ZCgRxn24sMSt1P8PT34NVVluf7C7ODQ8eSh7SrtI
Bookmark

10 Aplikasi Matematika yang Populer di Indonesia

10 Aplikasi Matematika yang Populer di Indonesia - Matematika adalah salah satu mata pelajaran yang seringkali menjadi momok bagi sebagian siswa. Namun, dengan adanya teknologi, belajar matematika menjadi lebih mudah dan menyenangkan. 

10 Aplikasi Matematika yang Populer di Indonesia
10 Aplikasi Matematika yang Populer di Indonesia

Berikut adalah 10 aplikasi matematika yang populer di Indonesia:

1. Photomath

Photomath adalah sebuah aplikasi matematika yang populer di Indonesia. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk memindai persamaan matematika menggunakan kamera ponsel dan memberikan solusinya secara instan. Dengan Photomath, pengguna tidak perlu lagi repot-repot mengetik persamaan matematika secara manual, cukup mengarahkan kamera ponsel ke persamaan matematika dan aplikasi ini akan memberikan solusinya dalam hitungan detik.

Selain memberikan solusi, Photomath juga dilengkapi dengan fitur penjelasan langkah demi langkah sehingga pengguna dapat memahami cara penyelesaiannya. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur grafik, sehingga pengguna dapat melihat grafik dari persamaan matematika yang telah dimasukkan.

Photomath tidak hanya dapat digunakan untuk persamaan matematika sederhana, tetapi juga untuk persamaan matematika yang lebih kompleks, seperti persamaan diferensial, persamaan integral, dan persamaan kalkulus. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur untuk menghitung fungsi trigonometri dan logaritma.

Photomath tersedia secara gratis di Google Play Store dan App Store. Namun, ada juga versi premium yang dilengkapi dengan fitur tambahan, seperti pengenalan tulisan tangan dan video tutorial. Aplikasi ini sangat cocok digunakan oleh siswa, mahasiswa, dan orang dewasa yang ingin belajar matematika dengan mudah dan cepat.

2. Mathway

Mathway adalah sebuah aplikasi matematika yang populer di Indonesia. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk memecahkan berbagai macam jenis persamaan matematika, seperti persamaan aljabar, trigonometri, kalkulus, dan lain sebagainya. Dengan Mathway, pengguna dapat memperoleh solusi lengkap dari berbagai macam jenis persamaan matematika hanya dengan memasukkan persamaan tersebut ke dalam aplikasi.

Selain memberikan solusi, Mathway juga dilengkapi dengan fitur penjelasan langkah demi langkah sehingga pengguna dapat memahami cara penyelesaiannya. Pengguna juga dapat memilih jenis masalah matematika yang ingin dipecahkan dan memilih tingkat kesulitan.

Mathway juga dilengkapi dengan fitur pencarian jawaban sehingga pengguna dapat menemukan jawaban dari pertanyaan yang telah ditanyakan sebelumnya. Selain itu, aplikasi ini juga dapat digunakan sebagai kalkulator untuk menghitung berbagai macam jenis persamaan matematika.

Mathway tersedia secara gratis di Google Play Store dan App Store. Namun, ada juga versi premium yang dilengkapi dengan fitur tambahan, seperti penjelasan yang lebih detail dan fitur untuk menghapus iklan. Aplikasi ini sangat cocok digunakan oleh siswa, mahasiswa, dan orang dewasa yang ingin belajar matematika dengan mudah dan cepat.

3. Khan Academy

Khan Academy adalah sebuah platform pembelajaran daring yang menyediakan video pembelajaran berbagai macam mata pelajaran, termasuk matematika, sains, sejarah, dan banyak lagi. Khan Academy didirikan oleh Salman Khan pada tahun 2008 dan saat ini telah menjadi salah satu platform pembelajaran daring yang paling populer di dunia.

Dalam kategori matematika, Khan Academy menyediakan video pembelajaran dari dasar hingga tingkat lanjutan, mulai dari aritmatika, aljabar, trigonometri, kalkulus, dan lain sebagainya. Video pembelajaran Khan Academy sangat lengkap dan dilengkapi dengan penjelasan yang mudah dipahami oleh siswa.

