ZCgRxn24sMSt1P8PT34NVVluf7C7ODQ8eSh7SrtI
Bookmark

Materi Konsumen, Pesaing Usaha dan Strategi Pemasaran Hasil Produk Kerajinan non Benda Mapel Prakarya kelas 10 SMA/MA

Materi Konsumen, Pesaing Usaha dan Strategi Pemasaran Hasil Produk Kerajinan non Benda Mapel Prakarya kelas 10 SMA/MA - Halo adik adik apa kabar? semoga dalam keadaan sehat selalu, nah pada kesempatan yang baik ini kakak ingin menyampaikan jangan lupa untuk menggunakan masker, menjaga jarak dan tentunya mencuci tangan untuk menghindari penyebaran wabah virus corona. Oiya kali ini kakak ingin membagikan materi tentang Konsumen, Pesaing Usaha dan Strategi Pemasaran Hasil Produk Kerajinan non Benda dari mata pelajaran Prakarya untuk adik adik kelas X SMA/MA. Semoga dengan adanya materi ini bisa bermanfaat yah. Semangat!!

Materi Konsumen, Pesaing Usaha dan Strategi Pemasaran Hasil Produk Kerajinan non Benda Mapel Prakarya kelas 10 SMA/MA
Materi Konsumen, Pesaing Usaha dan Strategi Pemasaran Hasil Produk Kerajinan non Benda Mapel Prakarya kelas 10 SMA/MA

Materi ini sebagai pendamping buku teks pelajaran (BTP) atau buku sekolah elektronik (BSE) sebagai media pendukung bagi kalian dalam memahami materi tentang pemasaran produk kerajinan dengan inspirasi budaya non benda secara langsung.  Materi pemasaran produk kerajinan dengan inspirasi budaya non benda secara langsung ini adalah materi yang sangat penting dan harus kalian kuasai karena akan sangat berguna bagi kalian dalam kehidupan sehari-hari dimana kalian akan belajar bagaimana memasarkan produk kerajinan yang terinspirasi dari budaya non benda  disekitar kalian yang dapat kalian pasarkan secara langsung.  

Semoga modul ini bermanfaat, kalian dapat mengerti dan memahami isi modul serta menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. 


Istilah

  • Konsumen : setiap orang pemakai barang dan/jasa yang tersedia dalam masyarakat, baik  bagi kepentingan diri sendiri, keluarga, orang lain 
  • Pesaing usaha : kompetisi antar  penjual yang  saling berusaha untuk mendapatkan   konsumen, keuntungan dan jumlah penjualan yang tinggi. 
  • Strategi pemasaran : cara pengaturan pemasaran untuk mencapai keuntungan dalam Penjualan 
  • Budaya non benda : hasil karya yang abstrak, bukan merupakan benda 
  • Rencana pemasaran : panduan bagi perusahaan untuk menjalankan strategi pemasaran  yang perlu dilakukan berdasarkan analisis dalam mengantisipasi perubahan keadaan. 
  • Produksi : Suatu kegiatan yang menghasilkan barang dan jasa. 
  • Media pemasaran : media yang digunakan untuk menyampaikan suatu produk kepada pelanggan. 

A. Tujuan Pembelajaran 

Setelah kegiatan pembelajaran ini diharapkan kalian dapat: 
  1. Mengidentifikasi konsumen 
  2. Mengidentifikasi pesaing usaha 
  3. Memahami strategi pemasaran hasil produksi usaha yang terinspirasi dari budaya non benda 

B. Uraian Materi 

Apersepsi 

Dalam dunia usaha tidak akan terlepas dari sebuah proses yang sangat penting yaitu pemasaran. Tanpa adanya pemasaran, maka konsumen tidak akan tahu tentang produk yang kita hasilkan. Semakin gencar usaha pemasaran yang kita lakukan,semakin banyak orang yang akan mengetahui produk kita yang tidak menutup kemungkinan akan membuat konsumen tertarik dan meningkatkan penjualan produk kita.  Proses pemasaran dalam sebuah usaha akan menentukan berkembang atau tidaknya sebuah usaha. Kolaborasi antara kualitas produk yang maksimal dan sumberdaya manusia ynag ahli dalam sebuah pemasaran akan menjadi ujung tombak keberhasilan sebuah usaha.  Nah apakah kalian ingin menjadi  seorang ahli pemasaran ? ayo kita belajar bersama dalam modul ini 


Anak- anak, sebelum kita belajar lebih jauh, alangkah baiknya jika kita memahami terlebih dahulu beberapa definisi yang terkait dalam modul kali ini, antara lain: 
 

1. Konsumen 

Ada beberapa pendapat tentang konsumen,nah  kalian simak baik-baik ya 
  • Undang-undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dalam pasal 1 “ Konsumen  adalah setiap orang pemakai barang dan/jasa yang tersedia dalam masyarakat, baik bagi kepentingan diri sendiri, keluarga, orang lain” 
  • Az. Nasution (1995) membagi pengertian  konsumen dalam dua kategori yaitu : 
    • sebagai pengguna atau pemakai barang dan/atau pelayanan jasa dengan tujuan mendapatkan barang dan/atau pelayanan jasa untuk dijual kembali,  
    • sebagai pemakai barang dan/atau pelayanan jasa untuk memenuhi kebutuhan diri sendiri, keluarga atau rumah tangganya  

