Mengapa Harus Bersyukur karena Bersin? Inilah Fakta Ilmiah Bersin - bukan.info

Sebagai muslim, tentu kita sudah tahu apa yang harus dilakukan ketika bersin bukan? Bukan hanya yang bersin, tetapi yang mendengar orang lain bersin juga. Pada tulisan lalu, bukan.info telah berbagi tentang 6 hak seorang muslim atas uslim lainnya, yang salah satu haknya adalah didoakan ketika bersin dan mengucapkan 'alhamdulillah'. Nah, kali ini bukan.info ingin berbagi tentang fakta ilmiah bersin yang dikutip dari tulisan Agus Susanto dalam bukunya "Islam Itu Sangat Ilmiah" tahun 2012.
Rasulullah SAW bersabda yang artinya: "Apabila sala seorang di antara kalian bersin maka uca[kanlah "Alhamdulillah", dan hendaklah orang yang mendengarnya menjawab dengan "yarhamukallah" (semoga Allah merahmatimu), dan bila dijawab demikian, maka balaslah dengan ucapan "yahdikumullahu wa yuslihubaalakum" (semoga Allah memberikan hidayah dan memperbaiki keadaanmu). (HR. Bukhari)

Mengapa Harus Bersyukur karena Bersin? Inilah Fakta Ilmiah Bersin - bukan.info
image source: gamis.fkm.undip.ac.id
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, bersin diartikan sebagai keluar udara dengan tiba-tiba dari hidung dan mulut karena tidak tertahan, seperti ketika tercium bau yang menususk hidung atau ketika pilek. Sedangkan dalam pengertian lain, bersin adalah hentakan udara dari paru-paru yang dikeluarkan dari hidung dan mulut karena adanya sebab-sebab tertentu. Hal-hal yang dapat menyebabkan terjadinya bersin adalah menatap cahaya yang sangat terang, kondisi perut yang penuh, adanya infeksi virus atau terjadinya penyebaran penyakit.

Apa saja sih fakta ilmiah itu? Mari simak tulisan berikut ini yaa Sobat :)

1. Bersin Penting untuk Menangkal Penyakit yang Akan Masuk


Mengapa Harus Bersyukur karena Bersin? Inilah Fakta Ilmiah Bersin - bukan.info
image source: detikislam.com

Neil Kao MD, seorang spesialis asma dan alergi di The Allergic Disease and Asthma Center, Greenville menyatakan bahwa bersin penting untuk menangkal penyakit yang akan masuk, karena bersin dapat melindungi masuknya bakteri dan virus dari hidung.


2. Bersin Berfungsi Membersihkan Faring (Rongga Antara Hidung, Mulut dan Tenggorokan)


Mengapa Harus Bersyukur karena Bersin? Inilah Fakta Ilmiah Bersin - bukan.info
image source: saatnyabercerita.wordress.com

Dr. Michael Roizen, ahli kesehatan dari Clevelan clinics menegaskan bahwa bersin merupakan kegiatan yang positif, karena berfungsi memberishkan faring.


3. Kecepatan Bersin Dapat Mencapai 160 km/jam 

Mengapa Harus Bersyukur karena Bersin? Inilah Fakta Ilmiah Bersin - bukan.info
image source: izzunafis.blogspot.com


Bersin merupakan anugrah yang patut disyukuri karena pada saat bersin, debu, kotoran, bakteri atau mikroba yang terkadang masuk ke dalam organ pernapasan dapat terdorong keluar dengan cepat dan sangat kuat, kecepatannya dapat mencapai 160 km/jam.
Oleh karena itu, seharusnya bersin jangan ditahan, karena jika ditahan akan memaksa bakteri masuk kembali ke dalam rongga hidung dan kanal telinga, sehingga bisa menimulkan infeksi. Jika infeksi makin parah, kondisi ini bisa menyebabkan pecahnya gendang telinga yang berujung pada kehilangan nikmat pendengaran.

Itulah Sobat, fakta ilmiah tentang bersin. Bersin sangat bermanfaat bagi tubuh kita, so sebaiknya kita bersyukur karena hal sekecil inipun sangat embantu kita dalam membersihkan bakteri yang ada dalam tubuh kita. Mulai sekarang, kalau bersin jangan lupa ucapkan "alhamdulillah" yaa :) bagi sobat yang muslim lho.. dan yang mendengar ada saudara yang bersin kemudian mengucapkan alhamdulillah, langsung doakan yaa..kalau tidak mengucapkan alhamdulillah tidak usah didoakan, tapi sebaiknya diingatkan, karena rugi banget kalo nda doa :)
Semoga bermanfaat yaa Sobat :) Terima Kasih.