Apakah Ada Manfaatnya Memiliki Teman yang Baik? Inilah 3 Manfaat Memiliki Teman yang Baik - Bukan.Info

Memiliki teman yang baik adalah dambaan setiap orang. Bagaimana tidak? Sebagai makhluk sosial, tidaklah mungkin kita bisa hidup seorang diri, untuk memakai baju yang indah, berapa orang yang terlibat di dalamnya sehingga pakaian itu bisa kita kenakan? Pun begitu dalam kehidupan sehari-hari, kita membutuhkan teman yang mendukung dan menjadi partner dalam pekerjaan kita, pendidikan kita, dan dalam aspek kehidupan lainnya. Seseorang yang kita butuhkan untuk berbagi rasa, berbagi cerita dan sebagainya selain orang tua dan saudara kita. Bukan hanya kebaikan dunia yang kita butuhkan, tetapi yang terpenting adalah kebaikan di akhirat.

Nah, menurutmu Sobat, apa saja manfaat memiliki teman yang baik dilihat dari sisi akhirat? Pasti banyak seklai manfaatnya kan? Kali ini Bukan.Info ingin berbagi tentang Manfaat Memiliki Teman yang Baik yang kami dengar dari buku Mimbar Hidayah, ada banyak banget manfaatnya tetapi inilah 3 di antaranya:

1. Mendapat Naungan pada Hari Kiamat

Kenapa Perlu Mencari Teman yang Baik? Inilah 3 Manfaat Memiliki Teman yang Baik - Bukan.Info
image source: www.slideshare.net


Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya Allah, kelak pada hari kiamat berfirman, Di manakah orang-orang yang saling mencintai berdasarkan keagungan-Ku. Pada hari ini Aku menaungi mereka di bawah naungan-Ku, pada hari yang tiada naungan selain naungan-Ku (HR.Muslim)

Betapa beruntungnya kita bila berhasil menemukan sahabat baik semacam ini. Persahabatan yang dilandasi oleh iman dan ketakwaan kepada Allah. Di dunia menguntungkan dan di akhirat menghantarkan kita kepada naungan Allah di alam mahsyar ke pintu surga.

2. Mengalir Beraneka Keberuntungan


Kenapa Perlu Mencari Teman yang Baik? Inilah 3 Manfaat Memiliki Teman yang Baik - Bukan.Info
image source: hazelniez.wordpress.com

Sahabat baik senantiasa menguntungkan, sehingga digambarkan bak penjual  minyak wangi yang selalu menyenangkan, dengan hadiahnya, atau paling kurang mencium aroma harumnya. Sentuhan petuah dan nasihatnya selalu mengingatkan dan menyelamatkan Sobat dari kesalahan dan kesesatan.
Rasulullah SAW bersabda: “tolonglah saudaramu, ketika ia berbuat lalim atau didzalimi. Salah seorang sahaba bertanya, Wahai Rasulullah, wajar bila aku menolongnya ketika sedang didzalimi, akan tetapi ketka ia sedang berbuat kelaliman, bagaimana mungkin aku menolongnya? Rasulullah SAW menjawab, “engkau menghalanginya atau mencegahnya dari perbuatan lalim, karena dengan itu sejatinya engkau telah menolongnya.” (Muttafaqun ‘alaih)


3. Doa Baiknya Senantiasa Menyertai Anda


Kenapa Perlu Mencari Teman yang Baik? Inilah 3 Manfaat Memiliki Teman yang Baik - Bukan.Info
image source: ayokitabikinrame.blogpost.com


Sepanjang umur kita, suatu ajal pasti menjemput. Amalan kebajikan terputus dan Sobat harus menanggung balasa atau amalan, di dalam kubur hingga hari kiamat. Betapa bahagianya diri kita bila ternyata sahabat kita senantiasa mengalirkan pahala dan memanjatkan doa-doa kebaikan untuk kita. Raga kita telah terpisah dengannya, namun kasih saynag hatinya terus memancarkan sinarnya. Dan hatinya yang tulus mengalir doa, memintakan ketetapan dan ampunan untuk kita. Lisan mereka senantiasa berucap: “Wahai Tuhan Kami, ampunilah kami dan saudara-saudara kami yang telah mendahului kami dengan keimanan, dan jangn Engkau biarkan hati kami terpendam kedengkian kepada orang-orang beriman. Wahai Tuhan kami sesungguhnya Engkau Penyantun lagi Maha Penyayang.


Nah itulah Sobat, Manfaat Memiliki Teman yang Baik, mendatangkan banyak manfaat dan kebahagiaan, bukan karena kebaikan fisik dan materi yang kita dapat tapi lebih kepada kebaikan akhlak yang akan abadi sampai bertemu kembali di surgaNya. Semoga kita semua mendapat ataupun menjadi sahabat dan teman yang baik yaa Sobat, aamiiin. Terima kasih, semoga bermanfaat yaa.. :)