ZCgRxn24sMSt1P8PT34NVVluf7C7ODQ8eSh7SrtI
Bookmark

Materi Rencana Dan Media Pemasaran Mapel Prakarya kelas 10 SMA/MA

Materi Rencana Dan Media Pemasaran Mapel Prakarya kelas 10 SMA/MA - Halo adik adik apa kabar? semoga dalam keadaan sehat selalu, nah pada kesempatan yang baik ini kakak ingin menyampaikan jangan lupa untuk menggunakan masker, menjaga jarak dan tentunya mencuci tangan untuk menghindari penyebaran wabah virus corona. Oiya kali ini kakak ingin membagikan materi tentang Rencana Dan Media Pemasaran dari mata pelajaran Prakarya untuk adik adik kelas X SMA/MA. Semoga dengan adanya materi ini bisa bermanfaat yah. Semangat!!

Materi Rencana Dan Media Pemasaran Mapel Prakarya kelas 10 SMA/MA
Materi Rencana Dan Media Pemasaran Mapel Prakarya kelas 10 SMA/MA

Materi ini sebagai pendamping buku teks pelajaran (BTP) atau buku sekolah elektronik (BSE) sebagai media pendukung bagi kalian dalam memahami materi tentang pemasaran produk olahan dari bahan pangan nabati secara langsung. Materi pemasaran secara langsung produk olahan nabati ini, sebagai bekal bagaimana seharusnya produk yang akan kalian ciptakan sesuai dengan konsumen yang  akan menjadi sasaran pemasaran. 

Pemasaran secara langsung dapat dilakukan dengan banyak pilihan dengan cara yang berbeda-beda, kalian tinggal menyesuaikan dengan kemauan dan kemampuan yang menjadi sumber daya yang ada pada perusahaan/kelompok usaha kalian. Dalam mempelajari modul ini kalian harus membaca dengan cermat, memahami dan menemukan ide-ide cemelang tentang pemasaran langsung, kemudian dilanjutkan dengan mengerjakan latihan soal sebagai alat evaluasi disertai refleksi. 

Semoga modul ini bermanfaat, serta menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari

Hal yang perlu diperhatikan dalam penggunan Materi ini adalah: 

  1. Mempelajari modul pemasaran sangat disarankan untuk dilakukan secara berurutan. Dimana modul ini terdiri atas 2 Kegiatan Pembelajaran yaitu (a) memahami jenis-jenis pemasaran langsung, mengidentifikasi konsumen dan pesaing usaha, memahami strategi pemasaran (b) menyusun rencana pemasaran hasil produksi usaha dan mengidentifikasi berbagai media pemasaran hasil produksi olahan makanan awetan dari bahan pangan nabati. 
  2. Baca peta konsep materi dan pahami isinya 
  3. Setelah membaca dan mempelajari materi pembelajaran, kerjakan soal latihan dan tugas 
  4. Lakukan penilaian diri 
  5. Kerjakan soal evaluasi di akhir materi 
  6. Menggunakan alat, bahan dan media sesuai yang tercantum pada setiap penugasan. 
  7. Menggunakan berbagai referensi yang mendukung atau terkait dengan materipembelajaran. 
  8. Meminta bimbingan guru jika merasakan kesulitan dalam memahami materi modul. 
  9. Mampu menyelesaian 80% dari semua materi dan penugasan maka Anda dapat dikatakan TUNTAS belajar modul ini. 

Istilah

  • Konsumen : setiap orang pemakai barang atau jasa yang tersedia dalam masyarakat, baik bagi kepentingan diri sendiri, keluarga, orang lain, maupun makhluk hidup lain dan tidak untuk diperdagangkan. 
  • Strategi Pemasaran : cara pengaturan pemasaran untuk mencapai  keuntungan dalam penjualan. 
  • Budaya Non Benda : hasil karya yang abstrak, bukan merupakan benda 
  • Pesaing Usaha : kompetisi antar penjual yang saling berusaha untuk mendapatkan konsumen, keuntungan dan jumlah penjualan yang tinggi. 
  • Rencana Pemasaran : panduan bagi perusahaan untuk menjalankan strategi pemasaran yang perlu dilakukan berdasarkan analisis dalam mengantisipasi perubahan keadaan.  
  • Media Pemasaran : media yang digunakan untuk menyampaikan suatu produk kepada pelanggan. 
  • Produksi : Suatu kegiatan yang menghasilkan barang dan jasa. 

A. Tujuan Pembelajaran 

Setelah kegiatan pembelajaran 2 ini diharapkan:  
  1. menyusun rencana pemasaran hasil produksi usaha 
  2. mengidentifikasi berbagai media pemasaran hasil produksi usaha 

B. Uraian Materi 

1. Rencana pemasaran 

Gambar 1. https://www.berdesa.com/rencana-usaha-harus-berisi-9-hal/ 
 
Segala kegiatan yang akan kalian lakukan harus direncanakan terlebih dahulu. Suatu perencanaan disusun sebagai pedoman dalam melaksanakan suatu kegiatan, sehingga kegiatan tersebut dapat mencapai tujuan secara maksimal. Philip Kotler menyatakan bahwa rencana pemasaran adalah salah satu keluaran (output) yang paling utama dimana perencanaan tersebut dibuat untuk merespon perubahan kondisi. 
 
