Ini Dia Dampak Negatif Teknologi Komputer Bagi Siswa - Bukan.info

Taukah kamu, bahwasannya selain berdampak positif, ternyata Teknologi komputer juga memiliki dampak negative terhadap kemampuan belajar. Hal ini bukan hanya sekedar asumsi belaka, melainkan ada bukti nyatanya, yaitu hasil konferensi yang diadakan setiap tahun oleh Persatuan Guru dan Dosen atau Association of Teacher and Lecturers (ALT), yang berlangsung di Belfast, Irlandia Utara.

Konferensi tersebut menghasilkan sebuah kesimpulan bahwa komputer bagian dari teknologi terbaru, menjadi ancaman yang serius bagi para siswa. Nah, pada postingan kali ini akan dibahas mengenai beberapa dampak negatif teknologi komputer bagi siswa.


1. Menjadi Sulit Berkomunikasi

Sulit Berkomunikasi
www.vemale.com
Nah, kok bisa ya, jadi sulit berkomunikasi? Iya bisa, fakta yang ada menunjukkan, bahwa siswa yang terlalu banyak bermain komputer, maka dia akan mengalami kesulitan dalam komunikasi dengan temannya. Karena, dia menjadi lebih cenderung menyendiri dan pendiam, ini merupakan masalah serius yang harus disikapi dengan cepat.

Banyangkan saja, karena sibuk dengan Gadget yang diberikan oleh orang tuanya, maka seseorang menjadi individualis, tak mengenal orang disekitarnya apalagi untuk saling bertegur sapa, ya begitulah kenyataannya. Masing-masing sibuk dengan gadgetnya, dengan aktifitasnya didunia maya dan cenderung mengabaikan dunia nyata.

2. Menjadi Sulit Bersosialisasi

Sulit Berkonsentrasi
http://www.hersays.com

Sulit bersosialisai, ini merupakan suatu efek dari masalah komunikasi, karena dia sibuk dengan “dunia lain” di komputer atau gadgetnya, yang menurutnya lebih asik dan seru, maka dia akan cenderung menyendiri, kebiasaanya tersebut akan berdampak pula pada sulitnya bersosialisasi dengan orang lain disekitarnya.

3. Menjadi Sulit Berkonsentrasi

Sulit Berkonsentrasi
http://www.kesekolah.com

Seorang siswa akan mengalami lambat dalam menyerap informasi dari guru ketika belajar. Daya konsentrasinya melemah atau menurun, pasalnya kebanyakan dari mereka menghabiskan waktu di komputer untuk sekedar membuka jejaring sosial seperti facebook, twitter, ataupun untuk bermain game online, yang nyatanya justru menjadi potensi negatif, yaitu menurunnya daya konsentrasi dalam belajar.

Waktunya belajar justru sibuk dengan media sosialnya, update status, sampai lupa belajar, lupa waktu, lupa makan, asal jngan lupa shalat dan mandi ya, hehee.. Nah, dengan adanya teknologi komputer, kita dituntut untuk bijak dalam menggunakannya, jangan sampai berlebih dan justru melupakan hal penting yang harus kita dahulukan untuk dikerjakan.


Nah, untuk para orang tua, sebaiknya turut mengawasi kegiatan anaknya saat menggunakan komputer atau gadget mereka, untuk mengatasi kesulitan dalam berkomunikasi, cobalah Anda tanyakan kepada mereka mengenai hal-hal apa yang terjadi disekolahnya, pengalaman apa saja yang baru dia jalani, dan lain sebagainya.

Kemudian, untuk menyiasati sulitnya konsentrasi dalam belajar disebabkan terlalu sibuk dengan gadget maupun komputernya, maka Anda sebaiknya buat jadwal untuk belajar dan bermain, selain Anda dapat memantau kegiatannya, Anda juga dapat mengurangi resiko negatif  yang akan timbul jika anak dibebaskan dan terlalu sering bermain komputer maupun gadgetnya.

Demikian tadi beberapa dampak negatif teknologi komputer bagi siswa, semoga bermanfaat, terimakasih.. :)