Bermasalah dengan Rambut? 6 Hal Ini Perlu Anda Ketahui untuk Merawat Rambut Secara Optimal - Bukan.Info

Pada tulisan lalu, bukan.info telah berbagi tentang tips sehat merawat rambut bagi Anda yang berhijabhttp://www.bukan.info/2015/03/kamu-hijabers-yang-punya-masalah-dengan.html. Kali ini, masih terkait dengan 'mahkota' wanita ini karena bagi wanita perawatan rambut adalah hal yang sangat penting. Walaupun sudah dirawat, rambut yang 'rewel' biasanya tetap bermasalah, misalnya rontok dan berketombe. Nah, untuk itu bukan.info ingin berbagi kembali mengenai tips sehat untuk kesehatan rambut Sobat semua, yang diambil dari tulisan Mh. Hanun Siregar dalam bukunya Makin Sehat dengan Berjilbab. Apa saja tipsnya? yuuk kita simak bersama, yang semoga bisa membantu Anda dalam perawatan rambut secara optimal.
1. Hindari Stres, karena stres dapat mengganggu metabolisme tubuh yang berimbas ke rambut


Bermasalah dengan Rambut? 6 Hal Ini Perlu Anda Ketahui untuk Merawat Rambut Secara Optimal - Bukan.Info
image source: www.tahesta.com

Sering stres? Jangan dianggap sepele. Selain tidak baik untuk kesehatan psikis, ternyata stress juga sangat mempengaruhi metabolisme tubuh dan dapat berimbas ke kesehatan rambut. Stres akan mempengaruhi hormon yang terkait dengan pertumbuhan rambut, seperti hormon androgen dan estrogen. Jika hormon-hormon ini beredar tidak sesuai jalurnya, maka akan timbul gangguan pada metabolisme, termasuk metabolisme di kulit kepala.

2. Jauhi obat-obatan yang dapat mengganggu pertumbuhan rambut


image source: tipsseputarkeluarga.com


Kalaupun kita sedang dalam pengobatan, mintalah kepada dokter untuk memberikan obat yang antialergi rambut. Atau, antisipasi alergi obat dengan meminta dosis yang tidak membahayakan bagi kesehatan rambut.

3. Rajinlah Berolahraga


image source: theangel-wordpress.com

Hmm..semua tips untuk menjaga kesehatan pastilah tidak pernah lepas dari yang namanya "olahraga" hehe... Berolahraga secara teratur akan memperlancar peredaran darah termasuk peredaran darah pada kulit kepala yang akan menutrisi rambut. Dengan lancarnya peredaran darah, maka nutrisi ke kulit kepala akan lancar juga. Selain rajin berolahraga, berisitrahatlah yang cukup sehingga pertumbuhan rambut lebih optimal.

4. Hindarilah Kafein


image source: www.top10indo.com

Khusus bagi Sobat yang masih suka mengonsumsi kafein, sebaiknya kurangilah bahkan hindarilah untuk mengonsumsinya. Zat kafein ini tidak baik bagi pertumbuhan rambut, bahkan sangat berpengaruh pada kesehatan jantung dan paru-paru. Kelebihan kafein dalam tubuh akan menghilangkan cadangan vitamin B5 dan B6. Untuk itu, jauh lebih bermanfaat bagi kita jika minuman kafein ini diganti buah yang kaya akan vitamin B seperti pisang, stroberry, mangga dan kiwi.

5. Tidak Merokok

image source: kesehatan.kompasiana.com

Seperti yang kita tahu, merokok itu sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh  kita. Ternyata selain mengganggu fungsi jantung, paru-paru dan organ reproduksi, merokok juga membahayakan kesehatan rambut lho.. 


6. Hindari  Penggunaan Pengering Rambut yang Terlalu Sering


image source: female.kompasiana.com

Selain menghindari  penggunaan pengering rambut yang terlalu sering, hindari pula penggunaan air yang terlalu panas saat keramas. Gunakanlah air hangat atau dingin (sedang-sedang saja) dan keringkanlah rambut hanya dengan handuk atau menganginkannya dengan udara terbuka. Hindarilah pula menyisir rambut yang masih dalam keadaan basah, karena raambut basah akan lebih mudah rontok.

Itulah Sobat, tips menjaga kesehatan rambut yang bukan.info bagikan, semoga setelah membaca ini kita bisa sama-sama mengamalkan dan membagikan kepada saudara-saudara kita yaa..agar semuanya memiliki rambut yang sehat. Semoga bermanfaat yaa :)