ZCgRxn24sMSt1P8PT34NVVluf7C7ODQ8eSh7SrtI
Bookmark

Materi Daya Usaha, Administrasi Dan Pemasaran Kerajinan Usaha Mapel Prakarya kelas 11 SMA/MA

Materi Daya Usaha, Administrasi Dan Pemasaran Kerajinan Usaha Mapel Prakarya kelas 11 SMA/MA - Halo adik adik apa kabar? semoga dalam keadaan sehat selalu, nah pada kesempatan yang baik ini kakak ingin menyampaikan jangan lupa untuk menggunakan masker, menjaga jarak dan tentunya mencuci tangan untuk menghindari penyebaran wabah virus corona. Oiya kali ini kakak ingin membagikan materi tentang Sumber Daya Usaha, Administrasi Dan Pemasaran Kerajinan Usaha Dari Bahan Limbah dari mata pelajaran Prakarya untuk adik adik kelas XI SMA/MA. Semoga dengan adanya materi ini bisa bermanfaat yah. Semangat!!

Materi Daya Usaha, Administrasi Dan Pemasaran Kerajinan Usaha Mapel Prakarya kelas 11 SMA/MA
Materi Daya Usaha, Administrasi Dan Pemasaran Kerajinan Usaha Mapel Prakarya kelas 11 SMA/MA

Materi ini sebagai pendamping buku teks pelajaran (BTP) atau buku sekolah elektronik (BSE) sebagai media pendukung bagi kalian dalam memahami materi tentang proses perencanaan usaha kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun datar (sebagai solusi dari permasalahan lingkungan) yang meliputi, ide, peluang usaha, sumber daya, administrasi, dan pemasaran.  

Materi perencanaan usaha usaha kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun datar ini adalah materi yang sangat penting dan harus kalian kuasai karena berguna dalam kehidupan sehari-hari sebagai perencanaan awal untuk memulai suatu usaha yang berkaitan dengan usaha kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun datar. 

Dalam mempelajari modul ini kalian harus membaca dengan cermat kemudian dilanjutkan dengan mengerjakan latihan soal sebagai alat evaluasi disertai refleksi. 

Semoga Materi ini bermanfaat, kalian dapat mengerti dan memahami isi modul serta menerapkannya. 

Istilah

  • Administrasi : suatu proses yang umumnya terdapat pada usaha kelompok negara, swasta, sipil, atau militer serta berbagai bentuk perkumpulan untuk mencapai tujuan bersama 
  • Pemasaran : suatu cara yang dilakukan oleh individu atau organisasi atau produsen untuk menyebarluaskan informasi seputar produk atau jasa yang dihasilkan kepada konsumen demi memperoleh keuntungan dengan melalui beberapa strategi yang diterapkan dalam perusahaan tersebut 
  • Peluang Usaha : kesempatan yang dimiliki seseorang untuk mencapai tujuan (keuntungan, uang, kekayaan) dengan cara melakukan usaha yang memanfaatkan berbagai sumber daya yang dimiliki 
  • Perencanaan : proses yang mendefinisikan tujuan dari organisasi, membuat strategi digunakan untuk mencapai tujuan dari organisasi, serta mengembangkan rencana aktivitas kerja organisasi 
  • Sumber Daya Usaha : segala sesuatu sumber daya yang dimiliki perusahaan dalam menjalankan aktifitasnya 
  • Usaha : kegiatan manusia untuk mendapatkan penghasilan dan digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup demi mendapatkan kesejahteraan. 

A. Tujuan Pembelajaran 

Setelah kegiatan pembelajaran 2 ini diharapkan, kalian dapat: 
  1. Menjelaskan sumber daya usaha kerajinan dari bahan limbah. 
  2. Mengidentifikasi sumber daya usaha kerajinan dari bahan limbah dilingkungan sekitar tempat tinggal. 
  3. Mengidentifikasi administrasi yang harus dipersiapkan dalam usaha kerajinan dari bahan limbah. 
  4. Menentukan strategi pemasaran yang cocok untuk kegiatan usaha kerajinan dari bahan limbah. 

