ZCgRxn24sMSt1P8PT34NVVluf7C7ODQ8eSh7SrtI
Bookmark

Materi Proses Rancangan Strategi Dan Membuat Promosi Produk Kerajinan Mapel Prakarya kelas 11 SMA/MA

Materi Proses Rancangan Strategi Dan Membuat Promosi Produk Kerajinan Mapel Prakarya kelas 11 SMA/MA - Halo adik adik apa kabar? semoga dalam keadaan sehat selalu, nah pada kesempatan yang baik ini kakak ingin menyampaikan jangan lupa untuk menggunakan masker, menjaga jarak dan tentunya mencuci tangan untuk menghindari penyebaran wabah virus corona. Oiya kali ini kakak ingin membagikan materi tentang Proses Rancangan Strategi Dan Membuat Promosi Produk Kerajinan dari mata pelajaran Prakarya untuk adik adik kelas XI SMA/MA. Semoga dengan adanya materi ini bisa bermanfaat yah. Semangat!!

Materi Proses Rancangan Strategi Dan Membuat Promosi Produk Kerajinan Mapel Prakarya kelas 11 SMA/MA
Materi Proses Rancangan Strategi Dan Membuat Promosi Produk Kerajinan Mapel Prakarya kelas 11 SMA/MA

Materi ini sebagai pendamping buku teks pelajaran (BTP) atau buku sekolah elektronik (BSE)sebagai media pendukung bagi kalian dalam memahami materi tentang membuat strategi promosi usaha kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun datar yang meliputi identifikasi, manfaat, ragam strategi pemasaran dan melakukan promosi produk usaha kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun datar. 

Materi strategi promosi usaha kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun datar adalah materi yang sangat penting dan harus kalian kuasai karena berguna dalam kehidupan sehari-hari ketika anda suatu usaha yang berkaitan usaha kerajinan maka perlu memahami cara strategi promosi kegiatan usaha untuk mendapatkan keuntungan penjualan dari  hasil kegiatan usaha kalian. 

Dalam mempelajari modul ini kalian harus membaca modul ini dengan cermat. melalui kegiatan membaca dan mempelajari materi, kemudian dilanjutkan dengan mengerjakan latihan soal sebagai alat evaluasi disertai refleksi. 

Semoga modul ini bermanfaat, kalian dapat mengerti dan memahami isi modul serta menerapkannya. 

Istilah

  • Strategi : Pendekatan secara keseluruhan yang berkaitan dengan pelaksanaan gagasan, perencanaan, dan eksekusi sebuah aktivitas dalam kurun waktu 
  • Promosi : Segala bentuk komunikasi yang digunakan untuk menginformasikan (to inform), membujuk (to persuade), atau mengingatkan orang –orang tentang produk yang dihasilkan organisasi, individu, ataupun rumah tangga 
  • Produk : Apapun yang bisa ditawarkan ke sebuah pasar dan bisa memuaskan sebuah keinginan atau kebutuhan. Dalam tingkat pengecer, produk sering disebut sebagai merchandise 
  • Kerajinan : Kerajinan merupakan cabang seni yang menekankan pada keterampilan tangan lebih tinggi dalam proses pengerjaannya. 
  • Limbah Bangun datar : Limbah yang mempunyai, lebar dan panjang atau berbentuk 1 dimensi 

A. Tujuan Pembelajaran 

Setelah mempelajari modul ini, kalian dapat: 
  • Menjelaskan proses rancangan strategi promosi produk kerajinan 
  • Membuat n promosi produk kerajinan2 

B. Uraian Materi 

1. Apersepsi 

Setelah kegiatan pembelajaran 1 telah dilakukan pengertian tentang strategi promosi produk kerajinan maka pada kegiatan pembelajaran kedua ini kalian akan mempelajari tentang rancangan strategi promosi dan melakukan promosi produk kerajianan hasil kegiatan usaha. Suatu bentuk usaha perlu menyusun strategi promosi untuk meningkatkan daya beli produk yang kita hasilkan.  

2. Rancangan strategi promosi produk kerajinan 

Dalam melakukan promosi agar dapat efektif perlu adanya pemburan promosi, yaitu kombinasi yang optimal bagi berbagai jenis kegiatan atau pemilihan jenis kegiatan promosi yang paling efektif dalam meningkatkan penjualan. Berikut ini merupakan salah satu contoh strategi dalam melakukan promosi produk kerajinan. Pemanfaatan limbah plastik menjadi produk kerajinan tas, hanya satu contoh usaha yang bisa dikembangkan dengan mudah dan murah. Usaha ini bisa kamu lakukan pada saat sekarang, tentu dengan mengatur jadwal sebaik mungkin sehingga kegiatan sekolah tidak terganggu. Apabila sudah berkembang lebih pesat, bisa memanfaatkan ibu-ibu atau karang taruna, sebagai mitra kerja. Teman dan guru sekolah, bisa menjadi pasar kalian yang utama, yang jika berkembang bisa dilanjutkan kesekolah lainnya yang ada dalam satu wilayah tempat tinggalmu. 
 
