ZCgRxn24sMSt1P8PT34NVVluf7C7ODQ8eSh7SrtI
Bookmark

Materi Pengertian Dan Manfaat Laporan Kegiatan Hasil Usaha Mapel Prakarya kelas 11 SMA/MA

Materi Pengertian Dan Manfaat Laporan Kegiatan Hasil Usaha Mapel Prakarya kelas 11 SMA/MA - Halo adik adik apa kabar? semoga dalam keadaan sehat selalu, nah pada kesempatan yang baik ini kakak ingin menyampaikan jangan lupa untuk menggunakan masker, menjaga jarak dan tentunya mencuci tangan untuk menghindari penyebaran wabah virus corona. Oiya kali ini kakak ingin membagikan materi tentang Pengertian Dan Manfaat Laporan Kegiatan Hasil Usaha dari mata pelajaran Prakarya untuk adik adik kelas XI SMA/MA. Semoga dengan adanya materi ini bisa bermanfaat yah. Semangat!!

Materi Pengertian Dan Manfaat Laporan Kegiatan Hasil Usaha Mapel Prakarya kelas 11 SMA/MA
Materi Pengertian Dan Manfaat Laporan Kegiatan Hasil Usaha Mapel Prakarya kelas 11 SMA/MA

Modul ini sebagai pendamping buku teks pelajaran (BTP) atau buku sekolah elektronik (BSE) sebagai media pendukung bagi kalian dalam memahami materi tentang laporan kegiatan usaha makanan asli daerah. 

Setiap kegiatan selalu diakhiri dengan adanya suatu laporan yang menggambarkan bagimana suatu kegiatan tersebut dirancang, dilaksanakan dan diakhiri. Oleh karena itu laporan sangat penting. Laporan dapat memberikan informasi mengenai keadaan perusahaan dan memungkinkan perusahaan untuk memperbaiki diri. Laporan pelaksanan kegiatan hendaknya bersifat jelas, komunikatif, dan mudah dipahami oleh semua pihak terutama isi dari laporan tersebut yang harus menggambarkan isi yang lengkap, utuh dan berkualitas. 

Laporan kegiatan usaha komunikatif adalah laporan yang disusun dalam bahasa lugas dan mudah dimengerti serta tidak bertele-tele, namun harus logis dan sistematis. Dikatakan logis jika segala keterangan yang dianalisis dapat dimengerti alasannya. Laporan disebut sistematis jika keterangan yang diungkapkan disusun dalam urutan yang saling berhubungan. 

Dalam mempelajari modul ini kalian harus membaca modul ini dengan cermat. 

melalui kegiatan membaca dan mempelajari materi, kemudian dilanjutkan dengan mengerjakan latihan soal sebagai alat evaluasi disertai refleksi. 

Semoga modul ini bermanfaat, kalian dapat mengerti dan memahami isi modul serta menerapkannya. 

Istilah

  • Detail : bagian yang kecil-kecil (yang sangat terperinci) 
  • Informatif : bersifat memberi informasi; bersifat menerangkan 
  • Komunikatif : mudah dipahami (dimengerti) 
  • Kronologi : urutan waktu dari sejumlah kejadian atau peristiwa 
  • Logis : dapat diterima kebenarannya 
  • Lugas : mengenai yang pokok-pokok (yang perlu-perlu) saja 
  • Skema : bagan; rangka; kerangka (rancangan dan sebagainya) 
  • Statistik : catatan angka-angka (bilangan); perangkaan 

A. Tujuan Pembelajaran 

Setelah kegiatan pembelajaran 1 ini diharapkan, kalian dapat: 
  1. Menjelaskan pengertian laporan kegiatan usaha 
  2. Mengidentifikasi manfaat laporan kegiatan hasil usaha  

B. Uraian Materi 

1. Pengertian Laporan Kegiatan Usaha 

Membuat laporan kerap kali dilakukan dalam mengerjakan tugas laporan prakerin atau laporan kegiatan yang ditugaskan oleh guru di sekolah. Laporan harus mempunyai format penulisan yang baik. Selain itu, isi yang mudah dipahami sudah menjadi keharusan agar pembaca mengerti apa yang dimaksud dalam isi laporan tersebut, sehingga pembaca akan antusias membacanya. 

