ZCgRxn24sMSt1P8PT34NVVluf7C7ODQ8eSh7SrtI
Bookmark

Materi Pengertian, Fungsi, Tujuan Dan Konsep Strategi Pemasaran Mapel Prakarya kelas 10 SMA/MA

Materi Pengertian, Fungsi, Tujuan Dan Konsep  Strategi Pemasaran Mapel Prakarya kelas 10 SMA/MA - Halo adik adik apa kabar? semoga dalam keadaan sehat selalu, nah pada kesempatan yang baik ini kakak ingin menyampaikan jangan lupa untuk menggunakan masker, menjaga jarak dan tentunya mencuci tangan untuk menghindari penyebaran wabah virus corona. Oiya kali ini kakak ingin membagikan materi tentang Pengertian, Fungsi Dan Tugas Pemasaran, Jenis Pemasaran Dan Manfaat Pemasaran  dari mata pelajaran Prakarya untuk adik adik kelas X SMA/MA. Semoga dengan adanya materi ini bisa bermanfaat yah. Semangat!!

Materi Pengertian, Fungsi, Tujuan Dan Konsep  Strategi Pemasaran Mapel Prakarya kelas 10 SMA/MA
Materi Pengertian, Fungsi, Tujuan Dan Konsep  Strategi Pemasaran Mapel Prakarya kelas 10 SMA/MA

Materi ini sebagai pendamping buku teks pelajaran (BTP) atau buku sekolah elektronik (BSE) sebagai media pendukung bagi kalian dalam memahami materi tentang strategi pemasaran langsung produk kerajinan dengan inspirasi artefak/objek budaya.  

Materi strategi pemasaran langsung produk kerajinan dengan inspirasi artefak/objek budaya  ini adalah materi yang sangat penting dan harus kalian kuasai karena berguna dalam melakukan pemasaran produk kerajinan yang sudah kalian produksi. 

Dalam mempelajari modul ini kalian harus membaca dengan cermat. Melalui kegiatan membaca dan mempelajari materi, kemudian dilanjutkan dengan mengerjakan latihan soal sebagai alat evaluasi disertai refleksi. 

Semoga modul ini bermanfaat, kalian dapat mengerti dan memahami isi modul serta menerapkannya. 

Istilah

  • Konsumen : Setiap orang pemakai barang atau jasa yang tersedia dalam masyarakat, baik bagi kepentingan diri sendiri, keluarga, orang lain, maupun makhluk hidup lain dan tidak untuk diperdagangkan 
  • Pemasaran : suatu kegiatan menyeluruh, terpadu, dan terencana, yang dilakukan oleh sebuah organisasi atau institusi dalam melakukan usaha agar mampu mengakomodir permintaan pasar dengan cara menciptakan produk bernilai jual, menentukan harga, mengkomunikasikan, menyampaikan, dan saling bertukar tawaran yang bernilai bagi konsumen, klien, mitra, dan masyarakat umum  
  • Pemasaran Langsung : strategi pemasaran yang memungkinkan perusahaan berinteraksi langsung dengan konsumen menggunakan media apapun. 
  • Segmentasi Pasar : Proses pembagian pasar menjadi kelompok pembeli berbeda yang mempunyai kebutuhan, karakteristik, atau perilaku berbeda, yang mungkin memerlukan produk atau program pemasaran terpisah 
  • Strategi Pemasaran : upaya memasarkan suatu produk, baik itu barang atau jasa, dengan menggunakan pola, rencana, dan taktik tertentu sehingga jumlah penjualan menjadi lebih tinggi. 

A. Tujuan Pembelajaran 

Setelah kegiatan pembelajaran diharapkan kalian dapat: 
  1. Menjelaskan pengertian, strategi pemasaran 
  2. Menjelaskan fungsi strategi pemasaran 
  3. Menjelaskan tujuan strategi pemasaran 
  4. Menjelaskan konsep strategi pemasaran 

B. Uraian Materi 

Pengertian Strategi Pemasaran 

Strategi pemasaran adalah upaya memasarkan suatu produk, baik itu barang atau jasa, dengan menggunakan pola, rencana, dan taktik tertentu sehingga jumlah penjualan menjadi lebih tinggi. Berikut beberapa pengertian menurut para ahli: 
 
Menurut Kotler dan Amstrong (2008), pengertian strategi pemasaran adalah logika pemasaran dimana unit bisnis berharap untuk menciptakan nilai dan memperoleh keuntungan dari hubungannya dengan konsumen. 
 
Menurut Kurtz (2008), pengertian strategi pemasaran adalah keseluruhan program perusahaan dalam menentukan target pasar dan memuaskan konsumen dengan membangun kombinasi elemen dari marketing mix; produk, distribusi, promosi, dan harga. 
 
Strategi Pemasaran punya peranan penting dalam sebuah usaha karena berfungsi untuk menentukan nilai ekonomi usaha tersebut, baik itu harga barang maupun jasa. Ada tiga faktor penentu nilai harga barang dan jasa, yaitu: 
  • Produksi 
  • Pemasaran 
  • Konsumsi 
Dalam hal ini, pemasaran menjadi bagian yang menghubungkan antara kegiatan produksi dan konsumsi.  

