ZCgRxn24sMSt1P8PT34NVVluf7C7ODQ8eSh7SrtI
Bookmark

Materi Pengertian, Fungsi, Tugas, Jenis Dan Manfaat Pemasaran Mapel Prakarya kelas 10 SMA/MA

Materi Pengertian, Fungsi, Tugas, Jenis Dan Manfaat Pemasaran Mapel Prakarya kelas 10 SMA/MA - Halo adik adik apa kabar? semoga dalam keadaan sehat selalu, nah pada kesempatan yang baik ini kakak ingin menyampaikan jangan lupa untuk menggunakan masker, menjaga jarak dan tentunya mencuci tangan untuk menghindari penyebaran wabah virus corona. Oiya kali ini kakak ingin membagikan materi tentang Pengertian, Fungsi Dan Tugas Pemasaran, Jenis Pemasaran Dan Manfaat Pemasaran  dari mata pelajaran Prakarya untuk adik adik kelas X SMA/MA. Semoga dengan adanya materi ini bisa bermanfaat yah. Semangat!!

Materi Pengertian, Fungsi, Tugas, Jenis Dan Manfaat Pemasaran Mapel Prakarya kelas 10 SMA/MA
Materi Pengertian, Fungsi, Tugas, Jenis Dan Manfaat Pemasaran Mapel Prakarya kelas 10 SMA/MA

Materi ini sebagai pendamping buku teks pelajaran (BTP) atau buku sekolah elektronik (BSE) sebagai media pendukung bagi kalian dalam memahami materi tentang strategi pemasaran langsung produk kerajinan dengan inspirasi artefak/objek budaya.  

Materi strategi pemasaran langsung produk kerajinan dengan inspirasi artefak/objek budaya  ini adalah materi yang sangat penting dan harus kalian kuasai karena berguna dalam melakukan pemasaran produk kerajinan yang sudah kalian produksi. 

Dalam mempelajari modul ini kalian harus membaca dengan cermat. Melalui kegiatan membaca dan mempelajari materi, kemudian dilanjutkan dengan mengerjakan latihan soal sebagai alat evaluasi disertai refleksi. 

Semoga modul ini bermanfaat, kalian dapat mengerti dan memahami isi modul serta menerapkannya. 

Istilah

  • Konsumen : Setiap orang pemakai barang atau jasa yang tersedia dalam masyarakat, baik bagi kepentingan diri sendiri, keluarga, orang lain, maupun makhluk hidup lain dan tidak untuk diperdagangkan 
  • Pemasaran : suatu kegiatan menyeluruh, terpadu, dan terencana, yang dilakukan oleh sebuah organisasi atau institusi dalam melakukan usaha agar mampu mengakomodir permintaan pasar dengan cara menciptakan produk bernilai jual, menentukan harga, mengkomunikasikan, menyampaikan, dan saling bertukar tawaran yang bernilai bagi konsumen, klien, mitra, dan masyarakat umum  
  • Pemasaran Langsung : strategi pemasaran yang memungkinkan perusahaan berinteraksi langsung dengan konsumen menggunakan media apapun. 
  • Segmentasi Pasar : Proses pembagian pasar menjadi kelompok pembeli berbeda yang mempunyai kebutuhan, karakteristik, atau perilaku berbeda, yang mungkin memerlukan produk atau program pemasaran terpisah 
  • Strategi Pemasaran : upaya memasarkan suatu produk, baik itu barang atau jasa, dengan menggunakan pola, rencana, dan taktik tertentu sehingga jumlah penjualan menjadi lebih tinggi. 

A. Tujuan Pembelajaran 

Setelah kegiatan pembelajaran diharapkan kalian dapat: 
  1. Menjelaskan pengertian, fungsi, dan tugas pemasaran 
  2. Menjelaskan pengertian pemasaran langsung 
  3. Menjelaskan jenis-jenis pemasaran langsung 
  4. Menjelaskan manfaat pemasaran langsung 

B. Uraian Materi 

Pengertian Pemasaran 

Setelah kalian memproduksi kerajinan dengan inspirasi artefak/obyek budaya, maka langkah berikutnya adalah melakukan pemasaran agar produk tersebut dikenal dan dibeli oleh konsumen. Pemasaran memegang peranan penting dalam kegiatan usaha. 
 
Pemasaran adalah suatu kegiatan menyeluruh, terpadu, dan terencana, yang dilakukan oleh sebuah organisasi atau institusi dalam melakukan usaha agar mampu mengakomodir permintaan pasar dengan cara menciptakan produk bernilai jual, menentukan harga, mengkomunikasikan, menyampaikan, dan saling bertukar tawaran yang bernilai bagi konsumen, klien, mitra, dan masyarakat umum. 
 
