ZCgRxn24sMSt1P8PT34NVVluf7C7ODQ8eSh7SrtI
Bookmark

Materi Pengertian, Tujuan Dan Bentuk Media Promosi Mapel Prakarya kelas 12 SMA/MA

Materi Pengertian, Tujuan Dan Bentuk Media Promosi Mapel Prakarya kelas 12 SMA/MA - Halo adik adik apa kabar? semoga dalam keadaan sehat selalu, nah pada kesempatan yang baik ini kakak ingin menyampaikan jangan lupa untuk menggunakan masker, menjaga jarak dan tentunya mencuci tangan untuk menghindari penyebaran wabah virus corona. Oiya kali ini kakak ingin membagikan materi tentang Pengertian, Tujuan Dan Bentuk Media Promosi dari mata pelajaran Prakarya untuk adik adik kelas XI SMA/MA. Semoga dengan adanya materi ini bisa bermanfaat yah. Semangat!!

Materi Pengertian, Tujuan Dan Bentuk Media Promosi Mapel Prakarya kelas 12 SMA/MA
Materi Pengertian, Tujuan Dan Bentuk Media Promosi Mapel Prakarya kelas 12 SMA/MA

Kata-kata promosi pasti sudah sering sekali kalian lihat dan dengar setiap hari di sekitar kita, mulai dari obrolan teman atau keluarga, dari media cetak, dari papan reklame atau papan billboard di jalan, dari radio, dari televisi, dari internet, dan masih banyak lagi. Tetapi mungkin kalian belum tahu dengan jelas apa itu pengertian promosi, jenis-jenisnya, tujuannya, dan contoh-contoh konkret mengenai promosi ini. Bagaimana memperkenalkan sebuah produk menjadi sebuah merk atau branded yang dikenal masyarakat luas tidaklah mudah, diperlukan sebuah strategi.  

Promosi adalah media yang paling tepat untuk membuat suksesnya penjualan. Jika tidak ada promosi, maka produsen tidak mungkin mengenal brand dari produk yang akan dipasarkan.  

Modul ini sebagai pendamping buku teks pelajaran (BTP) atau buku sekolah elektronik (BSE) sebagai media pendukung bagi kalian dalam memahami materi tentang media promosi produk kerajian khususnya tentang pengertian promosi, jenis-jenisnya, tujuannya, dan contoh-contoh konkret mengenai promosi. 

Materi media promosi produk kerajinan ini adalah materi yang sangat penting dan wajib kalian ketahui karena dengan adanya promosi yang tepat sesuai sasaran, maka sebuah produsen atau distributor dapat meningkatkan angka penjualan produknya.  

Dalam mempelajari modul ini kalian harus membaca modul ini dengan cermat. melalui kegiatan membaca dan mempelajari materi, kemudian dilanjutkan dengan mengerjakan latihan soal sebagai alat evaluasi disertai refleksi. 

Semoga modul ini bermanfaat, kalian dapat mengerti dan memahami isi modul serta menerapkannya. 

Istilah

  • Direct mail : suatu format pemasaran yang mencoba untuk menyajikan konsumen potensi dengan suatu pesan mengenai suatu produk spesifik atau layanan yang spesifik bukannya sederhananya meningkat profil dari suatu merek, yang mana tujuannya adalah tentang iklan. 
  • Event : suatu agenda, kegiatan atau festival tertentu yang menunjukkan, menampilkan dan merayakan untuk memperingati hal-hal penting yang diselenggarakan pada waktu tertentu dengan tujuan mengomunikasikan pesan-pesan kepada pengunjung. 
  • Media :  Media juga dapat diartikan sebagai suatu bentuk dan saluran yang dapat digunakan dalam suatu proses penyajian informasi. 
  • Media Promosi : Alat umtuk mempromosikan suatu produk. 
  • Point of Sale : Tempat pelanggan melakukan pembaayaran untuk barang/jasa, dan dimana pajak penjualan dapat dibayarkan. 
  • Promosi : Kegiatan yang dilakukan untuk menyampaikan suatu pesan tertentu tentang produk baik barang atau jasa, merek dagang atau perusahaan dan lain sebagainya kepada konsumen sehingga dapat membantu pemasaran meningkatkan penjualan. 
  • Sponsorship :Suatu dukungan finansial dari suatu perusahaan kepada suatu organisasi, seseorang, atau aktivitas yang ditukar dengan publisitas dari sebuah merk dan juga suatu hubungan. 
  • Strategi Promosi : Suatu rencana yang diciptakan dengan tujuan untuk mengadakan peningkatan permintaan dari klien atau konsumen mengenai suatu produk barang dan jasa. 
  • Teknik Promosi : teknik yang digunakan untuk mengenalkan dan menawarkan produk atau jasa kepada calon konsumen untuk membeli atau menggunakan produk/jasa yang ditawarkan. 
  • Trade Promotion : kegiatan pemasaran dan insentif yang ditawarkan oleh brand dan pedagang grosir kepada pelanggan bisnis mereka. 

