Sedang Bingung Memilih Jurusan Kuliah? Ini 5 Rahasia Sebelum Memilih Jurusan Kuliah Yang Tepat - bukan.info

Bukan.info - Memilih jurusan kuliah terkadang membuat bingung. Apalagi Anda yang sebelumnya belum mempunyai ketertarikan jurusan tertentu. Memilih jurusan seperti halnya memilih "undian masa depan" masih menebak-nebak. Ada yang setelah masuk jurusan tertentu ternyata merasa tidak cocok atau merasa salah jurusan. Kebingungan yang menghinggapi Anda membuat keputusan tidak berdasarkan keinginan atau hanya sekedar ikut-ikut teman.


Hati-hati ketika memilih jurusan hanya dengan ikut-ikut teman, karena teman banyak memilih jurusan tersebut akhirnya Anda mengikutinya. Jika jurusan tersebut memang sesuai kemampuan Anda maka hal tersebut sah-sah saja. Untuk anda yang masih bingung memilih jurusan kuliah bukan.info akan mengulas 5 Rahasia Sebelum  Memilih Jurusan Kuliah Yang Tepat Untuk Anda. 

1. Anda Tentu Punya Cita-Cita, Pilih Jurusan Sesuai Cita-Cita Anda.

image source : images.sodahead.com---

Saat masa kecil kita pernah ditanya orang tua entah itu paman, kakek atau saudara lainya tentang cita-cita Anda. Untuk memilih jurusan kuliah Anda bisa mengingat kembali apa cita-cita masa kecil anda. Misalnya ketika masa kecil Anda menginginkan jika sudah besar menjadi Dokter maka Anda bisa memilih jurusan kedokteran. Nah, tidak ada salahnya Anda mengingat cita-cita masa kecil. hhe


2. Sesuai Kemampuan Anda.

image source : img1.beritasatu.com---

Jika mengingat cita-cita masa kecil sulit, maka Anda bisa memilih jurusan kuliah sesuai kemampuan Anda. Kemampuan orang di dalam diri masing-masing tentu berbeda. Menekuni ilmu kuliah sesuai kemampuan akan membuat anda merasa cocok dengan jurusan yang Anda pilih. Ketika Anda sudah merasa nyaman dengan jurusan maka belajar menjadi semangat. Yuk, kenali kemampuan diri.


3. Mencari Informasi Tentang Lapangan Kerjanya.

image source : 3.bp.blogspot.com---

Mencari tahu informasi lapangan kerja setelah lulus dari jurusan tertentu hal yang penting dilakukan. Ada baiknya jurusan kuliah yang Anda ambil memiliki lowongan kerja yang sangat diminati oleh perusahaan. bukankah kita kulaih nantinya untuk mencari kerja. misalnya lowongan kerja yang banyak diminati perusahaan adalah seperti dunia medis.


4. Membicarakan Pilihan Anda Dengan Orang Tua.

image source : liputan6.com

Membicarakan pilihan jurusan dengan orang tua sangat membantu. meskipun terkadang orang tua kita kurang tahu tentang jurusan yang akan Anda pilih. Tetapi saran dan masukan orang tua ada baiknya juga untuk menjadi pertimbangan Anda. Orang tua mana sih yang tidak mau anaknya sukses? sejak baru lahir saja orang tua sudah mempunyai harapan jika kelak anaknya menjadi anak yang berbakti, sukses dan masih banyak lagi. Ajaklah orang tua untuk berdiskusi, Namun, Anda boleh juga tidak mengikuti saran mereka.


5. Minta Masukan Orang Lain.

image source: indotopinfo.com---

Jika Anda merasa masih belum mantap dengan saran orang tua, maka Anda bisa meminta masukan dari orang lain, tentu yang mengetahui jurusan-jurusan yang masih banyak lapangan kerjanya. Semoga dengan meminta masukan orang lain Anda mendapatkan jurusan yang terbaik. 

Masih banyak cara sebelum memilih jurusan kuliah. Jika Anda sudah memilih dan merasa mantap ada baiknya Kita menjalaninya dengan senang hati. 
Demikian ulasan bukan.info tentang 5 Rahasia Sebelum  Memilih Jurusan Kuliah Yang Tepat. 
Baca juga: