ZCgRxn24sMSt1P8PT34NVVluf7C7ODQ8eSh7SrtI
Bookmark

Materi Pengertian, Ide Dan Peluang Usaha Kerajinan Bahan Limbah Mapel Prakarya kelas 11 SMA/MA

Materi Pengertian, Ide Dan Peluang Usaha Kerajinan Bahan Limbah Mapel Prakarya kelas 11 SMA/MA - Halo adik adik apa kabar? semoga dalam keadaan sehat selalu, nah pada kesempatan yang baik ini kakak ingin menyampaikan jangan lupa untuk menggunakan masker, menjaga jarak dan tentunya mencuci tangan untuk menghindari penyebaran wabah virus corona. Oiya kali ini kakak ingin membagikan materi tentang Pengertian, Ide Dan Peluang Usaha Kerajinan Bahan Limbah Berbentuk Bangun Datar dari mata pelajaran Prakarya untuk adik adik kelas XI SMA/MA. Semoga dengan adanya materi ini bisa bermanfaat yah. Semangat!!

Materi Pengertian, Ide Dan Peluang Usaha Kerajinan Bahan Limbah Mapel Prakarya kelas 11 SMA/MA
Materi Pengertian, Ide Dan Peluang Usaha Kerajinan Bahan Limbah Mapel Prakarya kelas 11 SMA/MA

Materi ini sebagai pendamping buku teks pelajaran (BTP) atau buku sekolah elektronik (BSE) sebagai media pendukung bagi kalian dalam memahami materi tentang proses perencanaan usaha kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun datar (sebagai solusi dari permasalahan lingkungan) yang meliputi, ide, peluang usaha, sumber daya, administrasi, dan pemasaran.  

Materi perencanaan usaha usaha kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun datar ini adalah materi yang sangat penting dan harus kalian kuasai karena berguna dalam kehidupan sehari-hari sebagai perencanaan awal untuk memulai suatu usaha yang berkaitan dengan usaha kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun datar. 

Dalam mempelajari modul ini kalian harus membaca dengan cermat kemudian dilanjutkan dengan mengerjakan latihan soal sebagai alat evaluasi disertai refleksi. 

Semoga Materi ini bermanfaat, kalian dapat mengerti dan memahami isi modul serta menerapkannya. 

Istilah

  • Administrasi : suatu proses yang umumnya terdapat pada usaha kelompok negara, swasta, sipil, atau militer serta berbagai bentuk perkumpulan untuk mencapai tujuan bersama 
  • Pemasaran : suatu cara yang dilakukan oleh individu atau organisasi atau produsen untuk menyebarluaskan informasi seputar produk atau jasa yang dihasilkan kepada konsumen demi memperoleh keuntungan dengan melalui beberapa strategi yang diterapkan dalam perusahaan tersebut 
  • Peluang Usaha : kesempatan yang dimiliki seseorang untuk mencapai tujuan (keuntungan, uang, kekayaan) dengan cara melakukan usaha yang memanfaatkan berbagai sumber daya yang dimiliki 
  • Perencanaan : proses yang mendefinisikan tujuan dari organisasi, membuat strategi digunakan untuk mencapai tujuan dari organisasi, serta mengembangkan rencana aktivitas kerja organisasi 
  • Sumber Daya Usaha : segala sesuatu sumber daya yang dimiliki perusahaan dalam menjalankan aktifitasnya 
  • Usaha : kegiatan manusia untuk mendapatkan penghasilan dan digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup demi mendapatkan kesejahteraan. 

A. Tujuan Pembelajaran 

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Materi Pengertian, Ide Dan Peluang Usaha Kerajinan Bahan Limbah Mapel Prakarya kelas 11 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!! 
Setelah kegiatan pembelajaran 1 ini, kalian diharapkan dapat: 
  1. Menjelaskan tentang kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun datar 
  2. 2Menjelaskan ide dan peluang usaha usaha kerajinan dari bahna limbah berbentuk bangun datar  

B. Uraian Materi 

 Apa yang kalian pikirkan setelah mengamati gambar tersebut? Gambar diatas merupakan salah satu jenis limbah yang sangat banyak dihasilkan manusia. Indonesia termasuk negara penghasil limbah terbanyak di dunia. Limbah akan mencemari lingkungan jika kita tidak mendaur kembali limbah tersebut menjadi barang yang bernilai ekonomis.  
 
