ZCgRxn24sMSt1P8PT34NVVluf7C7ODQ8eSh7SrtI
Bookmark

Materi Administrasi Dan Perencanaan Usaha Mapel Prakarya kelas 11 SMA/MA

Materi Administrasi Dan Perencanaan Usaha Mapel Prakarya kelas 11 SMA/MA - Halo adik adik apa kabar? semoga dalam keadaan sehat selalu, nah pada kesempatan yang baik ini kakak ingin menyampaikan jangan lupa untuk menggunakan masker, menjaga jarak dan tentunya mencuci tangan untuk menghindari penyebaran wabah virus corona. Oiya kali ini kakak ingin membagikan materi tentang Administrasi Dan Perencanaan Usaha dari mata pelajaran Prakarya untuk adik adik kelas XI SMA/MA. Semoga dengan adanya materi ini bisa bermanfaat yah. Semangat!!

Materi Administrasi Dan Perencanaan Usaha Mapel Prakarya kelas 11 SMA/MA
Materi Administrasi Dan Perencanaan Usaha Mapel Prakarya kelas 11 SMA/MA

Materi ini sebagai pendamping buku teks pelajaran (BTP) atau buku sekolah elektronik (BSE) sebagai media pendukung bagi kalian dalam memahami materi tentang ide dan analisa  peluang usaha, sumber daya pengolahan makanan, administrasi dan pemasaran, komponen perencanaan usaha dan penyusunan perencanaan usaha. Semua materi ini sangat penting dan harus kalian kuasai karena akan sangat berguna bagi kalian dalam kehidupan sehari-hari dan akan membantu kalian ketika kalian ingin menjadi wirausahawan muda yang sukses. Dalam mempelajari modul ini kalian harus membaca dengan cermat kemudian dilanjutkan dengan mengerjakan latihan soal sebagai alat evaluasi. Semoga modul ini bermanfaat, kalian dapat mengerti dan memahami isi modul serta menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Selamat belajar bagi anak anak hebat generasi penerus bangsa. 

Istilah

  • Ide : adalah rancangan yang tersusun di pikiran 
  • Peluang usaha  : adalah kesempatan yang dimiliki seseorang untuk mencapai tujuan 
  • Bahan pangan nabati : adalah bahan-bahan makanan yang berasal dari tanaman atau              bahan makanan yang diolah dari bahan dasar dari tanaman.  
  • Bahan pangan hewani : merupakan bahan-bahan makanan yang berasal dari hewan atau      olahan yang bahan dasarnya dari hasil hewan. 

A. Tujuan Pembelajaran 

Setelah kegiatan pembelajaran 1 ini diharapkan kalian dapat: 
  1. Memahami administrasi dan pemasaran  
  2. Memahami komponen perencanaan usaha  
  3. Memahami  penyusunan perencanaan usaha  

B. Uraian Materi 

Administrasi dan pemasaran  


Apa yang dimaksud dengan administrasi? Administrasi adalah suatu bentuk usaha dan aktivitas yang berhubungan dengan pengaturan kebijakan agar dapat mencapai target/ tujuan. Administrasi secara sempit diartikan sebagai bentuk aktivitas yang meliputi catat-mencatat, surat-menyurat, pembukuan sederhana, ketik-mengetik, dan kegiatan lain yang sifatnya teknis ketatausahaan. Sedangkan pengertian administrasi secara luas adalah semua proses kerjasama antara dua orang atau lebih yang bertujuan untuk mencapai target dengan memanfaatkan sarana dan prasarana yang ada. 

 Apa itu pemasaran? Pengertian Pemasaran adalah suatu kegiatan menyeluruh, terpadu, dan terencana, yang dilakukan oleh sebuah organisasi atau institusi dalam melakukan usaha agar mampu mengakomodir permintaan pasar dengan cara menciptakan produk bernilai jual, menentukan harga, mengkomunikasikan, menyampaikan, dan saling bertukar tawaran yang bernilai bagi konsumen, klien, mitra, dan masyarakat umum. Secara sederhana, definisi pemasaran lebih diidentikan dengan proses pengenalan produk atau servis kepada konsumen yang potensial. Aspek-aspek untuk pemasaran ini meliputi periklanan, public relation, promosi dan penjualan. 

Komponen perencanaan usaha  

Sebelum memulai usaha ada baiknya sebagai wirausahawan atau pengusaha, memahami terlebih dahulu  komponen perencanaan usaha agar usaha berjalan lancar. Secara umum, ada 8 komponen perencanaan usaha yang bisa kita pelajari dalam modul ini, yaitu: 

1. Membuat Deskripsi Usaha 


Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah mendeskripsikan keseluruhan komponen dari usaha yang akan dibangun. Pastikan semua pihak yang ada didalamnya, mengetahui dengan jelas dan pasti tentang rancangan masa depan usaha. Sebagai pemilik usaha, kita dituntut untuk mengetahui tentang potensi produk dan potensinya di masa datang. Selain itu, kita juga harus memahami perencanaan inovasi dan evaluasi dari produk kita. 

