ZCgRxn24sMSt1P8PT34NVVluf7C7ODQ8eSh7SrtI
Bookmark

Materi Penyusunan Laporan Kegiatan Usaha Mapel Prakarya kelas 11 SMA/MA

Materi Penyusunan Laporan Kegiatan Usaha Mapel Prakarya kelas 11 SMA/MA - Halo adik adik apa kabar? semoga dalam keadaan sehat selalu, nah pada kesempatan yang baik ini kakak ingin menyampaikan jangan lupa untuk menggunakan masker, menjaga jarak dan tentunya mencuci tangan untuk menghindari penyebaran wabah virus corona. Oiya kali ini kakak ingin membagikan materi tentang Penyusunan Laporan Kegiatan Usaha dari mata pelajaran Prakarya untuk adik adik kelas XI SMA/MA. Semoga dengan adanya materi ini bisa bermanfaat yah. Semangat!!

Materi Penyusunan Laporan Kegiatan Usaha Mapel Prakarya kelas 11 SMA/MA
Materi Penyusunan Laporan Kegiatan Usaha Mapel Prakarya kelas 11 SMA/MA

Modul ini sebagai pendamping buku teks pelajaran (BTP) atau buku sekolah elektronik (BSE) sebagai media pendukung bagi kalian dalam memahami materi tentang laporan kegiatan usaha makanan asli daerah. 

Setiap kegiatan selalu diakhiri dengan adanya suatu laporan yang menggambarkan bagimana suatu kegiatan tersebut dirancang, dilaksanakan dan diakhiri. Oleh karena itu laporan sangat penting. Laporan dapat memberikan informasi mengenai keadaan perusahaan dan memungkinkan perusahaan untuk memperbaiki diri. Laporan pelaksanan kegiatan hendaknya bersifat jelas, komunikatif, dan mudah dipahami oleh semua pihak terutama isi dari laporan tersebut yang harus menggambarkan isi yang lengkap, utuh dan berkualitas. 

Laporan kegiatan usaha komunikatif adalah laporan yang disusun dalam bahasa lugas dan mudah dimengerti serta tidak bertele-tele, namun harus logis dan sistematis. Dikatakan logis jika segala keterangan yang dianalisis dapat dimengerti alasannya. Laporan disebut sistematis jika keterangan yang diungkapkan disusun dalam urutan yang saling berhubungan. 

Dalam mempelajari modul ini kalian harus membaca modul ini dengan cermat. 

melalui kegiatan membaca dan mempelajari materi, kemudian dilanjutkan dengan mengerjakan latihan soal sebagai alat evaluasi disertai refleksi. 

Semoga modul ini bermanfaat, kalian dapat mengerti dan memahami isi modul serta menerapkannya. 

Istilah

  • Detail : bagian yang kecil-kecil (yang sangat terperinci) 
  • Informatif : bersifat memberi informasi; bersifat menerangkan 
  • Komunikatif : mudah dipahami (dimengerti) 
  • Kronologi : urutan waktu dari sejumlah kejadian atau peristiwa 
  • Logis : dapat diterima kebenarannya 
  • Lugas : mengenai yang pokok-pokok (yang perlu-perlu) saja 
  • Skema : bagan; rangka; kerangka (rancangan dan sebagainya) 
  • Statistik : catatan angka-angka (bilangan); perangkaan 

A. Tujuan Pembelajaran 

Setelah kegiatan pembelajaran 2 ini diharapkan, siswa dapat menganalisis penyusunan laporan kegiatan usaha. 

B. Uraian Materi 

Laporan adalah alat pemberitahuan atau pertanggungjawaban dari suatu tim kerja yang disusun dengan lengkap, sistematis, serta kronologis. Laporan merupakan suatu keterangan akan suatu peristiwa atau perihal yang ditulis berdasarkan berbagai data, fakta, dan keterangan yang melingkupi peristiwa atau perihal tersebut. Laporan tentang peristiwa atau hal-hal yang bersifat penting atau resmi biasanya disampaikan dalam bentuk tulisan. 