Hal yang paling awal dalam sebuah perencanaan usaha adalah melakukan eksplorasi mengenai ide-ide usaha apa saja yang dapat kalian lakukan, tentunya dengan memperhatikan daya dukung yang kalian miliki, seperti modal, ketersediaan bahan baku, kondisi daerah usaha, atau tenaga kerja yang dibutuhkan. 

Pengertian Kerajinan Limbah 

Kerajinan adalah hal yang berkaitan dengan buatan tangan atau kegiatan yang berkaitan dengan barang yang dihasilkan melalui keterampilan tangan (kerajinan tangan). 
 
Limbah berbentuk bangun datar adalah limbah yang berbentuk bangun yang berdimensi dua, yaitu bahan limbah yang memiliki sisi panjang dan lebar sehingga tidak mempunyai ruang. Limbah berbentuk bangun datar dapat berupa bidang beraturan seperti lingkaran, segi empat, segitiga, dan bangun tidak beraturan. Contoh limbah berbentuk bangun datar antara lain: 
  • Daun 
  • Kertas 
  • Kain perca 
  • Plastik 
Kerajinan Dengan Memanfaatkan Bahan dari Limbah Berbentuk Bangun Datar 

1. Kerajinan dari Limbah Kulit Jagung 

Kulit jagung merupakan limbah pertanian dari tanaman jagung. Kulit jagung kerap kali tidak diperhatikan, bahkan dianggap sampah sehingga biasanya dibuang. Sampah kulit jagung bisa menjadi benda kerajinan yang sangat bernilai dan bias mendatangkan keuntungan. Kerajinan dari limbah kulit jagung ini sangat unik dan menarik. 

2. Kerajinan dari Limbah Daun Pelepah Pisang 

Sebagain besar masyarakat menganggap daun pelepah pisang kering adalah sampah yang tidak berguna. Bahkan terkadang daun pelepah pisang kering hanya dibakar begitu saja karena dianggap sampah yang mengotori kebun. Namun daun pelepah pisang kering dapat dijadikan sebagai kerajinan yang indah dan memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Kerajinan tangan dari daun pelepah pisang kering sebaiknya menggunakan daun yang berwarna kuning hingga daun yang berwarna cokelat dan benar-benar kering. 

3. Kerajinan dari Limbah Plastik 

Apakah di lingkunganmu banyak sampah plastik yang menumpuk? Kalian bingung untuk memanfaatkannya? Kita tahu bahwa sampah plastik termasuk dalam sampah anorganik yang sulit diurai oleh mikroorganisme, butuh waktu bertahun-tahun supaya plastik dapat terurai dan akhirnya menyatu dengan tanah. Oleh karena itu, sebaiknya sampah plastik tersebut dimanfaatkan untuk karya kerajinan. Saat ini sudah banyak kerajinan yang dibuat dengan bahan dasar limbah plastik seperti tas, dompet, cover meja, dan tempat tisu. 

4. Kerajinan dari Limbah Kertas 

Kertas merupakan bagian dari limbah organik kering, hal ini karena kertas mudah terurai dalam tanah. Meskipun kertas mudah hancur jika terkena air, namun jika digunakan sebagai bahan dasar produk kerajinan, kertas tersebut dapat diolah sedemikian rupa sehingga tidak mudah hancur. Caranya yaitu dengan menambah kandungan lem atau zat pelindung anti air seperti melamin/ politur, dapat pula dengan dilapisi plastik. Limbah kertas dapat digunakan sebagai benda kerajinan dengan berbagai teknik seperti teknik anyaman, teknik sobek, teknik lipat, dan teknik gulung (pilin). 