B. Uraian Materi 

SUMBER DAYA USAHA 

Apabila kalian sudah menentukan produk kerajinan berdasarkan analisis peluang usaha, kalian dapat menentukan sumber daya yang dibutuhkan dalam menjalankan usaha tersebut. Dalam perencanaan proses produksi diperlukan pengelolaan yang baik untuk mencapai tujuan perusahaan. Sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan dapat dikategorikan atas enam tipe sumber daya (6M), sebagai berikut: 

1. Man (Manusia) 

Dalam pendekatan ekonomi, sumber daya manusia adalah salah satu faktor produksi selain tanah, modal, dan keterampilan. Pandangan yang menyamakanmanusia dengan faktor-faktor produksi lainnya dianggap tidak tepat, baik dilihat dari konsepsi, filsafat, maupun moral. Manusia merupakan unsur manajemenyang penting dalam mencapai tujuan perusahaan. 

2. Money (Uang) 

Money atau uang merupakan salah satu unsur yang tidak dapat diabaikan. Besarkecilnya hasil kegiatan dapat diukur dari jumlah uang yang beredar dalam perusahaan. Oleh karena itu, uang merupakan unsur yang penting untuk mencapai tujuan perusahaan, karena segala sesuatu harus diperhitungkan secara rasional. Hal ini akan berhubungan dengan berapa uang yang harus disediakan untuk membiayai gaji tenaga kerja, alat-alat yang dibutuhkan dan harus dibeli, serta berapa hasil yang akan dicapai oleh perusahaan. 

3. Material (Fisik) 

Perusahaan umumnya tidak menghasilkan sendiri bahan mentah yang dibutuhkan, tetapi membeli dari pihak lain. Untuk itu manajer perusahaan berusaha untuk memperoleh bahan mentah dengan harga paling murah dan bahan bagus, dengan menggunakan cara pengangkutan yang murah dan membuat proses pengolahan menjadi seefisien mungkin. 

4. Machine (Teknologi) 

Mesin memiliki peranan penting dalam proses produksi. Setelah revolusi industri, banyak pekerjaan manusia yang digantikan oleh mesin. Perkembangan teknologi yang begitu pesat menyebabkan penggunaan mesin semakin meningkat.  

5. Method (Metode) 

Metode sangat dibutuhkan agar mekanisme kerja berjalan efektif dan efisien. Metode kerja yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan, baik yang menyangkut proses produksi maupun administrasi tidak terjadi begitu saja melainkan memerlukan waktu yang lama. 

6. Market (Pasar) 

Jika barang yang diproduksi tidak laku, proses produksi barang akan berhenti. Penguasaan pasar dalam menyebarkan hasil produksi merupakan faktor penentuan dalam perusahaan. Pasar dapat dikuasai dengan cara kualitas barang harus sesuai dengan selera konsumen dan harga terjangkau oleh daya beli konsumen. 

ADMINISTRASI DAN PEMASARAN USAHA KERAJINAN DARI BAHAN LIMBAH 

1. Persiapan Administrasi Usaha Sebelum Membuat Usaha Pengolahan Makanan Internasional 

Administrasi adalah usaha atau kegiatan yang berkenaan dengan penyelenggaraan kebijaksanaan untuk mencapai tujuan. 