Perencanaan pemasaran adalah bentuk dari proses manajemen yang mengarah pada strategi pemasaran dimana tujuan utamanya yaitu untuk mencapai tujuan pemasaran sehingga marketing plan dilakukan pada serangkaian proses yang sistematis dan melalui koordinasi untuk mendapatkan keputusan rencana pemasaran. 
 
Rencana pemasaran merupakan panduan bagi perusahaan untuk menjalankan strategi–strategi pemasaran yang perlu dilakukan berdasarkan analisis. 
Langkah Menyusun Perencanaan Pemasaran 
 
Penyusunan perencanaan pemasaran bisnis membutuhkan beberapa komponen yang harus terlibat. Marketing plan biasanya mencakup beberapa elemen termasuk deskripsi pesaing, permintaan akan produk atau layanan yang ditawarkan, kekuatan dan kelemahan dari sudut pandang pasar baik bisnis maupun pesaingnya. 
 
Rencana pemasaran merupakan alat yang perlu digunakan setiap hari untuk membantu organisasi menjangkau target pasar dan target keuntungan. Semua bisnis harus memahami pasar yang dibidik dan menjadi dasar dalam membuat marketing plan. Berikut ini beberapa langkah dalam menyusun perencanaan pemasaran. 

1. Melakukan Analisis Situasi 

Salah satu komponen utama dalam memulai penyusunan marketing plan adalah dengan analisis SWOT. Dengan adanya analisis SWOT maka manajer pemasaran perusahaan dapat membuat pemetaan bagaimana peluang dan permasalahan yang mungkin muncul di pasar serta apa kekuatan dan kelemahan perusahaan untuk mencapai tujuan pemasaran. 

2. Menetapkan Tujuan dan Sasaran 

Setelah melakukan analisis SWOT, marketing plan dilanjutkan dengan menetapkan sasaran atau target pemasaran. Misalnya mengidentifikasi siapa saja yang membutuhkan produk tersebut dan kemana produk tersebut harus dipasarkan. Ketika sudah mengetahui ke arah mana pemasaran dilakukan, dapat dilakukan penyusunan strategi untuk mencapai target tersebut. Strategi pemasaran penting dilakukan untuk meminimalkan anggaran dan effort yang diperlukan untuk promosi namun dengan keuntungan yang maksimal. 

3. Menyusun Strategi dan Program 

Strategi dan program dibuat berdasarkan tujuan atau sasaran yang telah ditentukan sebelumnya. Strategi ini merupakan tindakan jangka panjang dan dibuat sebagai rencana jangka panjang untuk mencapai tujuan organisasi. Selain itu, juga untuk mendukung strategi tersebut dibuat program atau tindakan jangka pendek secara berkesinambungan. 

3. Media pemasaran 

Anak-anak, dalam sebuah bisnis kalian harus mampu mengidentifikasi target pasar yang dituju dan media pemasaran yang digunakan untuk menyampaikan suatu produk kepada pelanggan. Berikut ini, kalian akan mengenal 4 jenis media pemasaran yang biasa digunakan dalam sebuah bisnis, yaitu: 

a. Media Pemasaran Konvensional 
  1. Radio: ada 3 jenis radio yaitu konvensional (AM/FM), internet, dan satelit. 
  2. Televisi: persaingan pemasaran dalam televisi sangatlah sengit dan memakan biaya besar. 
  3. Media cetak: ada beberapa jenis yaitu koran atau majalah, media cetak online 
b. Blog dan publikasi online: 
banyak sekali keuntungan yang bisa kalian rasakan seperti ruang lingkup audiens yang lebih luas, ada fitur link untuk terhubung ke dalam website kalian, akses yang lebih mudah, dan memiliki keyword yang diasosiasikan langsung kepada bisnis kalian. 

c. Penerbitan 
  1. Menulis sebuah buku dalam versi cetak maupun digital. 
  2. Menulis artikel 
  3. Newsletter 
d. Speaking 
Melalui speaking kalian dapat berhadapan langsung dengan audiens dalam jumlah besar untuk meningkatkan kredibilitas dan penjualan produk kalian. Speaking ini dapat melalui beberapa kegiatan seperti workshop, seminar dan konferensi. 

e. Social Media 
Social media adalah suatu bagian yang penting dari sebuah proses pemasaran dan strategi pemasaran secara keseluruhan. Media sosial yang saat ini bisa digunakan dalam pemasaran sebuah produk dan jasa seperti Instagram, Whatsapp, Line, Facebook, dll 
 
Gambar 2.  https://tinyurl.com/y5jdmtk 
 
Anak-anak, kalian cukup memahami mana media pemasaran yang paling cocok diterapkan untuk sebuah bisnis, kemudian fokus untuk mengembangkan strateginya, karena hal ini akan jauh lebih efektif dan efisien daripada kalian memaksakan menjalankan semuanya tapi hasilnya tidak maksimal. 