2. Strategi Pemasaran 

Pemasaran adalah kegiatan yang dilakukan untuk memperkenalkan produk dan menarik konsumen untuk melakukan pembelian. Sedangkan Strategi yakni teknik atau cara khusus yang dilakukan untuk mengomandoi suatu kegiatan, dalam rangka mencapai tujuannya. Untuk itu, sebuah pemasaran di awal usaha sangat memerlukan yang namanya strategi. 

3. Memahami Kompetitor dan Tingkat Persaingan 

Cara mengenali dan mengetahui pergerakan komprtitor ialah, dengan mencari dan mengumpulkan informasi mengenai kelemahan serta kekuatan dari produk-produk milik pesaing, dengan melihat bagaimana otoritas pesaing di pasar yang jadi target anda tersebut. Dengan memahami kekuatan dan kelemahan dari  kompetitor, kita dapat membuat rancangan strategi pemasaran bagi usaha atau produk kita. 

4. Implementasi Tahap Produksi 

Setelah komponen-komponen perencanaan usaha diatas sudah diterapkan, selanjutnya adalah menjalankan beberapa tahap dalam proses produksi produk. 
Hal ini penting karena hasil akhir yang akan dipasarkan harus sesuai dengan semua rencana.  

5. Memantau Pengembangan Produk  


Pemantauan terhadap pergerakan dan perkembangan produk kalian di pasar sangat besar manfaatnya. Dengan menerapkannya, kalian bisa mengetahui apa saja yang jadi kendala dan kekuatan. Sehingga bisa segera melakukan pembenahan dini. 

6. Rencana Operasional dan Manajemen 

Komponen Perencanaan Usaha selanjutnya yakni menyusun planning operasional dan kegiatan manajemen. Dua hal ini sangat penting karena lingkupnya sangat luas dalam perjalanan sebuah usaha. Rencana Operasional dan Manajemen akan menjelaskan bagaimana kinerja usaha kalian agar tetap bisa eksis dan berkelanjutan  

7. Perhitungan Biaya 

Modal awal merupakan sarat utama yang harus ada sebelum memulai usaha baru, kalian harus mampu mengatur ketersediaan keuangan secara efisien, supaya penggunaannya tidak sia-sia. Beberapa elemen penting sebagai bahan pencatatan keuangan antara lain adalah laporan keuangan perencanaan, laporan arus kas perencanaan, laporan Neraca perencanaan dan analisis pengembalian modal. 

8. Simpulkan Semuanya 

Langkah terakhir yang harus kalian lakukan adalah membuat kesimpulan dari seluruh perencanaan bisnis yang sudah anda susun diatas. Tentukan kapan waktu terbaik memulai bisnis, serta Melengkapi segala persiapan yang masih berhubungan dengan bisnis anda.  

Penyusunan Perencanaan Usaha 

Penyusunan perencanaan usaha merupakan tahap awal yang harus dilalui oleh setiap Wirausahawan yang ingin memulai bisnis dengan sukses.    Berikut 4 Langkah Penyusunan Perencanaan Usaha:  

1. Melakukan Penelitian 

Penelitian yang dimaksud adalah menganalisa berbagai indikator inti sebelum memulai usaha, antara lain adalah menentukan ide yang cocok berdasarkan analisa . Analisa yang dilakukan adalah Riset Pasar, yakni menyimpulkan berbagai sampel penelitian tentang keadaan berbagai pasar, seperti demografi penduduk, keadaan wilayah, daya beli calon konsumen, tingkat persaingan (kompetitor) dan lain-lain. 

2. Menyusun Tujuan Usaha 

Semua pebisnis baru harus memiliki tujuan. Dengan adanya tujuan yang direncanakan, sebuah perjalanan awal usaha akan bisa berjalan dengan baik dan sistematis, serta tetap pada jalur yang semestinya. Selain itu, tujuan juga akan menjaga dan terus meningkatkan semangat pebisnis, dikarenakan adanya sesuatu yang ingin dicapai pada periode tertentu. Seorang pebisnis harus menyusun tujuan dalam skala pendek, menengah dan panjang. Skala pendek umumnya diusahakan terwujud dalam jangka waktu 1 atau 2 tahun, sedangkan jangka panjang adalah yang menaungi visi dan misi perusahaan tersebut. 

3. Membuat Profil Perusahaan 

Branding pengaruhnya sangat besar, salah satunya dengan membuat profil perusahaan. Selain sebagai teknik marketing, juga akan menciptakan awareness atau kesan di hati pembeli terhadap produk anda. Untuk itu, sebuah brand harus dibuat se-unik dan se-menarik mungkin, Beberapa cara membuat brand yang unik antara lain : merek yang mudah diingat, gampang diucapkan, mengkombinasikan huruf dengan angka, tidak panjang dan logo 

4. Membuat Kategori Perencanaan 

Yang terakhir dalam langkah menyusun rencana usaha adalah dengan membuat kategori-kategori perencanaan seperti, produksi, pemasaran, keuangan dan sebagainya. Dalam menyusun strategi prosuksi, yang harus dilakukan antara lain : pembelian bahan baku ke distributor, mencari sumber daya manusia, pembelian peralatan produksi, desain awal, analisis produk jadi, testing processing, desain akhir dan implementasi.  