Fungsi Strategi Pemasaran 

Secara garis besar ada 4 fungsi strategi pemasaran, diantaranya: 

a) Meningkatkan Motivasi untuk Melihat Masa Depan 

Strategi pemasaran berupaya untuk memotivasi wirausahawan agar berpikir dan melihat masa depan dengan cara yang berbeda. Hal ini sangat diperlukan untuk menjaga kelangsungan usaha di masa mendatang. Penting bagi wirausahawan untuk mengikuti ritme pasar, namun terkadang perusahaan juga harus memiliki gebrakan dengan sesuatu yang baru. 

b) Koordinasi Pemasaran yang Lebih Efektif 

Setiap usaha pasti memiliki strategi pemasarannya sendiri. Strategi pemasaran ini berfungsi untuk mengatur arah jalannya perusahaan sehingga membentuk tim koordinasi yang lebih efektif dan tepat sasaran.  

c) Merumuskan Tujuan Perusahaan 

Para pelaku usaha tentunya ingin melihat dengan jelas apa tujuan usaha mereka. Dengan adanya strategi pemasaran maka pelaku usaha akan terbantu untuk membuat detail tujuan yang akan dicapai, baik jangka pendek maupun jangka panjang. 

d) Pengawasan Kegiatan Pemasaran 

Dengan adanya strategi pemasaran maka perusahaan akan memiliki standar prestasi kerja para anggotanya. Dengan begitu, pengawasan kegiatan para anggota akan lebih mudah dipantau untuk mendapatkan mutu dan kualitas kerja yang efektif. 

Tujuan Strategi Pemasaran 

Secara umum, setidaknya ada empat tujuan strategi pemasaran, diantaranya adalah: 
  • Untuk meningkatkan kualitas koordinasi antar individu dalam tim pemasaran 
  • Sebagai alat ukur hasil pemasaran berdasarkan standar prestasi yang telah ditentukan 
  • Sebagai dasar logis dalam mengambil keputusan pemasaran 
  • Untuk meningkatkan kemampuan dalam beradaptasi bila terjadi perubahan dalam pemasaran 

Konsep Strategi Pemasaran 

Banyak ahli pemasaran mengatakan bahwa kepuasan pelanggan adalah kunci utama dari konsep pemasaran dan strategi pemasaran. Dengan kata lain, setiap perusahaan memiliki cara tersendiri dalam melakukan proses pemasaran, sesuai karakteristik dan kesanggupan masing-masing. 
 
Pada dasarnya tujuan akhir dari pemasaran itu tetap akan bermuara pada tercapainya kepuasan konsumen. Berikut ini adalah 5 konsep strategi pemasaran: 

1. Segmentasi Pasar 

Pasar terdiri dari banyak tipe pelanggan, produk, dan kebutuhan. Pemasar harus menentukan segmen mana yang menawarkan peluang terbaik. Proses pembagian pasar menjadi kelompok pembeli berbeda yang mempunyai kebutuhan, karakteristik, atau perilaku berbeda, yang mungkin memerlukan produk atau program pemasaran terpisah disebut segmentasi pasar. 

Setiap konsumen pasti memiliki kebutuhan dan kebiasaan yang berbeda. Perusahaan harus melakukan klasifikasi pasar yang sifatnya heterogen menjadi satuan-satuan pasar yang bersifat homogen. 

2. Market Positioning 

Tidak ada perusahaan yang bisa menguasai seluruh pasar. Itulah alasannya mengapa perusahaan harus punya pola spesifik untuk mendapatkan posisi kuat dalam pasar, yaitu memilih segmen yang paling menguntungkan. Positioning berarti pengaturan suatu produk untuk menduduki tempat yang jelas, berbeda, dan diinginkan, relatif terhadap produk pesaing dalam pikiran konsumen sasaran. 

3. Market Entry Strategy 

Ini adalah strategi perusahaan untuk bisa masuk pada segmen pasar tertentu. Beberapa cara yang sering dilakukan adalah: 
  • Membeli Perusahaan Lain 
  • Internal Development 
  • Kerjasama Dengan Perusahaan Lain 

4. Marketing Mix Strategy 

Marketing Mix (bauran pemasaran) adalah kumpulan dari beberapa variabel yang telah digunakan perusahaan untuk mempengaruhi tanggapan konsumen. Beberapa variabel tersebut diantaranya: 

a) Product (Produk) 

Beberapa hal yang penting diperhatikan mengenai produk adalah :  
  • kualitas yang mampu menjawab dan memuaskan keinginan konsumen, 
  • kuantitas yang sanggup memenuhi kebutuhan pasar,  
  • penciptaan produk baru yang inovatif sesuai keinginan konsumen,  
  • penciptaan nilai tambah pada produk, dan  
  • penciptaan produk yang mempunyai daur hidup (life cycle) panjang (jangan cuma booming sesaat). 

b) Price (Harga) 

