ZCgRxn24sMSt1P8PT34NVVluf7C7ODQ8eSh7SrtI
Bookmark

Materi Pengertian, Tujuan Dan Manfaat Promosi Mapel Prakarya kelas 11 SMA/MA

Materi Pengertian, Tujuan Dan Manfaat Promosi Mapel Prakarya kelas 11 SMA/MA - Halo adik adik apa kabar? semoga dalam keadaan sehat selalu, nah pada kesempatan yang baik ini kakak ingin menyampaikan jangan lupa untuk menggunakan masker, menjaga jarak dan tentunya mencuci tangan untuk menghindari penyebaran wabah virus corona. Oiya kali ini kakak ingin membagikan materi tentang Pengertian, Tujuan Dan Manfaat Promosi dari mata pelajaran Prakarya untuk adik adik kelas XI SMA/MA. Semoga dengan adanya materi ini bisa bermanfaat yah. Semangat!!

Materi Pengertian, Tujuan Dan Manfaat Promosi Mapel Prakarya kelas 11 SMA/MA
Materi Pengertian, Tujuan Dan Manfaat Promosi Mapel Prakarya kelas 11 SMA/MA

Modul ini sebagai pendamping buku teks pelajaran (BTP) atau buku sekolah elektronik (BSE) sebagai media pendukung bagi kalian dalam memahami materi tentang strategi promosi makanan asli daerah. 

Perlu kita pahami bahwa pemasaran tidak hanya berhubungan dengan produk, harga produk, dan pendistribusian produk, tetapi terkait pula dengan mengomunikasikan produk ini kepada konsumen agar  produk dikenal dan pada akhirnya dibeli. Untuk mengomunikasikan produk ini perlu disusun strategi yang disebut dengan strategi promosi.  

Strategi promosi merupakan suatu proses perencanaan pemasaran kepada calon konsumen dengan tujuan meraih peningkatan omzet dari volume penjualan sehingga dapat memenuhi  target penjualan. Promosi juga merupakan upaya memberitahukan, menawarkan, membujuk, atau menyebarluaskan suatu barang atau jasa kepada calon konsumen dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli barang atau jasa yang ditawarkan. 

Dalam mempelajari modul ini kalian harus membaca modul ini dengan cermat. melalui kegiatan membaca dan mempelajari materi, kemudian dilanjutkan dengan mengerjakan latihan soal sebagai alat evaluasi disertai refleksi. 

Semoga modul ini bermanfaat, kalian dapat mengerti dan memahami isi modul serta menerapkannya. 

Istilah

  • Brand image : apa yang konsumen pikirkan dan rasakan ketika mendengar atau melihat sebuah brand 
  • Email : surat elektronik 
  • Image : gambar 
  • Loyalty Programs : program yang bisa memberikan customer akses untuk memperoleh produk baru suatu perusahaan atau brand, voucher khusus atau free product yang akan dimaksudkan untuk menjaga keberlangsungan pertumbuhan perusahaan melalui kesetiaan pelanggan 
  • Mobile banking : layanan yang disediakan bank untuk nasabah mudah melakukan transaksi melalui telpon genggam   
  • Orisinil : asli 
  • Promosi : upaya untuk memberitahukan produk kepada khalayak atau msyarakat 
  • Strategi : tindakan atau aksi yang dilakukan oleh seseorang atau perusahan  
  • Testimonial : pengakuan 
  • Up-Selling : teknik penjualan dengan cara menawarkan produk ke konsumen yang nilai produknya lebih mahal dari produk yang sedang ingin dibeli konsumen   

A. Tujuan Pembelajaran 

Setelah kegiatan pembelajaran 1 ini diharapkan, siswa dapat: 
  1. Mendeskripsikan pengertian promosi 
  2. Mengidentifikasi tujuan promosi   
  3. Mengidentifikasi manfaat promosi 

B. Uraian Materi 

1. Pengertian Promosi 

Apa itu promosi? Promosi merupakan salah satu kegiatan pemasaran yang penting dalam upaya mempertahankan kelangsungan hidup usaha serta meningkatkan kualitas penjualan yang secara tidak langsung akan meningkatkan kegiatan pemasaran dalam memasarkan produk yang dihasilkan. Agar lebih memahami apa arti promosi, kita dapat merujuk kepada pendapata beberapa ahli. Di bawah ini adalah pengertian promosi menurut para ahli: 

a. Harper Boyd 

Menurut Boyd, definisi promosi adalah upaya membujuk orang untuk menerima produk, konsep dan gagasan. 

b. Swastha 

Menurut Swastha, pengertian promosi adalah persuasi satu arah yang dibuat untuk mempengaruhi orang lain yang bertujuan pada tindakan yang menciptakan pertukaran dalam pemasaran. 