Administrasi dalam arti sempit adalah kegiatan yang meliputi: catat-mencatat, surat-menyurat, pembukuan ringan, ketik-mengetik, agenda, dan sebagainya yang bersifat teknis ketatausahaan. 
Administrasi dalam arti luas adalah seluruh proses kerja sama antara dua orang atau lebih dalam mencapai tujuan dengan memanfaatkan sarana dan prasarana tertentu secara berdaya guna dan berhasil guna Kegiatan administrasi banyak mengandalkan catatan yang dapat berupa formulir, surat – surat, dan laporan. 
  • Formulir banyak digunakan untuk mengurus atau menyelesaikan surat – surat tertentu.  
  • Surat merupakan alat komunikasi tertulis yang berasal dari satu pihak dan ditujukan kepada pihak lain untuk menyampaikan pesan.  
  • Laporan merupakan bentuk catatan kantor yang memperkuat hubungan vertical secara structural dari bawahan ke pimpinan. 
Persiapan Administrasi Usaha Sebelum Membuat Perusahaan atau Memulai Berbisnis 

a. Persiapan Administrasi 

Administrasi bisa dikatakan sebagai membatu, melayani, memenuhi, dan melengkapi. Kegiatan administrasi banyak mengandalkan catatan yang dapat berupa formulir, surat – surat, dan laporan. 
Beberapa Fungsi Administrasi: 
  1. Tujuan yang ingin diperoleh disetarakan dengan beban kerja yang ada. 
  2. Pekerjaan terbagi secara efektif. 
  3. Fungsi administrasi sebagai tata usaha adalah mempermudah pekerjaan laporan atau pengarsipan dokumen sehingga mempermudah kerja manaterial. 
  4. perusahaan lebih terarah dan lebih terstruktur bila bekerjasama dalam kelompok kerja 
  5. Manajemen yang tepat akan menyelesaikan tugas lebih efisien. 
b. Maksud Dan Tujuan Administrasi 

Administrasi yang baik dan rapi adalah membantu pengelolaan perusahaan dan kelancaran usaha, khususnya dalam pelaporan hasil usaha dan pencatatan administrasi. 
 
Tujuan diterapkannya administrasi yaitu: 
  1. Mendapatkan informasi proses bisnis perusahaan. 
  2. Akan mendapatkan data yang akurat dalam mengambil keputusan strategic decision making process seperti keputusan penetapan harga, keputusan efisien, keputusan investasi, dan keputusan permodalan. 
  3. Penyusunan program dalam rencana pengembangan usaha seperti lisensi atau waralaba franchise  
  4. Mengetahui kinerja perusahaan. 
  5. Memperlancar proses antar bagi dalam menjanlakan pekerjaan. 
Kegunaan utama dari catatan administrasi perusahaan yaitu: 
  1. Administrasi di gunakan sebagai alat bukti catatan 
  2. Administrasi di gunakan sebagai alat manajemen laporan 
  3. Administrasi di butuhkan sebagai penilaian catatan dan laporan 
c. Kegiatan Administrasi 

Kegiatan administrasi atau tata usaha meliputi pekerjaan pencatatan yang perlu dilakukan dalam perusahaan seperti: 
  1. Mencatat penyelenggaraan produksi 
  2. Menyusun rencana anggaran perusahaan 
  3. Melakukan surat-menyurat kedalam dan keluar perusahaan 
  4. Membuat daftar gaji karyawan 
  5. Mencatatan pesanan 
  6. Menyelenggarakan pembukuan 
  7. Melakukan pengarsipan dokumen 
Beberapa aspek penting dalam perencanaan administrasi usaha:  
  1. Mengurus Izin Usaha Izin usaha adalah alat untuk membina, mengarahkan, mengawasi dan melindungi pengelolaan usaha.  
  2. Penetapan Besarnya Retribusi Ketentuan tata cara perhitungan retribusi SITU 
  3. Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)  
  4. Pengurusan Pajak  
  5. Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL)  
d. Perencanaan Pemasaran Usaha Kerajinan dari Bahan Limbah 

Langkah awal sebelum memulai sebuah usaha kerajinan dari bahan limbah adalah menentukan segmentasi pasar. Ada dua faktor utama yang bisa dimanfaatkan untuk menentukan segmentasi pasar dalam merencanakan pemasaran kerajinan dari bahan limbah yaitu:  

1) Lokasi Usaha  

Segmentasi pasar bisa dibedakan berdasarkan lokasi usaha tersebut berada. Oleh sebab itu, perhatikan kebutuhan dan minat konsumen di sekitar lokasi usaha agar produk yang ditawarkan sesuai dengan permintaan para konsumen.  

