Materi Sumber Daya yang Dibutuhkan dan Administrasi Usaha Mapel Prakarya kelas 10 SMA/MA

Materi Sumber Daya yang Dibutuhkan dan Administrasi Usaha Mapel Prakarya kelas 10 SMA/MA - Halo adik adik apa kabar? semoga dalam keadaan sehat selalu, nah pada kesempatan yang baik ini kakak ingin menyampaikan jangan lupa untuk menggunakan masker, menjaga jarak dan tentunya mencuci tangan untuk menghindari penyebaran wabah virus corona. Oiya kali ini kakak ingin membagikan materi tentang Pengertian, Fungsi Dan Tugas Pemasaran, Jenis Pemasaran Dan Manfaat Pemasaran  dari mata pelajaran Prakarya untuk adik adik kelas X SMA/MA. Semoga dengan adanya materi ini bisa bermanfaat yah. Semangat!!

Materi Sumber Daya yang Dibutuhkan dan Administrasi Usaha Mapel Prakarya kelas 10 SMA/MA
Materi Sumber Daya yang Dibutuhkan dan Administrasi Usaha Mapel Prakarya kelas 10 SMA/MA

Merasakan hidup mapan serta mempunyai waktu luang untuk dapat menikmati penghasilan yang diperolah tanpa dibatasi oleh waktu karena khawatir akan mendapat surat pemutusan hubungan kerja, langkah yang paling tepat untuk segera direncanakan untuk masa depan adalah menjadi seorang wirausahawan. Salah satu jenis usaha yang dapat dijalankan adalah usaha pengolahan makanan awetan dari bahan nabati. 

Untuk memulai sebuah usaha, langkah awal yang harus dilakukan adalah membuat sebuah perencanaan yang mencakup ide dan peluang usaha, sumber daya yang dibutuhkan dalam kegiatan usaha,  membuat pencatatan keuangan yang sederhana, serta bagaimana menciptakan strategi pemasaran yang tepat agar target penjualan dapat tercapai.   

Istilah

  • Peluang usaha : suatu ide yang menarik atau usulan usaha yang memberikan kemungkinan untuk memberikan hasil bagi seseorang yang ingin mengambil risiko. 
  • Makanan awetan dari bahan nabati : makanan yang dibuat dari sumber daya alam nabati, yang sudah melalui proses pengolahan yang tepat sesuai dan dikemas dengan baik, baik menggunakan pengawet maupun tidak sehingga mempunyai umur simpan yang lebih panjang. 
  • Material : adalah bahan baku apa yang akan digunakan untuk kegiatan produksi.   
  • Machine (mesin): merupakan adalah alat yang digunakan untuk mempermudah kegiatan produksi agar dapat menghasilkan produk secara maksimal. 
  • Metode: cara yang digunakan oleh perusahaan agar 
  • kegiatan produksi dapat berjalan secara efektif dan efisien.  
  • Pemasaran: merupakan suatu sistem keseluruhan dari kegiatan-kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial. 

A. Tujuan Pembelajaran 

Setelah mempelajari kegiatan pembelajaran 2, diharapkan kalian dapat: 
  1. Menganalisis sumber daya yang dibutuhkan dalam sebuah kegiatan usaha 
  2. Menjelaskan administrasi usaha 

B. Uraian Materi 

1. Sumber Daya  yang Dibutuhkan Untuk Usaha 

Tahukah kalian, sumber daya apa saja yang dibutuhkan untuk usaha pengolahan makanan awetan dari bahan nabati? Berikut ini adalah sumber daya yang dibutuhkan dalam menjalankan sebuah usaha yang dikenal dengan  istilah 6M, yaitu: 

a. Man (manusia) 

Man atau yag dikenal dengan istilah sumber daya manusia (SDM) merupakan salah satu faktor yang penting karena dari faktor inilah modal dan keterampilan dikelola. Manusia merupakan unsur manajemen yang paling penting dalam mencapai tujuan usaha. 

b. Money (uang) 

Uang disini berupa modal usaha atau biasanyan berupa uang. Pada dasarnya semua kegiatan membutuhkan modal awal di mana kita bisa melakukan halhal berupa pengorbanan yang akan membuat modal tersebut akan kembali menjadi modal dan memiliki tambahan yang kita sebut keuntungan. 

c. Material (bahan) 

Material yang dimaksud adalah bahan baku apa yang akan digunakan untuk kegiatan produksi.  

d. Machine (mesin) 

Mesin merupakan adalah alat yang digunakan untuk mempermudah kegiatan produksi agar dapat menghasilkan produk secara maksimal. Dapat berupa mesin canggih ataupun mesin sederhana, tergantung kemampuan dari perusahaan tersebut.  

e. Methode (metode) 

Metode adalah cara yang digunakan oleh perusahaan agar kegiatan produksi dapat berjalan secara efektif dan efisien.  

f. Market (pasar) 

Barang yang diproduksi seharusnya adalah barang yang dibutuhkan oleh konsumen, agar tujuan perusahaan untuk mencapai keuntungan secara maksimal dapat tercapai. Atau dapat pula, perusahaan memiliki pangsa pasar yang potensial yang membutuhkan suatu produk, baru setelah itu perusahaan mencoba untuk memproduksi dalam rangka untuk memenuhi kebutuhan pasar tersebut. Jadi pasar dapat berfungsi maksimal bagi perusahaan untuk menghasilkan pendapatan/uang. 

