ZCgRxn24sMSt1P8PT34NVVluf7C7ODQ8eSh7SrtI
Bookmark

Materi Fungsi Dan Manfaat Promosi Mapel Prakarya kelas 12 SMA/MA

Materi Fungsi Dan Manfaat Promosi Mapel Prakarya kelas 12 SMA/MA - Halo adik adik apa kabar? semoga dalam keadaan sehat selalu, nah pada kesempatan yang baik ini kakak ingin menyampaikan jangan lupa untuk menggunakan masker, menjaga jarak dan tentunya mencuci tangan untuk menghindari penyebaran wabah virus corona. Oiya kali ini kakak ingin membagikan materi tentang Fungsi Dan Manfaat Promosi dari mata pelajaran Prakarya untuk adik adik kelas XI SMA/MA. Semoga dengan adanya materi ini bisa bermanfaat yah. Semangat!!

Materi Fungsi Dan Manfaat Promosi Mapel Prakarya kelas 12 SMA/MA
Materi Fungsi Dan Manfaat Promosi Mapel Prakarya kelas 12 SMA/MA

Kata-kata promosi pasti sudah sering sekali kalian lihat dan dengar setiap hari di sekitar kita, mulai dari obrolan teman atau keluarga, dari media cetak, dari papan reklame atau papan billboard di jalan, dari radio, dari televisi, dari internet, dan masih banyak lagi. Tetapi mungkin kalian belum tahu dengan jelas apa itu pengertian promosi, jenis-jenisnya, tujuannya, dan contoh-contoh konkret mengenai promosi ini. Bagaimana memperkenalkan sebuah produk menjadi sebuah merk atau branded yang dikenal masyarakat luas tidaklah mudah, diperlukan sebuah strategi.  

Promosi adalah media yang paling tepat untuk membuat suksesnya penjualan. Jika tidak ada promosi, maka produsen tidak mungkin mengenal brand dari produk yang akan dipasarkan.  

Modul ini sebagai pendamping buku teks pelajaran (BTP) atau buku sekolah elektronik (BSE) sebagai media pendukung bagi kalian dalam memahami materi tentang media promosi produk kerajian khususnya tentang pengertian promosi, jenis-jenisnya, tujuannya, dan contoh-contoh konkret mengenai promosi. 

Materi media promosi produk kerajinan ini adalah materi yang sangat penting dan wajib kalian ketahui karena dengan adanya promosi yang tepat sesuai sasaran, maka sebuah produsen atau distributor dapat meningkatkan angka penjualan produknya.  

Dalam mempelajari modul ini kalian harus membaca modul ini dengan cermat. melalui kegiatan membaca dan mempelajari materi, kemudian dilanjutkan dengan mengerjakan latihan soal sebagai alat evaluasi disertai refleksi. 

Semoga modul ini bermanfaat, kalian dapat mengerti dan memahami isi modul serta menerapkannya. 

Istilah

  • Direct mail : suatu format pemasaran yang mencoba untuk menyajikan konsumen potensi dengan suatu pesan mengenai suatu produk spesifik atau layanan yang spesifik bukannya sederhananya meningkat profil dari suatu merek, yang mana tujuannya adalah tentang iklan. 
  • Event : suatu agenda, kegiatan atau festival tertentu yang menunjukkan, menampilkan dan merayakan untuk memperingati hal-hal penting yang diselenggarakan pada waktu tertentu dengan tujuan mengomunikasikan pesan-pesan kepada pengunjung. 
  • Media :  Media juga dapat diartikan sebagai suatu bentuk dan saluran yang dapat digunakan dalam suatu proses penyajian informasi. 
  • Media Promosi : Alat umtuk mempromosikan suatu produk. 
  • Point of Sale : Tempat pelanggan melakukan pembaayaran untuk barang/jasa, dan dimana pajak penjualan dapat dibayarkan. 
  • Promosi : Kegiatan yang dilakukan untuk menyampaikan suatu pesan tertentu tentang produk baik barang atau jasa, merek dagang atau perusahaan dan lain sebagainya kepada konsumen sehingga dapat membantu pemasaran meningkatkan penjualan. 
  • Sponsorship :Suatu dukungan finansial dari suatu perusahaan kepada suatu organisasi, seseorang, atau aktivitas yang ditukar dengan publisitas dari sebuah merk dan juga suatu hubungan. 
  • Strategi Promosi : Suatu rencana yang diciptakan dengan tujuan untuk mengadakan peningkatan permintaan dari klien atau konsumen mengenai suatu produk barang dan jasa. 
  • Teknik Promosi : teknik yang digunakan untuk mengenalkan dan menawarkan produk atau jasa kepada calon konsumen untuk membeli atau menggunakan produk/jasa yang ditawarkan. 
  • Trade Promotion : kegiatan pemasaran dan insentif yang ditawarkan oleh brand dan pedagang grosir kepada pelanggan bisnis mereka. 