2) Harga jual. 

Harga jual produk juga menjadi salah satu faktor utama dalam membedakan segmentasi pasar. Para pelaku usaha biasanya membagi target pasar menjadi tiga kelompok, yaitu kelompok konsumen bawah, konsumen menengah, dan konsumen segmen atas. Strategi pemasaran untuk setiap target pasar tentu saja berbeda.  
 
Dengan menentukan segmentasi pasar sebelum memulai usaha, maka secara tidak langsung telah memilih fokus usaha yang ingin dioptimalkan untuk meningkatkan daya saing dan strategi pemasaran yang paling efektif untuk memulai usaha makanan internasional.  
 
Penguasaan pasar dalam arti menyebarkan hasil produksi merupakan faktor menentukan dalam perusahaan. Agar pasar dapat dikuasai maka kualitas dan harga makanan harus sesuai dengan selera konsumen dan daya beli (kemampuan) konsumen. Faktor pemasaran dapat dikatakan berhasil jika jangkauan pasar semakin luas dan masa produksi dapat bertahan dalam waktu yang lama. Untuk itu hal-hal yang perlu dipertimbangkan, meliputi sasaran pasar, selera konsumen, citra produk, saluran distribusi, dan penentuan harga.  
 
Ada lima kegiatan dan rencana pemasaran yang bisa dilakukan untuk mengomunikasikan produk dan merk usaha, yaitu sebagai berikut:  
  • Penjualan personal (personal selling), merupakan bentuk komunikasi yang menggunakan media individu.  
  • Iklan (advertising), merupakan komunikasi produk melalui media dan tidak dilakukan secara individu atau perorangan.  
  • Promosi penjualan (sales promotion), dapat digunakan untuk memasarkan dan mengomunikasikan pesan produk anda kepada calon konsumen. Promosi meliputi kegiatan perencanaan, implementasi dan pengendalian komunikasi dari suatu organisasi kepada konsumen serta sasaran lainya. 
  • Publikasi (publication), mencakup pengaturan komunikasi masa diluar iklan dan promosi penjualan yang bertujuan untuk meningkatkan penjualan atau memperkuat merek secara tidak langsung dan tidak bersifat menjual.  
  • Sponsorship, merupakan aplikasi dalam mempromosikan produk atau merek yang berasosiasi dengan kegiatan perusahaan lain atau kegiatan pemerintah dan masyarakat.  

C. Rangkuman 

 
Sumber daya yang dibutuhkan dalam usaha pengolahan makanan internasional meliputi enam tipe sumber daya, yaitu: 
  1. Man, orang yang terlibat langsung dalam kegiatan usaha kerajinan 
  2. Money, modal/uang yang digunakan untuk berwirausaha 
  3. Material, bahan baku maupun bahan tambahan yang digunakan dalam berwirausaha 
  4. Machine, alat – alat yang digunakan dalam berwirausaha 
  5. Method, Teknik/cara dalam kerajinan dari bahan limbah 
  6. Market, strategi pemasaran produk usaha kerajinan dari bahan limbah 
Administrasi adalah usaha atau kegiatan yang berkenaan dengan penyelenggaraan kebijaksanaan untuk mencapai tujuan. Kegiatan administrasi banyak mengandalkan catatan yang dapat berupa formulir, surat – surat, dan laporan. 

Administrasi memiliki maksud, fungsi, dan tujuan yang sangat penting dalam usaha mencapai apa yang diinginkan dalam berwirausaha. 

