ZCgRxn24sMSt1P8PT34NVVluf7C7ODQ8eSh7SrtI
Bookmark

Materi Memahami Sumber Daya, Administrasi Dan Pemasaran Untuk Perencanaan Usaha Kerajinan Mapel Prakarya kelas 12 SMA/MA

Materi Memahami Sumber Daya, Administrasi Dan Pemasaran Untuk Perencanaan Usaha Kerajinan Mapel Prakarya kelas 12 SMA/MA - Halo adik adik apa kabar? semoga dalam keadaan sehat selalu, nah pada kesempatan yang baik ini kakak ingin menyampaikan jangan lupa untuk menggunakan masker, menjaga jarak dan tentunya mencuci tangan untuk menghindari penyebaran wabah virus corona. Oiya kali ini kakak ingin membagikan materi tentang Memahami Sumber Daya, Administrasi Dan Pemasaran Untuk Perencanaan Usaha Kerajinan dari mata pelajaran Prakarya untuk adik adik kelas XI SMA/MA. Semoga dengan adanya materi ini bisa bermanfaat yah. Semangat!!

Materi Memahami Sumber Daya, Administrasi Dan Pemasaran Untuk Perencanaan Usaha Kerajinan Mapel Prakarya kelas 12 SMA/MA
Materi Memahami Sumber Daya, Administrasi Dan Pemasaran Untuk Perencanaan Usaha Kerajinan Mapel Prakarya kelas 12 SMA/MA

Kalian adalah penerus bangsa yang sangat cerdas, maka kecerdasan kalian pergunakan untuk mengembangkan diri sendiri dan bangsa. Materi prakarya dan kewirausahaan menanamkan jiwa kepemimpinan dan kreatifitas yang tinggi dalam mengembangkan diri, dapat berupa mengembangkan usaha sendiri atau kelompok. Salah satu usaha yang dapat dikembangkan adalah dari aspek kerajinan, dimana didalamnya kalian dapat menyusun perencanaan usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan lingkungan sekitar/pasar lokal, meliputi ide dan peluang usaha, sumber daya, administrasi, dan pemasaran, manfaat materi ini dapat kalian terapkan dalam kehidupan sehari-hari atau bahkan bisa menjadi sumber pendapatan diusia muda,  selamat mempelajari dengan semangat!  

Istilah

  • Bagan : Gambar rancangan, skema, diagram yang memperlihatkan informasi sebagai serangkaian garis atau blok. 
  • Kerajinan : Kegiatan yang menitik beratkan kepada keterampilan 
  • Grafik : Lukisan pasang surut suatu keadaan dengan garis atau gambar (tentang turun naiknya hasil, statistik, dan sebagainya) 
  • Riset : Pengamatan atau penelitian 
  • strenght : Kekuatan produk 
  • weeknws : Kelemahan produk 
  • Opportunity : Peluang suatu produk 
  • Threat : Hambatan yang mempengaruhi suatu produk 
  • modifikasi : Cara merubah produk dari yang kurang menarik menjadi lebih menarik 
  • Varian : Beraneka ragam atau banyak jenis dari produk 
  • Analisis : Proses pemecahan suatu masalah 
  • Perencanaan  : Proses  
  • Wirausaha : Aktivitas dalam mengelola produk 
  • Kreatif : Menciptakan sesuatu yang berbeda 
  • Inovatif : Memulai sesuatu yang baru 
  • Ide : Gagasan 
  • Peluang : Kesempatan 

A. Tujuan Pembelajaran 

Setelah mempelajari kegiatan pembelajaran 3 ini diharapkan, Kalian dapat memahami sumber daya dan administrasi serta pemasaran untuk perencanaan usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan lingkungan sekitar/pasar lokal 

B. Uraian Materi 

Sumber Daya Yang Dibutuhkan  

Rancangan produk terwujud melalui kegiatan wirausaha dengan didukung oleh ketersediaan sumber daya manusia, material, peralatan, cara kerja, pasar, dan pendanaan. Sumber daya yang dikelola dalam sebuah wirausaha dikenal pula dengan sebutan 6M, yakni Man (manusia), Money (uang), Material (bahan), Machine (peralatan), Method (cara kerja), dan Market (pasar).  
  