Selain video pembelajaran, Khan Academy juga dilengkapi dengan latihan soal dan ujian online. Latihan soal ini akan membantu siswa untuk menguji kemampuan matematikanya dan memperdalam pemahaman matematikanya. Ujian online juga tersedia untuk menguji kemampuan siswa secara keseluruhan pada topik matematika tertentu.

Khan Academy dapat diakses secara gratis dan tanpa batas waktu. Siswa dapat belajar matematika kapan saja dan di mana saja dengan menggunakan Khan Academy. Selain itu, Khan Academy juga memungkinkan siswa untuk belajar secara mandiri, sehingga siswa dapat belajar matematika sesuai dengan kecepatan belajarnya.

Khan Academy juga menyediakan aplikasi mobile yang dapat diunduh di Google Play Store dan App Store. Dengan aplikasi mobile, siswa dapat belajar matematika di mana saja dan kapan saja menggunakan ponsel pintar atau tablet. Aplikasi mobile Khan Academy juga dilengkapi dengan fitur untuk mengikuti perkembangan belajar siswa dan memberikan rekomendasi materi yang cocok untuk siswa.

4. Brainly

Brainly adalah sebuah platform pendidikan daring yang memungkinkan siswa untuk berdiskusi dan bertanya jawab seputar berbagai macam mata pelajaran, termasuk matematika, sains, sejarah, bahasa, dan banyak lagi. Brainly didirikan pada tahun 2009 dan saat ini telah menjadi salah satu platform pendidikan daring yang paling populer di dunia.

Dalam kategori matematika, Brainly memungkinkan siswa untuk bertanya jawab seputar berbagai macam topik matematika, mulai dari aritmatika, aljabar, trigonometri, kalkulus, dan lain sebagainya. Siswa dapat bertanya jawab seputar rumus matematika, soal matematika, dan konsep matematika yang sulit dipahami.

Brainly dilengkapi dengan fitur pencarian jawaban sehingga siswa dapat menemukan jawaban dari pertanyaan yang telah ditanyakan sebelumnya. Selain itu, Brainly juga memungkinkan siswa untuk berdiskusi dan berkolaborasi dengan pengguna lainnya dalam memecahkan masalah matematika.

Brainly dapat diakses secara gratis dan tanpa batas waktu. Siswa dapat bergabung dengan komunitas Brainly dan belajar matematika secara mandiri atau berkolaborasi dengan pengguna lainnya dalam memecahkan masalah matematika.

Brainly juga tersedia dalam bentuk aplikasi mobile yang dapat diunduh di Google Play Store dan App Store. Dengan aplikasi mobile, siswa dapat mengakses Brainly di mana saja dan kapan saja menggunakan ponsel pintar atau tablet. Aplikasi mobile Brainly juga dilengkapi dengan fitur notifikasi sehingga siswa dapat mengetahui jawaban dari pertanyaan yang telah diajukan dan berpartisipasi dalam diskusi sepanjang waktu.

5. Symbolab

Symbolab adalah sebuah aplikasi matematika yang populer di Indonesia. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk memecahkan berbagai macam jenis persamaan matematika, seperti persamaan aljabar, trigonometri, kalkulus, dan lain sebagainya. Dengan Symbolab, pengguna dapat memperoleh solusi lengkap dari berbagai macam jenis persamaan matematika hanya dengan memasukkan persamaan tersebut ke dalam aplikasi.

Selain memberikan solusi, Symbolab juga dilengkapi dengan fitur penjelasan langkah demi langkah sehingga pengguna dapat memahami cara penyelesaiannya. Pengguna juga dapat memilih jenis masalah matematika yang ingin dipecahkan dan memilih tingkat kesulitan.

Symbolab juga dilengkapi dengan fitur untuk membuat grafik persamaan matematika secara online. Pengguna dapat melihat grafik dari persamaan matematika yang telah dimasukkan dan memodifikasi grafik tersebut sesuai dengan kebutuhan.

Symbolab tersedia secara gratis di Google Play Store dan App Store. Namun, ada juga versi premium yang dilengkapi dengan fitur tambahan, seperti pengenalan tulisan tangan dan video tutorial. Aplikasi ini sangat cocok digunakan oleh siswa, mahasiswa, dan orang dewasa yang ingin belajar matematika dengan mudah dan cepat. Selain itu, Symbolab juga dapat digunakan oleh para profesional dalam bidang matematika, seperti insinyur dan ilmuwan.