Menurut Kotler, pengertian pemasaran adalah aktivitas sosial dan sebuah pengaturan yang dilakukan oleh perorangan ataupun sekelompok orang dengan tujuan untuk mendapatkan tujuan mereka dengan jalan membuat produk dan menukarkannya dengan besaran nominal tertentu ke pihak lain. 
 
Secara sederhana, definisi pemasaran lebih diidentikan dengan proses pengenalan produk atau servis kepada konsumen yang potensial. Aspek-aspek untuk pemasaran ini meliputi periklanan, hubungan masyarakat, promosi dan penjualan. 
 
Dalam suatu usaha, tujuan utama pemasaran adalah untuk memaksimalkan keuntungan dengan membuat strategi penjualan. 
 

Fungsi Pemasaran 

Setelah memahami pengertian pemasaran, tentunya kita juga harus mengetahui apa saja fungsinya. Pemasaran merupakan rangkaian kegiatan yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen. 
 
Kegiatan pemasaran dilakukan dengan cara membuat produk, menentukan harga, menentukan tempat penjualan, dan mempromosikan produk kepada konsumen. 
 
Adapun beberapa fungsi pemasaran adalah sebagai berikut:  

1. Fungsi Pertukaran 

Dengan adanya pemasaran maka konsumen dapat mengetahui dan membeli sebuah produk yang dijual oleh produsen, baik dengan menukar produk dengan uang ataupun menukar produk dengan produk. Produk tersebut bisa digunakan untuk keperluan sendiri ataupun dijual kembali untuk mendapatkan laba. Proses pemasaran juga dapat dalam bentuk distribusi fisik terhadap sebuah produk, dimana distribusi dilakukan dengan cara menyimpan atau mengangkut produk tersebut. 
Proses pengangkutan bisa melalui darat, air, dan udara. Sedangkan kegiatan penyimpanan produk berjalan dengan cara menjaga pasokan produk agar tersedia ketika dibutuhkan. 
 

2. Fungsi Perantara 

Aktivitas penyampaian produk dari produsen ke konsumen dilakukan melalui perantara pemasaran yang menghubungkan kegiatan pertukaran dengan distribusi fisik. 
Pada proses aktivitas perantara terjadi kegiatan pembiayaan, pencarian informasi, klasifikasi produk, dan lain-lain. 
 

Tugas Pemasaran 

Ujung tombak semua bisnis terletak pada kesuksesan pemasarannya. Betapa pun bagus produk yang kalian buat, tentu tidak akan sukses tanpa strategi pemasaran yang baik. 
 
Adapun beberapa tugas pemasaran adalah sebagai berikut:  

1. Memperkenalkan Produk 

Tugas pertama dan terpenting dari kegiatan pemasaran adalah untuk memperkenalkan produk yang diciptakan kepada masyarakat. 

2. Mencapai Target Penjualan 

Target penjualan produk harus ditetapkan sejak awal. Tim pemasaran harus memiliki cara untuk mencapai target tersebut dengan selalu memperhatikan kebutuhan dan kegiatan pasar. 

3. Memastikan Kepuasan Konsumen 

Selain target penjualan, kepuasan konsumen merupakan hal penting dan menjadi prioritas dari tim pemasaran. Dengan memastikan konsumen merasa puas dengan produk maka proses pemasaran itu sendiri sudah dianggap berhasil. 

4. Membuat Strategi Lanjutan 

Ada cukup banyak strategi pemasaran yang bisa digunakan oleh tim pemasaran dalam memasarkan produk ke masyarakat. Salah satu contohnya adalah dengan memberikan diskon. Strategi lanjutan ini dimaksudkan untuk mendapatkan target keuntungan yang lebih besar dari strategi sebelumnya, misalnya menawarkan produk lainnya kepada konsumen untuk mendpatkan harga diskon. 

5. Bekerjasama Dengan Mitra 

Pemasaran juga memiliki peranan penting dalam membangun kerjasama dengan mitra kerja. Selain itu, tim pemasaran juga bertugas menjalin hubungan baik dengan masyarakat, khususnya pelanggan, serta menjadi media yang menjembatani hubungan perusahaan dengan lingkungan eksternal. 

6. Membuat Rekapitulasi Penjualan 

Tim pemasaran harus membuat rekap data penjualan dengan benar dan terstruktur. Data penjualan tersebut sangat dibutuhkan oleh perusahaan untuk menentukan target dan strategi pemasaran di masa mendatang. 
 