5. Kerajinan dari Limbah Kain Perca 

Kebutuhan sandang manusia yang berupa pakaian merupakan kebutuhan primer sehari-hari yang harus dipenuhi. Produksi pakaian yang dilakukan oleh para penjahit atau konveksi, menghasilkan banyak limbah kain yang biasa disebut kain perca. Limbah kain perca dapat dibuat sebagai bahan dasar kerajinan yang cukup unik dan menarik. Bahkan busana itu sendiri dapat dihasilkan dari kain-kain perca yang dijahit bersambung-sambungan. Bagi sebagian orang ada juga yang berminat pada busana jenis ini karena unik. Sekarang sudah semakin banyak orang melirik produk kerajinan berbahan kain perca, karena selain murah juga desainnya unik.  

6. Kerajinan dari Limbah Kardus 

Kardus bekas terkadang menjadi sebuah benda yang menumpuk dan memenuhi ruangan sehingga mengganggu pemandangan, dan kadang dibuang begitu saja di tempat sampah. Saat ini banyak sekali kardus bekas yang ada di lingkungan kita. Itu dikarenakan hampir setiap barang kebutuhan kita sehari-hari menggunakan kardus sebagai pembungkusnya. Bagi seorang yang berjiwa wirausaha maka alangkah lebih bagus bila kardus tersebut dimanfaatkan menjadi sebuah kerajinan unik dan juga memiliki nilai seni yang tinggi. 

7.  Kerajinan dari Limbah Sisik Ikan 

Sisik ikan pada umumnya hanya dibuang karena dianggap sebagai limbah yang tidak bermanfaat. Ternyata sisik ikan dapat dimanfaatkan untuk benda kerajinan, pada umumnya untuk kerajinan aksesori. Setiap ikan menghasilkan sisik yang berbeda ukuran dan ketebalannya. Sisik ikan kakap sering digunakan sebagai produk kerajinan karena sisiknya lebih terliat kokoh, tebal, dan besar dibanding sisik ikan mas atau mujair. Limbah sisik ikan bisa dijadikan sebagai bahan utama pembuatan aksesori seperti anting-anting, cincin, kalung, bros, dan gelang. Hasilnya terlihat unik, artistik, dan menarik. 

8. Kerajinan dari Pecahan Keramik 

Pecahan keramik ternyata dapat dimanfaatkan untuk kerajinan atau hiasan. Pecahan-pecahan keramik dapat dijadikan sebagai hiasan mozaik, atau hiasan yang lainnya. Biasanya mozaik dari pecahan keramik disusun untuk membuat gambar bercorak abstrak atau background dari suatu gambar atau untuk melapisi dinding dan lantai agar terkesan unik. 

Di bawah ini merupakan contoh hasil limbah berbentuk bangun datar yang dapat dimanfaatkan untuk kerajinan, dilihat dari kondisi wilayahnya, antara lain: 

1. Daerah pesisir pantai atau laut 

Limbah berbentuk bangun datar yang banyak tersedia adalah sisik ikan, daun pandan, daun kelapa dan lainnya. 

2. Daerah pegunungan 

Limbah berbentuk bangun datar yang banyak dihasilkan di daerah ini adalah daun-daunan kering, kulit buah-buahan yang bertekstur keras seperti, salak, kulit, pete dan lainnya. 

3. Daerah Pertanian 

Limbah berbentuk bangun datar yang didapat pada daerah ini seperti, jerami padi, kulit jagung, batang, daun singkong, kulit bawang dan laiinnya. 

4. Daerah perkotaan 

Limbah berbentuk bangun datar yang dihasilkan di daerah perkotaan biasanya, kertas, kardus, serbuk gergaji, serutan kayu, plastic, mika, dan lainnya. 
 
Berbagai macam limbah berbentuk bangun datar sangat bermanfaat untuk bahan pembuatan produk kerajinan. Dengan demikian kita sebagai manusia yang memiliki akal sehat seharusnya lebih peduli dengan lingkungan kita sendiri. Mulailah dengan kebiasaan tidak membuang sampah sembarangan dan teruslah berfikir untuk terus berinovasi dalam rangka pengurangan limbah dan memanfaatkannya menjadi barang yang bernilai ekonomi tinggi. 