A. Tujuan Pembelajaran 

Setelah mempelajari modul ini, kalian dapat: 
  1. Menjelaskan pengertian media promosi 
  2. Menganalisis tujuan media promosi produk kerajinan 
  3. Menyebutkan bentuk-bentuk media promosi 

B. Uraian Materi 

1. Promosi 

Promosi adalah kegiatan yang dilakukan untuk menyampaikan suatu pesan tertentu tentang produk baik barang atau jasa, merek dagang atau perusahaan dan lain sebagainya kepada konsumen sehingga dapat membantu pemasaran meningkatkan penjualan. 

Philip Kotler (1997, 142) mendefinisikan promosi sebagai suatu kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk mengkomunikasikan manfaat dari produknya dan untuk meyakinkan konsumen agar membeli. 
 
Julian Cummins (1991, 11) mendefinisikan promosi sebagai serangkaian teknik yang digunakan untuk mencapai sasaran penjualan atau pemasaran dengan menggunakan biaya yang efektif, dengan memberikan nilai tambah pada produk atau jasa baik kepada perantara atau pemakai langsung. Biasanya tidak dibatasi dalam jangka waktu tertentu Menurut Anton Tejakusuma (dalam Mega Super Salesman, 2010) promosi merupakan sebuah tindakan yang bertujuan untuk meningkatkan penjualan, juga sebagai strategi untuk mengajak prospek melalui transaksi. 

Dari ketiga pengertian tersebut, dapat disimpulkan bahwa kegiatan promosi tidak hanya berfungsi sebagai alat komunikasi antara perusahaan dan konsumen, melainkan sebuah alat untuk mempengaruhi dalam kegiatan pembelian sesuai dengan keinginan dan kebutuhannya. Hal- hal tersebut dapat dicapai dengan menggunakan alat-alat promosi. 

2. Media Promosi 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, media adalah alat (sarana) komunikasi seperti koran, majalah, radio, televisi, film, poster dan spanduk. Secara etimologi kata media merupakan bentuk jamak dari medium yang berasal dari bahasa latin medius yang berarti tengah. Dari pengertian tersebut maka media promosi adalah cara yang dilakukan oleh pengusaha dalam menyampaikan, menyebarkan, dan menawarkan produk atau jasa yang dijualnya supaya calon konsumen tertarik untuk membeli. Media juga dapat diartikan sebagai suatu bentuk dan saluran yang dapat digunakan dalam suatu proses penyajian informasi.  
 
Menurut Kasali, media periklanan dibagi menjadi dua yaitu:  
a. Media lini atas (Above the Line) terdiri dari iklan-iklan yang dimuat dalam media cetak, media elektronik, (televisi, radio, bioskop) serta media luar ruang (papan reklame dan angkutan), sifat diatas garis (above the line ) merupakan media yang tak langsung mengenai audiensi, karena terbatas pada penerimaan audiens media.  

