ZCgRxn24sMSt1P8PT34NVVluf7C7ODQ8eSh7SrtI
Bookmark

Materi Manfaat Dan Potensi Produk Kerajinan Mapel Prakarya kelas 11 SMA/MA

Materi Manfaat Dan Potensi Produk Kerajinan Mapel Prakarya kelas 11 SMA/MA - Halo adik adik apa kabar? semoga dalam keadaan sehat selalu, nah pada kesempatan yang baik ini kakak ingin menyampaikan jangan lupa untuk menggunakan masker, menjaga jarak dan tentunya mencuci tangan untuk menghindari penyebaran wabah virus corona. Oiya kali ini kakak ingin membagikan materi tentang Manfaat Dan Potensi Produk Kerajinan dari mata pelajaran Prakarya untuk adik adik kelas XI SMA/MA. Semoga dengan adanya materi ini bisa bermanfaat yah. Semangat!!

Materi Manfaat Dan Potensi Produk Kerajinan Mapel Prakarya kelas 11 SMA/MA
Materi Manfaat Dan Potensi Produk Kerajinan Mapel Prakarya kelas 11 SMA/MA

Produk kerajinan Indonesia sudah banyak dikenal di luar negeri. Menciptakan kerajinan memerlukan jiwa inovatif dan kreatif yang tinggi. Kualitas karya kerajinan ditentukan oleh kualitas bahan, teknik pengerjaan, desain, dan nilai fungsi. Pemilihan bahan memiliki kekuatan dan bentuk yang bervariasi, tekstur, serat, pori-pori, yang semua ini dapat dimanfaatkan untuk menunjang kualitas bentuk dan estetik karya kerajinan.  

Teknik penciptaan yang baik dapat menentukan kesempurnaan bentuk karya. Sedangkan aspek fungsi dapat menambah kenyamanan dan keamanan penggunaan produk kerajinan (ergonomis). Nilai estetika karya kerajinan dapat menambah kepuasan rasa indah bagi pemilik atau pemakai. Kerajinan mempunyai fungsi ganda yaitu fungsi praktis dan sebagai fungsi hiasan.  

Kerajinan terbagi atas dua yaitu kerajinaan berbentuk bangun datar dan berbentuk bangun ruang. Untuk pembahasan modul kali ini kita akan mempelajari tentang proses sistem produksi kerajinan bangun ruang.  

Istilah

  • Produksi : Untuk menciptakan nilai tambah suatu produk dengan mengubah input menjadi output berupa barang atau jasa.       
  • Sistem produksi : Suatu rangkaian dari beberapa elemen yang saling berhubungan dan saling menunjang satu sama lain untuk mencapai tujuan tertentu. 
  • Ergonomis : Peraturan tentang bagaimana melakukan kerja, termasuk sikap kerja. 

A. Tujuan Pembelajaran 

Setelah kegiatan pembelajaran 1 ini diharapkan siswa dapat : 
  1. Menjelaskan  aneka produk kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun ruang. 
  2. Menjelaskan manfaat produk kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun ruang. 
  3. Memahami apa saja potensi produk kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun ruang. 

B. Uraian Materi 

Industri kreatif memang industri yang tiada batas, wirausaha kerajinan bahan limbah adalah salah satu contohnya. Jika kamu adalah seorang yang kreatif, tidak ada salahnya untuk mencoba kewirausahaan ini. Selain bisa bermanfaat untuk manusia, kewirausahaan ini pun bermanfaat bagi lingkungan. Sebab dalam proses kerajinan bahan limbah, itu berarti kamu akan memanfaatkan sampah atau limbah yang mencemari lingkungan. Kamu mendaur ulang sampah yang tidak ada harganya mejadi barang baru yang bisa bermanfaat dan memiliki nilai tersendiri. Tertarik untuk melakukannya? Sebelumnya mari kita pahami dulu ya, beberapa jenis aneka produk kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun ruang. 

Aneka Jenis Kerajinan Bahan Limbah 

Secara umum, terdapat dua jenis kerajinan bahan limbah yang bisa dibuat. 

1. Kerajinan Bahan Limbah Bangun Datar 

Seperti namanya, kerajinan ini memanfaatkan limbah yang memiliki permukaan datar yang tidak memiliki ruang. Hasil karya kerajinan ini pun berbentuk dua dimensi. 

2. Kerajinan Bahan Limbah Bangun Ruang 

Sedangkan kerajinan bahan limbah bangun ruang adalah kerajinan yang membentuk ruang tiga dimensi. Kamu bisa melihatnya dari segala sudut. Jenis Kerajinan Limbah Berdasarkan Output 
Lalu jenis kerajinan bahan limbah berdasarkan output produknya terdiri dari. 

a. Interior 

Hasil dari kerajinan bahan limbah ini berupa benda yang disimpan atau digunakan di dalam ruangan atau rumah. 
 