A. Tujuan Pembelajaran 

Setelah mempelajari modul ini, kalian dapat: 
  1. Mengetahui fungsi dari promosi, 
  2. Mengetahui manfaat dari promosi, 
  3. Memahami pemilihan media promosi yang tepat untuk produk kita. 

B. Uraian Materi 

1. Fungsi Promosi 

Menurut Terence A. Shimp (2000:7) Promosi memiliki lima fungsi yang sangat penting bagi suatu perusahaan/lembaga. Kelima fungsi tersebut dijabarkan sebagai berikut: 

a. Informing (Memberikan Informasi) 

Promosi membuat konsumen sadar akan produk-produk baru, mendidik mereka tentang berbagai fitur dan manfaat merek, serta memfasilitasi penciptaan citra sebuah perusahaan yang menghasilkan produk atau jasa. Promosi menampilkan peran informasi bernilai lainnya, baik untuk merek yang diiklankan maupun konsumennya, dengan mengajarkan manfaat-manfaat baru dari merek yang telah ada. 

b. Persuading (Membujuk) 

Media promosi atau iklan yang baik akan mampu mempersuasi pelanggan untuk mencoba produk dan jasa yang ditawarkan. Terkadang persuasi berbentuk mempengaruhi permintaan primer, yakni menciptakan permintaan bagi keseluruhan kategori produk. Lebih sering, promosi berupaya untuk membangun permintaan sekunder, permingtaan bagi merek perusahaan yang spesifik. 

c. Reminding (Mengingatkan) 

Iklan menjaga agar merek perusahaan tetap segar dalam ingatan para konsumen. Saat kebutuhan muncul, yang berhubungan dengan produk dan jasa yang diiklankan, dampak promosi di masa lalu memungkinkan merek pengiklan hadir di benak konsumen. Periklanan lebih jauh didemonstrasikan untuk mempengaruhi pengalihan merek dengan mengingatkan para konsumen yang akhir-akhir ini belum membeli merek yang tersedia dan mengandung atribut-atribut yang menguntungkan. 

d. Adding Value (Menambah nilai) 

Terdapat tiga cara mendasar dimana perusahaan bisa memberi nilai tambah bagi penawaran-penawaran mereka, inovasi, penyempurnaan kualitas, atau mengubah persepsi konsumen. Ketiga komponen nilai tambah tersebut benarbenar independen. Promosi yang efektif menyebabkan merek dipkalianng lebih elegan, lebih bergaya, lebih bergengsi, dan bisa lebih unggul dari tawaran pesaing. 

e. Assisting (Mendampingi upaya-upaya lain dari perusahaan) 

Periklanan merupakan salah satu alat promosi. Promosi membantu perwakilan penjualan. Iklan mengawasi proses penjualan produk-produk perusahaan dan memberikan pendahuluan yang bernilai bagi wiraniaga sebelum melakukan kontak personal dengan para pelanggan yang prospektif. Upaya, waktu, dan biaya periklanan dapat dihemat karena lebih sedikit waktu yang diperlukan untuk memberi informasi kepada prospek tentang keistimewaan dan keunggulan produk jasa. Terlebih lagi, iklan melegitimasi atau membuat apa yang dinyatakan klaim oleh perwakilan penjual lebih kredibel. 

2. Manfaat Promosi 

  • Supaya mengetahui produk yang menjadi keinginan dan kebutuhan konsumen. 
  • Supaya mengetahui tingkat kebutuhan konsumen terhadap produk. 
  • Memahami cara mengenalkan dan menyampaikan produk sehinga sampai kepada konsumen. 
  • Mengetahui harga yang sesuai dengan keadaan pasar. 
  • Mengetahui strategi promos yang tepat pada calon konsumen. 
  • Tau kondisi persaingan pasar dan bagaimana mengatasi hal itu. 
  • Untuk membuat image produk. 

