ZCgRxn24sMSt1P8PT34NVVluf7C7ODQ8eSh7SrtI
Bookmark

Materi Pemasaran Mapel Prakarya Kelas 10 SMA/MA

Materi Pemasaran Mapel Prakarya Kelas 10 SMA/MA - Halo adik adik apa kabar? semoga dalam keadaan sehat selalu, nah pada kesempatan yang baik ini kakak ingin menyampaikan jangan lupa untuk menggunakan masker, menjaga jarak dan tentunya mencuci tangan untuk menghindari penyebaran wabah virus corona. Oiya kali ini kakak ingin membagikan materi tentang Pengertian, Fungsi Dan Tugas Pemasaran, Jenis Pemasaran Dan Manfaat Pemasaran  dari mata pelajaran Prakarya untuk adik adik kelas X SMA/MA. Semoga dengan adanya materi ini bisa bermanfaat yah. Semangat!!

Materi Pemasaran Mapel Prakarya Kelas 10 SMA/MA
Materi Pemasaran Mapel Prakarya Kelas 10 SMA/MA

Merasakan hidup mapan serta mempunyai waktu luang untuk dapat menikmati penghasilan yang diperolah tanpa dibatasi oleh waktu karena khawatir akan mendapat surat pemutusan hubungan kerja, langkah yang paling tepat untuk segera direncanakan untuk masa depan adalah menjadi seorang wirausahawan. Salah satu jenis usaha yang dapat dijalankan adalah usaha pengolahan makanan awetan dari bahan nabati. 

Untuk memulai sebuah usaha, langkah awal yang harus dilakukan adalah membuat sebuah perencanaan yang mencakup ide dan peluang usaha, sumber daya yang dibutuhkan dalam kegiatan usaha,  membuat pencatatan keuangan yang sederhana, serta bagaimana menciptakan strategi pemasaran yang tepat agar target penjualan dapat tercapai.   

Istilah

  • Peluang usaha : suatu ide yang menarik atau usulan usaha yang memberikan kemungkinan untuk memberikan hasil bagi seseorang yang ingin mengambil risiko. 
  • Makanan awetan dari bahan nabati : makanan yang dibuat dari sumber daya alam nabati, yang sudah melalui proses pengolahan yang tepat sesuai dan dikemas dengan baik, baik menggunakan pengawet maupun tidak sehingga mempunyai umur simpan yang lebih panjang. 
  • Material : adalah bahan baku apa yang akan digunakan untuk kegiatan produksi.   
  • Machine (mesin): merupakan adalah alat yang digunakan untuk mempermudah kegiatan produksi agar dapat menghasilkan produk secara maksimal. 
  • Metode: cara yang digunakan oleh perusahaan agar 
  • kegiatan produksi dapat berjalan secara efektif dan efisien.  
  • Pemasaran: merupakan suatu sistem keseluruhan dari kegiatan-kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial. 

A. Tujuan Pembelajaran 

Setelah mempelajari kegiatan pembelajaran 3, diharapkan kalian dapat: 
  1. Menjelaskan pengertian pemasaran 
  2. Menjelaskan fungsi dari pemasaran 
  3. Menjelaskan jenis-jenis pemasaran 
  4. Menentukan strategi pemasaran yang potensial agar target penjualan produk sesuai dengan yang telah direncanakan. 

B. Uraian Materi 

1. Pengertian Pemasaran 

suatu sistem keseluruhan dari kegiatan kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.

2. Fungsi Pemasaran 

a. Pengenalan produk 

Dengan adanya pemasaran, produk akan lebih mudah dikenal oleh pelanggan. Pemasar harus menonjolkan keunggulan dari produk yang di pasarkan. Sehingga bisa lebih menarik perhatian dibanding produk pesaing. 

b. Riset (penelitian) 

Riset memungkinkan pemasaruntuk mendapatkan informasi yang tepat mengenai pasar target sebuah produk. Beberapa hal yang biasanya harus diriset adalah kepopuleran, usia, jenis kelamin kebutuhan hingga keinginan dan lain sebagainya. Nantinya produk yang diproduksi bisa disesuaikan dengan apa yang sesuai dengan target pasarnya. 

c. Distribusi 

Dengan distribusi yang baik, akan memastikan bahwa produk dapat mudah dipindahkan dari lokasi produksi ke pasar luas menggunakan jalur darat, air dan laut. Selain itu juga memastikan bahwa produk dapat dengan mudah didapatkan oleh pelanggan. Sebagai pemasar juga harus merencanakan segala sesuatunya seperti armada, keuangan dalam proses distribusi. 

d. Layanan purnajual 

Dalam sebuah penjualan, layanan setelah penjualan memang sangat dibutuhkan. Pemasaran harus membantu pelanggan setelah mereka membeli produk. Misalnya seperti produk mesin, pelanggan mungkin akan merasa kesulitan ketika menemukan masalah pada mesin yang telah mereka beli. Tugas bagian pemasaran, memastikan dan membantu agar mesin itu berjalan dengan semestinya.