6. Desmos

Desmos adalah sebuah aplikasi grafik matematika yang populer di Indonesia. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk membuat grafik persamaan matematika secara online. Dengan Desmos, pengguna dapat memvisualisasikan persamaan matematika dengan mudah dan cepat.

Desmos dilengkapi dengan fitur untuk membuat grafik persamaan matematika dalam berbagai macam format, seperti persamaan aljabar, fungsi trigonometri, dan kalkulus. Pengguna dapat memilih tipe grafik yang ingin dibuat dan memodifikasi grafik tersebut sesuai dengan kebutuhan.

Selain membuat grafik, Desmos juga dilengkapi dengan fitur untuk memecahkan persamaan matematika. Pengguna dapat memasukkan persamaan matematika dan Desmos akan memberikan solusi secara instan. Selain itu, Desmos juga dilengkapi dengan fitur untuk membuat animasi grafik, sehingga pengguna dapat membuat grafik yang dinamis dan menarik.

Desmos tersedia secara gratis di Google Play Store dan App Store. Aplikasi ini sangat cocok digunakan oleh siswa, mahasiswa, dan orang dewasa yang ingin memvisualisasikan persamaan matematika dengan mudah dan cepat. Selain itu, Desmos juga dapat digunakan oleh para profesional dalam bidang matematika, seperti insinyur dan ilmuwan.

7. Wolfram Alpha

Wolfram Alpha adalah sebuah mesin pencari pengetahuan yang populer di Indonesia. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk mencari informasi seputar berbagai macam topik, termasuk matematika, sains, teknologi, dan banyak lagi. Dalam kategori matematika, Wolfram Alpha dapat digunakan untuk memecahkan berbagai macam jenis persamaan matematika, seperti persamaan aljabar, trigonometri, kalkulus, dan lain sebagainya.

Selain memecahkan persamaan matematika, Wolfram Alpha juga dilengkapi dengan fitur untuk membuat grafik persamaan matematika secara online. Pengguna dapat melihat grafik dari persamaan matematika yang telah dimasukkan dan memodifikasi grafik tersebut sesuai dengan kebutuhan.

Wolfram Alpha juga dilengkapi dengan fitur untuk mencari informasi seputar konsep matematika, seperti definisi, teorema, dan rumus matematika. Pengguna dapat memasukkan konsep matematika yang ingin dicari dan Wolfram Alpha akan memberikan informasi secara lengkap.

Wolfram Alpha tersedia secara gratis dan berbayar. Versi gratis memungkinkan pengguna untuk mencari informasi seputar berbagai macam topik, sedangkan versi berbayar dilengkapi dengan fitur tambahan, seperti solusi persamaan matematika yang lebih lengkap dan fitur untuk mengakses data dan informasi yang lebih canggih.

Wolfram Alpha sangat cocok digunakan oleh siswa, mahasiswa, dan orang dewasa yang ingin mencari informasi seputar matematika dengan mudah dan cepat. Selain itu, Wolfram Alpha juga dapat digunakan oleh para profesional dalam bidang matematika, seperti insinyur dan ilmuwan.

8. MathPapa

MathPapa adalah sebuah aplikasi matematika yang populer di Indonesia. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk memecahkan berbagai macam jenis persamaan matematika, seperti persamaan aljabar, trigonometri, kalkulus, dan lain sebagainya. Dengan MathPapa, pengguna dapat memperoleh solusi lengkap dari berbagai macam jenis persamaan matematika hanya dengan memasukkan persamaan tersebut ke dalam aplikasi.

Selain memberikan solusi, MathPapa juga dilengkapi dengan fitur penjelasan langkah demi langkah sehingga pengguna dapat memahami cara penyelesaiannya. Pengguna juga dapat memilih jenis masalah matematika yang ingin dipecahkan dan memilih tingkat kesulitan.

MathPapa juga dilengkapi dengan fitur untuk membuat grafik persamaan matematika secara online. Pengguna dapat melihat grafik dari persamaan matematika yang telah dimasukkan dan memodifikasi grafik tersebut sesuai dengan kebutuhan.