Tanggung jawab yang dipikul oleh manajer pemasaran antara lain: 
  • Mengawasi serta mengembangkan strategi pemasaran 
  • Melakukan riset dan menganalisa data untuk mengidentifikasi target pasar yang pas 
  • Merancang serta menyajikan ide lengkap dengan strateginya 
  • Melakukan aktifitas promosi. 
  • Mengumpulkan dan mendistribusikan informasi statistik dan finansial. 
  • Merawat website perusahaan dan memikirkan strategi kampanye online. 
  • Menyelenggarakan event dan pameran. 
  • Mengupdate database serta memanfaatkan CRM (Customer Reationship Management) 
  • Mengkkoordinasikan budaya pemasaran secara internal dan organisasi 
  • Mengawasi performa. 
  • Melakukan kampanye di sosial media. 

Pemasaran Langsung (Direct Marketing) 

Setelah mengetahui tentang pengertian, tugas, dan fungsi pemasaran, kita akan mempelajari tentang pemasaran langsung.  
 
Mungkin kalian pernah membeli suatu produk atau jasa melalui telepon secara langsung. Jika kalian pernah mengalaminya, berarti kalian telah menemukan salah satu contoh dari pemasaran langsung. Secara sederhana kalian dapat berasumsi bahwa pemasaran langsung ialah pemasaran yang dilakukan secara langsung (face to face). Namun, ada pengertian yang mungkin lebih memudahkan kalian dalam memahami pengertian pemasaran langsung. 

Pengertian Pemasaran Langsung 

Menurut Duncan, pengertian pemasaran langsung adalah cara pemasaran dimana perusahaan ingin menjalin komunikasi secara langsung dengan konsumen. Strategi komunikasi langsung dianggap lebih efektif karena bisa berinteraksi, medapatkan database yang dapat memicu komunikasi pemasaran menggunkanan berbagai media guna mendorong respon konsumen. 
 
Menurut Kotler-Gary Armstrong, pengertian pemasaran langsung adalah sistem pemasaran yang memakai berbagai media iklan untuk berinteraksi secara langsung dengan target konsumen. Biasanya interaksi ini dilakukan melalui telepon, email, atau bertemu langsung dengan konsumen untuk mendapatkan respon langsung. Menurut Suyanto (2007: 219), pengertian pemasaran langsung adalah sistem pemasaran yang memakai saluran langsung untuk mencapai konsumen dan menyerahkan barang/jasa kepada konsumen tanpa adanya perantara. Untuk menghasilkan tanggapan dan/atau transaksi yang dapat diukur pada suatu lokasi. 
 
Pemasaran langsung adalah strategi pemasaran yang memungkinkan perusahaan berinteraksi langsung dengan konsumen menggunakan media apapun. Pemasaran langsung mensyaratkan komunikasi informasi tentang suatu produk, layanan, atau perusahaan secara langsung kepada pelanggan.  
 
Semua informasi promosi diteruskan tanpa perantara dari pihak ketiga. Saat ini, banyak perusahaan yang melakukan pemasaran langsung demi mempercepat terjadinya kegiatan penjualan serta memberikan dampak efisiensi bagi perusahaan itu sendiri.  

Jenis-jenis Pemasaran Langsung 

Berikut ini merupakan jenis-jenis pemasaran langsung: 

1. Personal Selling 

Pengertian personal selling adalah proses memasarkan produk secara langsung bertatap muka dengan calon pembeli. Manajemen pemasaran biasanya akan menjajaki tempat-tempat tertarget dan pasar strategis terhadap produk. 
 
Personal selling dianggap sangat efektif untuk memperkenalkan produk baru pada pangsa pasar tujuan. Hal ini akan membuat konsumen memahami barang/jasa yang diperdagangkan. Selain itu, metode pemasaran personal selling juga akan memudahkan penjual dalam menyampaikan identitas produk. 
 
Contoh personal selling sering kalian jumpai di berbagai pusat perbelanjaan, tepi jalan raya hingga pasar-pasar tradisional. 
 
Beberapa tips sukses dalam menjalankan personal selling: 
  • Diatur oleh manajemen pemasaran yang berpengalaman 
  • Dilakukan oleh sales dengan kepiawaian berbicara yang berkualitas 
  • Menentukan target pasar yang benar-benar potensial 
  • Memberikan sampel produk sebagai uji coba 
  • Menyediakan waktu bagi pelanggan untuk memberikan testimoni 
  • Berpenampilan menarik, murah senyum dan ramah 

2. Direct Mail Marketing (Pemasaran surat langsung) 

Direct Mail Marketing adalah jenis promosi produk usaha dengan cara memberikan berbagai penawaran menarik, pesan, informasi produk, brosur dan sejenisnya kepada seseorang/pasar yang berada di alamat tertentu. Pengiriman surat bisa berupa: fax mail, email, dan voice mail. 

