ZCgRxn24sMSt1P8PT34NVVluf7C7ODQ8eSh7SrtI
Bookmark

Materi Pengertian, Manfaat Dan Jeniis Strategi Promosi Produk Usaha Kerajinan Mapel Prakarya kelas 11 SMA/MA

Materi Pengertian, Manfaat Dan Jeniis  Strategi Promosi Produk Usaha Kerajinan Mapel Prakarya kelas 11 SMA/MA - Halo adik adik apa kabar? semoga dalam keadaan sehat selalu, nah pada kesempatan yang baik ini kakak ingin menyampaikan jangan lupa untuk menggunakan masker, menjaga jarak dan tentunya mencuci tangan untuk menghindari penyebaran wabah virus corona. Oiya kali ini kakak ingin membagikan materi tentang Pengertian, Manfaat Dan Jeniis  Strategi Promosi Produk Usaha Kerajinan dari mata pelajaran Prakarya untuk adik adik kelas XI SMA/MA. Semoga dengan adanya materi ini bisa bermanfaat yah. Semangat!!

Materi Pengertian, Manfaat Dan Jeniis  Strategi Promosi Produk Usaha Kerajinan Mapel Prakarya kelas 11 SMA/MA
Materi Pengertian, Manfaat Dan Jeniis  Strategi Promosi Produk Usaha Kerajinan Mapel Prakarya kelas 11 SMA/MA

Materi ini sebagai pendamping buku teks pelajaran (BTP) atau buku sekolah elektronik (BSE)sebagai media pendukung bagi kalian dalam memahami materi tentang membuat strategi promosi usaha kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun datar yang meliputi identifikasi, manfaat, ragam strategi pemasaran dan melakukan promosi produk usaha kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun datar. 

Materi strategi promosi usaha kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun datar adalah materi yang sangat penting dan harus kalian kuasai karena berguna dalam kehidupan sehari-hari ketika anda suatu usaha yang berkaitan usaha kerajinan maka perlu memahami cara strategi promosi kegiatan usaha untuk mendapatkan keuntungan penjualan dari  hasil kegiatan usaha kalian. 

Dalam mempelajari modul ini kalian harus membaca modul ini dengan cermat. melalui kegiatan membaca dan mempelajari materi, kemudian dilanjutkan dengan mengerjakan latihan soal sebagai alat evaluasi disertai refleksi. 

Semoga modul ini bermanfaat, kalian dapat mengerti dan memahami isi modul serta menerapkannya. 

Istilah

  • Strategi : Pendekatan secara keseluruhan yang berkaitan dengan pelaksanaan gagasan, perencanaan, dan eksekusi sebuah aktivitas dalam kurun waktu 
  • Promosi : Segala bentuk komunikasi yang digunakan untuk menginformasikan (to inform), membujuk (to persuade), atau mengingatkan orang –orang tentang produk yang dihasilkan organisasi, individu, ataupun rumah tangga 
  • Produk : Apapun yang bisa ditawarkan ke sebuah pasar dan bisa memuaskan sebuah keinginan atau kebutuhan. Dalam tingkat pengecer, produk sering disebut sebagai merchandise 
  • Kerajinan : Kerajinan merupakan cabang seni yang menekankan pada keterampilan tangan lebih tinggi dalam proses pengerjaannya. 
  • Limbah Bangun datar : Limbah yang mempunyai, lebar dan panjang atau berbentuk 1 dimensi 

A. Tujuan Pembelajaran 

Setelah mempelajari modul ini, kalian dapat: 
  • Menjelaskan pengertian strategi promosi produk usaha kerajinan  
  • Menjelaskan manfaat promosi kegiatan usaha kerajinan 
  • Mengidentifikasi berbagai jenis strategi promosi kegiatan usaha kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun data 

B. Uraian Materi 

1. Apersepsi 

Dalam bisnis, promosi adalah sebuah strategi yang dilakukan untuk menginformasikan serta mempengaruhi target konsumen untuk akhirnya membeli produk. Promosi penting untuk dilakukan agar calon konsumen tertarik untuk melakukan pembelian produk barang atau jasa yang ditawarkan. 
Promosi sangat penting dilakukan oleh seorang wirausaha, entah itu wirausaha skala kecil maupun wirauasaha skala besar. Meskipun promosi merupakan hal penting dalam penjualan, namun masih banyak seorang wirausaha yang menganggap enteng promosi atau bahkan terlalu yakin dengan bisnisnya sehingga tidak perlu menjalankan promosi.. 

