ZCgRxn24sMSt1P8PT34NVVluf7C7ODQ8eSh7SrtI
Bookmark

Materi Perencanaan Usaha Mapel Prakarya Kelas 10 SMA/MA

Materi Perencanaan Usaha Mapel Prakarya Kelas 10 SMA/MA - Halo adik adik apa kabar? semoga dalam keadaan sehat selalu, nah pada kesempatan yang baik ini kakak ingin menyampaikan jangan lupa untuk menggunakan masker, menjaga jarak dan tentunya mencuci tangan untuk menghindari penyebaran wabah virus corona. Oiya kali ini kakak ingin membagikan materi tentang Perencanaan Usaha dari mata pelajaran Prakarya untuk adik adik kelas X SMA/MA. Semoga dengan adanya materi ini bisa bermanfaat yah. Semangat!!

Materi Perencanaan Usaha Mapel Prakarya Kelas 10 SMA/MA
Materi Perencanaan Usaha Mapel Prakarya Kelas 10 SMA/MA

Merasakan hidup mapan serta mempunyai waktu luang untuk dapat menikmati penghasilan yang diperolah tanpa dibatasi oleh waktu karena khawatir akan mendapat surat pemutusan hubungan kerja, langkah yang paling tepat untuk segera direncanakan untuk masa depan adalah menjadi seorang wirausahawan. Salah satu jenis usaha yang dapat dijalankan adalah usaha pengolahan makanan awetan dari bahan nabati. 

Untuk memulai sebuah usaha, langkah awal yang harus dilakukan adalah membuat sebuah perencanaan yang mencakup ide dan peluang usaha, sumber daya yang dibutuhkan dalam kegiatan usaha,  membuat pencatatan keuangan yang sederhana, serta bagaimana menciptakan strategi pemasaran yang tepat agar target penjualan dapat tercapai.   

Istilah

  • Peluang usaha : suatu ide yang menarik atau usulan usaha yang memberikan kemungkinan untuk memberikan hasil bagi seseorang yang ingin mengambil risiko. 
  • Makanan awetan dari bahan nabati : makanan yang dibuat dari sumber daya alam nabati, yang sudah melalui proses pengolahan yang tepat sesuai dan dikemas dengan baik, baik menggunakan pengawet maupun tidak sehingga mempunyai umur simpan yang lebih panjang. 
  • Material : adalah bahan baku apa yang akan digunakan untuk kegiatan produksi.   
  • Machine (mesin): merupakan adalah alat yang digunakan untuk mempermudah kegiatan produksi agar dapat menghasilkan produk secara maksimal. 
  • Metode: cara yang digunakan oleh perusahaan agar 
  • kegiatan produksi dapat berjalan secara efektif dan efisien.  
  • Pemasaran: merupakan suatu sistem keseluruhan dari kegiatan-kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial. 

A. Tujuan Pembelajaran 

Setelah melakukan kegiatan pembelajaran 4, diharapkan kalian dapat menjelaskan komponen perencanaan usaha dan menyusun perencanaan usaha. 

B. Uraian Materi 

Ada tujuh komponen dalam menyusun perencanaan usaha, semua bagian tersebut saling terkait dan berhubungan dalam kegiatan perencanaan bisnis sehingga menghasilkan sebuah persiapan yang baik untuk memulai suatu usaha. Berikut ini adalah komponen dalam sebuah perencanaan usaha 

1. Deskripsi Usaha 

Deskripsi usaha memuat uraian secara singkat, bidang usaha yang dijalankan, potensi produk yang direncanakan saat ini dan kemungkinannya di masa depan, serta informasi peluang pasar perkembangan produk untuk bisa bertahan dan menyesuaikan dengan pasar. 

2. Analisis Pasar 

Analisis pasar sangat perlu agar dapat memahami seluruh aspek yang memiliki kaitan erat dengan pasar. Hal ini sangat berguna untuk menentukan target pembeli dan target penjualan dalam perencanaan usaha serta strategi pemasarannya. 

