Apakah Anda Seorang Tourism Village? Berikut Empat Desa Wisata Terbaik Di Jogja-Bukan.info

Desa di jaman dahulu identik dengan tempat yang sepi, atau jauh dari keramaian, tertinggal, dan tidak menyenangkan. Sehingga membuat sebagian orang yang hidup di perkotaan enggan ke desa. Akan tetapi seiring dengan perkembangan jaman, paradigma tersebut mulai luntur dan bergeser dengan berbagai inovasi dan kreativitas orang-orang desa yang menyulap desanya menjadi tempat yang menyenangkan dan asik untuk dikunjungi bahkan menetap. Kreativitas menjadikan desa seperti itu seperti di Jogjakarta, dimana berikut terdapat empat desa yang disulap menjadi tempat yang menyenangkan untuk berkunjung. Keempat desa itu dikenal dengan desa wisata. Berikut keempat desa tersebut.
1.    Desa Bejiharjo


Image source Google.com

Desa yang terdapat Situs Sokoliman yang merupakan salah satu Cagar Budaya Situs Megalitikum oleh Balai Arkeologi Yogyakarta. Situ yang hanya berwujud fisik berupa bebatuan inilah yang menjadikan desa Bejiharjo menjadi satu destinasi wisata yang banyak diminati oleh wisatawan dan peneliti. Pada tahun 2012 Kementrian Parawisata dan Ekonomi Kreatif untuk mengapresiasi perkembangan desa di Indonesia, menetapkan desa Bejiharjo sebagai juara satu.


2.    Desa Banjarsari


Image source Google.com

Desa ini terdapat di kabupaten Kulong Progo, Yogyakarta. Objek wisata yang menjadi daya tarik wisata adalah gunung Kucir. Desa ini berjarak 35 km dari kota Yogyakarta. Desa ini menawarkan keasrian alamnya dan ketenangan serta nuansa pedesaan yang kental. Sehingga cocok untuk anda untuk menghilangkan kepenaakan di desa tersebut.


3.    Desa Karangtengah


Image source Google.com

Desa yang terletak di perbukitan ini menawarkan pemandangan alam yang asri dan kental dengan nuansa desa yang kuat dan tenang. Hal yang menarik selain suasana desa yang tenang adalah Penginapan dengan nuansa tradisional yang terbuat dari kayu namun masih terjaga kebersihan dan kerapiannya. Desa ini merupakan desa wisata tempat pembudidayaan sutra liar dan tanaman indighovera yang merupakan bahan pokok untuk perawatan.


4.    Desa Kembangarum


Image source Google.com

Desa wisata yang juga dikenal dengan nama Dolan Deso ini merupakan desa wisata yang menyuguhkan panorama alam pedesaan yang hijau dihiasi gemericiknya air pegunungan sangat ideal sebagai tempat outboand maupun sekedar menikmati seni budaya dan alam pedesaan. Terletak di pedesaan di kawasan Lintas Merapi, desa Kembangarum dapat ditempuh sekitar 45 menit dari kota Jogja dengan kendaraan bermotor.