Menjadi seorang wirausaha adalah salah satu jenis pekerjaan  seseorang untuk menghasilkan pendapatan, misalnya, pekerjaan yang menghasilkan suatu produk seperti produk kerajinan.  
Dalam kegiatan usaha pasti berkaitan kita  memerlukan suatu promosi. Promosi tersebut berupa iklan, brosur, flyer  dan lain-lain, yang dilakukan oleh seorang wirausaha dalam menjalankan usahanya. Dengan promosi produk hasil usaha tersebut akan memberikan sebuah informasi terkait dengan produknya sehingga masyarakan akan mengenal prduk yang dihasilkan 

2. Pengertian Strategi Promosi 

Sebelum mulai belajar mengenai strategi promosi kalian pelajari lebih dahulu mengenai pengertian strategi promosi  
Strategi adalah pendekatan secara keseluruhan yang berkaitan dengan pelaksanaan gagasan, perencanaan, dan eksekusi sebuah aktivitas dalam kurun waktu. 
Sedangkan promosi adalah segala bentuk komunikasi yang digunakan untuk menginformasikan (to inform), membujuk (to persuade), atau mengingatkan orang –orang tentang produk yang dihasilkan organisasi, individu, ataupun rumah tangga  
Jika kita simpulkan bahwa pengertian strategi promosi adalah kegiatan  yang terdiri dari pelaksanaan gagasan, perencanaan, dalam bentuk komunikasi yang digunakan untuk menginformasikan (to inform), membujuk (to persuade), atau mengingatkan orang –orang tentang produk yang dihasilkan organisasi, individu, ataupun rumah tangga.  

3. Manfaat  Promosi 

Setelah mempelajari tentang pengertian laporan strategi promosi maka dengan ini silahkan pelajari manfaat yang didapat jika melakukan kegiatan strategi promosi, semua wirausaha selalu menginginkan perkembangan usaha cepat dan dapat bertahan dalam persaingan  Promosi produk yang baik merupakan cara paling efektif bagi anda untuk memasarkan produk atau jasa layanan. Mengapa promosi itu penting Bagi kewirausahaan ? 
 
Wirausaha  harus mengetahui pentingnya strategi promosi dan pemasaran. Promosi bisnis adalah proses aktif yang harus diteliti dengan cermat untuk menghasilakn hasil terbaik. kalian bisa mulai  menggunakan teman yang anda miliki dengan maksimal untuk menghasilkan strategi untuk mempromosikan bisnis anda. Strategi promosi akan berjalan bersamaan dengan pemasaran karena pemasaran berkaitan berkaitan dengan manufaktur sedangkan promosi berkaitan dengan pelanggan. 
Promosi adalah pondasi utama menyampaikan seluruh manfaat produk atau layanan kepada pelanggan. Oleh sebab itu strategi promosi dan pemasaran harus dibuat untuk memastikan keberhasilan jangka panjang, menghasilkan keuntungan dan meningkatkan jumlah pelanggan Manfaat promosi tidak hanya membantu perusahaan anda untuk memperkenalkan produk dengan mudah di pasar yang kompetitif tapi juga terdapat manfaat lainnya, yaitu : 

1. Meningkatkan kesadaran merek 

Anda membuat promosi anda tersebar dengan baik anda dapat menggunakan bantuan berbagai media seperti, media sosial, brosur, iklan radio, surat kabar, dll. Dengan menyebarkan informasi tentang produk anda maka akan membantu banyak orang untuk mengetahui lebih banyak tentang produk anda dan cara melakukan pembelian. 