Ada banyak cara untuk memasarkan produk kerajinan dari bahan limbah, disesuaikan dengan kapasitas produksi yang sudah kamu dibuat. 
  • Mulailah dengan yang kecil, kenalkan produk kerajinan tersebut kepada guruguru, teman-teman dekat, teman sekolah, tetangga disekitar rumah, atau teman bermain. Berilah salah satu produk agar mereka bisa menggunakan produk tersebut supaya mereka tertarik membeli. Jika produk tersebut mulai bisa diterima dan banyak penggemar, mulailah merambah pasar baru dengan menitipkannya di koperasi sekolah,warung, dan toko. 
  • Manfaatkanlah teknologi internet dan media sosial seperti facebook dan twitter sebagai sarana penjualan lain, perbanyaklah teman dan followers, untuk memperluas pemasaran. Bisa juga dengan membuat blog gratis atau website yang berbayar dengan relatif terjangkau harganya. 

3.  Melakukan  promosi produk kerajinan 

Langkah dalam melakukan  promosi melakukan identifikasi faktor – faktor seperti  dibawah ini   
  1. Siapa audiens target promosi yang akan anda bidik ? 
  2. Berapa anggaran yang dialokasikan untuk kegiatan promosi hal ini penting karena berkaitan dengan perhitungan BEP (break event point) ? 
  3. Pesan apa yang ingin disampaikan kepada calon pembeli?  
  4. Strategi promosi apa yang harus diadopsi? 
Identifikasi kebutuhan ini sangat penting karena Anda akan mempromosikan produk dan layanan pada calon pelanggan yang tepat ketika anda telah mendapatkan pelanggan yang tepat maka promosi produk Anda akan optimal, baik segi biaya, waktu dan tenaga 
 
Setelah memahami 4 point diatas berikutnya pelajari materi dibawah ini  
  1. Tentukan tujuan promosi yang terperinci tujuan promosi yang lebih rinci akan mudah untuk dilakukan. tujuan akhir dari rencana promosi ini adalah yang menjadi tujuan dari semua upaya promosi yang dilakukan dan menentukan berhasil atau tidaknya proses promosi Anda.  
  2. Setelah target audiens diidentifikasi, kalian harus menetapkan tujuan promosi. Tujuannya dapat mendorong non-pengguna untuk membeli produk, meningkatkan penggunaan pelanggan yang sudah ada, atau masuk ke segmen pasar baru dengan lini produk yang dimodifikasi. Selanjutnya dapat meningkatkan penjualan  
  3. Desain untuk berbagai promosi setelah sasaran calon pelanggan ditetapkan. Selanjutnya dari calon pelanggan tersebut Anda dapat menentukan atau memilih alat promosi yang sesuai (iklan, penjualan pribadi, promosi penjualan, dll.) 
Adapun tujuan dari media promosi yaitu: 
  • Mengirimkan informasi suatu produk kepada target pasar potensial 
  • Untuk memperoleh peningkatan penjualan dan profit/ laba 
  • Untuk memperoleh pelanggan baru dan menjaga loyalitas konsumen 
  • Untuk menstabilkan penjualan ketika pasar lesu 
  • Menjadi pembeda dan juga mengunggulkan produk sendiri dari pesaing 
  • Membuat citra produk dimata konsumen sesuai dengan yang diinginkan 
  • Merubah tingkah laku dan anggapan konsumen 
( Sumber : https://soalpelajaran.info/soal-media-promosi-pilihan-ganda/) 
 
Tujuan dan target pasar harus diingat saat merancang berbagai promosi. Misalnya, alat promosi untuk pembeli yang memiliki tingkat pendidikan yang tinggi, berada di perkotaan dan perkantoran akan berbeda dibandingkan dengan para audiens yang berada di daerah pedesaan dengan konsumen rumah tangga. Buat program promosi penjualan Ini adalah langkah paling penting dari perencanaan promosi, yaitu untuk berapa lama alat promosi akan digunakan.  
 
