ZCgRxn24sMSt1P8PT34NVVluf7C7ODQ8eSh7SrtI
Bookmark

Materi Pengertian Dan Manfaat BEF Mapel Prakarya kelas 11 SMA/MA

Materi Pengertian Dan Manfaat BEF Mapel Prakarya kelas 11 SMA/MA - Halo adik adik apa kabar? semoga dalam keadaan sehat selalu, nah pada kesempatan yang baik ini kakak ingin menyampaikan jangan lupa untuk menggunakan masker, menjaga jarak dan tentunya mencuci tangan untuk menghindari penyebaran wabah virus corona. Oiya kali ini kakak ingin membagikan materi tentang Pengertian Dan Manfaat BEF dari mata pelajaran Prakarya untuk adik adik kelas XI SMA/MA. Semoga dengan adanya materi ini bisa bermanfaat yah. Semangat!!

Materi Pengertian Dan Manfaat BEF Mapel Prakarya kelas 11 SMA/MA
Materi Pengertian Dan Manfaat BEF Mapel Prakarya kelas 11 SMA/MA

Halo peserta didik yang berbahagia, semoga kalian selalu sehat dan semangat. Selamat berjumpa di modul pembelajaran Prakarya dan Kewirausahaan. Dalam modul ini akan dibahas beberapa aspek yaitu pengertian dan manfaat BEP, strategi menetapkan harga jual, komponen perhitungan BEP dan menghitung BEP usaha makanan khas daerah. 

Apakah kamu tahu salah satu makanan khas di daerahmu? Tentu tahu ya! Contoh makanan khas daerah dari beberapa provinsi di Indonesia, antara lain mie Aceh, gudeg dari Yogyakarta, putu ayu dari Jawa Tengah dan pempek dari Palembang. Kegiatan pengolahan produk makanan khas daerah saat ini merupakan salah satu usaha yang sangat menjanjikan bagi masyarakat oleh karena potensi sumber daya alam di Indonesia cukup potensial untuk diolah menjadi makanan khas daerah. Dalam kegiatan usaha, kenapa seorang wirausahawan selalu memperhitungkan adanya titik impas atau Break Even Point (BEP)? Dalam suatu usaha, perhitungan BEP sangat penting untuk dilakukan karena menjadi acuan dalam analisis proyeksi jumlah barang yang akan diproduksi dan biaya yang harus dikeluarkan untuk mencapai titik impas kembalinya modal usaha. Oleh karena itu, mari kita belajar bersama bagaimana cara menghitung BEP sehingga suatu saat jika kamu menjadi seorang wirausahawan yang bergerak di bidang pengolahan makanan khas daerah, kamu bisa mengetahui kapan uang yang diperoleh dari hasil penjualan merupakan laba yang didapat, terlepas dari untuk menutupi modal awal biaya produksi yang dikeluarkan. 

Istilah

  • Break Event Point (BEP) : suatu titik atau keadaan dimana perusahaan di dalam operasinya tidak memperoleh keuntungan dan tidak menderita kerugian. 
  • Fixed Cost (biaya tetap) : biaya yang tidak berubah meskipun volume produksi berubah 
  • Variabel Cost (biaya variabel) : biaya yang berubah-ubah sebanding dengan volume atau jumlah produk yang dihasilkan. 
  • Selling Price : harga jual per unit barang yang telah diproduksi. 
  • Laba : Keuntungan   

A. Tujuan Pembelajaran 

Setelah kegiatan pembelajaran 1 ini, peserta didik diharapkan dapat: 
  1. Memahami pengertian dan manfaat BEP 
  2. Memahami strategi dalam menentukan harga jual makanan khas daerah 
  3. Menentukan komponen penghitungan dasar untuk menghitung BEP 

B. Uraian Materi 

1. Pengertian Titik Impas atau Break Even Point (BEP) 

Dalam kegiatan usaha, seorang wirausahawan selalu memperhitungkan adanya titik impas atau Break Even Point (BEP). BEP dapat diartikan sebagai suatu titik atau keadaan dimana perusahaan di dalam operasinya tidak memperoleh keuntungan dan tidak menderita kerugian. Dengan kata lain, pada keadaan itu keuntungan atau kerugiaan sama dengan nol. Apabila penjualan hanya cukup untuk menutup biaya variable dan sebagian biaya tetap, maka perusahaan menderita kerugian. Dan sebaliknya akan memperoleh keuntungan, bila penjualan melebihi biaya variable dan biaya tetap yang harus dikeluarkan. 

