Baru Banyak Tugas? Ini 8 Tips Agar Tetap Semangat Walaupun Tugas Kuliah Menumpuk –Bukan.Info

Tugas kuliah yang banyak terkadang membuat sakit kepala dan membuat bingung mau berbuat apa. Rasanya belum selesai tugas satu, tugas lain sudah mengantri untuk segera dikerjakan. Apalagi ditambah pekerjaan rumah yang harus dikerjakan. Waktu yang terkadang terbatas, membuat kadang berputus asa, dan pada akhirnya dikumpulkan apa adanya. Untuk menghindari kebosanan dan tetap semangat mengerjakan tugas kuliah ini bukan.info memberi tips agar tetap semangat walau dikejar tugas kuliah.


1. Istirahat Sejenak, Sebelum Mengerjakan Tugas Sepulang Kuliah

1. Istirahat Sejenak, Sebelum Mengerjakan Tugas Sepulang Kuliah
Istirahat setelah kuliah knowledgeandhistory.blogspot.com 

Setiba dikos-kosan ataupun rumah, jangan langsung terburu-buru menyalakan laptop agar segera mengerjakan tugas-tugas yang diberikan tugas. Istirahat sejenak agar pikiran dan badan merasa lebih segar. Mungkin bisa tiduran sejenak, menonton tv, mendengarkan radio atau sekedar duduk makan makanan ringan. Setelah pikiran kembali segar, kamu dapat mengerjakan kembali tugas yang sudah menanti kamu. Selain itu janganlah terlalu lama mengerjakan tugas terlalu lama di depan laptop, karena akan membuat kamu cepat lelah. Sediakan 10 menit untuk beristirahat setelah 1 jam kamu mengerjakan tugas.

2. Pastikan Pekerjaan Rumah Sudah Terselesaikan Sebelum Mengerjakan Tugas

2. Pastikan Pekerjaan Rumah Sudah Terselesaikan Sebelum Mengerjakan Tugas
Menyelesaikan pekerjaan rumah http://arluvastory.blogspot.com/

Sebagai anak kuliahan kita seharusnya harus mandiri menyelesaikan pekerjaan yang menjadi kebutuhan diri. Apalagi anak kos-kosan yang hampir semua kebutuhan dikerjakan sendiri. Mulai masak sendiri, nyuci baju sendiri, menyetrika sendiri, dan beres-beres kamar sendiri. Semua pekerjaan tersebut haruslah dikerjakan terlebih dahulu. Kita harus bisa meluangkan waktu khusus untuk melakukan hal ini. Seperti di pagi hari kita sudah mencuci baju, masak, dll. Hal ini terlihat biasa saja namun kalau tidak dikerjakan terlebih dahulu sebelum mengerjakan tugas, maka hal ini membuat pikiran terganggu. Jika pekerjaan rumah ini terselesaikan maka kita akan merasa beban hilang satu. Sehingga kamu akan lebih semangat ketika mengerjakan tugas.

3. Agar Lebih Nyaman Dalam Mengerjakan Tugas, Kamu Bisa Mencari Tempat yang Nyaman

3. Agar Lebih Nyaman Dalam Mengerjakan Tugas, Kamu Bisa Mencari Tempat yang Nyaman
Tempat Belajar Nyaman Jakartakita.com

Carilah tempat yang membuat kamu nyaman untuk mengerjakan tugas, ini tergantung dengan tipe belajar kamu. Ingin tempat yang ramai atau sunyi, Kamu dapat mengerjakan tugas di kebun atau taman kota sehingga kamu merasa nyaman. Kalau tak suka ditempat seperti itu, kamu bisa mengerjakannya di rumah atau di kos-kosan, namun jangan diatas tempat tidur. Nanti bukannya mengerjakan tugas, namun tertidur. Kamu bisa mencoba di ruang belajar atau ruang tamu, namun apabila tak mau terganggu kamu juga bisa dikamar asalkan bersih agar semakin semangat untuk mengerjakan tugas. 

