Ingin Anak Anda Gemar Membaca? Ini Dia 5 Tips Supaya Anak Gemar Membaca

Pada ahirnya memang, menjadi seorang ibu adalah pekerjaan yang sulit, menghabiskan waktu dan menyerap banyak energi yang sangat besar. Mulai dari mengurus keperluan rumah tangga hingga mendidik anak. Kebahagiaan seorang ibu, adalah ketika melihat anaknya tumbuh menjadi seorang anak yang cerdas dan mandiri. Namun, untuk membentuk seorang anak yang cerdas dan mandiri tidaklah instan, melainkan butuh proses panjang dan keseriusan dari orang tua terutama sosok seorang ibu. Caranya, adalah dengan mulai menanamkan kebiasaan baik kepada anak, seperti salah satu contohnya adalah dengan membiasakan anak untuk membaca.

Banyak sekali manfaat yang dapat diperoleh dari kegiatan membaca. Selain anak akan terbuka wawasannya dan juga melatih daya fikir yang kritis, membaca juga dapat menjadikan seorang anak bertambah kecerdasannya. Tentu saja orang tua harus jeli memilihkan bahan bacaan yang baik untuk anak-anaknya.

Memang sulit untuk menumbuhkan minta baca kepada anak. Nah, kali ini Bospedia.com akan membagikan sedikit tips supaya anak gemar membaca. Penasaran apa saja tipsnya? oke langsung saja berikut ini penjelasan lebih lanjut. Monggo,, :)

1. Letakanlah kursi dan sofa yang nyaman dibawah sinar lampu yang lembut

atur tempat yang nyaman
www.fotogambar.com

Mengapa demikian? karena, tempat seperti itulah yang akan mampu mengundang anak untuk membaca buku, atau tempat untuk Anda dan anak Anda berbaring sambil membaca bersama.

2. Cari buku yang menarik dan sesuaikanlah dengan usia anak Anda

Carilah buku yang menarik
http://ghost88ghost99.blogspot.com

Untuk merangsang anak supaya mau membaca, maka Anda dapat mencari buku-buku yang menarik yang sesuai dengan usia anak Anda. Karena, buku yang sesuai dengan minat anak, maka dia akan dengan senang hati membaca buku tersebut berulang-ulang kali.

3. Belilah buku yang terbuat dari kertas yang tebal seperti papan (board book)
board book
http://www.cricketmag.com

Buku yang terbuat dari kertas yang tebal seperti papan, akan tahan terhadap gigitan dan tarikan. Akan tetapi, meskipun Anda telah membeli buku-buku papan yang kuat, namun tetaplah bersiap untuk dirusak oleh anak Anda. Untuk buku favorit, Anda dapat membelinya dua eksemplar. Berikan yang satu kepada anak tanpa harus terlalu dijaga, dan simpanlah yang lain di tempat yang tinggi, turunkan jika akan dibaca bersama.

4. Bacakanlah buku untuk anak

bacakanlah buku untuk anak
http://id.tamanbacaanpelangi.com

Nah, salah satu cara supaya anak gemar membaca adalah dengan membiasakannya untuk mendengarkan buku-buku yang Anda baca. maka, bacakanlah dengan suara keras namun tetap lembut kepada anak Anda, sedikitnya selama 15 menit setiap harinya, meskipun anak Anda tampaknya tidak terlalu memperhatikan Anda. 

Kemudian, apabila suatu hari Anda merasa terlalu lelah untuk membacakan buku kepada anak Anda, maka Anda dapat menyiasatinya dengan cara memutarkan kaset cerita. 

5. Apabila anak sudah mulai terbiasa membaca, mintalah dia membacakan sebuah cerita untuk Anda

meminta anak membacakan buku cerita
http://www.bimba-aiueo.com

Hal ini akan menanamkan rasa pecaya diri kepada anak, meskipun mungkin dia masih kesulitan dalam mengucapkan beberapa kata. Sesekali, pujilah anak Anda, tunjukkan kegembiraan Anda saat mendengarkan ceritanya.

Demikian tadi beberapa tips yang dapat Anda coba untuk menumbuhkan gemar membaca dalam diri anak. Semoga bermanfaat ya, terimakasih.. :)