ZCgRxn24sMSt1P8PT34NVVluf7C7ODQ8eSh7SrtI
Bookmark

Materi Pengertian, Tujuan, Dan Sasaran Promosi Usaha Pengolahan Makanan Internasional Mapel Prakarya kelas 11 SMA/MA

Materi Pengertian, Tujuan, Dan Sasaran Promosi Usaha Pengolahan Makanan Internasional Mapel Prakarya kelas 11 SMA/MA - Halo adik adik apa kabar? semoga dalam keadaan sehat selalu, nah pada kesempatan yang baik ini kakak ingin menyampaikan jangan lupa untuk menggunakan masker, menjaga jarak dan tentunya mencuci tangan untuk menghindari penyebaran wabah virus corona. Oiya kali ini kakak ingin membagikan materi tentang Pengertian, Tujuan, Dan Sasaran Promosi Usaha Pengolahan Makanan Internasional dari mata pelajaran Prakarya untuk adik adik kelas XI SMA/MA. Semoga dengan adanya materi ini bisa bermanfaat yah. Semangat!!

Materi Pengertian, Tujuan, Dan Sasaran Promosi Usaha Pengolahan Makanan Internasional Mapel Prakarya kelas 11 SMA/MA
Materi Pengertian, Tujuan, Dan Sasaran Promosi Usaha Pengolahan Makanan Internasional Mapel Prakarya kelas 11 SMA/MA

Halo peserta didik yang berbahagia, semoga kalian selalu sehat dan semangat. Selamat berjumpa di modul pembelajaran Prakarya dan Kewirausahaan. Dalam modul ini akan dibahas tentang strategi promosi produk usaha pengolahan makanan internasional dari bahan pangan nabati dan hewani meliputi pengertiaan promosi, tujuan dan manfaat promosi, sasaran promosi dan teknik promosi. 

Apakah kalian tahu salah satu makanan internasioanal? Tentu tahu ya! Contoh makanan internasional adalah hamburger, pizza, spagheti, steak, kebab, fried chicken. Makanan cepat saji memang telah menjadi tren dimasyarakat terutama di kalangan remaja. Berbagai brand usaha seperti Pizza Hut, Mc Donald, KFC banyak diminati masyarakat. Untuk mengomunikasikan usaha oalahan makanan yang telah diproduksi perlu disusun strategi yang disebut dengan strategi promosi.Promosi tidak hanya berhubungan dengan produk, harga produk, dan pendistribusian produk, tetapi berkait pula dengan mengkomunikasikan produk ini kepada konsumen agar produk dikenal dan pada akhirnya dibeli.Oleh karena itu mari kita belajar tentang strategi promosi. 

Istilah

  • Promosi : Suatu akitivitas komunikasi yang dilakukan oleh seseorang atau suatu perusahaan dengan masyarakat luas, dimana tujuannya adalah untuk memperkenalkan sesuatu (barang/ jasa/ merek/ perusahaan) kepada masyarakat dan sekaligus mempengaruhi masyarakat luas agar membeli dan menggunakan produk tersebut 
  • Periklanan (Advertising) : Bentuk promosi non personal dengan menggunakan berbagai media yang ditujukan untuk merangsang pembelian. 
  • Penjualan Tatap Muka (Personal Selling) : Bentuk promosi secara personal dengan presentasi lisan dalam suatu percakapan dengan calon pembeli yang ditujukan untuk merangsang pembelian. 
  • Publisitas (Publisity) : Suatu bentuk promosi non personal mengenai, pelayanan atau kesatuan usaha tertentu dengan jalan mengulas informasi/berita tentangnya (pada umumnya bersifat ilmiah). 
  • Promosi Penjualan (Sales promotion) : Suatu bentuk promosi diluar ketiga bentuk diatas yang ditujukan untuk merangsang pembelian. 
  • Pemasaran Langsung (Direct marketing) : Suatu bentuk penjualan perorangan secara langsung ditujukan untuk mempengaruhi pembelian konsumen. 
  • Strategi Promosi : kegiatan yang direncanakan dengan menggunakan berbagai teknik promosi sebagai alat dengan maksud membujuk, merangsang konsumen agar mau membeli produk yang ditawarkan. 
  • Kupon : Surat kecil atau karcis yang ditukarkan dengan barang atau untuk membeli barang 
  • Diskon : Potongan harga 
  • Sampel : Contoh 