C. Rangkuman 

Segala kegiatan yang akan kalian lakukan harus direncanakan terlebih dahulu. Suatu perencanaan disusun sebagai pedoman dalam melaksanakan suatu kegiatan, sehingga kegiatan tersebut dapat mencapai tujuan secara maksimal. 

Suatu kegiatan yang menghasilkan barang dan jasa disebut produksi 
 
Langkah Menyusun Perencanaan Pemasaran 
  1. Melakukan Analisis Situasi 
  2. Menetapkan Tujuan dan Sasaran 
  3. Menyusun Strategi dan Program 
Media pemasaran digunakan untuk menyampaikan suatu produk kepada pelanggan. Jenis media pemasaran: 
  1. Media Pemasaran Konvensional 
  2. Penerbitan 
  3. Speaking 
  4. Sosial Media 

D. Penugasan Mandiri 

Sumber : https://tinyurl.com/y3wtjnjj 
 
Sekolahmu merupakan sekolah kewirausahaan yang salah satu programnya adalah membentuk wirausahawan muda di sekolah. Setiap kelas disekolahmu diberi modal oleh pihak sekolah untuk dikelola sebagai modal usaha yang nantinya akan menghasilkan sebuah produk unggulan dari masing-masing kelas. Kalian ditunjuk untuk menjadi seorang manager dan penanggung jawab atas modal yang diberikan oleh sekolah. Nah dengan memanfaatkan sumber daya sekalian. Hal-hal apa saja yang harus kalian persiapkan!  

E. Latihan Soal 

  1. Apa yang dimaksud dengan perencanaan pemasaran? 
  2. Jelaskan langkah penyusunan perencanaan usaha? 
  3. Sebutkan jenis media pemasaran yang biasa digunakan dalam sebuah bisnis! 
Kunci Jawaban dan Pembahasan 
 
1. Perencanaan pemasaran adalah bentuk dari proses manajemen yang mengarah pada strategi pemasaran dimana tujuan utamanya yaitu untuk mencapai tujuan pemasaran sehingga marketing plan dilakukan pada serangkaian proses yang sistematis dan melalui koordinasi untuk mendapatkan keputusan rencana pemasaran. 
 
2. Langkah dalam menyusun perencanaan pemasaran. 
a. Melakukan Analisis Situasi 
Salah satu komponen utama dalam memulai penyusunan marketing plan adalah dengan analisis SWOT. Dengan adanya analisis SWOT maka manajer pemasaran perusahaan dapat membuat pemetaan bagaimana peluang dan permasalahan yang mungkin muncul di pasar serta apa kekuatan dan kelemahan perusahaan untuk mencapai tujuan pemasaran. 

b. Menetapkan Tujuan dan Sasaran 
Setelah melakukan analisis SWOT, marketing plan dilanjutkan dengan menetapkan sasaran atau target pemasaran. Misalnya mengidentifikasi siapa saja yang membutuhkan produk tersebut dan kemana produk tersebut harus dipasarkan. Ketika sudah mengetahui ke arah mana pemasaran dilakukan, dapat dilakukan penyusunan strategi untuk mencapai target tersebut.  

c. Menyusun Strategi dan Program 
Strategi dan program dibuat berdasarkan tujuan atau sasaran yang telah ditentukan sebelumnya. Strategi ini merupakan tindakan jangka panjang dan dibuat sebagai rencana jangka panjang untuk mencapai tujuan organisasi. Selain itu, juga untuk mendukung strategi tersebut dibuat program atau tindakan jangka pendek secara berkesinambungan. 
 
3. Jenis media pemasaran antara lain: 
  • Media Pemasaran Konvensional 
  • Blog dan publikasi online 
  • Penerbitan 
  • Speaking 
  • Social Media 

F. Penilaian Diri 

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jujur dan bertanggung jawab! 


Bila ada jawaban "Tidak", maka segera lakukan review pembelajaran, terutama pada bagian yang masih "Tidak". Bila semua jawaban "Ya", maka Anda dapat melanjutkan ke pembelajaran berikutnya. 

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Materi Rencana Dan Media Pemasaran Mapel Prakarya kelas 10 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!! 

#
 Rencana Dan Media Pemasaran File ini dalam Bentuk .pdf File Size 74Kb
Diupload oleh www.bospedia.com

    Pencarian yang paling banyak dicari
    • rencana pemasaran
    • perencanaan pemasaran pdf
    • contoh rencana pemasaran
    • konsep dasar aspek pemasaran dalam penyusunan perencanaan usaha.
    • mengapa rencana pemasaran harus dilakukan
    • strategi pemasaran
    • teori perencanaan pemasaran
    • perencanaan pemasaran produk
    Post a Comment

    Post a Comment