Rasa Sakit Tak Tertahankan Saat Haid? Ini Dia Beberapa Tips Meredakan Rasa Nyeri Saat Haid

Sebagai wanita, kita harus sangat bersyukur karena diberi keistimewaan. Salah satu keistimewaan wanita yaitu diberi cuti bulanan. Namun saat "tamu" bulanan datang, saat-saat pertama akan terasa sangat menyakitkan tapi kita justru harus bersyukur guys saat kita nyeri saat haid. Jika wanita yang tidak mengalami nyeri saat haid justru kurang baik dan sebaiknya cek ke dokter secepat mungkin.
Kamu tidak perlu khawatir dengan rasa sakit saat haid, karena tidak hanya kamu saja guys yang merasakan tapi sebagian besar wanita pasti mengalami itu. nah, untuk mengurangi rasa nyeri saat hari pertama haid, kamu perlu melakukan hal-hal berikut ini.

1. Saat Haid Datang, Kamu Perlu Minum Air Kunyit Atau Jamu Kunyit Untuk Memperlanjar Haid Dan Meredakan Nyeri Haid

image source: kabarinews.com
Kunyit dipercaya mampu mengurangi rasa sakit perut. Nah, saat kamu datang bulan atau haid, kamu lebih baik meminum jamu kunyit. Biasanya jamu kunyit ini dijual oleh pedagang jamu yang biasanya berkeliling. Atau jika kamu tidak menemukan jamu kunyit, kamu bisa buat sendiri. Caranya kamu haluskan kunyit dan tambahkan air secukupnya. Lalu pisahkan air dengan seratnya. Kamu juga bisa menambahkan sedikit gula, supaya rasanya sedikit manis. Jamu kunyit ini juga dipercaya bisa melancarkan haid.

2. Minum Air putih Sebanyak-Banyaknya Bisa Meredakan Nyeri Haid

image source: www.tutorialoka.com
Air putih memang sangat banyak manfaatnya. Dengan menimun banyak air putih tubuh kita akan sehat, terasa bugar, dan air putih ini juga bisa meredakan nyeri haid.

3. Daripada Meratapi Rasa Sakit, Cobalah Melakukan Senam-Senam Kecil Untuk Meredakan Rasa Nyeri Saat Haid

image source:  health.kompas.com
Saat rasa nyeri datang dan kamu hanya meratapi rasa sakit itu, rasa sakit itu malah akan semakin terasa. Nah, lebih baik kamu melakukan gerakan-gerakan kecil yang bisa membuat sirkulasi haid kamu menjadi lancar. Namun, lebih baik kamu jangan lari-lari ya saat haid.

4. Mengkonsumsi Makanan yang Kaya Akan Zat Besi Juga Bisa Membantu Meredakan Nyeri Saat Haid

image source: bangiz.blogspot.com
Zat besi sangat penting bagi tubuh kita, terutama bagi kamu yang sedang haid. Saat haid kamu biasanya akan merasakan lemas, nah Zat besi ini sangat kamu perlukan supaya kamu tetap kuat dan terlihat segar saat haid. kamu bisa mengkonsmsi sayur seperti abyam aya kacang-kacangan.

5. Saat Nyeri Datang, Cobalah Kompres Dengan Air Hangat

image source: www.planetputri.com
Jika rasa nyeri haid membuat kamu tidak bisa melakukan aktivitas sehari-hari. Kamu perlu mencoba mengkompres perut kamu dengan air hangat. Caranya, kamu masukan air hangat kedalam botol, lalu letakkan diatas perut kamu.  Hal ini bisa merelaksasi perut sehingga rasa nyeri sedikit berkurang.

Nah, itu dia girls beberapa tips yang bisa kamu lakukan saat nyeri haid datang. Semoga bermanfaat ya.