Untuk memastikan peluang produk kerajinan menjadi produk dengan harga yang tinggi harus dipastikan dengan melakukan riset pasar terhadap minat dan selera pembeli. Hasil riset pasar akan mendasari proses perancangan produk kerajinan yang inovatif. Rancangan produk terwujud melalui kegiatan wirausaha dengan didukung oleh ketersediaan sumber daya manusia, material, peralatan, cara kerja, pasar, dan pendanaan. Sumber daya yang dikelola dalam sebuah wirausaha dikenal pula dengan sebutan 6M, yakni Man (manusia), Money (uang), Material (bahan), Machine (peralatan), Method (cara kerja), dan Market (pasar). 
  • Man (manusia) - Wirausaha kerajinan berdasarkan produk kerajinan kebutuhan dan keinginan yang berhasil adalah apabila berhasil mengelola sumber daya manusia yang terlibat dalam setiap proses yang terjadi dalam usaha. Pengelolaan sumber daya manusia juga termasuk pengelolaan ide-ide inovatif dalam kerajinan berdasarkan kebutuhan atau keinginan yang dapat bermanfaat baik untuk perkembangan produk dan maupun usaha secara umum. 
  • Money dapat dipahami sebagai dana yang menjadi modal usaha, perputaran uang melalui pengeluaran dan pemasukan yang terjadi dalam usaha kerajinan berdasarkan kebutuhan dan keinginan tersebut. Kemampuan pengelolaan uang termasuk kemampuan mengelola keuntungan yang diperoleh untuk pengembangan usaha agar menjadi lebih besar.  
  • Material, - Bahan Baku untuk membuat kerajinan kebutuhan dan keinginan adalah bahanbahan yang berkualitas tinggi  yang akan kita proses untuk menjadi satu produk yang akan kita tawarkan.  
  • Machine (Mesin)  faktor yang menentukan efektifitas dan maksimalitas suatau usaha dalam hal produksi.  
  • Method (Metode/Cara) yang dimaksud adalah Cara menjalankan Produksi, Cara Pemasaran, Cara Pengorganisasian,dan lain-lain. Kemampuan wirausahawan dalan mengelola produksi yang efektif dan efsien dapat menghasilkan keuntungan wirausaha yang lebih besar. 
  • Market - Menentukan pasar sasaran dari produk kerajinan yang dihasilkan mmengingat k=produk sebagian masyarakat belum mengenal dan jarang menggunakan.  Wirausaha dikembangkan berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan pasar, dengan demikian peluang produk diserap pasar akan lebih besar. Riset tentang pasar bertujuan pula untuk mengenali pesaing yang ada di pasar tersebut. Posisi suatu usaha terhadap pesaingnya harus diketahui oleh wirausahawan agar dapat memenangkan persaingan. Persaingan yang terjadi dapat mempengaruhi rancangan produk yang akan dibuat serta keputusan penetapan harga jual produk. 

Administrasi 

Dengan kata lain bahwa dalam perencanaan setiap orang diharuskan untuk bisa berfikir terlebih dahulu mengenai apa yang akan dilakukan, bagaimana melakukannya, dan siapa yang melakukannya serta yang bertanggungjawab atas semua kegiatan yang dilakukannya tersebut.  Dengan melakukan pemikiran tersebut diharapkan bahwa tujuan yang sudah ditetapkan bisa dicapai dengan lebih efektif dan efisien. 
 
Untuk menunjang kelancaran kegiatannya, sebaiknya seorang wirausaha mempunyai catatan yang rapi mengenai kegiatan dan kejadian yang terjadi setiap harinya. Catatan tersebut dibuat secara kronologis dan kemudian didokumentasikan.  
  • Menyelenggarakan pembukuan 
  • Membuat daftar gaji karyawan 
  • Mencatat penyenggaraan produksi 
  • Melakukan surat-menyurat kedalam dan keluar perusahaan 
  • Mencatatan pesanan-pesanan 
  • Melakukan pengarsipan dokumen 
  • Menyusun rencana anggaran perusahaan 

Pemasaran 

Bagi orang yang memiliki bisnis atau produk usaha tentu menyadari bahwa untuk bisa meningkatkan usaha ini dibutuhkan berbagai macam cara promosi produk usahanya. 
 
Sebelum mengetahui cara promosi dan strategi pemasaran produk usaha kerajinan ketahui terlebih dahulu pengertian akan strategi pemasaran. Pengertian strategi pemasaran secara umum adalah sebuah upaya memasarkan produk atau jasa menggunakan berbagai macam metode dengan tujuan untuk meningkatkan hasil penjualan 
 
Tiap-tiap usaha memiliki strategi pemasaran yang berbeda, hal ini dipengaruhi oleh faktor-faktor berikut: 
  1. Faktor mikro, yaitu perantara pemasaran, pemasok, pesaing dan masyarakat 
  2. Faktor makro, yaitu demografi/ekonomi, politik/hukum, teknologi/fisik dan sosial/budaya. 
Berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan untuk pemasaran (dari sudut pandang penjual): 
  1. Tempat yang strategis (place), 
  2. Produk yang bermutu (product), 
  3. Harga yang kompetitif (price), dan 
  4. Promosi yang gencar (promotion). 
Dari sudut pandang konsumen: 
  1. Kebutuhan dan keinginan konsumen (customer needs and wants), 
  2. Biaya konsumen (cost to the customer), 
  3. Kenyamanan (convenience), dan 
  4. Komunikasi (comunication). 
Pemasaran produk kerajinan harus lebih ekstra dikarenakan tidak semua konsumen membutuhkan ataupun menginginkan produk kerajinan oleh karena itu pemasaran produk dapat ditinjau berikut ini : 
  1. Daya serap pasar dan prospeknya 
  2. Kondisi pemasaran dan prospeknya 

