ZCgRxn24sMSt1P8PT34NVVluf7C7ODQ8eSh7SrtI
Bookmark

Materi Rencana Pemasaran Dan Media Pemasaran Mapel Prakarya kelas 10 SMA/MA

Materi Rencana Pemasaran Dan Media Pemasaran Mapel Prakarya kelas 10 SMA/MA - Halo adik adik apa kabar? semoga dalam keadaan sehat selalu, nah pada kesempatan yang baik ini kakak ingin menyampaikan jangan lupa untuk menggunakan masker, menjaga jarak dan tentunya mencuci tangan untuk menghindari penyebaran wabah virus corona. Oiya kali ini kakak ingin membagikan materi tentang Rencana Pemasaran Dan Media Pemasaran dari mata pelajaran Prakarya untuk adik adik kelas X SMA/MA. Semoga dengan adanya materi ini bisa bermanfaat yah. Semangat!!

Materi Rencana Pemasaran Dan Media Pemasaran Mapel Prakarya kelas 10 SMA/MA
Materi Rencana Pemasaran Dan Media Pemasaran Mapel Prakarya kelas 10 SMA/MA

Halo peserta didik yang berbahagia, semoga kalian selalu sehat dan semangat. Selamat berjumpa di modul pembelajaran Prakarya dan Kewirausahaan. Dalam modul ini akan dibahas beberapa aspek yaitu sistem pemasaran produk meliputi mengenal pesaing dan konsumen, strategi pemasaran, rencana pemasaran dan media pemasaran. 

Mengenali konsumen dan pesaing di dalam pasar perdagangan berfungsi untuk mengetahui kekuatan yang dimiliki oleh seorang produsen sebagai pelaku usaha utama karena pasar tidak akan berpengaruh ketika tidak ada konsumen dengan permintaan. Ketika tidak ada persaingan, seorang pengusaha mungkin tidak akan mengenali mutu barang atau jasa yang diciptakan karena daya beli menjadi terlalu ideal ketika tidak ada pesaing pasar. Pemasaran menjadi salah satu proses penilaian sebuah produk untuk bisa diterima dimasyarakat dengan strategi yang disusun dan media yang dapat mendukung proses-proses tersebut. Oleh karena itu mari kita belajar sistem pemasaran produk. 

Istilah

  • Konsumen : setiap orang pemakai barang/jasa yang tersedia dalam masyarakat, baik bagi kepentingan diri sendiri, keluarga, orang lain, atau makhluk hidup lain dan tidak untuk diperdagangkan. 
  • Pesaing : orang/perusahaan lain yang menghasilkan atau menjual barang yang sama atau mirip dengan produk yang ditawarkan. 
  • Strategi : pendekatan secara keseluruhan yang berkaitan dengan pelaksanaan gagasan, perencanaan, dan eksekusi sebuah aktivitas dalam kurun waktu 
  • Pemasaran  : suatu proses sosial, dimana individu dan kelompok mendapatkan hal yang mereka butuhkan dan mereka inginkan dengan menciptakan dan mempertahankan produk dan nilai dengan individu dan kelompok lain. 
  • Media : suatu alat perantara atau pengantar yang berfungsi untuk menyalurkan pesan atau informasi dari suatu sumber kepada penerima pesan. 
  • Promosi : Kegiatan komunikasi untuk meningkatkan volume penjualan dengan pameran, periklanan, demonstrasi, dan usaha lain yang bersifat persuasif (membujuk secara halus) 
  • Makanan awetan : suatu makanan yg bisa bertahan dalam jangka panjang yg didalam proses pembuatannya menggunakan bahan tertentu agar makanan tersebut bertahan lama atau lebih awet 
  • Hewani : berasal dari hewan 

A. Tujuan Pembelajaran 

Setelah kegiatan pembelajaran 2 ini, peserta didik diharapkan dapat: 
  1. Memahami rencana pemasaran produk pengolahan makanan awetan dari bahan pangan hewani 
  2. Menentukan media pemasaran produk pengolahan makanan awetan dari bahan pangan hewani. 