3. Memilih Media Promosi Yang Tepat 

Memilih media promosi bisnis tidak boleh dilakukan sembarangan, terlebih jika penggunaan media tersebut menyedot anggaran. Sebab promosi bisa diibaratkan sebagai investasi, sehingga setiap rupiah yang dikeluarkan harus bisa memberikan keuntungan bagi perusahaan berupa meningkatnya omzet penjualan. 

Dengan promosi sebagai sebuah bentuk investasi itulah maka sifat hati-hati dalam memilih media promosi wajib dilakukan. Dibutuhkan banyak pemikiran dan pertimbangan sebelum memutuskan untuk memilih media promosi seperti apa yang akan digunakan. 
 
Berikut 4 cara yang harus dipertimbangkan dalam memilih media promosi bisnis: 

1. Sesuaikan dengan Budget 

Dalam memilih media promosi bisnis, yang pertama kali harus dilakukan adalah menghitung budget yang tersedia. Jangan sampai budget untuk promosi melebihi anggaran yang sudah ditetapkan, karena jika hal tersebut terjadi maka akan menggerogoti anggaran untuk pos yang lain. 
Dengan mengacu pada besarnya budget, Kalian akan lebih mudah dalam memilih bentuk media untuk melakukan promosi. Apakah budget tersebut mencukupi untuk memasang iklan di media televisi, radio, media cetak, media online, membuat baliho, spanduk, poster serta media yang lain, semua bergantung pada besarnya anggaran. 

2. Ketahui Segmentasi Pasar 

Setiap jenis media memiliki segmentasi pasar tersendiri. Media televisi misalnya, ada stasiun televisi swasta yang segmentasinya ibu-ibu rumah tangga, ada yang membidik kalangan millenials ada juga yang menargetkan kalangan eksekutif dan sebagainya. Bahkan untuk stasiun televisi yang sama, setiap acara yang disajikan juga memiliki segmentasi sendiri-sendiri. Hal yang sama juga berlaku untuk media-media promosi yang lain. 

Agar promosi yang dilakukan tepat sasaran atau dilihat oleh publik yang potensial menjadi calon konsumen, maka harus terlebih dahulu memahami segmentasi pasar dari produk yang dipasarkan kemudian memilih media promosi bisnis yang segmentasi pasarnya sesuai dengan produk yang dipasarkan. 

3. Pemilihan Media 

Pesatnya perkembangan industri media terlebih dengan maraknya media online, memberikan keleluasaan dalam memilih media promosi. Untuk itu, buat list daftar media yang sesuai dengan segmentasi produk dan segmentasi pasar media tersebut kemudian buat perbandingan antara media yang satu dengan media yang lain. 

Dalam membuat perbandingan jangan hanya mengacu pada harga yang ditawarkan oleh masing-masing media, tapi pertimbangkan pula efek yang ditimbulkan oleh media tersebut seperti seberapa besar kemampuan media dalam menjangkau pasar, seberapa luas peredarannya, seberapa kuat dalam memberikan pengaruh kepada publik dan sebagainya. 

Meskipun harga yang ditawarkan oleh sebuah media lebih mahal dibandingkan media sejenis, namun jika efek yang ditimbulkan lebih besar dalam mempengaruhi publik, maka media tersebut wajib untuk dipertimbangkan.  

4. Membuat Materi Iklan 

Setelah memastikan media mana yang akan dipilih, langkah berikutnya dalam memilih media promosi bisnis adalah menyiapkan materi iklan. Dalam membuat materi iklan sudah barang tentu harus disesuaikan dengan media yang akan digunakan. 

Jika hendak beriklan di media televisi atau situs video online tentunya harus membuat konten iklan dalam bentuk video, jika akan beriklan di stasiun radio maka yang harus dibuat adalah konten dalam bentuk audio, begitu juga jika beriklan di media cetak atau media online maka yang harus dipersiapkan adalah materi iklan dalam bentuk teks atau tulisan. 

Dalam membuat materi iklanpun juga harus disesuaikan dengan target pasar, agar apa yang ingin disampaikan tidak hanya sekedar bisa dilihat oleh publik yang potensial menjadi calon konsumen, tapi juga mudah dimengerti dan dipahami sehingga tertarik pada produk yang dipromosikan. 

Demikian 4 cara dalam memilih media promosi bisnis. Cara tersebut harus benar-benar diperhatikan dan diterapkan, agar budget marketing yang dikeluarkan tidak terbuang sia-sia,  sebab anggaran promosi merupakan investasi yang diharapkan dapat mendongkrak angka penjualan produk.  

