pembelajaran, terutama pada bagian yang masih "Tidak". Bila semua jawaban "Ya", maka Anda dapat melanjutkan ke pembelajaran berikutnya. 

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Materi Jenis Bahan Dan Alat Pengolahan Makanan Awetan Bahan Pangan Hewani Mapel Prakarya kelas 10 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!! 

#
 Jenis Bahan Dan Alat Pengolahan Makanan Awetan File ini dalam Bentuk .pdf File Size 74Kb
Diupload oleh www.bospedia.com

    Pencarian yang paling banyak dicari
    • contoh makanan awetan dari bahan hewani khas daerah
    • contoh makanan awetan hewani yang mudah dibuat
    • jenis dan karakteristik bahan dan alat pengolahan makanan khas daerah
    • contoh makanan awetan dari bahan nabati
    • pengolahan makanan awetan dari bahan hewani
    • contoh makanan awetan dari bahan nabati dan cara membuatnya
    • perbedaan karakteristik bahan pangan nabati dan hewani
    • minuman awetan dari bahan hewani
    Post a Comment

    Post a Comment