2. Pesaing Usaha 


Nah anak-anak, apakah kalian pernah merasa bersaing dengan teman kalian dalam mencapai prestasi? Pasti pernah kan? Dalam dunia usaha juga ada persaingan loh, kita pelajari yuk! Persaingan berasal dari bahasa Inggris yaitu competition yang berarti persaingan, pertandingan atau kompetisi. Dalam kamus manajemen, persaingan diartikan sebagai usaha dari dua pihak atau lebih perusahaan yang berusaha mendapatkan pesanan dengan menawarkan harga atau syarat yang paling menguntungkan. Pesaing usaha dapat juga diartikan sebagai kompetisi antar  penjual yang  saling berusaha untuk mendapatkan konsumen, keuntungan dan jumlah penjualan yang tinggi. Nah, kalian bisa paham kan dengan penjelasan diatas? 

3. Strategi Pemasaran  

Anak-anak, dalam dunia usaha kita juga harus mampu membuat strategi atau cara agar produk yang kita hasilkan banyak peminatnya sehingga akan mampu meningkatkan hasil penjualan dan menambah penghasilan kita. Kalian mau tahu apa itu strategi pemasaran? Mari simak penjelasan dibawah ini.   
 
Pengertian strategi pemasaran adalah upaya memasarkan suatu produk, baik itu barang atau jasa, dengan menggunakan pola rencana dan taktik tertentu sehingga jumlah penjualan menjadi lebih tinggi. 
 
Pengertian strategi pemasaran juga dapat diartikan sebagai rangkaian upaya yang dilakukan oleh perusahaan dalam rangka mencapai tujuan tertentu, karena potensi untuk menjual proposisi terbatas pada jumlah orang yang mengetahui hal tersebut. 
Strategi Pemasaran punya peranan penting dalam sebuah perusahaan atau bisnis karena berfungsi untuk menentukan nilai ekonomi perusahaan, baik itu harga barang maupun jasa. Ada tiga faktor penentu nilai harga barang dan jasa, yaitu: 
  • Produksi 
  • Pemasaran 
  • Konsumsi 
Dalam hal ini, pemasaran menjadi bagian yang menghubungkan antara kegiatan produksi dan konsumsi. 
 
Ada beberapa pendapat ahli tentang strategi pemasaran yaitu: 

1. Kotler dan Amstrong 

Menurut Kotler dan Amstrong (2008), pengertian strategi pemasaran adalah logika pemasaran dimana unit bisnis berharap untuk menciptakan nilai dan memperoleh keuntungan dari hubungannya dengan konsumen. 

2. Kurtz 

Menurut Kurtz (2008), pengertian strategi pemasaran adalah keseluruhan program perusahaan dalam menentukan target pasar dan memuaskan konsumen dengan membangun kombinasi elemen dari marketing mix; produk, distribusi, promosi, dan harga. 

3. Philip Kotler 

Menurut Philip Kotler, pengertian strategi pemasaran adalah suatu mindset pemasaran yang akan digunakan untuk mencapai tujuan pemasaran, dimana di dalamnya terdapat strategi rinci mengenai pasar sasaran, penetapan posisi, bauran pemasaran, dan budget untuk pemasaran. 

4. Tjiptono 

Menurut Tjiptono, pengertian strategi pemasaran adalah alat fundamental yang dirancang untuk mencapai tujuan perusahaan dengan mengembangkan keunggulan daya saing yang berkesinambungan melewati pasar yang dimasuki, dan progam pemasaran yang digunakan untuk melayani pasar target tersebut. 

5. Stanton 

Menurut Stanton, pengertian strategi pemasaran adalah sesuatu yang melingkupi semua sistem yang memiliki hubungan dengan tujuan untuk merencanakan dan menentukan harga hingga mempromosikan dan menyalurkan produk (barang atau jasa) yang dapat memuaskan konsumen. 
( sumber : https://www.maxmanroe.com/vid/marketing/pengertian-strategi-pemasaran.html) 
             
             

4. Kerajinan  Budaya non benda 

 Budaya non benda adalah hasil karya yang abstrak, bukan merupakan benda (tari, Puisi, 
Lagu / Nyanyian, Lambang lambang / Simbol, dll) 
     

Tarian, puisi, simbol, musik, nyanyian dan simbol itu dapat menjadi sumber inspirasi untuk dikembangkan menjadi produk kerajinan. Setiap daerah dapat mengembangkan kerajinan khas daerahnya dengan mengambil inspirasi dari budaya lokal daerahnya masing-masing. 