B. Uraian Materi 

1. Rencana Pemasaran 

Rencana pemasaran adalah sebuah proses perkembangan sistematis dari susunan tindakan yang mengarah pada tujuan  yang telah disepakati melalui proses analisis, evaluasi dan seleksi diantara kesempatan-kesempatan yang telah diprediksi sebelumnya. Rencana pemasaran ini bertujuan agar semua orang bisa mengetahui tentang seputar produk-produk yang telah kita tawarkan, dan berusaha untuk membujuk mereka agar bersedia untuk membeli atau menggunakan produk yang telah kita tawarkan kepada pelanggan. 
 
a. Tahap proses perencanaan pemasaran yang harus dilakukan sebagai berikut: 
  1. Analisis situasi yakni suatu analisis yang teliti mengenai situasi yang berkembang dalam pelaksanaan usaha mandiri, termasuk peluang, pasar, persaingan, produk, saluran distribusi serta program promosi. 
  2. Penentuan tujuan 
  3. Pemilihan strategi dan taktik untuk mencapai tujuan tersebut. 
  4. Penilaian hasil secara periodik 
b. Konsep perencanaan pemasaran terdiri dari hal berikut 
1) Perencanaan pelaksanaan usaha secara keseluruhan 
Mencakup penentuan tujuan umum usaha dalam jangka panjang untuk mencapai tujuan tersebut. Permasalahan utama yang ada dalam perencanaan usaha mencakup: 
a. keuangan 
b. produksi 
c. kebutuhan tenaga kerja 
d. riset dan pengembangan 
e. sasaran pasar dan program pemasarannya 
2) Perencanaan pemasaran 
Mencakup pengembangan rencana jangka panjang untuk masalahmasalah yang luas dalam marketing (produk, struktur harga, sistem distribusi, dan kegiatan promosi) 
3) Rencana pemasaran tahunan 
Mencerminkan proses perencanaan yang berjalan untuk satu periode waktu. Manajemen akan mengembangkan suatu rencana induk yang mencakup kegiatan pemasaran setiap tahun. 
 
Anak-anak didik yang hebat, dalam dunia usaha, persaingan dalam sektor pemasaran terus mengalami perubahan. Semakin lama usaha dilakukan, semakin ketat persaingan dalam merebut pangsa pasar. Upaya pemasaran produk merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam sebuah kelangsungan usaha produksi. Namun bukan tidak mungkin upaya ini menjadi salah satu faktor yang menggagalkan usaha, misal sering promosi yang tidak terencana dan menjadi sumber pemborosan. Suatu rencana pemasaran pada umumnya berisi delapan bagian sebagai berikut: 
  1. Ringkasan eksekutif yang merupakan ikhtisar dari seluruh rencana pemasaran yang telah dibuat sehingga dapat memberikan gambaran mengenai hal-hal pokok dari rencana pemasaran tersebut. 
  2. Analisis situasi menyajikan data dan informasi mengenai situasi pemasaran yang meliputi situasi pasar, situasi produk, situasi persaingan dan situasi distribusi. 
  3. Analisis SWOT dan analisis masalah yakni melakukan identifikasi analisis terhadap peluang dan ancaman yang mungkin dihadapi oleh pelaku usaha. 
  4. Sasaran yaitu mendefinisikan sasaran (tujuan) yang ingin dicapai baik sasaran keuangan atau pemasaran. 
  5. Strategi pemasaran yang dirumuskan berdasarkan SWOT, sasaran yang ingin dicapai, serta penetapannya terutama didasarkan pada pertimbangan biaya, manfaat, serta kemampuan sumber daya untuk melaksanakannya. 
  6. Program kerja berupa rincian setiap unsur yang dilibatkan dalam strategi pemasaran terutama untuk menjawab apa yang dilakukan, kapan dilakukan, siapa yang melakukan, dan berapa biaya yang dikeluarkan. 
  7. Proyeksi laba rugi mempunyai hasil akhir berupa keuntungan atau kerugian efektif yang dihasilkan selama periode tertentu. 
  8. Pengendalian terkait susunan rencana evaluasi dan pengawasan secara berkala mengenai pelaksanaan rencana sehingga penyimpangan dalam pelaksanaan dapat segera dilakukan pengendalian. 

