Ayo Bangun Pagi Hari? Ada 10 Manfaat Menanti Kamu - Bukan.info

Bangun jam berapa hari ini?  Bangun pagi adalah suatu hal yang mungkin yang sulit dilakukan oleh sebagian orang. Pasti yang suka bangun jam 8 pagi, pasti sudah paham. Alasannya bemacam-macam mulai dari begadang, capek, dan masih mengantuk alasan yang sering diucapkan. Kasur adalah tempat paling nyaman saat pagi hari untuk bermalas-malasan. Apalagi kalau hujan turun, terasa lupa kalau ada berangkat sekolah, kuliah dan kerja jam 7.

Eitts.... Satu hal penting yang perlu kamu tahu. Kebanyakan orang sukses di dunia ini karena suka bangun pagi. Dikutip dari Okezon.com tahun 2012, Atik raih Ujian Nasional tertinggi se- Jawa Timur memiliki kebiasaan bangun pagi. Selain itu masih banyak contohnya,  Para pengusaha, presiden kebanyakan sukses karena bangun bagi, kita dapat melihat tokoh-tokoh hebat seperti Presiden Benyamin Flannklin, Presiden Barrack Obama, dan Soekarno pun suka bangun pagi.

Malu sama ayam.... kukuruyukk. Ayam aja rela bangun pagi hari untuk bangunin kita. Malah kita nggak merespon.  Kata sebagian orang, kalau tidak bangun pagi. Nanti rezekinya dipatuk sama ayam. Cuma bercanda loo. jangan serius amat.
Nahh mau sukses seperti Atik? Yuk kita simak Ayo Bangun Pagi Hari? Ada 10 Manfaat Menanti Kamu


1. Membuat Kreativitas Kamu, Semakin Terasah

1. Membuat Kreativitas Kamu, Semakin Terasah
Image Source https://www.flickr.com


Tau tidak, para penulis hebat kebanyakan penulis, novelis maupun wartawan suka menulis di pagi hari. Alasannya, karena pikirannya masih segar dan belum terkotaminasi sama polusi sehingga inspirasi dan kreativitas dapat mucul dengan cepat. Selain itu, waktu pagi hari saat paling tepat untuk membaca. Para pelajar dan cendikiawan yang sukses banyak memanfaatkan waktu subuh untuk membaca, materi bacaan dapat mudah dicerna dan masuk ke otak. Kala kamu belum melakukannya? Ayo coba, nanti biar seperti Atik yang meraih UN tertinggi.


2.  Dapat Mengisi Tenaga Kita dengan Sarapan

2.  Dapat Mengisi Tenaga Kita dengan Sarapan
Image Source smkn2-pas.sch.id

Beberapa alasan mengapa harus sarapan yaitu dapat meningkatkan metabolisme tubuh, berguna untuk menurunkan berat badan, meningkatkan konsentasi saat bekerja dan beraktivitas. Seseorang terkadang lupa untuk sarapan pagi atau memang sengaja tidak sarapan, karena waktunya sangat terbatas untuk mempersiapkan sarapan dan makan. Kalau saja bangun lebih awal, kita bisa masak walaupun hanya dengan susu dan roti. Sehingga kita memiliki cukup energi untuk beraktivitas di siang hari.

3. Waktu yang Tenang, Membuat Khusyuk Beribadah

3. Waktu yang Tenang, Membuat Khusyuk Beribadah
Image Source ceritaislami.net


Baribadah merupakan hal terpenting dalam kehidupan ini. Dengan bangun pagi kita dapat melakukan sholat tahajjut dan sholat subuh dengan tenang. Banyak manfaat yang di dapat selain berdampak positif terhadap kesehatan fisik dan jiwa, selain itu juaga dapat meningkatkan keimanan kita kepada Allah.


4. Olahraga, Membuat Hidup Semakin Produktif dan Aktif  


4. Olahraga, Membuat Hidup Semakin Produktif dan Aktif
Image Source newsth.com

Banyak manfaat yang diperoleh dari olahraga sendiri seperti meningkatkan metabolisme, menurunkan berat badan, melatih otot-otot, dan membuat tubuh kita menjadi lebih bertenaga. Banyak olahraga yang kamu lakukan di pagi hari misalnya jogging, bersepeda, meditasi dan lain-lainya. Udara yang masih sejuk akan membuat tubuh kita menjadi lebih bugar.