C. Rangkuman 

Yuks kita rangkum materi yang sudah tersampaikan di atas ya : 
Adapun Fungsi  Promosi menurut Terence A. Shimp (2000:7) Promosi memiliki lima fungsi yang sangat penting bagi suatu perusahaan/lembaga. Kelima fungsi tersebut dijabarkan sebagai berikut:  
  1. Informing (Memberikan Informasi) 
  2. Persuading (Membujuk) 
  3. Reminding (Mengingatkan) 
  4. Adding Value (Menambah nilai) 
  5. Assisting (Mendampingi upaya-upaya lain dari perusahaan) 
Sedangkan untuk memilih media promosi bisnis ada 4 cara yaitu: 
  1. Sesuaikan dengan Budget 
  2. Ketahui Segmentasi Pasar 
  3. Pemilihan Media 
  4. Membuat Materi Iklan 

D. Penugasan Mandiri 

Buatlah tabel dan klasifikasi dari jenis-jenis media promosi dengan browsing di internet! 

E. Latihan Soal  

  1. Jelaskan fungsi dari promosi! 
  2. Bagaimana manfaat promosi bisa kita dapatkan? 
  3. Sebutkan beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih media promosi! 
  4. Sebutkan 4 cara dalam pemilihan media promosi! 
  5. Sebutkan manfaat yang didapatkan oleh wirausaha yang memperluas bisnisnya ke seluruh pasar lokal! 

KUNCI JAWABAN LATIHAN SOAL KEGIATAN PEMBELAJARAN 2 

1. Adapun Fungsi  Promosi menurut Terence A. Shimp (2000:7) Promosi memiliki lima fungsi yang sangat penting bagi suatu perusahaan/lembaga. Kelima fungsi tersebut dijabarkan sebagai berikut:  
a. Informing (Memberikan Informasi) 
b. Persuading (Membujuk) 
c. Reminding (Mengingatkan) 
d. Adding Value (Menambah nilai) 
e. Assisting (Mendampingi upaya-upaya lain dari perusahaan) 
 
2. Manfaat Promosi, yaitu: 
a. Supaya mengetahui produk yang menjadi keinginan dan kebutuhan konsumen. 
b. Supaya mengetahui tingkat kebutuhan konsumen terhadap produk. 
c. Memahami cara mengenalkan dan menyampaikan produk sehinga sampai kepada konsumen. 
d. Mengetahui harga yang sesuai dengan keadaan pasar. 
e. Mengetahui strategi promos yang tepat pada calon konsumen. 
f. Tau kondisi persaingan pasar dan bagaimana mengatasi hal itu. 
g. Untuk membuat image produk. 
 
3. Hal yang harus diperhatikan dalam memilih media promosi, yaitu: 
- Tujuan periklanan 
- Sirkulasi media 
- Waktu dan alokasi dimana keputusan membeli dibuat 
- Biaya yang harus dikeluarkan 
- Kerja sama dan bantuan yang ditawarkan oleh media 
- Karakteristik media 
- Kebaikan dan keburukan media 
 
4. Untuk memilih media promosi  ada 4 cara yaitu: 
a. Sesuaikan dengan Budget 
b. Ketahui Segmentasi Pasar 
c. Pemilihan Media 
d. Membuat Materi Iklan 
 
5. Manfaat yang didapatkan oleh wirausaha yang memperluas bisnisnya ke seluruh pasar lokal, yaitu: 
a. Memperluas pangsa pasar 
b. Mendapatkan keuntungan lebih 
c. Mengenalkan produk ke hingga ke pelosok pasar lokal 

F. Penilaian Diri 

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jujur dan bertanggung jawab! 

Bila ada jawaban "Tidak", maka segera lakukan review pembelajaran, terutama pada bagian yang masih "Tidak". Bila semua jawaban "Ya", maka Kalian dapat melanjutkan ke pembelajaran berikutnya. 

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Materi Fungsi Dan Manfaat Promosi Mapel Prakarya kelas 12 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!! 

#
Fungsi Dan Manfaat Promosi  File ini dalam Bentuk .pdf File Size 74Kb
Diupload oleh www.bospedia.com

    Pencarian yang paling banyak dicari
    • tujuan promosi adalah
    • jenis promosi
    • fungsi promosi informing
    • strategi promosi adalah
    • bauran promosi adalah
    • promosi produk
    • fungsi promosi online
    • cara promosi
    Post a Comment

    Post a Comment