5 Makanan Yang Harus Dipenuhi Untuk Otak - bukan.info

Otak merupakan pusat pengatur segala hal dalam tubuh. Otak merupakan organ tubuh yang paling sentral. Karena otaklah yang memerintahkan bagian-bagian tubuh untuk bergerak. Bahkan, otak memiliki tugas mengatur ribuan fungsi tubuh. Kerja otak lebih berat daripada bagian tubuh manapun. 


Karena kerja otak duakali lipat dari kerja bagian tubuh yang lainnya. Maka dari itu, diperlukan asupan nutrisi yang tepat, guna untuk memenuhi kekuatan kinerja otak. Memenuhi kebutuhan nutrisi otak sangatlah penting untuk menjaga otak dapat bekerja secara normal. Memilih makanan yang dibutuhkan otak harus diperhatikan. Karena otak memiliki nutrisi yang harus dipenuhi. berikut 5 makanan yang harus dipenuhi untuk penguat otak.

1. Brokoli

image source : vemale.com

Brokoli merupakan jenis sayuran yang dapat membantu pemicu tumbuhnya sel-sel secara alami sehinga dapat meningkatkan memori dan fungsi otak. Caranya dengan mengkonsumsi tiga kali dalam semingggu semangkuk brokoli. mengkonsumsi brokoli merupakan cara efektif untuk bisa meningkatkan kekuatan otak. 


2. Ikan Salmon

image source : viva.co.id

Ikan Salmon diyakini ikan yang kaya akan omega 3, yang dapat meningkatkan kekuatan otak. Ikan Salmon juga mengandung asam docosahexaenoic (DHA) yang dipercaya dapat mencegah penyakit Alzheimer. Mengkonsumsi ikan salmon merupakan cara efektif untuk memperkuat otak. karena otak manusia 60 persen terbuat dari lemak. Asupan lemak asam sangat dibutuhkan agar otak dapat beefungsi baik.

3. Tomat

image source : minummedia.com

Buah tomat mengandung sumber antioksidan dan lycopene yang dipercaya dapat mengatasi kerusakan radikal bebas pada sel-sel otak. Tomat mudah ditemui dan harganya cukup murah dipasar. Dengan mengkonsumsi setiap hari buah tomat dapat mendorong otak menjadi lebih tajam. 


4. Teh Hijau

image source : kompas.com

Dengan Meminum 2 hingga 3 cangkir teh hijau tanpa gula dipercaya dapat meningkatkan fungsi konektifitas otak. Sebuah penelitian yang dilakukan tim riset dari University of Basel menemukan bahwa teh hijau dapat meningkatkan memori otak bahkan mengurangi risiko penyakit parkinson, serta meningkatkan fungsi konektifitas otak.


5. Cokelat Hitam

image source : 3.bp.blogspot.com

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan Wheeling Jesuit University di West Virginia membuktikan bahwa cokelat hitam dapat meningkatkan konsentrasi. Cokelat hitam adalah makanan yang mengandung antioksidan terbaik bagi tubuh. Kandungan flavonoid yang terdapat didalam cokelat hitam dipercaya dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah ke otak. Caranya dengan menambahkan sedikit cokelat hitam pada makanan kita.

Memenuhi kebutuhan asupan nutrisi bagi otak sangatlah penting. Karena otak manusia bekerja dua kali lipat dari bagian tubuh mana pun. Sehingga kebutuhan energi bagi otak juga jauh lebih banyak. 

Mengkonsumsi makanan yang dibutuhkan bagi otak harus dirutinkan. Untuk menjaga daya ingat memori otak kita. Dengan mengetahui apa yang dibutuhkan otak Kita dapat mencukupinya. 

Sekian ulasan dari bukan.info tentang 5 Makanan Yang Harus Dipenuhi Untuk Otak. Semoga menjadi manfaat ^_^