ATL memiliki ciri ciri sebagai berikut:  
  • Target audiens yang luas  
  • Lebih mudah untuk menjelaskan sebuah konsep dan ide  
  • Tidak ada interaksi langsung dengan audiens  
  • Media yang digunakan adalah tv, radio, majalah, Koran, tabloid, billboard  
  • Biaya produksi lebih kecil daripada tayang. 
b. Media Lini Bawah (Below The Line) terdiri dari seluruh aspek yang berkaitan dengan  direct mail, pameran, point of sale display material, calendar, agenda, gantungan kunci,  Media Lini bawah merupakan media yang lansung mengena pada audiens karena sifatnya yang memudahkan audiensi langsung menyerap satu produk atau pesan.  

Media BTL memiliki ciri ciri sebagai berikut.  
  • Target audiensi terbatas 
  • Media atau kegiatan memberikan audiens kesempatan untuk merasakan, menyentuh atau interaksi, bahkan langsung melakukan pembelian.  
  • Media yang digunakan event, sponsorship, sampling, point of sale, materials, consumer promotion, trade promotion dan lain lain 
  • Biaya produksi lebih besar dari pada tayang Dalam promosi sering disebut adanya media primer dan media sekunder.  
Media primer adalah media yang diutamakan dalam sebuah promosi sedangkan media sekunder adalah media yang sifatnya menunjang atau melengkapi. Sehingga berbeda dengan media ATL dan BTL Contohnya televisi bisa menjadi media sekunder bila ternyata brosur dan event lebih efektif dijadikan media primer, begitu pula sebaliknya.  
 
Selain ATL dan BTL kini sudah berkembang media baru yang melintas dua media tersebut yaitu TTL (Through The Line) TTL mencangkup penyempurnaan komunikasi media massa dan non media massa, sehingga melintas media biasanya media promosi ini disebut sebagai media promosi online.  
 
TTL dapat digolongkan sebagai media baru. Contohnya: media luar ruang, video, media interaktif digital, web-banner dan jejaring sosial, salah satu yang termasuk dalam TTL ini adalah ambient, media yang memanfaatkan ruang umum sebagai media yang berpotensi mempengaruhi target secara langsung, media di ruang maya ataupun ambient media sulit dikategorikan pada ATL atau BTL, bahkan tidak ada kategorinya. Ambient media tidak mengiklankan frekuensi tayang, namun mengintegrasikan konstruksi, ergonomic, interaktifitas, sangat berbeda dari media konvensional lainnya.  

3. Tujuan Media Promosi  

Orang melakukan promosi untuk mencapai suatu tujuan tertentu, adapun tujuan promosi berdasarkan rangkuman dari berbagai sumber adalah: 
  • Untuk memperkenalkan atau menyampaikan informasi suatu produk kepada calon konsumen yang potensial 
  • Untuk mendapatkan konsumen baru dan untuk menjaga loyalitas konsumen tersebut 
  • Untuk menaikkan penjualan serta laba/keuntungan 
  • Untuk membedakan dan mengunggulkan produknya dibandingkan dengan produk competitor 
  • Untuk branding atau membentuk citra produk di mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan 
  • Untuk merubah tingkah laku dan pendapat konsumen tentang suatu produk 
 
Sedangkan menurut Boone dan Kurtz (2002: 134) tujuan promosi adalah sebagai berikut:  
  1. Menyediakan informasi ini merupakan tujuan strategi promosi yang dilakukan oleh perusahaan hanya menyebabkan informasi yang memberitahukan calon pembeli tentang produk atau jasa yang akan dipasarkan. 
  2. Tujuan dari promosi ini adalah mendiferensiasikan produk atau tujuan jasa perusahaan dengan produk atau jasa pesaing. Dengan jasa mengaplikasikan konsep yang disebut positioning. Pemasar berupaya meraih tempat didalam benak konsumen, maksudnya yaitu mengomunikasikan perbedaan-perbedaan signifikan mengenai atribut, harga, kualitas, atau manfaat dari produk atau jasa konsumen. 
  3. Tujuan paling umum menaikkan omset penjualan dari strategi promosi. Seperti yang telah dikemukakan sebelumnya, beberapa strategi berkonsentrasi pada merangsang permintaan primer walaupun sebagian menstabilkan penjualan.  
  4. Menstabilkan penjualan Stabilitasi penjualan adalah tujuan lain dari promosi, perusahaan biasanya mempromosikan konten penjualan selama periode penurunan penjualan, dan memotivasi tenaga penjualan dengan menawarkan hadiah-hadiah seperti liburan, televisi, dan beasiswa kepada mereka yang meraih target tertentu. 
  5. Menonjolkan nilai produk sejumlah promosi diajukan untuk menonjolkan nilai produk dengan menjelaskan manfaat-manfaat kepemilikan dari produk yang kurang dikenal pembeli. Berdasarkan tujuan-tujuan dari promosi yang telah diuraikan oleh para ahli, fokus utama dari promosi adalah terhadap produk akhir yang terdapat dalam sebuah perusahaan. 

