ZCgRxn24sMSt1P8PT34NVVluf7C7ODQ8eSh7SrtI
Bookmark

Materi Ide Dan Analisa Peluang Usaha Mapel Prakarya kelas 11 SMA/MA

Materi Ide Dan Analisa Peluang Usaha Mapel Prakarya kelas 11 SMA/MA - Halo adik adik apa kabar? semoga dalam keadaan sehat selalu, nah pada kesempatan yang baik ini kakak ingin menyampaikan jangan lupa untuk menggunakan masker, menjaga jarak dan tentunya mencuci tangan untuk menghindari penyebaran wabah virus corona. Oiya kali ini kakak ingin membagikan materi tentangIde Dan Analisa Peluang Usaha dari mata pelajaran Prakarya untuk adik adik kelas XI SMA/MA. Semoga dengan adanya materi ini bisa bermanfaat yah. Semangat!!

Materi Ide Dan Analisa Peluang Usaha Mapel Prakarya kelas 11 SMA/MA
Materi Ide Dan Analisa Peluang Usaha Mapel Prakarya kelas 11 SMA/MA

Materi ini sebagai pendamping buku teks pelajaran (BTP) atau buku sekolah elektronik (BSE) sebagai media pendukung bagi kalian dalam memahami materi tentang ide dan analisa  peluang usaha, sumber daya pengolahan makanan, administrasi dan pemasaran, komponen perencanaan usaha dan penyusunan perencanaan usaha. Semua materi ini sangat penting dan harus kalian kuasai karena akan sangat berguna bagi kalian dalam kehidupan sehari-hari dan akan membantu kalian ketika kalian ingin menjadi wirausahawan muda yang sukses. Dalam mempelajari modul ini kalian harus membaca dengan cermat kemudian dilanjutkan dengan mengerjakan latihan soal sebagai alat evaluasi. Semoga modul ini bermanfaat, kalian dapat mengerti dan memahami isi modul serta menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Selamat belajar bagi anak anak hebat generasi penerus bangsa. 

Istilah

  • Ide : adalah rancangan yang tersusun di pikiran 
  • Peluang usaha  : adalah kesempatan yang dimiliki seseorang untuk mencapai tujuan 
  • Bahan pangan nabati : adalah bahan-bahan makanan yang berasal dari tanaman atau              bahan makanan yang diolah dari bahan dasar dari tanaman.  
  • Bahan pangan hewani : merupakan bahan-bahan makanan yang berasal dari hewan atau      olahan yang bahan dasarnya dari hasil hewan. 

A. Tujuan Pembelajaran 

Setelah kegiatan pembelajaran 1 ini diharapkan kalian dapat : 
  1. Memahami ide dan analisa  peluang usaha  
  2. Memahami sumber daya pengolahan makanan 

B. Uraian Materi 

A.  Ide dan Analisa  Peluang Usaha  

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), ide adalah rancangan yang tersusun di pikiran. Artinya sama dengan gagasan atau cita-cita. Ide dalam sebuah kajian Filsafat Yunani merupakan gambaran imajinasi yang terlintas dalam pikiran kita, misalnya: ide tentang sebuah gelas, maka dalam pikiran kita muncul sebuah bentuk gelas.  Nah, Selama ide itu belum dituangkan menjadi suatu konsep dengan tulisan maupun gambar yang nyata, maka ide masih berada di dalam pikiran kita. 

Menurut Gorys Keraf, analisa adalah sebuah proses untuk memecahkan sesuatu ke dalam bagian-bagian kecil yang saling berkaitan. sedangkan menurut Komarrudin, analisis merupakan suatu kegiatan berfikir untuk menguraikan sesuatu  menjadi komponen-komponen kecil sehingga mudah untuk dipahami. Jadi analisa dapat disimpulkan sebagai sebuah proses berfikir untuk menguraiakan sesuatu yang besar menjadi bagian bagian kecil yang saling berkaitan sehingga akan lebih mudah untuk dipahami 
 

Peluang usaha ini menjadi hal yang paling penting sebelum kita  membuka sebuah bisnis. Peluang Usaha terdiri dari dua kata, yaitu; Peluang yang artinya kesempatan, dan Usaha yang artinya upaya dengan berbagai daya untuk mencapai tujuan atau sesuatu yang diinginkan. Secara sederhana, pengertian peluang usaha adalah kesempatan yang dimiliki seseorang untuk mencapai tujuan (keuntungan, uang, kekayaan) dengan cara melakukan usaha yang memanfaatkan berbagai sumber daya yang dimiliki.  

