ZCgRxn24sMSt1P8PT34NVVluf7C7ODQ8eSh7SrtI
Bookmark

Materi Rencana dan Media Pemasaran Mapel Prakarya kelas 10 SMA/MA

Materi Rencana dan Media Pemasaran Mapel Prakarya kelas 10 SMA/MA - Halo adik adik apa kabar? semoga dalam keadaan sehat selalu, nah pada kesempatan yang baik ini kakak ingin menyampaikan jangan lupa untuk menggunakan masker, menjaga jarak dan tentunya mencuci tangan untuk menghindari penyebaran wabah virus corona. Oiya kali ini kakak ingin membagikan materi tentang Rencana dan Media Pemasaran dari mata pelajaran Prakarya untuk adik adik kelas X SMA/MA. Semoga dengan adanya materi ini bisa bermanfaat yah. Semangat!!

Materi Rencana dan Media Pemasaran Mapel Prakarya kelas 10 SMA/MA
Materi Rencana dan Media Pemasaran Mapel Prakarya kelas 10 SMA/MA

Materi ini sebagai pendamping buku teks pelajaran (BTP) atau buku sekolah elektronik (BSE) sebagai media pendukung bagi kalian dalam memahami materi tentang pemasaran produk kerajinan dengan inspirasi budaya non benda secara langsung.  Materi pemasaran produk kerajinan dengan inspirasi budaya non benda secara langsung ini adalah materi yang sangat penting dan harus kalian kuasai karena akan sangat berguna bagi kalian dalam kehidupan sehari-hari dimana kalian akan belajar bagaimana memasarkan produk kerajinan yang terinspirasi dari budaya non benda  disekitar kalian yang dapat kalian pasarkan secara langsung.  

Semoga modul ini bermanfaat, kalian dapat mengerti dan memahami isi modul serta menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. 

Istilah

  • Konsumen : setiap orang pemakai barang dan/jasa yang tersedia dalam masyarakat, baik  bagi kepentingan diri sendiri, keluarga, orang lain 
  • Pesaing usaha : kompetisi antar  penjual yang  saling berusaha untuk mendapatkan   konsumen, keuntungan dan jumlah penjualan yang tinggi. 
  • Strategi pemasaran : cara pengaturan pemasaran untuk mencapai keuntungan dalam Penjualan 
  • Budaya non benda : hasil karya yang abstrak, bukan merupakan benda 
  • Rencana pemasaran : panduan bagi perusahaan untuk menjalankan strategi pemasaran  yang perlu dilakukan berdasarkan analisis dalam mengantisipasi perubahan keadaan. 
  • Produksi : Suatu kegiatan yang menghasilkan barang dan jasa. 
  • Media pemasaran : media yang digunakan untuk menyampaikan suatu produk kepada pelanggan. 

A. Tujuan Pembelajaran 

Setelah kegiatan pembelajaran ini diharapkan: 
  1. menyusun rencana pemasaran hasil produksi usaha kerajinan non benda 
  2. mengidentifikasi berbagai media pemasaran hasil produksi usaha kerajinan non benda  

B. Uraian Materi 

Penjualan langsung adalah hasil dari promosi langsung yang dilakukan oleh penjual terhadap pembeli. 
Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk memasarkan produk. Pemasaran dapat dilakukan melalui promosi dan demo penggunaan produk kepada calon konsumen. Untuk jenis seperti ini, sistem penjualan langsung dapat berupa penjualan satu tingkat singlelevel marketing atau multi tingkat multi-level marketing. 

Banyak wirausahawan langsung memasarkan dan menjual kepada konsumen tanpa membutuhkan toko atau pramuniaga dan pemasaran produk kerajinan dapat dilakukan dengan cara pemesanan. 
 
Konsumen secara langsung dapat melihat produk ataupun melalui gambar dari produk kerajinan, dan kemudian memesannya. 

Produsen kerajinan selain menjual produk sendiri, dapat juga membentuk kelompok penjual yang akan memasarkan dan menjualkan produknya secara langsung kepada konsumen atau kelompok penjual dapat terdiri dari beberapa tingkatan. 