A. Tujuan Pembelajaran 

Setelah kegiatan pembelajaran 1 ini, peserta didik diharapkan dapat: 
  1. Menjelaskan pengertian promosi 
  2. Menjelaskan tujuan dan manfaat promosi 
  3. Menentukan sasaran promosi usaha pengolahan makanan Internasional dari bahan pangan nabati dan hewani 

B. Uraian Materi 

1. Pengertian Promosi 

Pertanyaan yang sering muncul ketika diminta untuk mempromosikan sebuah produk usaha adalah, Apa itu promosi? Promosi adalah suatu kegiatan bidang marketing yang merupakan komunikasi yang dilaksanakan perusahaan kepada pembeli atau konsumen yang memuat pemberitaan, membujuk, dan mempengaruhi segala sesuatu mengenai barang yang dihasilkan untuk konsumen. Untuk mengomunikasikan produk ini perlu disusun strategi yang disebut dengan strategi promosi, yang terdiri dari empat komponen utama yaitu: 

a. Periklanan (advertising) 

Merupakan sebuah bentuk komunikasi non personal yang harus memberikan imbalan/pembayaran kepada sebuah organisasi atau dengan menggunakan media massa. Adapun media yang biasa digunakan adalah televisi, surat kabar, majalah, dan internet. 

b. Promosi penjualan (sales promotion) 

Merupakan insentif jangka pendek untuk meningkatkan penjualan suatu produk atau jasa dimana diharapkan pembelian dilakukan sekarang juga.Wujud nyata kegiatan promosi penjualan misalnya adalah obral, pemberian kupon dan pemberian contoh produk. 

c. Penjualan tatap muka (personal selling) 

Merupakan sebuah proses dimana para pelanggan diberi informasi dan penjelasan untuk membeli produk-produk melalui komunikasi secara personal dalam suatu situasi agar pelanggan tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan. 

d. Publisitas atau Hubungan Masyarakat 

Merupakan bentuk komunikasi non personal dalam bentuk berita sehubungan dengan organisasi tertentu atau tentang produk-produknya yang ditransmisi melalui perantara media massa tanpa pembayaran tertentu pada media. Contoh publisitas misalnya seorang artis sedang menikmati menu makanan di Pizza Hut kemudian artis tersebut menceritakan pengalamannya saat berkunjung ke Pizza Hut pada infotainment. Sehingga secara tidak sadar Pizza Hut akan terpublikasikan kepada khalayak luas. 

2. Tujuan Promosi 

Dalam memasarkan sebuah produk, tak jarang para pelaku usaha mengadakan acara khusus untuk mempromosikan produk unggulannya kepada masyarakat. Kegiatan tersebut sengaja dilakukan untuk mendukung strategi pemasaran mereka sehingga produk yang dimilikinya semakin dikenal luas oleh semua lapisan masyarakat.Berbagai macam strategi promosi pun dilakukan para pelaku usaha untuk menarik minat calon konsumennya dan meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap brand image produknya.Misalnya saja promosi besar-besaran melalui potongan harga (diskon khusus), memberikan sampel gratis untuk produk-produk terbaru, atau sekedar memberikan pelayanan khusus bagi para konsumen yang membeli produk dalam jumlah yang cukup banyak. Namun, sebelum merencanakan dan menjalankan strategi promosi penjualan, sebaiknya tentukan terlebih dahulu tujuan promosi yang ingin dicapai.Hal ini penting agar program promosi yang direncanakan bisa sesuai dengan tujuan utama yang telah ditetapkan sebelumnya.Berikut adalah beberapa tujuan utama mempromosikan sebuah produk. 