Menganalisis laporan artinya melakukan suatu kajian atau penelitian terhadap suatu laporan. Hal-hal yang dianalisis dalam laporan dapat berupa isi peristiwa, kronologi waktu, kelengkapan data, kebahasaan, dan bentuk laporan. Analisis pelaksanaan kegiatan usaha perlu dibuat dan disusun secara sistematis dan secermat mungkin serta logis.  

Dalam menganalisis laporan yang perlu diperhatikan hal-hal berikut. 
  1. Menyimak laporan secara saksama, agar dapat menangkap informasi yang disampaikan secara utuh dan lengkap serta terperinci. 
  2. Memahami isi laporan dari bentuk, isi, maupun kebahasaan. 
  3. Menguraikan secara detail atau rinci pokok-pokok isi laporan. 
  4. Melakukan pengecekan pada setiap hal yang dilaporkan secara detail dan cermat. 
  5. Tidak mencampuradukkan fakta (sesuatu yang bersifat objektif) dan opini atau pendapat (sesuatu yang cenderung bersifat subjektif). 
  6. Melakukan kajian pada kebenaran atau ketepatan hasil laporan tersebut. 
  7. Memberikan pandangan atau pendapat pada laporan berdasarkan suatu teori atau definisi (referensi). 
Pada dasarnya yang perlu dianalisa dalam pelaksanaan kegiatan usaha sebagai berikut: 
  1. Bidang kegiatan usaha 
  2. Rugi/laba 
  3. Bidang keuangan 
  4. Bidang permodalan 
  5. Bidang administrasi dan pembukuan 
  6. Bidang ketenagakerjaan 
  7. Bidang pemasaran 
  8. Bidang organisasi 
Pada akhir tahun seluruh kegiatan usaha dilaporkan untuk dianalisis oleh pihak yang berkepentingan, untuk memperoleh informasi yang tepat dalam mengambil keputusan.  

Analisis laporan keuangan adalah evaluasi atau penafsiran neraca dan dafar perubahan posisi keuangan perusahaan. Mengadakan analisis laporan keuangan sangat penting untuk mengetahui keadaan dan perkembangan keuangan dari perusahaan yang bersangkutan. Analisis laporan keuangan selalu berhubungan dengan masalah neraca, rugi/laba dan perubahan modal perusahaan. Analisis laporan keuangan pada hakikatnya adalah untuk mengadakan penilaian atas keadaan keuangan perusahaan. Untuk lebih dapat menggambarkan perubahan posisi keuangan dan sifat pengembangan perusahaan dari waktu ke waktu suatu perusahaan diharuskan membuat laporan keuangan paling lama 2 tahun terakhir dari kegiatan usahanya. 

C. Rangkuman 

Menganalisis laporan artinya melakukan suatu kajian atau penelitian terhadap suatu laporan. Hal-hal yang dianalisis dalam laporan dapat berupa isi peristiwa, kronologi waktu, kelengkapan data, kebahasaan, dan bentuk laporan. Analisis pelaksanaan kegiatan usaha perlu dibuat dan disusun secara sistematis dan secermat mungkin serta logis.  

D. Penugasan Mandiri 

Carilah usaha makanan khas asli daerah di sekitar tempat tinggal atau lingkungan terdekatmu. Lakukan pengamatan dan wawancara terhadap pengusaha makanan tersebut, lalu buatlah analisis kegiatan usaha dari hasil pengamatan pada usaha pengolahan makanan khas asli daerah yang ada di lingkunganmu! 

E. Latihan Soal 

Yuk cek penguasaanmu terhadap kegiatan pembelajaran 2 tentang pengertian analisis laporan kegiatan usaha. Agar dapat dipastikan bahwa kalian telah menguasai materi tersebut di atas, maka kerjakan soal berikut secara mandiri di buku tulis kalian masing-masing.  
  
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan jelas! 
  1. Apa yang dimaksud dengan menganalisis laporan kegiatan usaha? 
  2. Apa saja yang perlu dianalisa dalam laporan kegiatan usaha?  
  3. Tuliskan hal-hal apa yang perlu diperhatikan ketika menganalisis laporan kegiatan usaha! 
  4. Apa yang dimaksud dengan analisis laporan keuangan? 
  5. Menurut Anda, apakah laporan keuangan itu penting dalam sebuah usaha? 
  6. Berikan alasanmu! 