Laporan adalah segala sesuatu, baik itu peristiwa ataupun kegiatan yang dilaporkan dan dapat berbentuk lisan ataupun tertulis berdasarkan fakta atau peristiwa yang terjadi. Laporan memiliki berbagai jenis, seperti laporan perjalanan, laporan penelitian dan laporan perjalanan. Pada hakikatnya, laporan perjalanan adalah cerita tentang perjalanan yang kita lakukan dan termasuk laporan nonformal karena tidak menggunakan sistematika standar laporan resmi. 

Laporan kegiatan usaha adalah penyampaian informasi sehingga tercipta komunikasi antara yang melaporkan dan pihak yang diberi laporan. Laporan pelaksanaan kegiatan hendaknya bersifat komunikatif, jelas dan mudah dipahami oleh semua pihak. Agar menjadi komunikatif sebaiknya laporan pelaksanaan kegiatan usaha harus disusun dalam bahasa yang lugas dan mudah dimengerti. Dikatakan logis apabila segala keterangan yang dianalisis dapat diteliti alasanalasannya, apakah laporannya masuk akal atau tidak. Dikatakan sistematis apabila keterangan-keterangan yang dikemukakan didalam laporan pelaksanaan kegiatan usaha disusun dalam urutan yang memperlihatkan adanya saling keterkaitan. 

Laporan pelaksanaan dikatakan lugas apabila bahasa yang digunakan langsung menjawab persoalan yang nyata dan tidak bertele-tele. Isi dari laporan kegiatan usaha adalah kegiatan pekerjaan diperusahaan yang sedang berjalan dan pekerjaan yang sudah selesai. Penyusunan laporan kegiatan usaha dilaksanakan secara periodik, setidak-tidaknya dibuat sebulan sekali. Penyusunan harus lengkap dan berisi hal-hal yang berhubungan dengan hambatan usaha, kemajuan usaha, kemunduran usaha, dan sebagainya. 

2. Manfaat Laporan Kegiatan Usaha 

Laporan kegiatan makanan khas daerah dibuat dalam bentuk proposal. Proposal ini yang dibuat bermanfaat untuk: 
  • Membantu wiraushaa untuk mengembangkan usaha dan menguji strategi dan hasil yang diharapkan dari sudut pandang pihak lain (investor) 
  • Membantu wirausaha untuk berpikir kritis dan obyektif atas bidang usaha yang akan dijalankan  
  • Sebagai alat komunikasi dalam memaparkan dan meyakinkan gagasan kepada pihak lain 
  • Membantu meningkatkan dan keberhasilan para wirausaha. 

C. Rangkuman 

1. Laporan adalah segala sesuatu, baik itu peristiwa ataupun kegiatan yang dilaporkan dan dapat berbentuk lisan ataupun tertulis berdasarkan fakta atau peristiwa yang terjadi. 
 
2. Manfaat laporan kegiatan usaha untuk: 
  • Membantu wiraushaa untuk mengembangkan usaha dan menguji strategi dan haisl yang diharapkan dari sudut pandang pihak lain (investor) 
  • Membantu wirausaha untuk berpikir kritis dan obyektif atas bidang usaha yang akan dijalankan  
  • Sebagai alat komunikasi dalam memaparkan dan meyakinkan gagasan kepada pihak lain 
  • Membantu meningkatkan dan keberhasilan para wirausaha. 

D. Latihan Soal 

Yuk cek penguasaanmu terhadap kegiatan pembelajaran 1 tentang pengertian pengertian dan manfaat laporan kegiatan usaha. Agar dapat dipastikan bahwa kalian telah menguasai materi tersebut di atas, maka kerjakan soal berikut secara mandiri di buku tulis kalian masing-masing.  
 