a. Memberikan daya tarik khusus bagi para pelanggan 

Pelanggan sengaja menanti event promosi sebuah produk untuk mendapatkan penawaran harga yang lebih murah.Kondisi inilah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para konsumen, sehingga mereka tidak segan untuk ikut bergabung dengan antrean yang cukup panjang atau turun langsung berdesak-desakan di lokasi promosi untuk mendapatkan produk unggulan yang sedang diobral. 

b. Meningkatkan angka penjualan 

Sebagian besar pelaku usaha sengaja mengadakan kegiatan promosi besarbesaran untuk meningkatkan volume penjualan dan mendapatkan omset besar setiap bulannya. 

c. Membangun loyalitas konsumen 

Tujuan pelaku usaha mengadakan kegiatan promosi tidak hanya untuk meningkatkan penjualan produk, namun juga untuk membangun loyalitas dari para konsumennya. Hal ini dilakukan untuk menjaring para konsumen yang awalnya hanya sekedar ingin coba-coba, menjadi pelanggan tetap yang akan menggunakan produk-produk yang dibuat secara berkelanjutan. 

3. Manfaat Promosi 

Promosi perusahaan memang sangat penting karena mempengaruhi hasil penjualan suatu produk atau barang, dan tentunya itu sangat berdampak besar terhadap berlangsungnya aktivitas suatu perusahaan. Berikut beberapa manfaat lain dari adanya kegiatan promosi : 
  • Mengetahui produk yang diinginkan para konsumen 
  • Mengetahui tingkat kebutuhan konsumen akan suatu produk 
  • Mengetahui cara pengenalan dan penyampaian produk hingga sampai ke konsumen 
  • Mengetahui harga yang sesuai dengan kondisi pasaran 
  • Mengetahui strategi promosi yang tepat kepada para konsumen 
  • Mengetahui kondisi persaingan pasar dan cara mengatasinya 
  • Menciptakan image sebuah produk dengan adanya promosi. 

4. Sasaran Promosi 

Salah satu hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan promosi adalah menentukan sasaran promosi dengan tujuan agar promosi yang dilakukan sesuai dengan target pasar. Berikut ini kiat yang dapat membantu dalam melakukan promosi sehingga tepat sasaran, yaitu: 

a. Tentukan Target Pasar 

Langkah ini merupakan langkah pertama atau dasar dari segala bentuk promosi. Pelaku usaha harus cermat dalam melihat siapa saja konsumen kita sehingga kita menyesuaikan apa saja yang akan kita sampaikan, bagaimana penyampaiannya, kapan dan di mana kita bisa mempromosikan bisnis kita. 

b. Tentukan Tujuan Promosi 

Menentukan tujuan promosi dilakukan untuk mengetahui langkah yang akan diambil. Wirausahawan makanan internasional bisa mengambil promosi dengan menawarkan berbagai produk yang paling banyak diminati, promosi dengan menampilkan diskon tertentu atau bahkan kita bisa memilih promosi dengan mengenalkan produk teranyar dari bisnis kita. 

c. Buat Isi Pesan yang Menarik 

Isi pesan dalam promosi sangat penting, karena dalam penyampaiannya menentukan minat atau ketertarikan konsumen terhadap produk yang kita tawarkan. 

d. Pilih Sarana Promosi 

Sarana promosi ini harus dicermati agar konsumen sebagai target kita mengetahui dengan mudah isi pesan yang kita sampaikan. Terdapat dua sarana dalam melakukan promosi yaitu personal dan non personal.Promosi personal ini dilakukan langsung berbicara dengan konsumen baik tatap muka ataupun via telepon.Sedangkan promosi non personal dapat melalui media sosial seperti facebook, twitter, instagram. 