4. Mempersiapkan Segala Perlengkapan Tugas Kamu, Agar Fokus Dalam Mengerjakan Tugas

4. Mempersiapkan Segala Perlengkapan Tugas Kamu, Agar Fokus Dalam Mengerjakan Tugas
Mencari buku dailysocial.com

Mengerjakan tugas bukan hanya asal-asalan, pasti kita memerlukan peralatan yang perlu dipersiapkan. Misalnya laptop, buku-buku, dan berkas-berkas yang mendukung. Semua perlengkapan ini harus kamu persiapkan terlebih dahulu, kalau belum mendapatkan buku kamu harus pergi ke perpustakaan. Kamu harus mempersiapkan hal tersebut agar disaat mengerjakan tugas, kamu tidak direpotkan dengan mencari semua perlengkapanmu tersebut. Jadi kamu bisa lebih fokus dalam mengerjakan tugas-tugas dari dosen.

5. Kerjakan Tugas yang Kamu Angap Mudah Terlebih Dahulu

Tugas kuliah mudah http://vivink.blogspot.com/
Tugas yang mudah akan membuat kita lebih bersemangat dalam mengerjakan tugas. Tugas yang mudah membuat kamu lebih terpacu mengerjakan tugas yang berat. Daripada Cuma memikirkan tugasyang berat terlalu lama, nanti pekerjaaan yang mudah akan tidak maksimal kamu kerjakan. Karena kalau sudah bosan mengerjakan tugas, tak bisa terselesaikan secara maksimal.

6. Rapikan Meja Belajar Kamu, yang Akan Menganggu Konsentrasi Berkurang

6. Rapikan Meja Belajar Kamu, yang Akan Menganggu Konsentrasi Berkurang
spectrum-paint.com

Rapikanlah meja belajar kamu, pastikan terlihat rapi. Jangan berantakan, disana-sini buku bertumpukan. Padahal buku tersebut tidak dibutuhkan dalam mengerjakan tugas. Sehingga meja belajar enak untuk dipandang mata. Sehingga kita akan merasa nyaman dan lebih berkonsentrasi dalam belajar. Selain itu kamu perlu menyingkirkan segala macam yang akan menganggu konsentrasi mu, misalnya handphone, smartphone. iPhone, Game dan lain-lain. Jangan sampai kamu terfokuske dua tujuan, sehingga kamu menjadi kurang fokus dalam mengerjakan tugas.Jangan tergoda oleh aktivitas di dunia maya, sebelum kamu menyelesaikan tugasmu sampai selesai.

7. Saat Merasa Jenuh dan Bosan Kamu dapat Menghentikan Tugasmu dan Lakukan Hal yang Kamu Suka 

7. Saat Merasa Jenuh dan Bosan Kamu dapat Menghentikan Tugasmu dan Lakukan Hal yang Kamu Suka
www.gadis.co.id
Mengerjakan tugas memang sangat menguras pikiran kita, terkadang setelah beberapa menit setelah mengerjakan tugas kita sudah merasa bosan atau jenuh. Sehingga konsentrasi kita akan berkurang. Selain itu ketika kita sudah lama mengerjakan tugas di depan komputer, otomatis mata kita akan mudah lelah. Agar kamu tidka meras bosan dan capek, kamu bisa beristirahat sejenak selama 15 menit untuk melakukan hal yang kamu sukai, misalnya mendengarkan musik. tiduran atau kamu dapat berjalan-jalan ke luar melihat pohon yang hijau. Sehingga pikiran dan badan kita lebih siap kembali mengerjakan tugas.

8. Setelah Tugas Kamu Terselesaikan, Kamu Perlu Memanjakan Diri

zhiandryos.blogspot.com
Setelah tugas terselesaikan dengan baik kamu dapat memanjakan diri, menyegarkan pikiran kita agar lebih siap menghadapi tugas yang akan menghampiri. Kamu bisa pergi ke pantai, jalan-jalan bersama teman-teman, nonton bareng atau yang lainnya. 
Selamat mengerjakan tugas-tugas dari dosen, tetap semangat dan terus berjuang. Semoga berguna dan sukses selalu.