B.  Sumber Daya Pengolahan Makanan 


Sumber daya adalah suatu potensi yang dimiliki oleh materi atau unsur lain dalam kehidupan dimana ia dapat meningkatkan kesejahteraan manusia. Dalam pengolahan makanan sumber daya (bahan pangan) dibagi menjadi dua bahan yaitu:  

a. Bahan pangan  nabati 

Bahan pangan nabati adalah bahan-bahan makanan yang berasal dari tanaman (bisa berupa akar, batang, dahan, daun, bunga, buah atau beberapa bagian dari tanaman bahkan keseluruhannya) atau bahan makanan yang diolah dari bahan dasar dari tanaman. Sumber bahan nabati dapat kita produksi sendiri disekolah maupun dirumah. Salah satu contohnya adalah dengan berkebun hidroponik dimana kita dapat memperoleh bahan nabati seperti sayur dan buah yang segar dan sehat karena tidak menggunakan pestisida. 

b. Bahan  pangan hewani 

Bahan pangan hewani merupakan bahan-bahan makanan yang berasal dari hewan atau olahan yang bahan dasarnya dari hewan. Kedua bahan pangan ini memiliki karakteristik yang berbeda sehingga memerlukan penanganan dan pengolahan yang berbeda pula.  Contoh dari bahan pangan hewani seperti daging, susu, telur dan ikan. Adapaun contoh produk olahan dengan bahan dasar hewan adalah krim, keju, susu bubuk, sosis, dendeng, ikan beku, ikan pindang, bandeng asap, telur pindang, telur asin, bubuk telur dan sebagainya.  

C. Rangkuman 

  1. Ide adalah rancangan yang tersusun di pikiran. 
  2. peluang usaha adalah kesempatan yang dimiliki seseorang untuk mencapai tujuan. 
  3. Bahan pangan nabati adalah bahan-bahan makanan yang berasal dari tanaman atau bahan makanan yang diolah dari bahan dasar dari tanaman.  
  4. Bahan pangan hewani merupakan bahan-bahan makanan yang berasal dari hewan atau olahan yang bahan dasarnya dari hasil hewan. 

D. Latihan Soal 

Kerjakan soal di bawah ini di dengan benar! 
  1. Selaku putra daerah kalian ingin menjadi wirausahawan dibidang kuliner (makanan) yang akan memperkenalkan makanan khas dari daerah kalian. Nah, tugas kalian adalah : 
    • memilih salah satu bahan pangan khas dari daerah kalian baik bahan pangan nabati atau hewani  
    • carilah ide jenis makanan apa yang akan kalian ciptakan/hasilkan dari bahan pangan yang telah kalian pilih 
    • tentukan peluang usaha jenis makanan yang telah kalian ciptakan/ hasilkan 
  2. Sebutkan 5 makanan khas daerah dari bahan nabati dan hewani beserta asal daerahnya! 

KUNCI JAWABAN 

1. a. jawaban tergantung bahan pangan khas daerah dimana siswa berada 
b. jawaban tergantung ide masing masing siswa 
c. siswa menjelaskan peluang usaha dari produk yang dihasilkan berdasarkan ide mereka masing masing 
2. a. tajin palappa dari Situbondo jawa Timur 
b. empek-empek dari Palembang 
c. lumpia rebung dari Semarang 
d. jubada dari Madura 
e. Piyem dari bandung 

E. Penilaian Diri 

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jujur dan bertanggung jawab! 


Bila ada jawaban "Tidak", maka segera lakukan review pembelajaran, terutama pada bagian yang masih "Tidak". Bila semua jawaban "Ya", maka Anda dapat melanjutkan ke pembelajaran berikutnya 

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Materi Ide Dan Analisa Peluang Usaha Mapel Prakarya kelas 11 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!! 

#
Ide Dan Analisa Peluang Usaha File ini dalam Bentuk .pdf File Size 74Kb
Diupload oleh www.bospedia.com

    Pencarian yang paling banyak dicari
    • contoh analisis swot
    • contoh analisis peluang usaha dengan metode swot
    • contoh analisis usaha makanan
    • analisis peluang usaha swot
    • peluang usaha adalah
    • urutan analisis peluang usaha
    • contoh peluang usaha
    • analisis peluang usaha pdf
    Post a Comment

    Post a Comment