c. Boone & Kurtz 

Menurut Boone dan Kurtz, definisi promosi adalah proses menginformasikan, membujuk dan mempengaruhi suatu keputusan pembelian. 

d. Tjiptono 

Menurut Tjiptono, arti promosi adalah bentuk komunikasi pemasaran yang berusaha menyebarkan informasi, mempengaruhi/membujuk dan atau mengingatkan pasar sasaran atas perusahan dan produknya agar bersedia menerima, membeli, dan loyal pada produk yang ditawarkan perusahaan yang bersangkutan. 

e. Kotler  

Menurut Kotler, pengertian promosi adalah bagian dan proses strategi pemasaran sebagai cara untuk berkomunikasi dengan pasar dengan menggunakan kom 

f. Gitosudarmo 

Menurut Gitosudarmo, pengertian promosi adalah kegiatan yang ditujukan untuk mempengaruhi konsumen agar mereka mengenal produk yang ditawarkan oleh perusahaan kepada mereka dan kemudian mereka menjadi senang lalu membeli produk tersebut. 
Dengan demikian Promosi adalah kegiatan pemasaran yang umum dilakukan tenaga pemasar untuk memberikan informasi suatu produk dan mendorong konsumen agar melakukan pembelian produk tersebut.  

2. Tujuan Promosi 

Dalam memasarkan produk tak jarang para pelaku usaha mengadakan acara khusus untuk mempromosikan produk unggulannya kepada masyarakat. Kegiatan tersebut sengaja dilakukan untuk mendukung strategi pemasaran mereka sehingga produk yang dimilikinya semakin dikenal luas oleh semua lapisan masyarakat. Berbagai macam strategi promosi pun dilakukan para pelaku usaha untuk menarik minat calon konsumennya dan meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap brand image produknya. Misalnya saja promosi besar- besaran melalui potongan harga (diskon khusus), memberikan sampel gratis untuk produk-produk terbaru, atau sekedar memberikan pelayanan khusus bagi para konsumen 
 
Tujuan promosi sebagai berikut: 
  • Merangsang pembelian kembali. 
  • Mendapatkan para konsumen baru. 
  • Memberi pengaruh terhadap pembelian produk yang baru serta menyaingi strategi promosi penjualan yang dilakukan pesaing. 
  • Komunikasi yang terjalin dalam promosi penjualan tidak hanya komunikasi satu arah. 
  • Meningkatkan performa kerja perusahaan. 
  • Menyinergikan aktivitas sumber daya manusia pada bidang penjualan dan periklanan. 

3. Manfaat Promosi 

Promosi perusahaan memang sangat penting karena mempengaruhi hasil penjualan suatu produk atau barang, dan tentunya itu sangat berdampak besar terhadap berlangsungnya kreatifitas suatu perusahaan. Strategi promosi perusahaan sering digunakan sebagai salah satu cara untuk meningkatkan permintaan atau penjualan produk yang ditawarkan, sehingga dapat meningkatkan laba yang diperoleh. Selain itu kegiatan promosi juga memberikan kemudahan dalam merencanakan strategi pemasaran selanjutnya, karena biasanya kegiatan promosi dijadikan sebagai cara berkomunikasi langsung dengan calon konsumen. Sehingga kita dapat memperoleh informasi akurat dari para konsumen, mengenai respon produk yang kita tawarkan. 

Berikut beberapa manfaat lain dari adanya kegiatan promosi: 
  • Mengetahui produk yang diinginkan para konsumen 
  • Mengetahui tingkat kebutuhan konsumen akan suatu produk 
  • Mengetahui cara pengenalan dan penyampaian produk hingga sampai konsumen 
  • Mengetahui harga yang sesuai dengan kondisi pasaran  
  • Mengetahui strategi promosi yang tepat  
  • Mengetahui kondisi persaingan pasar dan cara mengatasinya  
  • Menciptakan image sebuah produk dengan adanya promosi. 

C. Rangkuman 

1. Promosi merupakan salah satu kegiatan pemasaran yang penting dalam upaya mempertahankan kelangsungan hidup usaha serta meningkatkan kualitas penjualan yang secara tidak langsung akan meningkatkan kegiatan pemasaran dalam memasarkan produk yang dihasilkan. 
 
2. Tujuan promosi sebagai berikut: 
a. Merangsang pembelian kembali 
b. Mendapatkan para konsumen baru. 
c. Memberi pengaruh terhadap pembelian produk yang baru serta menyaing strategi promosi penjualan yang dilakukan pesaing. 
d. Komunikasi yang terjalin dalam promosi penjualan tidak hanya komunikasi satu arah. 
e. Meningkatkan performa kerja perusahaan. 
f. Menyinergikan aktivitas sumber daya manusia pada bidang penjualan dan periklanan. 
 