2. Identifikasi segmen 

Bila strategi promosi anda dibuat dengan tidak terstruktur dan luas, bisa berakbat strategi anda tidak berjalan dalam menargetkan pelanggan yang tepat. Dengan memiliki strategi promosi yang terstruktur dan dipikirkan dengan baik dapat membantu anda untuk mengidetifikasi segmen konsumen yang berbeda dipasar dan menawarkan produk kepada mereka 

3. Meningkatkan loyalitas pelanggan 

Untuk meningkatkan loyalitas pelanggan bukan hanya sekedar menyediakan produk atau jasa layanan yang berkualitas. Wirausaha harus melakukan promosi kepada pelanggan agar meningkatkan loyalitas pelanggan untuk tetap memilih produk anda. Promosi ini dapat menciptakan loyalitas pelanggan yang kuat dengan menghadirkan produk anda dan juga kepuasan konsumen. Konsistensi wirausaha dalam menjalankan promosi akan membuat konsumen akan mengingat produk anda. Strategi promosi yang paling sering dilakukan oleh wirausah adalah memberikan hadiah kepada orang-orang yang mempromosikan produk anda. 

4. Meningkatkan reputasi positif produk  

Tujuan dari semua usaha adalah menciptakan reputasi produk yang kuat dan menonjol dari pesaing mereka. Salah cara untuk meningkatkan reputasi produk ini adalah dengan cara melakukan promosi sehingga dapat meningkatkan citra positif merek.  

5. Menjaga perputaran persediaan barang 

Manfaat promosi lainnya adalah menjaga perputaran persediaan barang dan juga mendapatkan uang dari invetaris yang akan kadaluarsa. Tentunya hal ini dapat mengurangi kerugian anda karena harus membuang barang-barang yang sudah tidak layak jual lagi. Dengan menjaga persediaan barang tetap up to date akan memotivasi pelanggan untuk tetap setia kembali untuk membeli produk anda. 

4. Strategi Promosi 

Untuk mengkomunikasikan produk kerajinan perlu disusun strategi yang disebut dengan strategi promosi, yang terdiri atas empat komponen utama yaitu periklanan,promosi penjualan, publisitas, dan penjualan tatap muka. 

a. Periklanan (advertising) 

Menurut Onong Uchjana Effendy, “Surat kabar adalah lembaran tercetak yang memuat laporan yang terjadi di masyarakat dengan ciri-ciri terbit secara periodik, bersifat umum, isinya termasa dan aktual mengenai apa saja dan dimana saja di seluruh dunia untuk diketahui pembaca”. ( Sumber : 
https://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-surat-kabar/) 
 
Periklanan merupakan sebuah bentuk komunikasi non personal yang harus diberikan imbalan/pembayaran kepada sebuah organisasi atau dengan menggunakan media massa. Adapun media yang biasa digunakan adalah televisi, surat kabar, majalah, internet, dan lain lain. 

b. Promosi penjualan (sales promotion) 

Promosi penjualan merupakan insentif jangka pendek untuk meningkatkan penjualan suatu produk atau jasa dimana diharapkan pembelian dilakukan sekarang juga. Wujud nyata kegiatan promosipenjualan misalnya obral, pemberian kupon, dan pemberian contoh produk. 

c. Penjualan Tatap Muka (Personal Selling) 

Penjualan tatap muka merupakan sebuah proses dimana para pelanggan diberi informasi dan mereka dipersuasi untuk membeli produk-produk melaluikomunikasi secara personal dalam suatu situasi perekrutan. 

d. Publisitas atau Hubungan Masyarakat 

Publisitas merupakan bentuk komunikasikan non personal dalam bentuk informasi sehubungan dengan usaha tertentu atau tentang produk-produknya yang ditransmisi melalui perantara media massa. 