Dalam suatu usaha, perhitungan BEP sangat penting agar kita tidak mengalami kerugian, diantara manfaat BEP adalah: 
  • Alat perencanaan untuk menghasilkan laba 
  • Memberikan informasi mengenai berbagai tingkat volume penjualan, serta hubungannya dengan kemungkinan memperoleh laba menurut tingkat penjualan yang bersangkutan. 
  • Mengevaluasi laba dari perusahaan secara keseluruhan 
  • Mengganti sistem laporan yang tebal dengan grafik yang mudah dibaca dan dimengerti. 

2. Strategi Menetapkan Harga Jual Makanan Khas Daerah 

Anak-anak bangsa yang berbahagia. Menentukan harga jual produk yang paling sesuai dan tepat tidaklah mudah untuk wirausahawan yang baru memulai usahanya. Menentukan harga jual yang asal-asalan akan meningkatkan resiko kerugian. Harga jual sangat berkaitan dengan tingkat penjualan dan tingkat keuntungan yang ditetapkan. Jika menetapkan harga terlalu mahal, dikhawatirkan pelanggan akan tidak jadi membeli produk. Sedangkan jika menjual produk terlalu murah, maka akan menghasilkan laba dengan tingkat yang rendah. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum menentukan harga jual suatu produk. Hal-hal yang harus diperhatikan di antaranya adalah faktor pelanggan, pesaing, biaya, dan juga kemanfaatan untuk usaha anda sendiri. Faktor-faktor tersebut dijelaskan di bawah ini. 

a. Pelanggan. 

Pelanggan merupakan prioritas utama dalam usaha makanan khas daerah, jadi pastikan bahwa harga jual yang ditetapkan akan dapat di terima oleh pelanggan. Pelanggan akan dengan senang hati membeli produk yang ditawarkan jika harga yang diberikan terjangkau dan kualitas barang pun berbanding lurus dengan kualitas barang. 

b. Pesaing. 

Pastikan bahwa harga jual produk dapat bersaing dengan harga jual produk pesaing. Perhatikan tingkat keuntungan. Jangan mengambil keuntungan yang terlalu besar karena akan menyebabkan harga jual terlalu mahal. Ada baiknya menurunkan tingkat keuntungan sehingga harga yang ditawarkan dapat bersaing dengan harga yang ditetapkan dengan pesaing. 

c. Biaya. 

Pastikan harga jual produk yang di tetapkan dapat menutup biaya- biaya yang telah terjadi. Ini artinya harus benar-benar jeli dan teliti dalam menghitung biaya yang terjadi, pastikan bahwa tidak ada biaya yang tidak dimasukkan dalam perhitungan. Jika saja ada biaya yang tidak terhitung, akan menyebabkan harga yang tidak tepat, sehingga akan berpengaruh terhadap tingkat keuntungan, bahkan akan menyebabkan kerugian. 

d. Kemanfaatan untuk usaha. 

Harga jual yang ditetapkan dinilai pantas jika harga dapat memberikan keuntungan yang diharapkan. Seandainya saja keuntungan yang diharapkan dapat tercapai, akan mempermudah dalam mengembangkan usaha yang sudah dirintis. 

3. Komponen Perhitungan Titik Impas (Break Even Point) usaha makanan khas daerah 

Break Event Point memerlukan komponen penghitungan dasar berikut ini. 
  • Fixed Cost. Komponen ini merupakan biaya tetap atau konstan ada walaupun tidak ada kegiatan produksi. Contoh biaya ini yaitu biaya tenaga kerja, biaya penyusutan alat. 
  • Variabel Cost. Komponen ini merupakan biaya per unit yang sifatnya dinamis tergantung dari tindakan volume produksinya. Jika produksi yang direncanakan meningkat, berarti variabel cost pasti akan meningkat. Contoh biaya ini yaitu biaya bahan baku. 
  • Selling Price. Komponen ini adalah harga jual per unit barang atau jasa yang telah diproduksi. 