Contoh kerajinan bahan limbah interior: 

Bantal motif kain perca 


Kerajinan bahan limbah yang cukup umum adalah menggunakan bahan kain perca atau kain sisa dari pembuatan pakaian atau produk tekstil lainnya. Bahan ini banyak digunakan karena hasil dari karya ini bisa mengandung banyak motif kain yang membuat produk dari kain perca memiliki keunikan tersendiri. Kamu bisa memanfaatkan kain perca untuk berbagai macam karya seperti keset atau taplak yang merupakan kerajinan berbentuk bangun datar. Lalu, bantal, tas atau boneka merupakan kerajinan berbentuk bangun ruang. 

Lukisan dari Cangkang Telur 

Cangkang telur juga cukup sering digunakan sebagai bahan kerajinan. Biasanya kerajinan dari cangkang kulit telur berbentuk kerajinan limbah bangun datar. 

Sebab, kebanyakan wirausahawan memanfaatkan cangkang telur untuk dijadikan lukisan, kaligrafi, atau hiasan bingkai foto. Namun, jika kamu berani, cobalah membuat karya yang baru dari cangkang telur ini. 

Kerajinan Bunga dari Kulit Jagung 

Limbah kulit jagung yang sering kamu temui di pasar juga bisa diubah menjadi barang yang cantik. Wirausahawan banyak yang memanfaatkan kulit jagung menjadi kerajinan bunga. Namun tidak sebatas itu, kulit jagung pun bisa kamu jadikan apapun seperti tempat tissue, tas, boneka, atau apapun sebebas kreativitasmu. 

Kalau kamu tinggal di desa kamu bisa memanfaatkan kerajinan dari limbah kulit jagung ini sebagai peluang usaha yang cocok di desa. 

b. Eksterior 

Sedangkan eksterior berarti hasil kerajinan bahan limbah kegunaannya di luar ruangan. Contoh kerajinan bahan limbah eksterior: 

Patung dari Kayu Bekas 

Pemanfaatan kayu bekas juga bisa dilakukan untuk wirausaha kerajinan bahan limbah. Kayu-kayu bekas bisa dijadikan apapun, termasuk patung. Patung dari kayu bekas ini bukan dipahat, melainkan disusun sedemikian rupa hingga membentuk suatu rupa.  

Tempat Sampah dari Ban Bekas

Selain bisa berguna untuk dijadikan ayunan yang sering kita jumpai, ternyata ban bekas juga bisa memiliki kegunaan lain. Yaitu dengan menyulapnya menjadi tempat sampah yang bisa menjaga lingkungan tetap bersih. 

Pot Bunga dari Botol Bekas 

Kalau kamu pandai menggambar dan mewarnai, cobalah warnai botol bekas seindah mungkin dan jadikan botol bekas itu sebagai pot bunga. Dengan begitu kamu telah membuat sebuah pot bunga cantik.  

c. Aksesoris/Perihasan 

Hasil kerajinan sebuah aksesoris souvenir atau perhiasan yang bisa digunakan di tubuh. 
Contoh kerajinan bahan limbah berbentuk aksesoris/perhiasan: 

Sandal dari ban bekas 



Jika sebelumnya disebutkan bahwa ban bekas bisa dijadikan tempat sampah. Selanjutnya, kegunaan lain yang bisa diambil dari karet hitam ini adalah dengan menjadikannya sebuah sandal. Terlebih lagi, sandal dari ban bekas ini terkenal dengan ketahanannya. 

Anting, Gelang, Kalung dari Sisik Ikan atau Kulit Kerang 

Limbah yang berasal dari ban bekas  ini juga bisa digunakan sebagai bahan kerajinan. Karet ban bisa dimanfaatkan untuk dujadikan sebuah anting, gelang, bros, dan kalung. Bentuk dari ban ini tinggal kamu pola dan gunting hingga menjadi pernak pernik hiasan yang indah. 

Tas dari Plastik Bekas 


Plastik, daripada membuang limbah yang sulit terurai ini, ada baiknya kamu memanfaatkannya menjadi barang yang lebih berguna. Sampah plastik, khususnya plastik bekas kemasan ditergen bisa kamu ubah menjadi tas unik dengan nilai manfaat yang tinggi. 

Dari keseluruhan kerajinan bahan limbah yang sudah disebutkan sebelumnya, kamu bebas memilih jenis kerajinan apa saja untuk wirausaha kamu. Yang terpenting adalah bagaimana kerativitasmu bermain di dalam karya yang kamu ciptakan dari bahan limbah ini serta percaya diri dalam manjalani wirausaha. 

Manfaat Kerajinan dari Bahan Limbah Berbentuk Bangun Ruang 
Produk kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun ruang memiliki fungsi sebagai berikut: 

a. Manfaat Produk Kerajinan sebagai Benda Pakai Produk kerajinan yang diciptakan mengutamakan  fungsinya, adapun unsur keindahan hanyalah sebagai pendukung. Berikut contoh karya kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun ruang sebagai benda pakai. 
 
b. Manfaat Produk Kerajinan sebagai Benda Hias Produk kerajinan yang dibuat sebagai benda pajangan atau hiasan. Jenis ini lebih menonjolkan aspek keindahan daripada aspek kegunaan atau segi fungsinya. Berikut contoh kerajinan dari limbah berbentuk bangun ruang yang berfungsi sebagai benda hias.  
 

