Kenapa sih Kita Harus Beribadah? Inilah Hakikat Ibadah dalam Islam - bukan.info

Mungkin di antara kita masih banyak yang bertanya, sebenarnya apa itu ibadah? Kenapa kita harus beribadah? Untuk itu, kali ini bukan.info ingin berbagi hakikat ibadah yang kami dapat dari majlis ta'lim, mari simak bersama yaa :)
Definisi ibadah menurut bahasa adalah tunduk, taat, merendahkan diri. Sedangkan menurut Ibnu Taimiyah adalah segala sesuatu yang dicintai oleh Allah dan diridloi-Nya, dalam bentuk perbuatan dan amalan baik yang dzohir maupun bathin. Jadi sudah dipahami kan bahwa yang disebut dengan ibadah bukan hanya sholat, zakat, puasa, tetapi lebih luas dari itu, yaitu segala sesuatu yang dicintai dan diridloi Allah. Dicintai dan diridloi artinya yang ikhlas dan sesuai yang dicontohkan Rasulullah SAW, bukankah syarat diterimanya ibadah hanya ada dua yaitu ikhlas dan ittiba'ur Rasul?

Namun kita tidak boleh berhenti beribadah karena takut tidak ikhlas, cobalah terus untuk istiqomah beribadah, karena keikhlasan hanya Allah yang bisa menilai. Sejatinya, untuk melatih keikhlasan juga dengan melakukan terus menerus, setelah terbiasa maka bi idznillah akan bisa.

 Jadi apa saja ya hakikat ibadah itu? Inilah hakikat ibadah:

1. Padanya hakikat ibadah adalah kebutuhan kita kepada Allah SWT



image source: quran.com
Dalilnya adalah QS.Fathir ayat 15. Bisa buka sendiri di mushaf masing-masing hehe (#peace).


2. Ibadah adalah hak Allah terhadap hambaNya

image source: alhaq1wc.blogspot.com

 Hak Allah adalah untuk diibadahi dan tidak disekutukan atau diingkari. BIsa dilihat QS.Al-Baqarah: 21-22
 
3. Ibadah kepada Allah membuat hati menjadi tenang dan tentram

image source: quran.com
image source: dinnisyafira.blogspot.com
4. Ibadah adalah santapan rohani

image source: www.ahmad-sanusi-husain.com

Sebagaimana jasad/fisik, ruh juga membutuhkan makanan. Jika jasad membutuhkan makanan berupa makanan bergizi dengan gizi seimbang, ruhiyah membutuhkan makanan berupa ibadah, khususnya dzikir.
5. Ibadah adalah ujian dari Allah

image source: quran.com

Ibadah merupakan ujian dari Allah, sebagaimana yang termaktub dalam QS.'Ali Imron ayat 142 dan QS. 'Ali Imron:142 yang artinya

Itulah 5 hakikat ibadah yang dapat bukan.info bagikan kepada teman-teman, semoga bermanfaat yaa :) terima kasih telah membaca tulisan kami :)