C. Rangkuman 

  1. Titik impas atau Break Even Point (BEP) adalah suatu titik atau keadaan dimana perusahaan di dalam operasinya tidak memperoleh keuntungan dan tidak menderita kerugian. 
  2. Manfaat BEP adalah alat perencanaan untuk menghasilkan laba, memberikan informasi tingkat volum penjualan, mengevaluasi laba dan mengganti system laporan dengan grafik yang mudah dimengerti. 
  3. Hal yang perlu diperhatikan sebelum menentukan harga jual diantaranya adalah faktor pelanggan, pesaing, biaya, dan juga kemanfaatan untuk usaha. 
  4. Fixed Cost (biaya tetap) adalah biaya yang tidak berubah meskipun volume produksi berubah. 
  5. Variabel Cost (biaya variabel) adalah biaya yang berubah-ubah sebanding dengan volume atau jumlah produk yang dihasilkan. 
  6. Selling Price adalah harga jual per unit barang yang telah diproduksi. 

D. Latihan Soal 

  1. Apa yang dimaksud break even point (BEP)? 
  2. Sebutkan manfaat dari menghitung BEP! 
  3. Jelaskan hal apa saja yang perlu diperhatikan sebelum menentukan harga jual! 
  4. Apa yang dimaksud Fixed Cost (biaya tetap) dan sebutkan 2 contoh yang termasuk biaya tetap? 
  5. Apa yang dimaksud biaya variabel dan sebutkan 2 contoh yang termasuk biaya variabel? 

Kunci Jawaban Latihan Soal Kegiatan Pembelajaran 1 

1. BEP adalah BEP adalah suatu titik atau keadaan dimana perusahaan di dalam operasinya tidak memperoleh keuntungan dan tidak menderita kerugian. 
 
2. Manfaat dari menghitung BEP adalah sebagai berikut: 
a. Alat perencanaan untuk menghasilkan laba 
b. Memberikan informasi mengenai berbagai tingkat volum penjualan, serta hubungannya dengan kemungkinan memperoleh laba menurut tingkat penjualan yang bersangkutan. 
c. Mengevaluasi laba dari perusahaan secara keseluruhan 
d. Mengganti sistem laporan yang tebal dengan grafik yang mudah dibaca dan dimengerti 
 
3. Hal yang perlu diperhatikan sebelum menentukan harga jual diantaranya adalah 
a. Pelanggan. Pelanggan merupakan prioritas utama dalam usaha makanan khas daerah, jadi pastikan bahwa harga jual yang ditetapkan akan dapat di terima oleh pelanggan. 
b. Pesaing. Pastikan bahwa harga jual produk dapat bersaing dengan harga jual produk pesaing. 
c. Biaya. Pastikan harga jual produk yang di tetapkan dapat menutup biaya- biaya yang telah terjadi. 
d. Kemanfaatan untuk usaha. Harga jual yang ditetapkan di nilai pantas jika harga dapat memberikan keuntungan yang di harapkan seehingga mempermudah dalam mengembangkan usaha yang dirintis. 
 
4. Fixed Cost (biaya tetap) adalah biaya yang tidak berubah meskipun volume produksi berubah. Contoh: Biaya penyusutan alat, biaya tenaga kerja. 
 
5. Variabel Cost (biaya variabel) adalah biaya yang berubah-ubah sebanding dengan volume atau jumlah produk yang dihasilkan. Contoh: Biaya bahan baku, kemasan. 

E. Penilaian Diri 

Berikut diberikan tabel untuk mengukur diri kalian terhadap materi yang sudah kalian pelajari. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jujur dan bertanggung jawab! 


Bila ada jawaban "Tidak", maka segera lakukan review pembelajaran. Bila semua jawaban "Ya", maka Anda dapat melanjutkan ke pembelajaran berikutnya. 

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Materi Pengertian Dan Manfaat BEF Mapel Prakarya kelas 11 SMA/MA  ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!! 

#
Pengertian Dan Manfaat BEF File ini dalam Bentuk .pdf File Size 74Kb
Diupload oleh www.bospedia.com

    Pencarian yang paling banyak dicari
    • cara menghitung bep
    • jelaskan komponen bep
    • contoh soal break even point dan penyelesaiannya
    • analisis impas
    • jelaskan fungsi hias pada kerajinan dan tuliskan contohnya
    • pengertian bep
    • manfaat bep untuk produk kerajinan dari limbah berbentuk bangun datar
    • kelebihan dan kekurangan break even point
    Post a Comment

    Post a Comment