2. Media Pemasaran 

Media pemasaran adalah media  yang di gunakan untuk memasarkan atau mempromosikan sebuah produk. 
 
Contoh media pemasaran yang bisa kalian terapkan dalam memasarkan produk ada beberapa cara. Media pemasaran sangat membantu kita dalam membranding orang tentang produk kita. Beberapa contoh media pemasaran diantaranya: 

1) Mouth to Mouth 
Memasarkan produk dengan cara ini paling sering kita gunakan. Kita sering berbicara dengan orang mengenai apa yang kita jual, apa manfaatnya, apa keuntungannya, dll. Dengan metode ini kita bisa meyakinkan orang dengan menatap mata mereka langsung. Teknik berbicara sangat dianjurkan jika kalian menggunakan metode ini dalam memasarkan produk. 

2) Media Cetak  
Media cetak adalah media statis yang mengutamakan pesan-pesan visual yang dihasilkan dari proses percetakan. Contoh: Koran, majalah, katalog, brosur/pamphlet, poster, kalender. 
 
3) Media Elektronik 
Media elektronik adalah media iklan yang bekerja berdasarkan prisip elektronik dan elektromagnetik. Contoh: Televisi, radio, website.  

4) Iklan luar ruang 
Media iklan yang ditempatkan di luar ruangan seperti jalan, pasar, terminal, stasiun dan tempat public lain. Contoh: Baliho, spanduk, neon box 

5) Media sosial 
Social Media saat ini sudah menjadi kebutuhan di masyarakat. 90% orang pasti memiliki social media minimal satu aplikasi seperti Facebook, Instagram, twiter. Social media biasa digunakan orang untuk eksis atau menunjukkan jati diri mereka. Namun saat ini tak jarang orang menggunakan social media untuk promosi produk mereka. Brand-brand ternama pun membayar para pemakai social media yang memiliki follower banyak untuk mempromosikan produk mereka. Saat ini social media bisa kalian gunakan gratis, kalian bisa gunakan aplikasi-aplikasi social media untuk mengenalkan produk kalian. Saat ini juga banyak fitur-fitur berbayar yang bisa meningkatkan pemasaran kalian. 
 
6) Pertemuan Rutin 
Pertemuan rutin pada area paling kecil, misalnya RT/RW dan/atau komplek perumahan bisa dijadikan media promosi makanan awetan yang efektif. Jadi bisa dilakukan ijin promosi pada pertemuan tersebut. Pertemuan rutin itu bisa pertemuan PKK, dharma wanita, arisan dan lainnya. 

7) Pameran / Bazar 
Saat ini banyak sekali diselenggarakan pameran/bazar, baik oleh instansi/ departemen tertentu, maupun pihak swasta dan perorangan. Ajang ini bisa digunakan untuk media promosi makanan awetan yang baik. Biaya yang dikeluarkan juga biasanya tidak terlalu besar, masih sangat terjangkau oleh 
skala usaha kecil dan menengah (UMKM) 

8) Telemarketing 
Menggambarkan penggunaan operator telepon untuk pelanggan baru, untuk berkontak dengan pelanggan yang ada guna mengetahui dengan pasti level kepuasan pelanggan, atau untuk mengambil pesanan. Ini adalah beberapa contoh media pemasaran yang bisa kalian gunakan untuk mengenalkan dan membranding produk kalian. Selamat mencoba!! 