4. Bentuk-bentuk media promosi 

Informasi dari mulut ke mulut (Word of Mouth) 

Informasi dari mulut ke mulut merupakan teknik promosi melalui percakapan dari seseorang kepada orang lain untuk menyebarkan informasi dimaksud. Dalam hal ini peranan orang sangat penting dalam mempromosikan barang/jasa. Pelanggan sangat dekat dengan penyampaian jasa. 

Dengan kata lain, pelanggan tersebut akan berbicara dengan pelanggan lain yang berpotensial tentang pengalaman dalam menerima jasa tersebut, sehingga informasi dari mulut ke mulut ini sangat besar pengaruhnya dan dampaknya terhadap pemasaran jasa dibandingkan dengan aktivitas komunikasi lainnya. 

Promosi dari mulut ke mulut ini banyak digunakan oleh para pelaku bisnis karena murah dan tanpa biaya dan dapat dikatakan sangat efektif. Promosi dari mulut-ke mulut memang bisa diiklankan, untuk itu perlu diikuti dengan kualitas yang baik. Jangan sampai pelanggan yang datang kecewa karena apa yang mereka rasakan tidak sama dengan informasi yang diterima. Usahakan untuk membuat para konsumen puas sehingga mereka kembali membeli dan menceritakan kepada teman lainnya. 
 
Pemasaran Langsung (Direct Marketing) 

Pemasaran langsung merupakan bentuk promosi dengan cara memasarkan barang/jasa secara langsung agar mendapat tanggapan secara langsung juga dari para konsumen. Pemasaran langsung tidak harus bertatap muka secara langsung tetapi pemasaranya ditujukan secara langsung kepada seseorang. 
Pemasaran langsung ini bisa melalui penggunaan surat, telepon, faksimil, email dan alat penghubung nonpersonal lain untuk berkomunikasi secara langsung dengan atau mendapatkan tanggapan langsung dari pelanggan dan calon pelanggan tertentu. 
 
Iklan (Advertising) 

Iklan adalah Setiap bentuk presentasi dan promosi non personal atas ide, barang atau jasa oleh sponsor tertentu dengan menggunakan media tertentu. John D. Burke (1980:9) mengartikan advertising sebagai ..Is a sales message directed at a mass audience that seeks through, persuation to sell goods, services or ideas on behalf of the paying sponsore sedang John W. Kennedy mengartikan advertisng sebagai salesmanshif  in print. 

Media yang sering digunakan untuk periklanan atau advertising bisa melalui surat kabar, majalah, direct email, televisi, radio, bioskop, papan reklame, car card, lampu-lampu, katalog, telephon dan sebagainya. Iklan sering muncul tergantung pada tipe dan daya tarik yang diakibatkan oleh iklan tersebut. 
 
Hubungan Masyarakat (Public Relation) 

Public Relation atau hubungan masyarakat adalah berbagai program untuk mempromosikan dan melindungi citra perusahaan atau produknya. Daya tarik hubungan masyarakat didasarkan pada tiga sifat khusus: 
  1. Kredibilitas yang tinggi: Masyarakat pada umumnya lebih mempercayai cerita atau kabar atau gambaran perusahaan dari pada apa yang dia lihat pada iklan; 
  2. Kemampuan menangkap pembeli yang tidak dibidik sebelumnya: Hubungan masyarakat dapat menjangkau banyak calon pembeli terutama bagi para pembeli yang cenderung menghindari wiraniaga dan iklan; 
  3. Dramatisasi: Hubungan masyarakat memiliki kemampuan untuk mendramatisasi suatu perusahaan atau produk. Hal ini dapat membangun kepercayaan publik. 
Kewiraniagaan (Personal Selling). 