Potensi Kerajinan dari Bahan Limbah Berbentuk Bangun Ruang 

Masing-masing daerah memiliki ciri khas kerajinan yang menjadi unggulan daerahnya. Hal ini tentu dikarenakan sumber daya dari masing-masing daerah berbeda- beda. Di bawah ini merupakan contoh hasil limbah berbentuk bangun ruang yang dapat dimanfaatkan untuk kerajinan, dilihat dari kondisi wilayahnya :

a. Daerah pesisir pantai atau laut 

Limbah berbentuk bangun ruang yang banyak tersedia adalah cangkang kerang laut, tulang ikan, tempurung kelapa, sabut kelapa, dan lainnya. 

b. Daerah pegunungan  

Limbah berbentuk bangun ruang yang banyak dihasilkan di daerah ini adalah biji-bijian kering, buah-buahan kering, kulit durian, dan lainnya.  


c. Daerah pertanian  

Limbah berbentuk bangun ruang yang didapat pada daerah ini adalah ranting pohon, bunga kering, kulit pohon kering, dan lainnya.  

d. Daerah perkotaan Limbah 

berbentuk bangun ruang yang dihasilkan di daerah perkotaan biasanya kulit kacang, kulit telur, kemasan plastik, botol plastik, botol kaca, kemasan kaleng, dan lainnya.  

 
Berbagai macam limbah berbentuk bangun ruang tersebut merupakan potensi yang sangat bermanfaat untuk bahan pembuatan produk kerajinan.  

C. Rangkuman 

  1. Bangun ruang dapat diartikan sebagai bangun ruang yang dibatasi oleh himpunan titik yang terdapat pada seluruh permukaan bangun tersebut. Di kehidupan seharihari anda dapat menemukan benda yang terbentuk bangun ruang misalnya, bangun berbentuk kubus, balok, tabung, kerucut dan bola. 
  2. Untuk dapat mewujudkan ide, anda harus memiliki pergaulan yang luas serta kreatifitas yang tinggi . Ketika pergaulan kita luas, seseorang dapat berpikir keras untuk mewujudkan dan bertemulah dengan peluang bisnis meskipun hanya sebuah produk dari limbah. 
  3. Manfaat dari kerajinan dari bahan limbah sangatlah membantu penguraian organisme dalam tanah. Adapun manfaat dari kerajinan bahan limbah adalah berdasarkan benda pakai atau sebagai benda hias. 
  4. Potensi limbah yang bisa di olah menjadi bahan kerajinan memiliki ciri khas kerajinan yang menjadi unggulan daerahnya. Hal ini tentu dikarenakan sumber daya dari masing-masing daerah berbeda. Beberapa potensi yang ada berdasarkan keunggulan daerahnya adalah potensi dari daerah perkotaan, pegunungan, laut, dan pertanian. 

D. Penugasan Mandiri (optional) 

 
“Pilihlah 5 Foto karya kerajinan berbentuk bahan ruang yang terdapat di daerahmu, kalian bisa melihat data dari Internet, buku, ataupun modul sebagai contohnya” 
 

E. Latihan Soal 

  1. Sebutkan beberapa aneka jenis kerajinan dari limbah berbentuk bangun ruang? 
  2. Apa saja manfaat yang bisa di dapatkan dengan membuat kerajinan dari bahan limbah? 
  3. Potensi limbah dari daerah perkotaan bisa dijadikan semuah kerajinan, berikan 3 contohnya? 

F. Penilaian Diri 

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jujur dan bertanggung jawab! 


Bila ada jawaban "Tidak", maka segera lakukan review pembelajaran, terutama pada bagian yang masih "Tidak". Bila semua jawaban "Ya", maka Anda dapat melanjutkan ke pembelajaran berikutnya. 

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Materi Manfaat Dan Potensi Produk Kerajinan Mapel Prakarya kelas 11 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!! 

#
Manfaat Dan Potensi Produk Kerajinan  File ini dalam Bentuk .pdf File Size 74Kb

    Pencarian yang paling banyak dicari
    • berikut adalah contoh bahan limbah berbentuk bangun datar adalah
    • proses pengolahan limbah berbentuk bangun datar untuk produk kerajinan pada umumnya sebagai berikut
    • jelaskan tahapan proses kerajinan bahan limbah berbentuk bangun datar
    • salah satu ciri kerajinan sebagai benda pakai adalah
    • potensi limbah dari daerah perkotaan bisa dijadikan sebuah kerajinan berikan 3 contohnya
    • jelaskan perencanaan produksi kerajinan dari limbah berbentuk bangun datar tersebut!
    • wirausaha kerajinan bahan limbah adalah
    • syarat bahan limbah agar menjadi produk yang bermanfaat adalah
    Post a Comment

    Post a Comment