3. Catalog Marketing 

Catalog marketing adalah jenis pemasaran dengan cara mengirimkan katalog ke berbagai pasar dan target berbeda di tempat yang berlainan. 

4. Telemarketing 

Telemarketing adalah kegiatan memasarkan produk dengan memanfaatkan telepon atau komunikasi suara lainnya dalam mempromosikan produk. Setelah mendapat persetujuan, maka barulah melakukan pertemuan dengan calon konsumen yang dituju. 
 
Menurut beberapa peneliti, jenis pemasaran langsung yang satu ini punya peluang yang besar, sebab menggunakan komunikasi visual, walaupun tidak bertatap muka. 
 
Begitu juga sebaliknya, jika target yang dituju kurang relevan, maka strategi telemarketing ini bisa pula berdampak buruk. Untuk itu, diperlukan riset pangsa pasar terlebih dahulu sebelum mengimplementasikannya. 
 
Beberapa tips yang bisa dilakukan antara lain: 
  • Menganalisis calon pelanggan/pasar 
  • Berbicara dengan sopan dan ramah 
  • Menjabarkan spesifikasi produk dengan jujur 
  • Menghormati keputusan akhir 

5. Kios Marketing 

Pengertian kios marketing adalah jenis pemasaran produk berbasis modern dan daring dengan meletakkan sebuah mesin penerima pesanan pelanggan pada tokotoko mereka. 
 
Beberapa perusahaan telah merancang “mesin penerima pesanan pelanggan” yang dinamakan kios (yang berbeda dengan penjual otomatis, yang mengeluarkan produk) dan menempatkan mereka ditoko, bandara, dan tempat-tempat lain. 
 
Contohnya dengan menempatkan sebuah mesin dibeberapa tokonya yang memungkinkan pelanggan menentukan jenis tas yang diinginkannya (resmi, branded), serta warna dan motif. 
 
Jika tas yang diinginkan tidak tersedia ditoko tersebut, pelanggan dapat menggunakan telepon yang ada dimesin itu dan memasukkan nomor kartu kreditnya serta memasukkan alamat tempat akan dikirimkan. 

Manfaat Pemasaran Langsung  

Berikut ini merupakan manfaat pemasaran langsung: 

1. Calon pelanggan sudah tertarget 

Manfaat pemasaran langsung yang pertama yakni memungkinkan kalian untuk menargetkan kelompok pelanggan tertentu dengan pesan promosi yang disesuaikan. Kalian memfokuskan pesan pada orang-orang yang paling mungkin membutuhkan produk atau layanan yang kalian tawarkan. 

2. Anggaran pemasaran yang lebih efisien 

Pemasaran langsung yang berfokus pada demografi tertentu dapat membantu usaha kalian menetapkan target penjualan yang masuk akal dan juga meningkatkan hasil penjualan dengan anggaran yang lebih efisien dibandingkan pemasaran tidak langsung. 

3. Meningkatkan loyalitas pelanggan 

Pemasaran langsung sangat baik untuk membangun dan mempertahankan hubungan dengan pelanggan dan prospek. Dengan manfaat pemasaran langsung ini memungkinkan marketer untuk mempersonalisasi pesan iklan dan penawaran untuk membuat tautan yang kuat dengan pelanggan dan juga memperkuat koneksi pribadi yang ada. Salah satu taktik yang bagus untuk dilakukan adalah menggabungkan kegiatan direct marketing dengan program loyalitas pelanggan.  Contoh strategi loyalitas pelanggan termasuk memberikan penawaran diskon, mengirim kartu ulang tahun, dan mengundang pelanggan ke acara penjualan mendatang. 

4. Membantu mendorong bisnis baru 

Dengan pemasaran langsung pemilik usaha memiliki landasan usaha yang bagus. Hal ini dapat terjadi karena adanya komunikasi yang efektif dengan target pasar. 
 