C. Rangkuman 

1. Rancangan produk terwujud melalui kegiatan wirausaha dengan didukung oleh ketersediaan sumber daya manusia, material, peralatan, cara kerja, pasar, dan pendanaan. Sumber daya yang dikelola dalam sebuah wirausaha dikenal pula dengan sebutan 6M, yakni Man (manusia), Money (uang), Material (bahan), Machine (peralatan), Method (cara kerja), dan Market (pasar).  
2. Administrasi yang dibutuhkan dalam usaha adalah:  
a. Menyelenggarakan pembukuan 
b. Membuat daftar gaji karyawan 
c. Mencatat penyenggaraan produksi 
d. Melakukan surat-menyurat kedalam dan keluar perusahaan 
e. Mencatatan pesanan-pesanan 
f. Melakukan pengarsipan dokumen 
g. Menyusun rencana anggaran perusahaan 
3. Bagi orang yang memiliki bisnis atau produk usaha tentu menyadari bahwa untuk bisa meningkatkan usaha ini dibutuhkan berbagai macam cara promosi produk usahanya 
4. Pemasaran secara umum adalah sebuah upaya memasarkan produk atau jasa menggunakan berbagai macam metode dengan tujuan untuk meningkatkan hasil penjualan 

D. Penugasan Mandiri 

Cobalah kalian amati keadaan dilingkungan sekitar kalian, kerajinan apakah yang terkenal di wilayahmu, kemudian analisis sumber dayanya berdasarkan kebutuhan atau keinginan.    

E. Latihan Soal  

 
Berilah tanda silang (x) pada soal dibawah ini! 
1. Untuk menunjang kelancaran kegiatan usahanya, sebaiknya seorang wirausaha  mempunyai catatan yang rapi mengenai kegiatan dan kejadian yang terjadi setiap harinya. Catatan yang dibuat secara kronologis dan didokumentasikan disebut … 
a. Administrasi 
b. Pemasaran 
c. Gagasan 
d. Peluang 
e. Ide 

2. Sumber daya yang harus dikelolah dalam menentukan bahan baku yang berkualitas untuk efektifitas dan ketercapaian usaha dalam bidang produksi adalah … 
a. Man 
b. Material 
c. Mechine 
d. Method 
e. Market 

3. Perhatikan pernyataan dibawah ! 
1. Wawasan atau pengetahuan yang ada pada diri sendiri 
2. Pengalaman pada dunia bisnis atau usaha 
3. Pengalaman dan kemampuan ketika menyelesaikan suatu masalah 
4. Pemikiran yang baik untuk membuat sesuatu yang baru dari suatu kondisi 
5. Keperluan yang belum tercapai atau terpenuhi untuk diri sendiri ataupun orang lain. 
6. Kemampuan atau pemahaman terhadap sesuatu atau situasi kondisi 
 
Yang termasuk faktor eksternal dalam menentukan ide dan peluang adalah … 
a,  1 dan 2 
b.  2 dan 3 
c.  3 dan  4 
d  4 dan 5 
e.  5 dan 6 

4. Kesempatan dalam membuat wirausaha produk kerajinan yang berdasarkan kebutuhan atau keinginan harus memiliki peluang atau kesempatan yang baik. maka ciri-ciri peluang yang baik tersebut adalah …
a. Mempunyai nilai jual tinggi 
b. Bukan hanya sekedar ambisi tetapi harus bersifat nyata 
c. Bisa bertahan lama atau berkelanjutan di pasar 
d. Skala usaha itu dapat diperbesar atau ditingkatkan  
e. Adanya keyakinan dapat mewujudkannya 
5. Perencanaan usaha yang baik akan didukung oleh sumber daya yang baik. Sumberdaya yang dibutuhkan dalam perencanaan usaha terdiri dari  … 
a. 4M 
b. 5M 
c. 6M 
d. 7M 
e. 8M 
 

F. Penilaian Diri 

Berilah tanda (√) pada kolom dibawahh ini! 


Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Materi Memahami Sumber Daya, Administrasi Dan Pemasaran Untuk Perencanaan Usaha Kerajinan Mapel Prakarya kelas 12 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!! 

#
Memahami Sumber Daya, Administrasi Dan Pemasaran File ini dalam Bentuk .pdf File Size 74Kb
Diupload oleh www.bospedia.com

    Pencarian yang paling banyak dicari
    • apa fungsi dari administrasi dan pemasaran
    • perbedaan administrasi dan pemasaran
    • hubungan antara administrasi dan pemasaran dalam sebuah usaha
    • memahami administrasi dan pemasaran hasil usaha budidaya tanaman pangan
    • administrasi dan pemasaran pkwu
    • administrasi dan pemasaran usaha pengolahan makanan khas daerah
    • perencanaan administrasi usaha makanan
    • tujuan administrasi dalam wirausaha
    Post a Comment

    Post a Comment