Solusi mudah berani berbicara di depan khalayak ramai buat kamu yang suka minder - bukan.info

Bagi kamu yang tidak terbiasa berkomunikasi dengan banyak orang yang berasal dari daerah yang berbeda, minder menjadi salah satu permasalahan tersendiri buat kamu. Deg-degan, takut, dan berfikir yang aneh-aneh menjadi suatu permasalahan yang harus kamu selesaikan dari sekarang. Nah, buat kamu yang merasa minder, bukan.info akan berbagi solusi mudah berani berbicara di depan khalayak ramai :


1. Siapkan materi yang akan kamu sampaikan dan pelajari hingga kamu memahami isi dari materi tersebut

siapkan materi
image source www.isigood.com

Menjadi seorang pembicara atau orang yang berdiri didepan umum harus menyiapkan materi dan mempelajari isinya dengan matang, karena kadang-kadang rasa grogi dan tegang muncul secara tiba-tiba. Jadi materi harus dipelajari secara mendalam untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, seperti kelupaan.


2. Atur nafas kamu dengan baik ketika kamu akan menaiki panggung untuk memulai pembicaraan, supaya sedikit  mengirangi rasa grogi pada diri kamu

siapkan mental
image source www.dedeobi.com

Sebelum kamu menaiki panggung untuk mulai berpidato, sambutan, atau yang lainnya. Aturlah nafas kamu terlebih dahulu untuk sedikit mengurangi rasa grogi agar badan kamu menjadi rileks kembali.


3. Ketika sudah sampai diatas panggung, carilah posisi berdiri yang kira-kira strategis dan nyaman buat kamu

cari posisi yang strategis
image source mirzarahmadani.blogspot.com

posisi berdiri ketika berada diatas panggung juga sangat mempengaruhi gaya bicara, mimik wajah, dan cara penyampaian kamu. Ketika posisi berdiri kamu tidak nyaman maka akan berpengaruh pada penampilan kamu, begitu pula sebaliknya. Jadi saat kamu menaiki panggung, perhatikan terlebih dahulu apakah sudah nyaman buat kamu atau belum.


4. Jika kamu merasa belum menguasai materi sepenuhnya, buatlah sebuah catatan kecil untuk membantu merangsang pikiran kamu agar mengingat materi yang sudah dipersiapkan

membuat catatan kecil
image source hantukecilrizal.wordpress.com

membuat sebuah catatan kecil adalah salah satu cara yang efektif untuk membantu mengatasi masalah kamu. Menggunakan catatan ini akan membantu kamu ketika lupa dengan materi yang akan disampaikan.


5. Ketika kamu sudah mulai berbicara, maka perhatikan tatapan mata kamu, jangan sampai hanya melihat pada satu titik saja. usahakan untuk melihat ke semua arah atau semua titik yang ada diruangan

pandangan mata menyeluruh
image source 101-rahsia.blogspot.com

Pandangan kamu saat meyampaikan materi atau berbicara didepan umum juga berpengaruh besar pada penampilan kamu. Dengan melihat pada satu titik saja kamu akan terkesan seperti orang yang sedang menghafal materi, sehingga audiens akan merasa tidak nyaman melihat penampilan kamu.


6. Buat sebuah improvisasi untuk menghibur audiens supaya mereka terhibur dengan penampilan kamu

buat improvisasi supaya tidak ngantuk
image source www.inikabarku.com

Saat kamu mulai merasa grogi, buatlah sedikit improvisasi atau humor pada materi yang kamu sampaikan, supaya orang akan senang dan memberikan tepuk tangan kepada kamu. Tepuk tangan dari audiens akan membantu kamu untuk mengembalikan rasa percaya diri yang sempat hilang akibat grogi yang kamu alami.


7. Tutuplah pembicaraan kamu dengan kesimpulan yang inspiratif dan membuat orang selalu ingat dengan materi yang sudah kamu sampaikan

kata inspiratif
image source katakatabijakdancinta.blogspot.com

Membuat sebuah kesimpulan yang inspiratif akan memukau audiens dan membantu mereka mengingat materi yang sudah kamu sampaikan. Singkat kata, ending yang bagus akan membuat orang selalu mengingatnya.


Demikian solusi mudah berani berbicara didepan khalayak ramai buat kamu yang suka minder. Semoga solusi tersebut dapat membantu kamu dan menginspirasi kamu untuk menjadi orang yang berani . Jangan lupa kunjungi balik ya...,, :D