C. Rangkuman 

  1. Pemasaran adalah suatu kegiatan menyeluruh, terpadu, dan terencana, yang dilakukan oleh sebuah organisasi atau institusi dalam melakukan usaha agar mampu mengakomodir permintaan pasar dengan cara menciptakan produk bernilai jual, menentukan harga, mengkomunikasikan, menyampaikan, dan saling bertukar tawaran yang bernilai bagi konsumen, klien, mitra, dan masyarakat umum. 
  2. Beberapa fungsi pemasaran adalah sebagai berikut: 
    • Fungsi pertukaran 
    • Fungsi distribusi fisik 
    • Fungsi perantara 
  3. Tugas pemasaran adalah sebagai berikut: 
    • Memperkenalkan produk 
    • Mencapai target penjualan 
    • Memastikan kepuasan konsumen 
    • Membuat strategi lanjutan 
    • Bekerjasama dengan mitra 
    • Membuat rekapitulasi penjualan 
  4. Menurut Suyanto (2007: 219), pengertian pemasaran langsung adalah sistem pemasaran yang memakai saluran langsung untuk mencapai konsumen dan menyerahkan barang/jasa kepada konsumen tanpa adanya perantara. Untuk menghasilkan tanggapan dan/atau transaksi yang dapat diukur pada suatu lokasi. 
  5. Jenis-jenis pemasaran langsung diantaranya: 
    • Personal selling 
    • Direct mail marketing 
    • Catalog marketing 
    • Telemarketing 
    • Kios marketing 

D. Penugasan Mandiri 

Carilah informasi tentang beberapa usaha kerajinan di daerah sekitar kalian atau di media informasi, setelah itu carilah informasi jenis pemasaran langsung apa yang digunakan oleh usaha kerajinan tersebut. Tuliskan hasilnya pada tabel di bawah ini: 

E. Latihan Soal 

  1. Jelaskan pengertian pemasaran! 
  2. Jelaskan pengertian pemasaran langsung! 
  3. Sebut dan jelaskan jenis-jenis pemasaran langsung! 
  4. Sebutkan manfaat pemasaran langsung! 

Kunci Jawaban Latihan Soal 

  1. Pemasaran adalah suatu kegiatan menyeluruh, terpadu, dan terencana, yang dilakukan oleh sebuah organisasi atau institusi dalam melakukan usaha agar mampu mengakomodir permintaan pasar dengan cara menciptakan produk bernilai jual, menentukan harga, mengkomunikasikan, menyampaikan, dan saling bertukar tawaran yang bernilai bagi konsumen, klien, mitra, dan masyarakat umum. 
  2. Pemasaran langsung adalah strategi pemasaran yang memungkinkan perusahaan berinteraksi langsung dengan konsumen menggunakan media apapun. 
  3. Berikut ini merupakan jenis-jenis pemasaran langsung: 
    • Personal Selling, adalah proses memasarkan produk secara langsung bertatap muka dengan calon pembeli. Manajemen pemasaran biasanya akan menjajaki tempat-tempat tertarget dan pasar strategis terhadap produk. 
    • Direct Mail Marketing, adalah jenis promosi produk usaha dengan cara memberikan berbagai penawaran menarik, pesan, informasi produk, brosur dan sejenisnya kepada seseorang / pasar yang berada di alamat tertentu. 
    • Catalog marketing, adalah jenis pemasaran dengan cara mengirimkan katalog ke berbagai pasar dan target berbeda di tempat yang berlainan. 
    • Telemarketing, adalah kegiatan memasarkan produk dengan memanfaatkan telepon atau komunikasi suara lainnya dalam mempromosikan produk. 
    • kios marketing adalah jenis pemasaran produk berbasis modern dan daring dengan meletakkan sebuah mesin penerima pesanan pelanggan pada tokotoko mereka. 
  4. Berikut ini merupakan manfaat pemasaran langsung: 
    • Calon pelanggan sudah tertarget 
    • Anggaran pemasaran yang lebih efisien 
    • Meningkatkan loyalitas pelanggan 
    • Membantu mendorong bisnis baru 

F. Penilaian Diri 

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jujur dan bertanggung jawab! 


Bila ada jawaban “Tidak”, maka segera lakukan review pembelajaran, terutama pada bagian yang masih “Tidak”.  Bila semua jawaban “Ya”, maka kalian dapat melanjutkan ke kegiatan pembelajaran berikutnya. 


Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Materi Pengertian, Fungsi, Tugas, Jenis Dan Manfaat Pemasaran Mapel Prakarya kelas 10 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!! 

#
 Pengertian, Fungsi, Tugas, Jenis Dan Manfaat Pemasaran File ini dalam Bentuk .pdf File Size 74Kb
Diupload oleh www.bospedia.com

    Pencarian yang paling banyak dicari
    • Cara menghitung bep dengan excel
    • menghitung bep rupiah
    • contoh perhitungan bep
    • bep rupiah adalah
    • contoh bep
    • cara menghitung bep brainly
    • bep produksi
    • cara menghitung bep makanan