3. Manfaat lain dari adanya kegiatan promosi: 
a. Mengetahui produk yang diinginkan para konsumen 
b. Mengetahui tingkat kebutuhan konsumen akan suatu produk 
c. Mengetahui cara pengenalan dan penyampaian produk hingga sampai konsumen 
d. Mengetahui harga yang sesuai dengan kondisi pasaran  
e. Mengetahui strategi promosi yang tepat  
f. Mengetahui kondisi persaingan pasar dan cara mengatasinya  
g. Menciptakan image sebuah produk dengan adanya promosi. 

D. Penugasan Mandiri 

Ayo setelah kalian mempelajari materi pada kegiatan pembelajaran 1 ini, lakukanlah hal-hal berikut: 
1. Amatilah lingkungan di sekitar kalian. Adakah usaha kuliner makanan asli daerah yang membuat strategi promosi! 
2. Lalu, berdasarkan pengamatan kalian, apakah sudah tercapai tujuan promosi usaha kuliner makanan asli daerah? 

E. Latihan Soal 

Yuk cek penguasaanmu terhadap kegiatan pembelajaran 1 tentang pengertian promosi, tujuan promosi dan manfaat promosi. Agar dapat dipastikan bahwa kalian telah menguasai materi tersebut di atas, maka kerjakan soal berikut secara mandiri di buku tulis kalian masing-masing.  
 
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan jelas! 
  1. Jelaskan mengenai arti penting pemasaran dalam wirausaha makanan asli khas daerah! 
  2. Jelaskan pengertian promosi! 
  3. Menurut kalian pentingkah promosi dalam penjualan? Jelaskan! 
  4. Identifikasikan tujuan adanya strategi promosi! 
  5. Identifikasikan manfaat promosi baik bagi prodsen maupun konsumen! 

KUNCI JAWABAN LATIHAN SOAL KEGIATAN PEMBELAJARAN 1 

  1. Memasarkan merupakan kunci keberhasilan suatu usaha tidak terkecuali usaha makanan khas daerah. Seberapa besar produksi makanan khas daerah yang kita hasilkan tetapi pemasaran terhadap barang yang kita produksi buruk, usaha yang kita jalani tidak akan berlanjut. 
  2. Promosi merupakan salah satu kegiatan pemasaran yang penting dalam upaya mempertahankan kelangsungan hidup usaha serta meningkatkan kualitas penjualan yang secara tidak langsung akan meningkatkan kegiatan pemasaran dalam memasarkan produk yang dihasilkan. 
  3. Penting, karena promosi digunakan sebagai salah satu cara untuk meningkatkan permintaan atau penjualan produk yang ditawarkan, sehingga dapat meningkatkan laba yang diperoleh. 
  4. Tujuan promosi sebagai berikut: 
    • Merangsang pembelian kembali. 
    • Mendapatkan para konsumen baru. 
    • Memberi pengaruh terhadap pembelian produk yang baru serta menyaingi strategi promosi penjualan yang dilakukan pesaing. 
    • Komunikasi yang terjalin dalam promosi penjualan tidak hanya komunikasi satu arah. 
    • Meningkatkan performa kerja perusahaan. 
    • Menyinergikan aktivitas sumber daya manusia pada bidang penjualan dan periklanan. 
  5. Manfaat lain dari adanya kegiatan promosi: 
    • Mengetahui produk yang diinginkan para konsumen 
    • Mengetahui tingkat kebutuhan konsumen akan suatu produk 
    • Mengetahui cara pengenalan dan penyampaian produk hingga sampai konsumen 
    • Mengetahui harga yang sesuai dengan kondisi pasaran  
    • Mengetahui strategi promosi yang tepat  
    • Mengetahui kondisi persaingan pasar dan cara mengatasinya  
    • Menciptakan image sebuah produk dengan adanya promosi. 

F. Penilaian Diri 

Berikut diberikan tabel untuk mengukur diri kalian terhadap materi yang sudah kalian pelajari. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jujur dan bertanggung jawab! 


Bila ada jawaban "Tidak", maka segera lakukan review pembelajaran, terutama pada bagian yang masih "Tidak". Bila semua jawaban "Ya", maka Anda dapat melanjutkan ke pembelajaran berikutnya. 

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Materi Pengertian, Tujuan Dan Manfaat Promosi Mapel Prakarya kelas 11 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!! 

#
Pengertian, Tujuan Dan Manfaat Promosi File ini dalam Bentuk .pdf File Size 74Kb
Diupload oleh www.bospedia.com

    Pencarian yang paling banyak dicari
    • tujuan promosi adalah
    • pengertian promosi
    • 3 tujuan promosi
    • tujuan promosi menurut para ahli
    • contoh promosi
    • media promosi adalah
    • jenis jenis promosi dan contohnya
    • strategi promosi adalah