Kewiraniagaan atau juga disebut Personal Selling adalah presentasi langsung dalam suatu percakapan dengan satu atau lebih calon pembeli, dengan maksud untuk mendapatkan penjualan. Kewiraniagaan merupakan unsur terpenting kedua bagi eksekutif untuk menentukan perpaduan promosinya dalam mendapatkan pesanan. 
 
Promosi Konsumen (Hadiah, Perlombaan dan Penawaran Kombinasi) 

Promosi konsumen ini bertujuan untuk mendapatkan dampak yang cepat ditempat pembelian, barangkali bersama dengan satu atau lebih sasaran yang mendasarinya. Pemakaian promosi konsumen ini sangat kontroversial. Jelaslah bahwa kebutuhan akan rangsangan yang kuat dalam program promosi itu bergantung pada apakah tanggapan pembeli dini (early buying respone) dapat atau tidak dapat diharapkan dari gabungan dampak iklan konsumen, kewiraniagaan dan promosi dealer. 

Jadi promosi konsumen itu adalah alat praktis jangka pendek yang bertujuan untuk merangsang tanggapan yang segera ditempat pembelian. Jika diterapkan dalam keadaan yang tepat, bersama–sama dengan unsur–unsur lain dalam perpaduan promosi, maka penggunaannya dapat memberikan hasil dalam jangka waktu pendek. Akan tetapi, manfaat jangka panjang dari pemakaian promosi adalah lebih sulit. 
 
Promosi Penjualan  

Sales Promotion merupakan bentuk promosi selain iklan, personal selling maupun publisitas yang memiliki berbagai bentuk kegiatan. Promosi penjualan merupakan unsur ketiga yang dimaksudkan ke dalam perpaduan penjualan oleh banyak manufaktur dalam usahanya mendapatkan pesanan. 
Promosi penjualan meliputi berbagai jenis iklan, etalase dan pameran interior, demonstrasi produk, perlombaan konsumen, pemberian hadiah, penggunaan kombinasi penawaran, pembagian contoh cuma–cuma dan aktivitas–aktivitas lain yang bertujuan meningkatkan penjualan suatu merek produk tertentu. 
 
Pameran dan Eksibisi 

Pameran merupakan suatu bentuk dalam usaha jasa pertemuan yang mempertemukan antara produsen dan pembeli namun pengertian pameran lebih jauh adalah suatu kegiatan promosi yang dilakukan oleh suatu produsen, kelompok, organisasi, perkumpulan tertentu dalam bentuk menampilkan display produk kepada calon relasi atau pembeli. Adapun macam pameran itu adalah: show, exhibition, expo, pekan raya, fair, bazaar dan pasar murah. Ruang untuk setiap peserta pameran disebut stan atau boat yang dibagikan dan diatur oleh panitia penyelenggara. 
  

C. Rangkuman 

  1. Promosi adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk menyampaikan suatu pesan tertentu tentang produk baik barang atau jasa, merek dagang atau perusahaan dan lain sebagainya kepada konsumen sehingga dapat membantu pemasaran meningkatkan penjualan. 
  2. Media promosi terbagi atas 3 jenis yaitu media lini atas (ATL), media lini bawah (BTL) dan TTL (media promosi online) 
  3. Promosi mempunyai tujuan utama yaitu produsen atau distributor akan mendapatkan kenaikan angka penjualan dan meningkatkan profit atau keuntungan. 
  4. Bentuk-bentuk media promosi terdapat terbagi atas 8 hal, yaitu: 
    • Informasi dari mulut ke mulut 
    • Pemasaran langsung 
    • Iklan 
    • Promosi Public Relation 
    • Personal Silling 
    • Promosi Konsumen 
    • Promosi Penjualan 
    • Promosi Pameran 
  5. Penugasan Mandiri  
    • Carilah informasi dari buku, internet, maupun dari pengusaha yang ada di daerahmu tentang strategi promosi yang dilakukan. 
    • Pelajari bentuk strategi tersebut tersebut, dan buatlah dalam bentuk deskripsi atau gambaran mengenai jenis usaha, produk yang dihasilkan kemudian strategi promosi yang digunakan. 