C. Rangkuman 

Dari uraian di atas dapat kita tarik kesimpulan bahwa dalam dunia usaha kita harus memahami beberapa hal agar kita sukses dalam usaha : 
  1. Dalam dunia usaha tidak akan terlepas dari sebuah proses pemasaran untuk meningkatkan penjualan dan penghasilan. 
  2. Konsumen merupakan pemakai barang dan atau jasa  
  3. Pesaing usaha merupakan kompetitor antar pejual dan pengusaha  
  4. Strategi pemasaran adalah cara yang dilakukan oleh seorang pengusaha untuk memuaskan konsumen dan memperoleh keuntungan 
  5. Budaya non budaya adalah hasil karya abstrak bukan benda 

D. Latihan Soal    

1. Suatu mindset pemasaran yang akan digunakan untuk mencapai tujuan pemasaran, dimana di dalamnya terdapat strategi rinci mengenai pasar sasaran, penetapan posisi, bauran pemasaran, dan budget untuk pemasaran. Pengertian tersebut menurut … 
a. Phillip Kotler 
b. Kotler  dan amstrong 
c. Kurtz 
d. Tjiptono 
e. Stanton 

2. Alat fundamental yang dirancang untuk mencapai tujuan perusahaan dengan mengembangkan keunggulan daya saing yang berkesinambungan melewati pasar yang dimasuki, dan progam pemasaran yang digunakan untuk melayani pasar target tersebut, hal ini merupakan pengertian menurut ... 
a. Phillip Kotler 
b. Kotler  dan amstrong 
c. Kurtz 
d. Tjiptono 
e. Stanton 
 
3. Upaya memasarkan suatu produk kerajinan non benda, dengan menggunakan pola rencana dan taktik tertentu sehingga jumlah penjualan menjadi lebih tinggi. 
a. Strategi promosi 
b. Strategi pemasaran 
c. pstrategi 
d. pemasaran 
e. promosi 
 
4. Persaingan merupakan hal yang biasa dalam dunia bisnis.  ,Pengertian persaingan dalam bahasa inggris adalah … 
a. Competition 
b. Competitor 
c. Compete 
d. Collegue 
e. Corporate 
 
5. Sesuatu yang melingkupi semua sistem yang memiliki hubungan dengan tujuan untuk merencanakan dan menentukan harga hingga mempromosikan dan menyalurkan produk (barang atau jasa) yang dapat memuaskan konsumen. 
a. Phillip Kotler 
b. Kotler  dan amstrong 
c. Kurtz 
d. Tjiptono 
e. Stanton 

Kunci Jawaban  
1. A 
2. D 
3. B 
4. A 
5. E 
 
Pembasanan 
1. Menurut Kotler dan Amstrong (2008), pengertian strategi pemasaran adalah logika pemasaran dimana unit bisnis berharap untuk menciptakan nilai dan memperoleh keuntungan dari hubungannya dengan konsumen. 
2. Menurut Tjiptono, pengertian strategi pemasaran adalah alat fundamental yang dirancang untuk mencapai tujuan perusahaan dengan mengembangkan keunggulan daya saing yang berkesinambungan melewati pasar yang dimasuki, dan progam pemasaran yang digunakan untuk melayani pasar target tersebut. 
3. Strategu adalah perencanaan, pemasaran adalah kegiatan yang dilakukan untuk menjual produk sehingga strategi pemasaran adalah upaya memasarkan suatu produk, baik itu barang atau jasa, dengan menggunakan pola rencana dan taktik tertentu sehingga jumlah penjualan menjadi lebih tinggi. 
4. Competition adalah bersaingnya para penjual untuk mendapatkan    keuntungan 
5. Menurut Stanton, pengertian strategi pemasaran adalah sesuatu yang melingkupi semua sistem yang memiliki hubungan dengan tujuan untuk merencanakan dan menentukan harga hingga mempromosikan dan menyalurkan produk (barang atau jasa) yang dapat memuaskan konsumen. 
  

E.  Penilaian Diri 

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jujur dan bertanggung jawab! 

   
Bila ada jawaban "Tidak", maka segera lakukan review pembelajaran, terutama pada bagian yang masih "Tidak". Bila semua jawaban "Ya", maka Anda dapat melanjutkan ke pembelajaran berikutnya 

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Materi Konsumen, Pesaing Usaha dan Strategi Pemasaran Hasil Produk Kerajinan non Benda Mapel Prakarya kelas 10 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!! 

#
 Konsumen, Pesaing Usaha dan Strategi Pemasaran File ini dalam Bentuk .pdf File Size 74Kb
Diupload oleh www.bospedia.com

    Pencarian yang paling banyak dicari
    • apa yang anda lakukan agar konsumen yakin dengan pemasaran produk kerajinan non benda
    • produk kerajinan yang mudah rusak harus menggunakan jenis kemasan
    • bagaimana cara mengatur strategi untuk menghadapi kompetitor atau pesaing
    • bagaimana cara mengatur strategi untuk menghadapi kompetitor (pesaing)
    • bagaimana pemasaran produk kerajinan berdasarkan budaya lokal
    • bagaimana memperluas pasaran
    • bagaimana cara mendapatkan modal untuk membangun industri kreatif berbasis budaya lokal
    • 4 strategi pemasaran produk
    Post a Comment

    Post a Comment