C. Rangkuman 

1. Administrasi dan pemasaran  
Administrasi adalah:  suatu bentuk usaha dan aktivitas yang berhubungan dengan pengaturan kebijakan agar dapat mencapai target/ tujuan. 
Pemasaran adalah:  suatu kegiatan menyeluruh, terpadu, dan terencana, yang dilakukan oleh sebuah organisasi atau institusi dalam melakukan usaha agar mampu mengakomodir permintaan pasar dengan cara menciptakan produk bernilai jual, menentukan harga, mengkomunikasikan, menyampaikan, dan saling bertukar tawaran yang bernilai bagi konsumen, klien, mitra, dan masyarakat umum. 
2. Komponen perencanaan usaha yang kita pelajari dalam modul ini meliputi:  
a. Membuat Deskripsi Usaha 
b. Strategi Pemasaran 
c. Memahami Kompetitor dan Tingkat Persaingan 
d. Implementasi Tahap Produksi 
e. Memantau Pengembangan Produk 
f. Rencana Operasional dan Manajemen 
g. Perhitungan Biaya 
h. Simpulkan Semuanya 
3. Penyusunan perencanaan usaha ada 4 langkah yang dapat dilakukan yaitu: 
a. Melakukan Penelitian 
b. Menyusun Tujuan Usaha 
c. Membuat Profil Perusahaan 
d. Membuat Kategori Perencanaan 

D. Latihan Soal 

Jawablah  soal dibawah ini dengan baik dan benar 
 
1. Jelaskan dengan menggunakan bahasamu, hubungan antara administrasi dan pemasaran dalam sebuah usaha?  
 
Kamu ingin menjadi seorang wirausahawan kuliner didaerahmu. Nah dengan bekal pengetahuan dari pelajaran PKWU yang kamu pelajari disekolah kami bisa mulai merancang keinginanmu, kalian siap menjadi wirausahawan muda? Yuk coba kalian jawab beberapa pertanyaan dibawah ini! 

2. Pilih salah satu jenis sumber daya nabati atau hewani yang ada didaerahmu 
3. Tentukan jenis olahan kuliner apa yang akan kalian ciptakan dari sumber daya nabati/hewani yang sudah kalian pilih darlam poin (a) 
4. Susunlah rencana usaha dari usaha kuliner yang akan kalian ciptakan sehingga usaha kalian dapat diterima oleh pasar  

JAWABAN LATIHAN SOAL 

1. Administrasi adalah:  suatu bentuk usaha dan aktivitas yang berhubungan dengan  pengaturan kebijakan agar dapat mencapai target/ tujuan. 
Pemasaran adalah:  suatu kegiatan menyeluruh, terpadu, dan terencana, agar mampu mengakomodir permintaan  pasar. 
Administrasi dan pemasaran dalam sebuah perusahaan tidak dapat dipisahkan   karena semua kegiatan dalam pemasaran akan tercatat dalam administrasi dalam  perusahaan tersebut 
2. pilihan bebas ( disesuaikan dengan ketersediaan sumber daya nabati/ hewani yang berada disekitar siswa) 
3. pilihan bebas, berdasarkan jenis makanan khas didaerah siswa 
4. langkah penyusunan rencana usaha kuliner yang akan saya kembangkan didaerah saya adalah: 
  • Melakukan penelitian untuk mengetahui jenis kuliner apa yang diminati masyarakat 
  • Menyusun tujuan usaha kuliner yang akan saya kembangkan 
  • Membuat profil usaha kuliner yang akan saya pasarkan sehingga mudah dikenal oleh konsumen 
  • Membuat kategori perencanaan usaha sehingga usaha yang akan saya kembangkan memiliki arah dan tujuan yang pasti dimasa yang akan datang 

E.  Penilaian Diri 

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jujur dan bertanggung jawab! 
   
 
Bila ada jawaban "Tidak", maka segera lakukan review pembelajaran, terutama pada bagian yang masih "Tidak". Bila semua jawaban "Ya", maka Anda dapat melanjutkan ke pembelajaran berikutnya 

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Materi Administrasi Dan Perencanaan Usaha Mapel Prakarya kelas 11 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!! 

#
Administrasi Dan Perencanaan Usaha File ini dalam Bentuk .pdf File Size 74Kb
Diupload oleh www.bospedia.com

    Pencarian yang paling banyak dicari
    • contoh laporan perencanaan administrasi usaha kerajinan
    • perencanaan administrasi usaha kerajinan pada dasarnya terdiri dari
    • perencanaan administrasi usaha adalah
    • perencanaan administrasi usaha kerajinan bangun ruang
    • komponen perencanaan usaha
    • perencanaan administrasi adalah
    • perencanaan administrasi usaha makanan
    • sebutkan tujuan diterapkannya administrasi usaha kerajinan dari bahan limbah brainly