Ide dan Peluang Usaha 

Limbah terkumpul dan menumpuk di sekitar kita setiap hari, mulai dari yang sifatnya organik dan non organik. Salah satu penyumbang limbah terbesar adalah kertas yang sudah tak terpakai. Kertas koran menjadi salah satu limbah kertas rumah tangga yang mendominasi. Koran bekas yang sudah lewat dari tanggalnya sering ditelantarkan begitu saja oleh pemiliknya. Sebagian digunakan pembungkus makanan, pembungkus paket dan beberapa hal lainnya yang nantinya akan berakhir di tempat sampah juga.  
 
Pertanyaan akan muncul di benak kita, haruskah limbah kertas yang melimpah itu berakhir begitu saja di tempat sampah yang bahkan tak bisa menampungnya? sudah kita ketahui bahwa penggunaan kertas berkala secara tidak langsung telah mempengaruhi pula lingkungan sekitar kita.  
 
Sebagai generasi muda, sudah sewajarnya kita peduli terhadap lingkungan. Lingkungan inilah yang akan menjadi penentu masa depan generasi selanjutnya. Wujud kepedulian yang bisa kita lakukan untuk lingkungan, salah satunya dengan mendaur ulang limbah kertas menjadi lebih bermanfaat.  
 
Berawal dari ide kreatif dan unik, proses daur ulang tidak hanya dapat menambah nilai manfaat dan keindahan barang yang dihasilkan, tetapi dapat meningkatkan nilai ekonominya dan membantu perekonomian masyarakat sekitar. Produk kreatif berawal dari ide yang kreatif pula. Beberapa hal-hal yang harus diperhatikan dalam menciptakan produk kreatif: 
  1. Ide dalam pembuatan produk kerajinan yang diminati konsumen 
  2. Ide dalam pembuatan produk kerajinan yang dapat memenangkan persaingan 
  3. Ide dalam pembuatan dan pendayagunaan sumber-sumber produk kerajinan 
  4. Ide yang dapat mencegah kebosanan konsumen di dalam penggunaan produk kerajinan. 
Ide dapat diubah menjadi peluang usaha. Peluang usaha adalah suatu ide yang menarik atau usulan usaha yang memberi kemungkinan untuk memberikan hasil bagi investor atau yang mengambil resiko. Peluang usaha digambarkan oleh persyaratan dan mengarah ke penyediaan suatu usaha produk yang dibuat atau ditambahkan nilainya untuk keperluan pembeli. 
 
Suatu peluang usaha yang baik mampu memenuhi beberapa kriteria sebagai berikut: 

1. Permintaan yang nyata 

Merespon kebutuhan yang tidak dipenuhi atau mensyaratkan pelanggan yang mempunyai kemampuan untuk membeli dan bisa memilih. 

2. Pengembalian investasi 

Memberikan hasil dalam jangka waktu yang cepat dan tepat waktu. 

3. Kompetitif 

Dapat mengimbangi sudut pandang pelanggan dengan produk yang tersedia 

4. Mencapai tujuan 

Memenuhi tujuan dan aspirasi dari orang atau organisasi yang mengambil resiko. 

5. Ketersediaan sumber daya dan keterampilan 

Terjangkau oleh pengusaha dari segi sumber daya, kompetensi dan persyaratan hokum. 
Berdasarkan materi diatas, maka peluang yang dapat diambil adalah pemanfaatan limbah tidak terpakai berbentuk bangun datar yang keberadaannya melimpah disekitar kita. Sebagai bentuk usaha, bisnis kerajinan limbah bahan kertas cukup menjanjikan karena bahan dasar banyak tersedia dan mudah diperoleh. Dengan mengambil ide dari benda-benda hias dan fungsional, limbah kertas dapat dibuat sebagai kerajinan. Dengan begitu, kita membantu mengurangi jumlah limbah kertas dan mendapatkan peluang usaha dengan memanfaatkan sumber daya material yang ada disekitar lingkungan kita. 

C. Rangkuman 

Kerajinan adalah hal yang berkaitan dengan buatan tangan atau kegiatan yang berkaitan dengan barang yang dihasilkan melalui keterampilan tangan (kerajinan tangan). 
 