5.  Menikmati Indahnya Alam Ciptaan Tuhan

5.  Menikmati Indahnya Alam Ciptaan Tuhan
Image Source travel.detik.com


Pagi hari merupakan waktu yang tepat untuk melihat keindahan alam seperti Sunrise. Embun di pagi hari. Selain itu kita dapat mendengarkan ayam berkokok, burung yang berkicau.  Apabila kita bangun siang hari suasana itu akan menyambut kita. Suasana yang indah ini membuat pikiran kita lebih bisa berfikir positif dan rileks. Keindahan pagi membuat kita lebih bersyukur dan dapat melihat kebesaran Tuhan.

6. Tidak Terburu-buru, Tidak Perlu Takut Terkena Macet

6. Tidak Terburu-buru, Tidak Perlu Takut Terkena Macet
Image Source www.tribunnews.com


Kondisi jalan yang semakin memprihatinkan karena banyaknya kendaraan di pagi hari, banyak orang yang sering mempunyai alasan untuk terlambat bekerja, sekolah maupun kuliah. Aktivitas kita menjadi terganggu karena adanya masalah yang ini. Apabila kita bangun lebih awal, maka hal ini akan dapat dihindari. Kita lebih bisa berangkat pagi, saat dijalan akan membuat kita lebih santai dan sambil menikmati udara pagi. Pikiran kita tentu saja akan lebih bisa berfikir positif.


7.  Lingkungan Bersih, Pikiran Jadi Jernih

7.  Lingkungan Bersih, Pikiran Jadi Jernih
Image Source family.fimela.com


Kamar berantakan, cucian menumpuk, sampah berserakan itulah salah satu pemandangan pagi hari, rumah yang peghuninya tak suka bangun pagi. Iya nggak? Rasanya males banget kalau harus beres-beres rumah sementara kita harus bergegas untuk bekerja. Rasanya pulang beraktivitas aja semakin males. Masih kepikiran harus mencuci piring, menyapu, mencuci pakaian, dll. Dengan bangun lebih pagi kita dapat memanfaatkan waktu untuk menyelesaikan pekerjaan.



8.   Lebih lama untuk berekspresi

8.   Lebih lama untuk berekspresi
Image Source dewiyuhana.wordpress.com


Perempuan itu jiwa yang suka berdanda, tak kecuali para laki-laki masa kini yang harus merapikan rambut dengan model-model unik. Butuh waktu yang lama untuk mempersiapkan hal itu. Hal itu bukanlah hal yang tabu lagi, dan sudah menjadi kewajiban bagi pekerja kantoran maupun para artis. Namun karena bangun kesiangan, terkadang berdandan menjadi sebuah hambatan yang nyatanya akan mengahalangi kita terutama jika kita sedang dikejar- kejar waktu untuk bekerja. Maka untuk mengatasinya perlu  mengatur waktu di pagi hari.


9.   Kebersamaan Keluarga Semakin Erat

9.   Kebersamaan Keluarga Semakin Erat
Image Source family.fimela.com


Kondisi sosial saat ini, banyak pekerja yang harus dituntut mempunyai banyak target. Pergi pagi, pulang sore. Terkadang tak punya waktu hanya sekedar menyapa anaknya. Kebiasaan bangun pagi harus ditanamkan sejak dini. Akan membuat pekerja kantoran meluangkan waktu buat anaknya, walau hanya menyapa sebentar. Kalau tidak terburu-buru, bisa mengantar anak pergi ke sekolah bersama-sama. Hal itu dapat menumbuhkan kedekatan antara orang tua dan anak, sehingga hubungan keluarga akan semakin erat.


10. Tak Ada Alasan Lupa, Membawa Tugas

Image Source www.kaskus.co.id


Saat terburu-buru, pikiran kita akan semakin kacau. Konsentrasi akan melemah. Masih banyak ditemui di sekolah-sekolah banyak yang tugasnya lupa dibawa, kaos olahraga ketinggalan, dll. Hal ini tidak akan terjadi apabila kita menyiapkan segala sesuatu secara matang sejak pagi hari.