E. Latihan Soal 

  1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan promosi! 
  2. Jelaskan apa yang dimaksud dengan media promosi! 
  3. Sebutkan tujuan diperlukan suatu media untuk mempromosikan sebuah produk! 
  4. Sebutkan beberapa bentuk media promosi! 
  5. Jelaskan perbedaan antara media promosi secara offline dan online! 
KUNCI JAWABAN LATIHAN SOAL KEGIATAN PEMBELAJARAN 1 
 
  1. Promosi adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk menyampaikan suatu pesan tertentu tentang produk baik barang atau jasa, merek dagang atau perusahaan dan lain sebagainya kepada konsumen sehingga dapat membantu pemasaran meningkatkan penjualan. 
  2. Media promosi adalah cara yang dilakukan oleh pembisnis dalam menyampaikan, menyebarkan, dan menawarkan produk atau jasa yang dijualnya supaya calon konsumen tertarik untuk membeli. 
  3. Tujuan media promosi yaitu: 
    • Untuk memperkenalkan atau menyampaikan informasi suatu produk kepada calon konsumen yang potensial 
    • Untuk mendapatkan konsumen baru dan untuk menjaga loyalitas konsumen tersebut 
    • Untuk menaikkan penjualan serta laba/keuntungan 
    • Untuk membedakan dan mengunggulkan produknya dibandingkan dengan produk competitor 
    • Untuk branding atau membentuk citra produk di mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan 
    • Untuk merubah tingkah laku dan pendapat konsumen tentang suatu produk 
  4. Bentuk-bentuk media promosi, yaitu: 
    1. Informasi dari mulut ke mulut 
    2. Pemasaran langsung 
    3. Iklan 
    4. Promosi Public Relation 
    5. Personal Selling 
    6. Promosi Konsumen 
    7. Promosi Penjualan 
    8. Promosi Pameran 
  5. Perbedaan antara media promosi online dengan offline: 
  6. Target konsumen pemasaran online dan offline memiliki jangkauan  berbedabeda, berikut ini penjelasannya: 
    • Offline: Untuk menjual suatu produk biasanya konsumen yang butuh produk datang ke toko. Umumnya, toko offline hanya bisa melayani konsumen pada daerah tertentu saja. Untuk menarik konsumen, toko offline yang kecil akan membagikan brosur kepada calon konsumen. 
    • Online: dikarenakan strategi pemasaran dilakukan secara online menggunakan digital marketing, jadi jangkauan konsumen online lebih luas dibanding offline. Bahkan, untuk bisnis online ini konsumennya bisa mencapai luar kota atau bahkan luar pulau. Sehingga kesempatan untuk memperoleh keuntungan juga  lebih besar. 

F. Penilaian Diri 

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jujur dan bertanggung jawab! 


Bila ada jawaban "Tidak", maka segera lakukan review pembelajaran, terutama pada bagian yang masih "Tidak". Bila semua jawaban "Ya", maka Kalian dapat melanjutkan ke pembelajaran berikutnya. 

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Materi Pengertian, Tujuan Dan Bentuk Media Promosi Mapel Prakarya kelas 12 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!! 

#
Pengertian, Tujuan Dan Bentuk Media Promosi  File ini dalam Bentuk .pdf File Size 74Kb
Diupload oleh www.bospedia.com

    Pencarian yang paling banyak dicari
    • tujuan promosi adalah
    • media promosi adalah
    • pengertian promosi
    • tujuan promosi penjualan
    • jenis-jenis media promosi
    • jenis-jenis promosi dan contohnya
    • contoh jenis promosi
    • strategi promosi adalah
    Post a Comment

    Post a Comment