Apakah Anda Tinggal di Daerah Pegunungan? Berikut Tiga Kelebihan Daerah Pegunungan-Bukan.info

Daerah Pegunungan merupakan daerah yang identik dengan hawa dingin dan penuh dengan panorama bukit-bukit yang menjulang. Daerah pengunungan sebagai daerah pedalaman juga identik dengan daerah yang jauh dari keramaian, namun menyimpan sejuta kekayaan alam yang melimpah ruah. Indonesia sebagai negara dengan iklim tropis tentu memiliki tanah dan hawa yang sangat ideal untuk berbagai macam tumbuhan. Begitupun daerah pengunungan sebagai daerah yang identik dengan hawa sejuk dan kelembapan yang derajatnya sedikit tinggi menjadikan daerah pegunungan menjadi wilayah yang sangat cocok dalam pengembangan pertanian dan perkebunan. Inilah potensi yang harus dimanfaatkan oleh orang-orang di daerah pengunungan untuk mengembangkan pertanian dan perkebunannya. Demikian seperti di pulau jawa, sumatera, dan di daerah lain Indonesia yang sudah maju pola pikir masyarakatnya. Oleh karean itu berikut kami sajikan tiga kelebihan daerah pegunungan, yaitu sebagai berikut:


1. Mudanya Menanam Sayur Maupun Buah

Image source Google.com
Tanah di daerah pengunungan yang rata-rata subur menjadikan tanah di daerah pengunungan menjadi sangat ideal dalam pengembangan tanaman sayuran dan buah-buahan. Hal ini karean tanah di daerah pegunungan pada umumnya merupakan lapisan endapan erupsi vulkanik sehingga menambah kesuburannya. Daerah pegunungan juga memiliki lapisan tanah yang merupakan sisa-sisa kehidupan ekosistem pada ribuan tahun silam, sehingga membuat tanah menjadi sangat subur.


2. Udara Yang Sejuk

Image source Google.com
Dengan pepohonan yang memenuhi setiap ruangnya, daerah pengunungan mendapat suplai oksogen yang banyak, sehingga udaranya pun begitu sejuk. Dengan kesejukan udaranya, menjadikan daerah pegunungan menjadi daerah yang vaforit bagi masyarakat kota untuk melepaskan kelelahannya. Di sana mereka tidak hanya menikmati udara segarnya, akan tetapi melihat dan menikmati keindahan pemandangan agronya. Inilah yang membuat daerah pegunungan merupakan daerah yang kaya akan potensi alam, baik pertanian, maupun wisata.

3. Mudahnya Mendapatkan Energi Alternatif Berupa Angin dan Air

Image source Google.com
Dengan ketinggian rata-rata 250 m di atas permukaan laut dan banyaknya pepohonan, membuat daerah pegunungan tidak hanya kaya akan potensi wisata dan pertanian, melaimkan juga energi alternatif, seperti air dan udara. Mudahnya energi alternatif ini, jika dimanfaatkan dengan baik, maka daerah pegunungan tidak lagi tergantung pada pasokan energi dari sumber energi buatan seperti PLN maupun yang lainnya. Pemanfaatn energi ini menjadikan masyarakat pegunungan belajar membudidayakan potensi energi alternatif yang ada, seperti udara dan air untuk mengembangkan sumber energi. Dengan demikian hal ini juga dapat membantu pemerintah untuk menyediakan energi bagi masyarakat.