Setelah rencana promosi penjualan disiapkan. Langkah selanjutnya uji coba promosi di beberapa segmen pasar yang terpilih untuk mengidentifikasi potensi atau masalah serius sebelum diluncurkan secara penuh. Di sini pemasaran meneliti efektivitas bentuk promosi, masalah yang terjadi saat uji coba, tingkat respons pelanggan, dll. 

C. Rangkuman 

Dari uraian tersebut di atas dapat ditarik kesimpulan beberapa penjelasan mengenai strategi promosi sebagai berikut 
  1. Dalam menjalankan promosi perlu memulai dari yang kecil, memanfaat teknologi salah satunya media sosial, (facebook, twitter, instagram dll) 
  2. Sebelum melakukan promosi perlu dilakukan identifikasi faktor-faktor yang sangat berpengaruh yaitu 
    • Siapa audiens target promosi yang akan anda bidik ? 
    • Berapa anggaran yang dialokasikan untuk kegiatan promosi hal ini penting karena berkaitan dengan perhitungan BEP (break event point) ? 
    • Pesan apa yang ingin disampaikan kepada calon pembeli?  
    • Strategi promosi apa yang harus diadopsi? 
  3. Target audiens diidentifikasi yang sudah di identifikasi  kalian harus menetapkan tujuan promosi. 
  4. Menentukan tujuan promosi secara terperinci akan mudah dalam melakukan promosi. 
  5. Desain untuk berbagai promosi setelah sasaran calon pelanggan ditetapkan. Selanjutnya dari calon pelanggan tersebut 

D. Latihan Soal 

Kerjakan latihan soal dibawah ini dengan tepat! 
  1. Jelaskan yang kamu ketahui tentang tahapan proses perancangan strategi prmosi  
  2. Sebutkan media-media yang bisa anda gunakan untuk promosi ? 
  3. Jelaskan kenapa tujuan promosi menjadi penting dalam menjalankan strategi promosi! 
Kunci Jawaban 
  1. Tahapan proses perancangan strategi prmosi 
    1. Mulailah dengan yang kecil 
    2. Manfaatkanlah teknologi internet dan media sosial  
  2. Media online dan offline 
  3. Faktor-faktor yang perlu diperhatikan ketika menjalankan strategi promosi 
    • Siapa audiens target promosi yang akan anda bidik 
    • Berapa anggaran yang dialokasikan untuk kegiatan promosi  
    • Pesan apa yang ingin disampaikan kepada calon pembeli  
    • Strategi promosi apa yang harus diadopsi Pembahasan 
  • Kenalkan produk kerajinan tersebut kepada guru-guru, teman-teman dekat, teman sekolah, tetangga disekitar rumah, atau teman bermain. Berilah salah satu produk agar mereka bisa menggunakan produk tersebut supaya mereka tertarik membeli. Jika produk tersebut mulai bisa diterima dan banyak penggemar, mulailah merambah pasar baru dengan menitipkannya di koperasi sekolah,warung, dan toko. Kemudian pergunakanlah media seperti  facebook dan twitter sebagai sarana penjualan lain, perbanyaklah teman dan followers, untuk memperluas pemasaran. Bisa juga dengan membuat blog gratis atau website yang berbayar dengan relatif terjangkau harganya. 
  • Media adalah alat yang digunakan untuk memberi tahu konsumen mengenai produk tersebut 
  • Promosi dilaksanakan untuk mempengaruhi konsumen agar tertarik terhadap produk yang akan dijual 

E. Penilaian Diri 

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jujur dan bertanggung jawab! 


Bila ada jawaban "Tidak", maka segera lakukan review pembelajaran, terutama pada bagian yang masih "Tidak". Bila semua jawaban "Ya", maka Anda dapat melanjutkan ke pembelajaran berikutnya 

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Materi Proses Rancangan Strategi Dan Membuat Promosi Produk Kerajinan Mapel Prakarya kelas 11 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!! 

#
Proses Rancangan Strategi Dan Membuat Promosi Produk Kerajinan  File ini dalam Bentuk .pdf File Size 74Kb
Diupload oleh www.bospedia.com

    Pencarian yang paling banyak dicari
    • bagaimana strategi untuk promosi produk kerajinan
    • contoh target pasar produk kerajinan
    • bagaimana pemasaran produk kerajinan berdasarkan budaya lokal
    • bagaimana membuat pesan menarik agar promosi produk kerajinan berbahan limbah meningkat
    • strategi menjual produk
    • 4. apa saja sarana promosi produk kerajinan berbahan limbah ?
    • mempromosikan produk kerajinan bahan limbah berbentuk bangun datar dengan menyewa sebuah booth
    • sebutkan dan jelaskan 6 strategi promosi secara online
    Post a Comment

    Post a Comment