Kerajinan Dengan Memanfaatkan Bahan dari Limbah Berbentuk Bangun Datar: 
  1. Kerajinan dari Limbah Kulit Jagung 
  2. Kerajinan dari Limbah Daun Pelepah Pisang 
  3. Kerajinan dari Limbah Kertas 
  4. Kerajinan dari Limbah Kardus 
  5. Kerajinan dari Limbah Sisik Ikan 
  6. Kerajinan dari Pecahan Keramik 
Contoh hasil limbah berbentuk bangun datar yang dapat dimanfaatkan untuk kerajinan, dilihat dari kondisi wilayahnya. Antara lain: 
  1. Daerah pesisir pantai atau laut 
  2. Daerah pegunungan 
  3. Daerah Pertanian 
  4. Daerah perkotaan 
Beberapa hal-hal yang harus diperhatikan dalam menciptakan produk kreatif: 
  1. Ide dalam pembuatan produk kerajinan yang diminati konsumen 
  2. Ide dalam pembuatan produk kerajinan yang dapat memenangkan persaingan 
  3. Ide dalam pembuatan dan pendayagunaan sumber-sumber produk kerajinan 
  4. Ide yang dapat mencegah kebosanan konsumen di dalam penggunaan produk kerajinan. 

D. Penugasan Mandiri   

Buatlah daftar macam-macam limbah tidak terpakai yang ada dirumah kalian, kemudian cari referensi di internet mengenai produk-produk kerajinan yang dapat dibuat dengan menggunakan jenis limbah tersebut. Tulis pula mengenai ide dan peluang usahanya. 

E. Latihan Soal 

  1. Jelaskan mengenai kerajinan limbah? 
  2. Sebut macam-macam kerajinan dari bahan limbah? 
  3. Bagaimana peluang usaha kerajinan dari bahan limbah? 

Kunci dan Pembahasan Latihan Soal Kegiatan Pembelajaran 1 

1. Kerajinan limbah adalah hal yang berkaitan dengan buatan tangan atau kegiatan yang berkaitan dengan barang yang dihasilkan melalui keterampilan tangan (kerajinan tangan) dari bahan limbah yang akan menjadi bernilai ekonomi.  
 
2. Macam-macam kerajinan bahan limbah, antara lain: 
a. Kerajinan dari Limbah Kulit Jagung 
b. Kerajinan dari Limbah Daun Pelepah Pisang 
c. Kerajinan dari Limbah Plastik 
d. Kerajinan dari Limbah Kertas 
e. Kerajinan dari Limbah Kain Perca 
f. Kerajinan dari Limbah Kardus 
g. Kerajinan dari Limbah Sisik Ikan 
h. Kerajinan dari Pecahan Keramik 
 
3. Limbah terkumpul dan menumpuk di sekitar kita setiap hari, mulai dari yang siftanya organic dan non organik. Sebagai bentuk usaha, bisnis kerajinan limbah bahan kertas cukup menjanjikan karena bahan dasar banyak tersedia dan mudah diperoleh. Dengan mengambil ide dari benda-benda hias dan fungsional, limbah kertas dapat dibuat sebagai kerajinan. Dengan begitu, kita membantu mengurangi jumlah limbah kertas dan mendapatkan peluang usaha serta dapat membantu perekonomian masyarakat lingkungan sekitar. 
 

F. Penilaian Diri 


Bila ada jawaban "Tidak", maka segera lakukan review pembelajaran, terutama pada bagian yang masih "Tidak". 
Bila semua jawaban "Ya", maka Anda dapat melanjutkan ke pembelajaran berikutnya. 


#
Pengertian, Ide Dan Peluang Usaha Kerajinan Bahan Limbah  File ini dalam Bentuk .pdf File Size 74Kb
Diupload oleh www.bospedia.com

    Pencarian yang paling banyak dicari
    • contoh ide dan peluang usaha kerajinan
    • ide dan peluang usaha adalah
    • ide dan peluang usaha kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun datar
    • contoh analisis swot produk kerajinan
    • bagaimana peluang usaha kerajinan dari bahan limbah bangun datar
    • sebutkan tujuan diterapkannya administrasi usaha kerajinan dari bahan limbah
    • ide dan peluang usaha kerajinan pasar lokal
    • sebutkan 5 jenis kerajinan bahan limbah berbentuk bangun datar?