Bingung Mencari Rumah Kost? Perhatikan Beberapa Tips Sebelum Memilih Rumah Kost - bukan.info

Merantau. Mungkin akan menjadi sebuah kata yang akrab dengan dirimu. Setelah diterima di Perguruan Tinggi yang kamu idamkan, bisa jadi saat ini kamu sedang bingung memilih tempat tinggal yang pas ketika kamu menjadi mahasiswa. Tinggal jauh dari keluarga khususnya orang tua pasti akan membuatmu merasa asing dan kesepian. Walaupun tidak menutup kemungkinan kamu akan mendapat banyak teman nantinya yang akan mengobati kesepianmu. Eittss, tapi beberapa tips berikut ini patut kamu pertimbangkan sebelum memilih dan membayar uang sewa kost atau kontrakanmu selama satu bulan bahkan satu tahun ke depan. So, apa saja yang harus kamu pertimbangkan?
 1. Mencari Tempat Kost Bukan Hanya yang Bagus dan Nyaman, tetapi Perhatikan Pula Keamanan dan Kesehatan Lingkungan Sekitar


image source: inforumahkontrakan2u.blogspot.com

Seperti mencari lingkungan untuk membangun rumah dan tempat usaha, memilih rumah kost pun harus memperhatikan lingkungan sekitar. Kondisi masyarakat, kemananan dan kebersihan lingkungan menjadi kriteria utama untuk memilih tempat kost yang akan kamu tempati karena hal ini akan mempengaruhi kondisi mental, kesehatan dan kepribadianmu di masa depan. Informasi tentang kondisi lingkungan ini bisa kamu cari tahu melalui penilaian pribadimu ketika observasi maupun melalui kakak kelas dan teman-temanmu atau bisa juga melalui internet.


2. Pahami Karakteristik Orang-orang Sekitarmu, Individu yang Tinggal Bersama Denganmu


image source: annida-online.com

Teman-temanmu adalah cerminan pribadimu. Teman tinggal kita secara tidak langsung akan sangat berpengaruh pada kepribadian kita. Apalagi jika kamu merupakan tipe orang yang mudah terpengaruh oleh lingkunganmu. Penilaian awal bisa dilihat dari cara berpakaian dan sikap penyambutan ketika pertama kamu datang ke kost itu. Walaupun kesan pertama belum tentu tepat dalam menilai kepribadian orang lain.


3. Pastikan Airnya Bersih dan Mudah Didapat


image source: rum-ah.com

Air menjadi kebutuhan primer dalam kehidupan manusia, maka ketersediaan air menjadi hal wajib yang kamu perhatikan. Bagaimana kondisi airnya? Bersih atau tidak? Darimana sumber airnya? Sumur atau PDAM atau dari gunung dan sebagainya.


4. Perhatikan Jumlah Kamar dan Ukuran Kamar yang Disewakan


image source: disainrumahminimalis.com


Jumlah kamar dan penghuni menjadi salah satu hal yang harus kamu pertimbangkan. Jika kamu merupakan tipe yang tidak suka keramaian, maka sebaiknya carilah tempat kost yang tidak terlalu banyak orang. Jika barang-barangmu banyak dan besar-besar, maka kamu membutuhkan space yang cukup luas untuk menempatkan barang-barangmu agar bisa hidup dengan nyaman.


5. Lihatlah Jumlah Kamar Mandi dan Fasilitas Dapur


image source: rumahminimalis36.org


Jika kamu tipe orang yang butuh waktu lama di kamar mandi, maka carilah kost yang menyediakan banyak kamar mandi dan yang bersih tentunya. Dapur pasti sangat dibutuhkan jika kamu suka memasak atau sering membuat mie instan hehehe (jangan terlalu sering makan yang instan-instan yaa :D )


6. Sebaiknya Pilihlah Tempat Kost yang Strategis

image source: eksis.sindonews.com




Rumah kost yang dekat jalan besar dan bisa dilewati mobil maka akan memudahkan kita ketika akan bepergian atau ketika ada keluarga yang datang. Apalagi jika rumah kost kita dekat dengan tempat umum seperti swalayan, tempat makan, kantor kecamatan, kantor kelurahan atau kampus kita tentunya, maka tidak perlu susah-susah mencari alamat kost ketika ada paketan dan sebagainya. Jika butuh barang-barang tambahn bisa langsung beli di swalayan terdekat. :D


Nah, itulah Sobat beberapa tips yang harus kamu pertimbangkan sebelum memilih rumah kost yang akan kamu tempati. Selain kriteria di atas sebenarnya masih banyak lagi yang harus dpertimbangkan, nanti bisa Sobat tambahkan di kolom komentar yaa.. Semoga bermanfaat :)