(sumber:  https://segalaserbaserbi.blogspot.com/2020/03/pemasaran-langsung-kerajinandengan.html) 
 

1. Rencana pemasaran  

Segala kegiatan yang akan kita lakukan harus direncanakan terlebih dahulu. Suatu perencanaan disusun sebagai pedoman dalam melaksanakan suatu kegiatan, sehingga kegiatan tersebut dapat mencapai tujuan secara maksimal. Philip Kotler menyatakan bahwa rencana pemasaran adalah salah satu keluaran (output) yang paling utama dimana perencanaan tersebut dibuat untuk merespon perubahan kondisi.  Nah, jadi rencana pemasaran merupakan panduan bagi perusahaan untuk menjalankan strategi – strategi pemasaran yang perlu dilakukan berdasarkan analisis dalam mengantisipasi perubahan keadaan.   

2. Produksi  

Untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, manusia memerlukan barang dan jasa. Suatu kegiatan yang menghasilkan barang dan jasa disebut produksi. Kegiatan produksi membutuhkan faktor-faktor produksi seperti sumber alam, tanaga kerja, modal dan teknologi. Pada hakekatnya produksi merupakan usaha atau kegiatan yang dilakukan   guna menimbulkan kegunaan atau manfaat dari suatu barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan hidup orang banyak. 

3. Media pemasaran 

Anak-anak, dalam sebuah bisnis kita harus mampu mengidentifikasi target pasar yang dituju dan media pemasaran yang digunakan untuk menyampaikan suatu produk kepada pelanggan. Berikut  ini, kalian akan mengenal 4 macam media pemasaran yang biasa digunakan dalam sebuah bisnis, yaitu: 

1. Media Pemasaran Konvensional 
  • Radio: ada 3 jenis radio yaitu konvensional (AM/FM), internet, dan satelit. 
  • Televisi : persaingan pemasaran dalam televisi sangatlah sengit dan memakan biaya besar. 
  • Media cetak : ada beberapa jenis yaitu koran atau majalah, media cetak online  
  • Blog dan publikasi online : banyak sekali keuntungan yang bisa kita rasakan seperti ruang lingkup audiens yang lebih luas, ada fitur link untuk terhubung ke dalam website kita, akses yang lebih mudah, dan memiliki kata kunci yang diasosiasikan langsung kepada bisnis kita 
2. Penerbitan 
  • Menulis sebuah buku dalam versi cetak maupun digital.. 
  • Menulis artikel 
  • Koran  
3. Speaking 
Melalui speaking kita dapat berhadapan langsung dengan audiens dalam jumlah besar untuk meningkatkan kredibilitas dan penjualan produk kita. Speaking ini dapat  melalui beberapa kegiatan seperti workshop, seminar dan konferensi.  

4. Sosial Media 
Social media adalah suatu bagian yang penting dari sebuah proses  pemasaran dan strategi  pemasaran secara keseluruhan. Media sosial yang saat ini bisa digunakan dalam pemasaran sebuah produk dan jasa seperti Instagram, Whatsapp, Line, Facebook, dll 


Anak-anak, kalian cukup memahami mana media pemasaran yang paling cocok diterapkan untuk sebuah bisnis, kemudian fokus untuk mengembangkan strateginya, karena hal ini akan jauh lebih efektif dan efisien daripada kalian memaksakan menjalankan semuanya tapi hasilnya tidak maksimal. 