KUNCI JAWABAN LATIHAN SOAL KEGIATAN PEMBELAJARAN 2 

1. Menganalisis laporan artinya melakukan suatu kajian atau penelitian terhadap suatu laporan. Hal-hal yang dianalisis dalam laporan dapat berupa isi peristiwa, kronologi waktu, kelengkapan data, kebahasaan, dan bentuk laporan. Analisis pelaksanaan kegiatan usaha perlu dibuat dan disusun secara sistematis dan secermat mungkin serta logis.  
 
2. Pada dasarnya yang perlu dianalisa dalam pelaksanaan kegiatan usaha sebagai berikut: 
a. Bidang kegiatan usaha 
b. Rugi/laba 
c. Bidang keuangan 
d. Bidang permodalan 
e. Bidang administrasi dan pembukuan 
f. Bidang ketenagakerjaan 
g. Bidang pemasaran 
h. Bidang organisasi 
 
3. Dalam menganalisis laporan yang perlu diperhatikan hal-hal berikut. 
  • Menyimak laporan secara saksama, agar dapat menangkap informasi yang disampaikan secara utuh dan lengkap serta terperinci. 
  • Memahami isi laporan dari bentuk, isi, maupun kebahasaan. 
  • Menguraikan secara detail atau rinci pokok-pokok isi laporan. 
  • Melakukan pengecekan pada setiap hal yang dilaporkan secara detail dan cermat. 
  • Tidak mencampuradukkan fakta (sesuatu yang bersifat objektif) dan opini atau pendapat (sesuatu yang cenderung bersifat subjektif). 
  • Melakukan kajian pada kebenaran atau ketepatan hasil laporan tersebut. 
  • Memberikan pandangan atau pendapat pada laporan berdasarkan suatu teori atau definisi (referensi). 
4. Analisis laporan keuangan adalah evaluasi atau penafsiran neraca dan dafar perubahan posisi keuangan perusahaan. Mengadakan analisis laporan keuangan sangat penting untuk mengetahui keadaan dan perkembangan keuangan dari perusahaan yang bersangkutan. Analisis laporan keuangan selalu berhubungan dengan masalah neraca, rugi/laba dan perubahan modal perusahaan. Analisis laporan keuangan pada hakikatnya adalah untuk mengadakan penilaian atas keadaan keuangan perusahaan. 
 
5. Ya, Analisis laporan keuangan pada hakikatnya adalah untuk mengadakan penilaian atas keadaan keuangan perusahaan. Untuk lebih dapat menggambarkan perubahan posisi keuangan dan sifat pengembangan perusahaan dari waktu ke waktu suatu perusahaan diharuskan membuat laporan keuangan paling lama 2 tahun terakhir dari kegiatan usahanya. 

F. Penilaian Diri 

Berikut diberikan tabel untuk mengukur diri kalian terhadap materi yang sudah kalian pelajari. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jujur dan bertanggung jawab! 


Bila ada jawaban "Tidak", maka segera lakukan review pembelajaran, terutama pada bagian yang masih "Tidak". Bila semua jawaban "Ya", maka Anda dapat melanjutkan ke pembelajaran berikutnya. 

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Materi Penyusunan Laporan Kegiatan Usaha Mapel Prakarya kelas 11 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!! 

#
Penyusunan Laporan Kegiatan Usaha File ini dalam Bentuk .pdf File Size 74Kb
Diupload oleh www.bospedia.com

    Pencarian yang paling banyak dicari
    • manfaat penyusunan laporan kegiatan usaha
    • penyusunan laporan kegiatan usaha hendaknya bersifat
    • laporan kegiatan usaha pdf
    • contoh laporan kegiatan usaha
    • fungsi dan tujuan menyusun laporan kegiatan usaha
    • analisis laporan kegiatan usaha
    • jelaskan bidang bidang apa saja yang perlu dicantumkan dalam penyusunan laporan kegiatan usaha
    • laporan kegiatan usaha makanan internasional
    Post a Comment

    Post a Comment