C. Rangkuman  

  1. Perencanaan adalah perkembangan sistematis dari susunan tindakan yang mengarah pada tujuan  yang telah disepakati melalui proses analisis, evaluasi dan seleksi diantara kesempatan-kesempatan yang telah diprediksi sebelumnya. 
  2. Tahap proses perencanaan yang harus dilakukan sebagai berikut: analisis situasi, penentuan tujuan, pemilihan strategi dan taktik untuk mencapai tujuan tersebut serta penilaian hasil secara periodik 
  3. Konsep perencanaan pemasaran terdiri dari perencanaan pelaksanaan usaha secara keseluruhan, perencanaan pemasaran dan rencana pemasaran tahunan 
  4. Suatu rencana pemasaran pada umumnya berisi delapan bagian yaitu: Ringkasan eksekutif, analisis situasi, analisis SWOT, sasaran yang ingin dicapai, strategi pemasaran, program kerja, proyeksi laba rugi serta pengendalian terkait susunan rencana evaluasi dan pengawasan. 
  5. Media pemasaran  adalah media yang di gunakan untuk memasarkan atau mempromosikan sebuah produk. 
  6. Contoh media pemasaran diantaranya: Mouth to Mouth, Media Cetak,Media Elektronik, iklan luar ruang, social media, Pertemuan Rutin, Pameran/Bazar, dan Telemarketing. 

D. Penugasan Mandiri  

Buatlah strategi pemasaran terhadap satu jenis makanan awetan dari bahan hewani. 
 
Nama Produk : 
 

E. Latihan Soal 

  1. Apa yang dimaksud rencana pemasaran? 
  2. Mengapa rencana pemasaran harus dilakukan? 
  3. Apa tahap proses perencanaan yang harus dilakukan? 
  4. Apa yang dimaksud media pemasaran? 
  5. Sebutkan media pemasaran yang bisa diterapkan dalam memasarkan produk! 

Kunci Jawaban dan Pembahasan Latihsan Soal II 

  1. Rencana pemasaran adalah sebuah proses perkembangan sistematis dari susunan tindakan yang mengarah pada tujuan  yang telah disepakati melalui proses analisis, evaluasi dan seleksi diantara kesempatan-kesempatan yang telah diprediksi sebelumnya. 
  2. Rencana pemasaran harus dilakukan agar semua orang bisa mengetahui tentang seputar produk-produk yang telah kita tawarkan, dan berusaha untuk membujuk mereka agar bersedia untuk membeli atau menggunakan produk yang telah kita tawarkan kepada pelanggan. 
  3. Tahap proses perencanaan yang harus dilakukan adalah sebagai berikut analisis situasi, penentuan tujuan, pemilihan strategi dan taktik untuk mencapai tujuan tersebut serta penilaian hasil secara periodik. 
  4. Media pemasaran  adalah media yang di gunakan untuk memasarkan atau mempromosikan sebuah produk  
  5. Media pemasaran yang bisa diterapkan dalam memasarkan produk diantaranya: Mouth to Mouth, Media Cetak, Media Elektronik, iklan luar ruang, social media, Pertemuan Rutin, Pameran/Bazar, dan Telemarketing. 

F. Penilaian Diri 

Berikut diberikan tabel untuk mengukur diri kalian terhadap materi yang sudah kalian pelajari. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jujur dan bertanggung jawab! 

 
Bila ada jawaban "Tidak", maka segera lakukan review pembelajaran. Bila semua jawaban "Ya", maka Anda dapat melanjutkan ke pembelajaran berikutnya. 

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Materi Rencana Pemasaran Dan Media Pemasaran Mapel Prakarya kelas 10 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!! 

#
 Rencana Pemasaran Dan Media Pemasaran File ini dalam Bentuk .pdf File Size 74Kb
Diupload oleh www.bospedia.com

    Pencarian yang paling banyak dicari
    • mengapa rencana pemasaran harus dilakukan
    • perencanaan strategi pemasaran
    • perencanaan pemasaran pdf
    • contoh rencana pemasaran
    • rencana pemasaran produk
    • konsep dasar aspek pemasaran dalam penyusunan perencanaan usaha.
    • komponen rencana pemasaran
    • rencana pemasaran produk makanan
    Post a Comment

    Post a Comment