C. Rangkuman 

Anak-anak, dari uraian di atas dapat kita tarik kesimpulan bahwa dalam dunia usaha kita harus mempersiapkan banyak hal:  
 
  1. Segala kegiatan yang akan kita lakukan harus direncanakan terlebih dahulu. 
  2. Suatu perencanaan disusun sebagai pedoman dalam melaksanakan suatu kegiatan, sehingga kegiatan tersebut dapat mencapai tujuan secara maksimal. 
  3. Suatu kegiatan yang menghasilkan barang dan jasa disebut produksi 
  4. Media pemasaran digunakan untuk menyampaikan suatu produk kepada pelanggan.  
  5. Jenis  media pemasaran: 
    • Media Pemasaran Konvensional 
    • Penerbitan 
    • Speaking 
    • Sosial Media 

D. Penugasan 

Sekolahmu merupakan sekolah kewirausahaan yang salah satu programnya adalah membentuk wirausahawan muda di sekolah.  Setiap kelas disekolahmu diberi modal oleh pihak sekolah untuk dikelola sebagai modal usaha yang nantinya akan menghasilkan sebuah produk unggulan dari masing-masing kelas. Kamu ditunjuk untuk menjadi seorang manager dan penanggung jawab atas modal yang diberikan oleh sekolah. Nah dengan memanfaatkan sumber daya sekitar , jawablah pertanyaan berikut  
  1. Buatlah sebuah rencana bisnis dari topik yang telah diberikan diatas 
  2. Pilih salah satu media promosi yang kalian pahami dan dapat kalian gunakan dalam memasarkan produk kalian 
  3. Tuliskan  dan gambarkan media promosi  dan strategi bisnis yang kamu pilih 4. Presentasikan hasil kerjamu di depan kelas! 

E. Latihan Soal 

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar dan tepat! 
  1. Sebutkan  4 (empat)  jenis media pemasaran yang biasa digunakan dalam sebuah bisnis 
  2. Jelaskan yang dimaksud demngan penjualan langsung  
  3. Sebutkam media pemasaran konvensional 
Kunci Jawaban 
1. a. media konvensional 
b. speaking 
c. Penertiban  
d. Sosial media 

2. Penjualan langsung adalah  adalah  hasil dari promosi langsung yang dilakukan oleh penjual terhadap pembeli. 

3. Jenis media konvensional, yaitu : 
a. Radio: ada 3 jenis radio yaitu konvensional (AM/FM), internet, dan satelit. 
b. Televisi : persaingan pemasaran dalam televisi sangatlah sengit dan memakan biaya besar. 
c. Media cetak : ada beberapa jenis yaitu koran atau majalah, media cetak online 
d. Blog dan publikasi online : banyak sekali keuntungan yang bisa kita rasakan seperti ruang lingkup audiens yang lebih luas, ada fitur link untuk terhubung ke dalam website kita, akses yang lebih mudah, dan memiliki kata kunci yang diasosiasikan langsung ke 

Pembahasan 
1. Media pemasaran adalah alat yang digunakan untuk sarana menjual produk kerajinan  Inspirasi non benda 
2. Penjualan langsung merupakan teknik yang dilakukan untuk menjual produk kerajinan non benda,  
3. Media pemasaran konvensional merupakan media yang digunakan tanpa menggunakan internet 

F. Penilaian Diri 

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jujur dan bertanggung jawab! 


Bila ada jawaban "Tidak", maka segera lakukan review pembelajaran, terutama pada bagian yang masih "Tidak". Bila semua jawaban "Ya", maka Anda dapat melanjutkan ke pembelajaran berikutnya. 

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Materi Rencana dan Media Pemasaran Mapel Prakarya kelas 10 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!! 

#
 Konsumen, Pesaing Usaha dan Strategi Pemasaran File ini dalam Bentuk .pdf File Size 74Kb
Diupload oleh www.bospedia.com

    Pencarian yang paling banyak dicari
    • apa yang anda lakukan agar konsumen yakin dengan pemasaran produk kerajinan non benda
    • produk kerajinan yang mudah rusak harus menggunakan jenis kemasan
    • bagaimana cara mengatur strategi untuk menghadapi kompetitor atau pesaing
    • bagaimana cara mengatur strategi untuk menghadapi kompetitor (pesaing)
    • bagaimana pemasaran produk kerajinan berdasarkan budaya lokal
    • bagaimana memperluas pasaran
    • bagaimana cara mendapatkan modal untuk membangun industri kreatif berbasis budaya lokal
    • 4 strategi pemasaran produk
    Post a Comment

    Post a Comment