Pada penetapan harga produk, beberapa hal yang perlu dipertimbangkan diantaranya, yaitu  
  • mempertimbangkan harga pokok produksi,  
  • menyesuaikan harga produk dengan pasar yang kita bidik, dan  
  • melakukan perbandingan harga dengan produk sejenis yang sudah ada di pasar.  

c) Place (Tempat) 

Beberapa pertimbangan dalam penetapan tempat menjual produk, bisa dilakukan sebagai berikut:  
  • lokasi penjualan sebaiknya yang mudah dijangkau konsumen,  
  • lokasi penjualan yang memiliki fasilitas yang memuaskan konsumen dan  
  • lokasi yang mempunyai nilai tambah: ada arena bermain anak dan keluarga, suasana belanja dan bertamasya, konsep “one stop shopping”.  

d) Promotion(Promosi) 

Beberapa saluran promosi yang bisa digunakan dalam membantu meningkatkan penjualan produk, bisa melalui media sosial, blog dan/ atau website. Juga bisa dengan mengikuti bazar-bazar yang banyak dilakukan berbagai instansi/organisasi di lingkungan sekitar.

5. Timing Strategy 

Pemilihan waktu dalam melakukan pemasaran juga sangat penting untuk diperhatikan. Perusahaan perlu melakukan berbagai persiapan yang baik di bidang produksi, dan menentukan waktu yang tepat untuk mendistribusikan produk ke pasa 
 

C. Rangkuman 

  1. Strategi pemasaran adalah upaya memasarkan suatu produk, baik itu barang atau jasa, dengan menggunakan pola rencana dan taktik tertentu sehingga jumlah penjualan menjadi lebih tinggi. 
  2. Fungsi strategi pemasaran 
    • Meningkatkan motivasi untuk melihat masa depan 
    • Koordinasi pemasaran yang lebih efektif 
    • Merumuskan tujuan perusahaan 
    • Pengawasan kegiatan pemasaran 3) Konsep strategi pemasaran: 
    • Segmentasi pasar 
    • Market positioning 
    • Market entry strategy 
    • Market mix strategy 
    • Timing strategy 

D. Penugasan Mandiri (optional) 

  1. Buatlah strategi pemasaran langsung untuk memasarkan produk kerajinan dengan inspirasi artefak/obyek budaya yang telah kalian buat. 
  2. Lakukan pemasaran dan penjualan langsung produk kerajinan yang telah kalian buat. 

E. Latihan Soal 

  1. Jelaskan pengertian strategi pemasaran! 
  2. Jelaskan konsep strategi pemasaran! 
  3. Berikan contoh penerapan konsep segmentasi pasar! 
  4. Berikan contoh penerapan konsep market positioning! 

Kunci Jawaban Latihan Soal 

  1. Strategi pemasaran adalah upaya memasarkan suatu produk, baik itu barang atau jasa, dengan menggunakan pola, rencana, dan taktik tertentu sehingga jumlah penjualan menjadi lebih tinggi. 
  2. Berikut ini adalah 5 konsep strategi pemasaran: 
    • Segmentasi Pasar 
    • Market Positioning 
    • Market Entry Strategy 
    • Marketing Mix Strategy 
    • Timing Strategy 
  3. Proses pembagian pasar menjadi kelompok pembeli berbeda yang mempunyai kebutuhan, karakteristik, atau perilaku berbeda, yang mungkin memerlukan produk atau program pemasaran terpisah disebut segmentasi pasar. Setiap konsumen pasti memiliki kebutuhan dan kebiasaan yang berbeda. Perusahaan harus melakukan klasifikasi pasar yang sifatnya heterogen menjadi satuan-satuan pasar yang bersifat homogeny. 
  4. Tidak ada perusahaan yang bisa menguasai seluruh pasar. Itulah alasannya mengapa perusahaan harus punya pola spesifik untuk mendapatkan posisi kuat dalam pasar, yaitu memilih segmen yang paling menguntungkan. Positioning berarti pengaturan suatu produk untuk menduduki tempat yang jelas, berbeda, dan diinginkan, relatif terhadap produk pesaing dalam pikiran konsumen sasaran. 

F. Penilaian Diri 

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jujur dan bertanggung jawab! 


Bila ada jawaban “Tidak”, maka segera lakukan review pembelajaran, terutama pada bagian yang masih “Tidak”.  Bila semua jawaban “Ya”, maka kalian dapat melanjutkan ke kegiatan pembelajaran berikutnya. 

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Materi Pengertian, Fungsi, Tujuan Dan Konsep  Strategi Pemasaran Mapel Prakarya kelas 10 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!! 

#
 Pengertian, Fungsi, Tujuan Dan Konsep  Strategi Pemasaran File ini dalam Bentuk .pdf File Size 74Kb
Diupload oleh www.bospedia.com

    Pencarian yang paling banyak dicari
    • tujuan strategi pemasaran
    • tujuan strategi pemasaran menurut para ahli
    • pengertian strategi pemasaran
    • pengertian strategi pemasaran menurut para ahli
    • definisi pemasaran
    • jenis strategi pemasaran
    • tujuan akhir dari kegiatan pemasaran adalah
    • strategi pemasaran dan contohnya
    Post a Comment

    Post a Comment