2. Administrasi Sederhana 

Administrasi adalah pencatatan yang harus dibuat oleh perusahaan untuk memudahkan pengaturan, mengawasi dan mengevaluasi. Misal bidang produksi, pencatatan yang harus dilakukan mencakup pencatatan alat dan bahan apa saja yang dibutuhkan untuk kegiatan produksi, pembelian barang/kebutuhan kegiatan usaha, waktu/jadwal kegiatan produksi, siapa saja yang melakukan kegiatan produksi, tempat yang digunakan untuk melakukan kegiatan produksi. Bidang keuangan, mengatur dari mana sumber modal diperoleh, mencatat pemasukan dan pengeluaran uang tunai (jurnal), membuat laporan keuangan pada akhir periode dan seterusnya. Pembukuan yang baik, adalah pembukuan yang dapat dibaca dan memberi informasi sesuai yang dimaksud oleh pembuat pembukuan. 

C. Rangkuman 

  1. Sumber daya yang dibutuhkan untuk usaha dikenal dengan istilah 6M, yaitu Man, Money, material, Machine, Methode, dan Mareket. Semua sumber daya saling berkaitan, oleh karena itu perlu dikaji apakah sumber daya yang paling potensial dimiliki oleh perusahaan. Hal ini bisa menjadi focus kegiatan usaha agar kegiatan perusahaan dapat berjalan maksimal.  
  2. Semua hal yang terdapat atau terjadi pada perusahaan harus dibuat pencatatannya, sebagai alat untuk mengatur, mengawasi, dan mengevaluasi jalannya usaha. 

D. Latihan Soal 

Jawablah pertanyaan berikut sebagai penilaian atas penguasaan materi pada kegiatan pembelajaran 2 
  1. Apakah yang dimaksud dengan sumber daya dalam sebuah kegiatan usaha? 
  2. Sebutkan sumber daya apa saja yang diperlukan untuk melakukan usaha pengolahan makanan awetan dari bahan nabati! 
  3. Bila salah satu sumber daya tidak tersedia, apakah masih memungkinkan bagi seseorang atau kelompok untuk memulai sebuah usaha? Berikan penjelasanmu. 
  4. Apakah peranan analisis sumber daya dalam sebuah perencanaan usaha? 
  5. Apakah pencatatan dalam kegiatan penjualan diperlukan pencatatan? Berikan penjelasanmu. 

Pembahasan Latihan Soal 

  1. Sumber daya dalam sebuah usaha adalah segala hal yang diperlukan dalam suatu kegiatan usaha. 
  2. Sumber daya yang dibutuhkan mencakup 6 M, yaitu man (manusia), money (uang atau modal), material (bahan baku), machine (mesin), methode (metode), dan market (pasar) 
  3. Jika salah satu sumber daya tidak tersedia, maka sebuah usaha masih dapat berjalan akan tetapi mungkin tidak akan dapat berjalan maksimal, meskipun demikian, tergantung pula jenis sumber daya apa yang tidak tersedia, jika yang tidak tersedia itu adalah market atau pasar yang akan dituju, makan usaha tentunya tidak akan berjalan karena tidak ada yang akan membeli produk. Contoh lain jika material (bahan baku) tidak tersedia, maka harus mengganti bahan baku lain atau mencari bahan baku dari tempat lain sehingga menambah biaya produksi.  
  4. Analisis nalisis sumber daya dalam sebuah perencanaan usaha sangat perlu dilakukan agar suatu usaha dapat berjalan dengan baik dan makin berkembang. 
  5. Semua hal yang terdapat atau terjadi pada perusahaan harus dibuat pencatatannya, sebagai alat untuk mengatur, mengawasi, dan mengevaluasi jalannya usaha. 

E. Penilaian Diri 

Jawablah pertanyaan berikut dengan jujur dan bertanggung jawab untuk mengukur kemampuan yang telah kamu capai untuk instropeksi diri. 
 

Mari kita review hasil dari penialian dirimu kembali.  Jika ada jawaban "Tidak", lebih dari 2, maka segera lakukan kajian kembali pada bagian tersebut, sebelum kamu melanjutkan pada kegiatan pembelajaran 2 

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Materi Sumber Daya yang Dibutuhkan dan Administrasi Usaha Mapel Prakarya kelas 10 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!! 

#
 Sumber Daya yang Dibutuhkan dan Administrasi Usaha File ini dalam Bentuk .pdf File Size 74Kb
Diupload oleh www.bospedia.com

    Pencarian yang paling banyak dicari
    • sumber daya yang dibutuhkan dalam usaha makanan khas daerah
    • sumber daya yang dibutuhkan dalam usaha bidang konversi energi
    • sumber daya yang dibutuhkan untuk menuangkan ide dan peluang usaha meliputi
    • materi faktor ide dan peluang usaha serta sumber daya yang dibutuhkan administrasi usaha
    • sumber daya yang harus dimiliki oleh perusahaan adalah
    • contoh sumber daya usaha
    • kesimpulan tentang sumber daya yang dibutuhkan administrasi dan pemasaran
    • sumber daya usaha 6m