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan jelas! 
  1. Setelah melakukan kegiatan apapun, akan dibuatkan sebuah laporan, yang sering kita kenal dengan laporan pertanggungjawaban dalam sebuah organisasi. Lalu apa yang dimaksud dengan laporan! 
  2. Jelaskan pengertian dari laporan kegiatan usaha! 
  3. Apakah sebuah laporan kegiatan usaha penting bagi pengusaha? Tuliskan manfaat dari laporan kegiatan usaha! 
  4. Menurut Anda, bagaimanakah laporan kegiatan usaha yang dapat menarik investor untuk berinvestasi di usaha kuliner Anda?Berikan penjelasanmu! 
  5. Apakah laporan ini berguna untuk para investor? Berikan alasanmu! 

KUNCI JAWABAN LATIHAN SOAL KEGIATAN PEMBELAJARAN 1 

1. Laporan adalah segala sesuatu, baik itu peristiwa ataupun kegiatan yang dilaporkan dan dapat berbentuk lisan ataupun tertulis berdasarkan fakta atau peristiwa yang terjadi. 
 
2. Laporan kegiatan usaha adalah penyampaian informasi sehingga tercipta komunikasi antara yang melaporkan dan pihak yang diberi laporan. 
 
3. Ya, sebuah laporan kegiatan usaha penting bagi pengusaha karena memiliki manfaat. Berikut manfaat laporan kegiatan usaha untuk: 
  • Membantu wiraushaa untuk mengembangkan usaha dan menguji strategi dan hasil yang diharapkan dari sudut pandang pihak lain (investor) 
  • Membantu wirausaha untuk berpikir kritis dan obyektif atas bidang usaha yang akan dijalankan  
  • Sebagai alat komunikasi dalam memaparkan dan meyakinkan gagasan kepada pihak lain 
  • Membantu meningkatkan dan keberhasilan para wirausaha. 
4. Laporan pelaksanaan kegiatan hendaknya bersifat komunikatif, jelas dan mudah dipahami oleh semua pihak. Agar menjadi komunikatif sebaiknya laporan pelaksanaan kegiatan usaha harus disusun dalam bahasa yang lugas dan mudah dimengerti. Dikatakan logis apabila segala keterangan yang dianalisis dapat diteliti alasanalasannya, apakah laporannya masuk akal atau tidak. Dikatakan sistematis apabila keterangan-keterangan yang dikemukakan didalam laporan pelaksanaan kegiatan usaha disusun dalam urutan yang memperlihatkan adanya saling keterkaitan. 
 
5. Ya, laporan kegiatan usaha ini sangat membantu para investor untuk berinvestasi, untuk melihat seberapa besar ekspektasi atau harapan untuk mendapatkan keuntungan kedepannya. 

E. Penilaian Diri 

Berikut diberikan tabel untuk mengukur diri kalian terhadap materi yang sudah kalian pelajari. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jujur dan bertanggung jawab! 


 
Bila ada jawaban "Tidak", maka segera lakukan review pembelajaran, terutama pada bagian yang masih "Tidak". Bila semua jawaban "Ya", maka Anda dapat melanjutkan ke pembelajaran berikutnya. 
 
Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Materi Pengertian Dan Manfaat Laporan Kegiatan Hasil Usaha Mapel Prakarya kelas 11 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!! 

#
Pengertian Dan Manfaat Laporan Kegiatan Hasil Usaha File ini dalam Bentuk .pdf File Size 74Kb
Diupload oleh www.bospedia.com

    Pencarian yang paling banyak dicari
    • manfaat laporan kegiatan usaha
    • contoh laporan kegiatan usaha
    • komponen laporan kegiatan usaha
    • sebutkan fungsi dan tujuan menyusun laporan kegiatan usaha?
    • laporan kegiatan usaha tentang pemasukan dan pengeluaran keuangan merupakan bagian dari
    • laporan kegiatan adalah
    • analisis laporan kegiatan usaha
    • adapun penyusunan laporan kegiatan usaha hendaknya bersifat
    Post a Comment

    Post a Comment