Faktor pemasaran dapat dikatakan berhasil jika jangkauan pasar semakin luas dan masa produksi dapat bertahan dalam waktu yang lama. Untuk itu hal-hal yang perlu dipertimbangkan, meliputi sasaran pasar, selera konsumen, citra produk, saluran distribusi, dan penentuan harga. 

D. Latihan Soal 

  1. Sebutkan administrasi apa saja yang harus dipersiapkan sebelum memulai usaha  usaha kerajinan dari bahan limbah? 
  2. Sebutkan tujuan diterapkannya administrasi usaha kerajinan dari bahan limbah! 
  3. Sebutkan kegiatan dan rencana pemasaran yang bisa dilakukan untuk mengomunikasikan produk dan merk usaha! 
  4. Sebutkan strategi pemasaran yang cocok untuk kegiatan usaha kerajinan dari bahan limbah! 

B. Kunci dan Pembahasan Latihan Soal Kegiatan Pembelajaran 2 

1. Persiapan Administrasi Usaha Sebelum Membuat Perusahaan atau Memulai 
Berbisnis 
a. Persiapan Administrasi 
b. Maksud Dan Tujuan Administrasi 
c. Kegiatan Administrasi 
 
2. Tujuan diterapkannya administrasi yaitu: 
a. Mendapatkan informasi proses bisnis perusahaan. 
b. Akan mendapatkan data yang akurat dalam mengambil keputusan strategis 
c. Penyusunan program dalam rencana pengembangan usaha seperti lisensi atau waralaba franchise  
d. Mengetahui kinerja perusahaan. 
e. Memperlancar proses antar bagi dalam menjanlakan pekerjaan. 
 
3. Cara – cara untuk mengenalkan produk kepada konsumen (pemasaran produk): 
a. Penjualan personal (personal selling), merupakan bentuk komunikasi yang menggunakan media individu.  
b. Iklan (advertising), merupakan komunikasi produk melalui media dan tidak dilakukan secara individu atau perorangan.  
c. Promosi penjualan (sales promotion), dapat digunakan untuk memasarkan dan mengomunikasikan pesan produk anda kepada calon konsumen.  
d. Publikasi (publication), mencakup pengaturan komunikasi masa diluar iklan dan promosi penjualan yang bertujuan untuk meningkatkan penjualan atau memperkuat merek secara tidak langsung dan tidak bersifat menjual.  
e. Sponsorship, merupakan aplikasi dalam mempromosikan produk atau merek yang berasosiasi dengan kegiatan perusahaan lain atau kegiatan pemerintah dan masyarakat. 
 
4. Strategi pemasaran yang cocok untuk usaha kerajinan dari bahan limbah adalah menentukan segmen pasar dengan cara selalu berfokus pada kebutuhan pasar dan melakukan promosi secara terus menerus. 
 

E. Penilaian Diri 



Bila ada jawaban "Tidak", maka segera lakukan review pembelajaran, terutama pada bagian yang masih "Tidak". Bila semua jawaban "Ya", maka Anda dapat melanjutkan ke pembelajaran berikutnya. 

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Materi Daya Usaha, Administrasi Dan Pemasaran Kerajinan Usaha Mapel Prakarya kelas 11 SMA/MA  ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!! 

#
Daya Usaha, Administrasi Dan Pemasaran Kerajinan Usaha  File ini dalam Bentuk .pdf File Size 74Kb
Diupload oleh www.bospedia.com

    Pencarian yang paling banyak dicari
    • sumber daya usaha administrasi dan pemasaran kerajinan usaha dari bahan limbah
    • perencanaan administrasi usaha kerajinan pada dasarnya terdiri dari
    • pengertian sumber daya administrasi dan pemasaran
    • contoh laporan perencanaan administrasi usaha kerajinan
    • perencanaan administrasi usaha kerajinan bangun ruang
    • sebutkan tujuan diterapkannya administrasi usaha kerajinan dari bahan limbah!
    • perencanaan administrasi usaha makanan
    • contoh perencanaan administrasi usaha
    Post a Comment

    Post a Comment