3. Jenis-jenis Pemasaran 

 
Terdapat beberapa pilihan untuk mengenalkan produk kita kepada konsumen. Apa yang dipilih perusahaan sangat disesuaikan siapa yang menjadi target market kita. Berikut beberapa jenis pemasaran, silahkan pelajari dan tentukan sesuai dengan produk dan kekhasan perusahaanmu ya. 

a. Branding 

Produk dan layanan harus memiliki target pasar, dan nama atau “merek,” untuk dikenal. Branding adalah bentuk pemasaran yang memiliki fungsi sebagai iklan jangka panjang. Ini sangat membantu untuk membuat produk atau layanan menjadi lebih menarik dan terkenal. Branding sering kali menyertakan nama, slogan, dan logo. 

b. Iklan Siaran 

Menggunakan radio sebagai media pemasaran adalah salah satu bentuk iklan berbayar yang paling umum. Pemasaran ke pelanggan sangat potensial ketika menggunakan radio karena pendengar radio benar-benar mendengarkan apa yang diucapkan oleh penyiarnya. Selain itu, juga bisa menggunakan media TV untuk menjangkau pelanggan secara luas. 

c. Multi-Level Marketing 

Pemasaran dengan menggunakan multi-level marketing adalah bentuk penjualan langsung yang melibatkan banyak orang di mana perusahaan merekrut dan menjual produk-produknya. Multi-level marketing juga disebut network marketing karena tenaga penjualan mendapatkan komisi dari produk yang mereka jual serta komisi penjualan dari jaringannya. 

d. Internet atau online 

Internet menjadi salah satu media pemasaran yang paling diminati. Hampir semua orang pasti menggunakan internet, sehingga pasarnya sangat luas. Pemasaran dapat dilakukan dalam berbagai cara seperti menggunaan email, website atau iklan. Target pasarnya juga bisa ditentukan karena banyak penyedia jasa iklan yang memiliki fitur ini. 
 Setiap jenis pemasaran memiliki kelebihan dan kelemahan, sangat bergantung kepada kondisi perusahaan masing-masing. Oleh karena itu, sesuaikanlah dengan berdiskusi dengan anggota perusahaan atau kelompokmu. 

C. Rangkuman 

  1. Pemasaran berfungsi untuk mengenalkan atau menentuka produk secara tepat, agar hasil yang diharapkan sesuai dengan target atau tujuan yang telah direncanakan. 
  2. Terdapat beberapa jenis pemasaran, semuanya memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Sangat ditentukan oleh kondisi usaha yang kamu miliki. 
  3. Pemasaran merupakan hal yang penting dalam sebuah usaha, semakin baik strategi marketing pada usaha, semakin cepat usaha yang dijalankan berkembang.  
  4. Jika strategi marketing Anda bagus tanpa dibarengi pembukuan yang terstruktur maka bisnis Anda akan berantakan. Untuk melakukan proses pembukuan yang baik dibutuhkan pencatatan transaksi yang teratur agar menghasilkan laporan keuangan yang bisa dipertanggungjawabkan. 

D. Latihan Soal 

Jawablah pertanyaan berikut sebagai penilaian atas penguasaan materi pada kegiatan pembelajaran 3. 
  1. Apakah yang dimaksud dengan pemasaran? 
  2. Ada berapa jenis-jenis pemasaran? Jelaskan dengan bahasamu sendiri. 
  3. Bagaimana menentukan jenis pemasaran yang paling tepat untuk dilakukan? 
  4. Apakah semua jenis pemasaran bisa dilakukan secara bersamaan? 

Pembahasan Latihan Soal 

  1. Pemasaran merupakan suatu sistem keseluruhan dari kegiatan-kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial. 
  2. Ada 4 jenis pemasaran, yaitu 
    • Branding, merupakan bentuk pemasaran yang memiliki fungsi sebagai iklan jangka panjang. Branding sangat membantu untuk membuat produk atau layanan menjadi lebih menarik dan terkenal, contoh logo, slogan, dll. 
    • Iklan siaran, contohnya iklan melalui radio atau televisi 
    • Pemasaran dengan menggunakan multi-level marketing  adalah bentuk penjualan langsung yang melibatkan banyak orang di mana perusahaan merekrut dan menjual produk-produknya.  
    • Internet atau online. Internet menjadi salah satu media pemasaran yang paling diminati. Hampir semua orang pasti menggunakan internet, sehingga pasarnya sangat luas. Pemasaran dapat dilakukan dalam berbagai cara seperti menggunaan email, website atau iklan.  
  3. Menentukan jenis pemasaran perlu diperhatikan sasaran pasar yang akan dituju.  
  4. Semua jenis pemasaran bisa dilakukan secara bersamaan, satu contoh pemasaran produk minuman sari buah diiklankan di televisi, dibranding dengan logo dan kemasan yang menarik sehingga semua orang tau, diiklankan juga secara online. 

E. Penilaian Diri 

Jawablah pertanyaan berikut dengan jujur dan bertanggungjawab untuk mengukur kemampuan yang telah kamu capai untuk instropeksi diri. 
 

Kita review hasi dari penialian diri kalian kembali.  
Jika ada jawaban "Tidak", lebih dari 2, maka segera lakukan kajian kembali pada bagian tersebut, sebelum kalian melanjutkan pada kegiatan pembelajaran 4. Dapat meminta guru kalian untuk melakukan evaluasi. Jika  semua jawaban "Ya", maka kalian dapat melanjutkan ke pembelajaran berikutnya. 
 

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Materi Pemasaran Mapel Prakarya Kelas 10 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!! 

#
 Pemasaran File ini dalam Bentuk .pdf File Size 74Kb
Diupload oleh www.bospedia.com

    Pencarian yang paling banyak dicari
    • jenis pemasaran
    • perencanaan pemasaran
    • pemasaran pdf
    • konsep pemasaran
    • fungsi pemasaran
    • strategi pemasaran
    • contoh pemasaran
    • pemasaran adalah jurnal
    Post a Comment

    Post a Comment