3. Analisis Pesaing 

Analisis pesaing digunakan untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan pesaing usaha dalam satu pasar yang sama. Setelah menemukan kekuatannya, kemudian mencari strategi untuk memasarkan produk dengan cara yang berbeda dengan pesaing 

4. Rencana Desain dan Pengembangan 

Rencana desain dan pengembangan diperlukan untuk menunjukkan tahap perencanaan produk, grafik pengembangan dalam konteks produksi dan penjualan. Hal ini berguna untuk membuat rencana anggaran biaya produksi sesuai dengan kebutuhan. 

5. Rencana Operasional dan Managemen 

Rencana operasional dan managemen dibuat untuk menjelaskan bagaimana usaha akan berjalan dan berkelanjutan 

6. Pembiayaan 

Faktor pembiayaan menjadi unsur penting dalam sebuah rencana bisnis. Darimana sumber dana berasal dan bagaimana mengatur anggaran agar efisien, namun tetap berjalan lancar. 

7. Simpulan Usaha 

Simpulan usaha merupakan uraian dari seluruh kerangka rencana kerja. Simpulan usaha berisi simpulan kegiatan baik hambatan maupun kekurangan dari kegiatan usaha. 

C. Rangkuman 

Ada tujuh komponen dalam menyusun perencanaan usaha, semua bagian tersebut saling terkait dan berhubungan dalam kegiatan perencanaan bisnis sehingga menghasilkan sebuah persiapan yang baik untuk memulai suatu usaha. Tujuh komponen tersebut adalah deskripsi usaha, analisis pasar, analisis peluang, rencana desain dan pengembangan, rencana operasional dan managemen, pembiayaan, simpulan usaha.  

D. Penugasan Mandiri 

Buatlah laporan sebuah perencanaan usaha pengolahan makanan awetan dari bahan nabati dengan mendeskripsikan beberapa unsur komponen dalam menyusun perencanaan usaha seperti yang telah diuraiakan pada materi di atas. Jika kondisi memungkinkan, lakukan kegiatan kalian secara berkelompok.  

E. Latihan Soal 

  1. Sebutkan komponen dalam menyusun perencanaan usaha! 
  2. Jelaskan analisis pasar dalam menyusun perencanaan usaha! 
  3. Mengapa dalam menyusun perencanaan usaha perlu memperhatikan analisis pesaing? 
Pembahasan 
  1. Ada tujuh komponen dalam menyusun perencanaan usaha, semua bagian tersebut saling terkait dan berhubungan dalam kegiatan perencanaan bisnis sehingga menghasilkan sebuah persiapan yang baik untuk memulai suatu usaha. Tujuh komponen tersebut adalah deskripsi usaha, analisis pasar, analisis peluang, rencana desain dan pengembangan, rencana operasional dan managemen, pembiayaan, simpulan usaha. 
  2. Analisis pasar sangat perlu agar dapat memahami seluruh aspek yang memiliki kaitan erat dengan pasar. Hal ini sangat berguna untuk menentukan target pembeli dan target penjualan dalam perencanaan usaha serta strategi pemasarannya. 
  3. Analisis pesaing digunakan untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan pesaing usaha dalam satu pasar yang sama. Setelah menemukan kekuatannya, kemudian mencari strategi untuk memasarkan produk dengan cara yang berbeda dengan pesaing. 

F. Penilaian Diri  

Jawablah pertanyaan berikut dengan jujur dan bertanggungjawab untuk mengukur kemampuan yang telah kamu capai untuk instropeksi diri. 
 

Mari kita review hasil dari penialian diri kalian kembali.  
Jika ada jawaban "Tidak", maka segera lakukan kajian kembali pada bagian tersebut,. 
Jika semua jawaban "Ya", maka kalian dapat melanjutkan ke pembelajaran berikutnya. 

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Materi Perencanaan Usaha Mapel Prakarya Kelas 10 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!! 

#
 Perencanaan Usaha File ini dalam Bentuk .pdf File Size 74Kb
Diupload oleh www.bospedia.com

    Pencarian yang paling banyak dicari
    • perencanaan usaha contoh
    • perencanaan usaha pdf
    • perencanaan usaha makanan
    • komponen perencanaan usaha
    • tujuan perencanaan usaha
    • perencanaan usaha kwu kelas 11
    • tahapan perencanaan usaha
    • materi perencanaan usaha