C. Rangkuman 

  1. Promosi adalah suatu kegiatan bidang marketing yang merupakan komunikasi yang dilaksanakan perusahaan kepada pembeli atau konsumen yang memuat pemberitaan, membujuk, dan mempengaruhi segala sesuatu mengenai barang yang dihasilkan untuk konsumen. 
  2. Untuk mengomunikasikan produk perlu disusun strategi yang disebut dengan strategi promosi, yang terdiri dari empat komponen utama yaitu: periklanan (advertising), promosi penjualan (sales promotion), penjualan tatap muka (personal selling), publisitas atau hubungan masyarakat. 
  3. Tujuan mempromosikan sebuah produk yaitu memberikan daya tarik khusus bagi para pelanggan, meningkatkan angka penjualan, membangun loyalitas konsumen 
  4. Manfaat dari kegiatan promosi yaitu mengetahui produk yang diinginkan para konsumen, mengetahui tingkat kebutuhan konsumen akan suatu produk, mengetahui cara pengenalan dan penyampaian produk hingga sampai ke konsumen, mengetahui harga yang sesuai dengan kondisi pasaran, mengetahui strategi promosi yang tepat kepada para konsumen, mengetahui kondisi persaingan pasar dan cara mengatasinya, menciptakan image sebuah produk dengan adanya promosi. 
  5. Kiat yang dapat membantu dalam melakukan promosi sehingga tepat sasaran, yaitu: tentukan target pasar, tujuan promosi, buat isi pesan yang menarik, pilih sarana promosi 

D. Latihan Soal 

  1. Apa yang dimaksud dengan promosi? 
  2. Apa yang dimaksud dengan penjualan tatap muka (personal selling)?Berikan contohnya! 
  3. Sebutkan tujuan dari promosi? 
  4. Bagaimana cara membangun loyalitas konsumen? 
  5. Buatlah contoh isi pesan dalam promosi yang dapat menarik minat konsumen terhadap produk yang ditawarkan? 

Kunci Jawaban Latihan Soal Kegiatan Pembelajaran1 

  1. Promosi adalah suatu kegiatan bidang marketing yang merupakan komunikasi yang dilaksanakan perusahaan kepada pembeli atau konsumen yang memuat pemberitaan, membujuk, dan mempengaruhi segala sesuatu mengenai barang yang dihasilkan untuk konsumen. 
  2. Penjualan tatap muka (personal selling) merupakan sebuah proses dimana para pelanggan diberi informasi dan penjelasan untuk membeli produk-produk melalui komunikasi secara personal dalam suatu situasi agar pelanggan tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan. Contoh : Jual beli di Pasar Tradisional 
  3. Tujuan mempromosikan sebuah produk yaitu memberikan daya tarik khusus bagi para pelanggan, meningkatkan angka penjualan, membangun loyalitas konsumen 
  4. Salah satu cara membangun loyalitas konsumen yaitu dengan mengadakan kegiatan promosi misalnya saja memberikan diskon 25% untuk pembelian selanjutnya, atau memberikan kupon khusus yang bisa ditukarkan dengan produk gratis setelah mengumpulkan lima buah kupon pembelian. Dengan hadiah menarik, maka konsumen pun semakin senang membeli produk-produk yang ditawarkan. Selain itu kualiatas juga tetap dipertahankan. 
  5. Contoh isi pesan dalam promosi yang dapat menarik minat konsumen terhadap produk yang ditawarkan : “Buy One Get One”, “All You Can Eat”, “Harga Heboh” 

E. Penilaian Diri 

Berikutdiberikan tabel untukmengukurdiri kalian terhadapmateri yang sudah kalian pelajari.Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jujur dan bertanggungjawab!  


Bila ada jawaban "Tidak", maka segera lakukan review pembelajaran. Bila semua jawaban "Ya", maka Anda dapat melanjutkan ke pembelajaran berikutnya. 

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Materi Pengertian, Tujuan, Dan Sasaran Promosi Usaha Pengolahan Makanan Internasional Mapel Prakarya kelas 11 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!! 

#
Pengertian, Tujuan, Dan Sasaran Promosi Usaha File ini dalam Bentuk .pdf File Size 74Kb
Diupload oleh www.bospedia.com

    Pencarian yang paling banyak dicari
    • pengertian promosi menurut para ahli
    • tujuan promosi adalah
    • contoh sasaran promosi
    • contoh promosi produk
    • jenis-jenis promosi dan contohnya
    • tujuan promosi menurut para ahli
    • sebutkan teknik promosi usaha makanan khas daerah!
    • 3 tujuan promosi