MathPapa tersedia secara gratis di Google Play Store dan App Store. Namun, ada juga versi premium yang dilengkapi dengan fitur tambahan, seperti pengenalan tulisan tangan dan video tutorial. Aplikasi ini sangat cocok digunakan oleh siswa, mahasiswa, dan orang dewasa yang ingin belajar matematika dengan mudah dan cepat. Selain itu, MathPapa juga dapat digunakan oleh para profesional dalam bidang matematika, seperti insinyur dan ilmuwan.

9. Mathspace.

Mathspace adalah sebuah platform pembelajaran matematika daring yang populer di Indonesia. Aplikasi ini menyediakan materi pembelajaran matematika dari tingkat dasar hingga tingkat lanjutan, termasuk aritmatika, aljabar, trigonometri, kalkulus, dan banyak lagi. Mathspace dilengkapi dengan video pembelajaran, latihan soal interaktif, dan fitur penilaian otomatis.

Dalam kategori matematika, Mathspace menyediakan video pembelajaran dari dasar hingga tingkat lanjutan, mulai dari aritmatika, aljabar, trigonometri, kalkulus, dan lain sebagainya. Video pembelajaran Mathspace sangat lengkap dan dilengkapi dengan penjelasan yang mudah dipahami oleh siswa.

Selain video pembelajaran, Mathspace juga dilengkapi dengan latihan soal interaktif yang disesuaikan dengan kemampuan siswa. Latihan soal ini akan membantu siswa untuk menguji kemampuan matematikanya dan memperdalam pemahaman matematikanya. Setiap jawaban yang salah akan diberikan penjelasan dan solusi yang jelas sehingga siswa dapat memperbaiki kesalahan mereka.

Mathspace juga dilengkapi dengan fitur penilaian otomatis yang akan memberikan nilai dan umpan balik untuk setiap latihan soal yang telah selesai dikerjakan oleh siswa. Fitur ini akan membantu siswa untuk mengetahui kelemahan mereka dan memperbaikinya di masa mendatang.

Mathspace tersedia secara gratis dan berbayar. Versi gratis menyediakan materi pembelajaran matematika yang dasar, sedangkan versi berbayar menyediakan materi pembelajaran matematika yang lebih lengkap dan canggih. Aplikasi ini sangat cocok digunakan oleh siswa, mahasiswa, dan orang dewasa yang ingin memperdalam pemahaman matematika dengan mudah dan cepat.

10. Socratic

Socratic adalah sebuah aplikasi belajar yang memungkinkan pengguna untuk menemukan jawaban dan pemahaman seputar berbagai macam topik, termasuk matematika, sains, sejarah, bahasa Inggris, dan banyak lagi. Dalam kategori matematika, Socratic dapat digunakan untuk memecahkan berbagai macam jenis persamaan matematika, seperti persamaan aljabar, trigonometri, kalkulus, dan lain sebagainya.

Socratic menggunakan teknologi pengenalan gambar dan teks untuk membantu pengguna menemukan jawaban dan pemahaman seputar konsep matematika. Pengguna cukup memotret soal matematika yang sulit dipahami atau mengetikkan pertanyaan yang ingin dicari jawabannya, dan Socratic akan memberikan solusi lengkap beserta penjelasan yang mudah dipahami.

Selain memberikan solusi, Socratic juga dilengkapi dengan fitur penjelasan langkah demi langkah sehingga pengguna dapat memahami cara penyelesaiannya. Pengguna juga dapat memilih jenis masalah matematika yang ingin dipecahkan dan memilih tingkat kesulitan.

Socratic tersedia secara gratis di Google Play Store dan App Store. Aplikasi ini sangat cocok digunakan oleh siswa, mahasiswa, dan orang dewasa yang ingin mencari jawaban seputar matematika dengan mudah dan cepat. Selain itu, Socratic juga dapat digunakan oleh para profesional dalam bidang matematika, seperti insinyur dan ilmuwan.

Itulah 10 aplikasi matematika yang populer di Indonesia. Dengan adanya aplikasi matematika, belajar matematika menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Namun, aplikasi matematika tidak boleh dijadikan satu-satunya sumber belajar. Sebaiknya, siswa juga harus rajin berlatih soal dan meminta bantuan dari guru atau teman jika mengalami kesulitan.