C. Rangkuman 

Dari uraian tersebut di atas dapat ditarik kesimpulan beberapa penjelasan mengenai strategi promosi sebagai berikut : 
  1. Strategi adalah pendekatan secara keseluruhan yang berkaitan dengan pelaksanaan gagasan, perencanaan, dan eksekusi sebuah aktivitas dalam kurun waktu. 
  2. Promosi adalah segala bentuk komunikasi yang digunakan untuk menginformasikan (to inform), membujuk (to persuade), atau mengingatkan orang –orang tentang produk yang dihasilkan organisasi, individu, ataupun rumah tangga. 
  3. Strategi promosi adalah kegiatan  yang terdiri dari pelaksanaan gagasan, perencanaan, dalam bentuk komunikasi yang digunakan untuk menginformasikan (to inform), membujuk (to persuade), atau mengingatkan orang –orang tentang produk yang dihasilkan organisasi, individu, ataupun rumah tangga. 
  4. Strategi Promosi adalah 
    • Periklanan 
    • Promosi Penjualan 
    • Penjualan Tatap Muka 
    • Pubilistas atau hubungan masyarakat 

D. Penugasan Mandiri  

  1. Carilah informasi dari buku, internet, maupun dari pengusaha yang ada di daerahmu tentang strategi promosi yang dilakukan. 
  2. Pelajari bentuk strategi tersebut tersebut, dan buatlah dalam bentuk deskripsi atau gambaran mengenai jenis usaha, produk yang dihasilkan kemudian strategi promosi yang digunakan. 

E. Latihan Soal 

Kerjakan latihan soal dibawah dengan benar! 
  1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan strategi promosi? 
  2. Sebutkan manfaat promosi dalam bidang usaha kerajinan? 
  3. mengomunikasikan produk kerajinan perlu disusun strategi yang disebut dengan strategi promosi sebutkan 4 komponen utama strategi promosi ? 

Kunci Jawaban dan pembahasan 

  1. Kegiatan  yang terdiri dari pelaksanaan gagasan, perencanaan, dalam bentuk komunikasi yang digunakan untuk menginformasikan (to inform), membujuk (to persuade), atau mengingatkan orang –orang tentang produk yang dihasilkan organisasi, individu, ataupun rumah tangga. 
  2. Manfaat promosi tidak hanya membantu perusahaan anda untuk memperkenalkan produk dengan mudah di pasar yang kompetitif tapi juga terdapat manfaat lainnya, yaitu : 
    • Meningkatkan kesadaran merek. ... 
    • Identifikasi segmen. 
    • Meningkatkan lalu lintas pelanggan. 
    • Meningkatkan loyalitas pelanggan. 
    • Meningkatkan reputasi positif brand. 
  3. Periklanan,promosi penjualan, publisitas, dan penjualan tatap muka. 

Pembahasan  

  1. Strategi promosi dilakukan agar produk yang di pasarkan dapat dengan mudah dikenali oleh konsumen 
  2. Promosi memerlukan alat yang mudah digunakan oleh produsen agar produsen dapat dengan mudah pula memberikan informasi kepada pelanggan atau konsumen. 
  3. publisitas adalah sebuah kegiatan yang dilakukan untuk menarik perhatian orang banyak dan meningkatkan kesadaran seseorang terkait layanan dan produk suatu brand demi mendapatkan pelanggan potensial  

F. Penilaian Diri 

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jujur dan bertanggung jawab! 


Bila ada jawaban "Tidak", maka segera lakukan review pembelajaran, terutama pada bagian yang masih "Tidak". Bila semua jawaban "Ya", maka Anda dapat melanjutkan ke pembelajaran berikutnya. 

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Materi Pengertian, Manfaat Dan Jeniis  Strategi Promosi Produk Usaha Kerajinan Mapel Prakarya kelas 11 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!! 

#
Pengertian, Manfaat Dan Jeniis  Strategi Promosi Produk Usaha Kerajinan  File ini dalam Bentuk .pdf File Size 74Kb
Diupload oleh www.bospedia.com

    Pencarian yang paling banyak dicari
    • cara menentukan strategi promosi pada usaha kerajinan
    • bagaimana membuat pesan menarik agar promosi produk kerajinan berbahan limbah meningkat
    • strategi pemasaran yang cocok untuk kegiatan usaha kerajinan dari bahan limbah
    • melakukan pemasaran produk
    • 3. bagaimana membuat pesan menarik agar promosi produk kerajinan berbahan limbah meningkat ?
    • apakah tujuan promosi usaha?
    • bagaimana strategi promosi usaha kerajinan limbah berbentuk bangun datar.
    • jenis-jenis promosi penjualan
    Post a Comment

    Post a Comment