Mata Terasa Lelah? Yuuk Bebaskan Mata Sejenak Ketika Lelah - bukan.info

Mata terasa sakit karena lelah? Kepala pening padahal masih banyak tugas kuliah atau tugas kantor yang harus diselesaikan? Waktu terus berjalan dan tugas harus segera dikumpulkan? Atau pekerjaan masih menumpuk dan masih butuh waktu panjang untuk tetap di depan PC atau laptop?
Tenanglah sobat, mata kita hanya membutuhkan waktu sedikit untuk merasa rileks. Untuk itu, kali ini bukan.info akan berbagi tips untuk membebaskan mata lelah akibat terlalu lama di depan monitor. Apa saja ya yang harus kita lakukan? Simak yuuk.. :)

Tulisan kali ini bukan.info kutip dari tulisan Ade Yulian dalam bukunya "Mata Sehat Mata Indah".
1. Istirahatkanlah Mata Sejenak


image source: disehat.com

Sepanjang waktu bekerja, berikanlah kesempatan mata untuk beristirahat sejenak dengan fokus pada sesuatu selain layar monitor.  Cobalah angkat jari telunjuk dan tempatkan beberapa cm dari wajah. Fokuskan pandangan pada jari dan perlahan pindahkan jari itu lebih jauh beberapa cm. Kemudian fokuskan pandangan pada yang lebih jauh dan kembali ke fokus ke jari. Perlahan kembalikan jari ke posisi beberapa cm di depan wajah. Kemudian pindahkan fokus ke objek jauh dan tetap berfokus ke sana selama beberapa detik. Ulangi latihan ini tiga kali sepanjang waktu kerja.


2. Ubah Kebiasaan, Ubah Posisi Duduk atau Lakukan Kegiatan Lain Sejenak


image source: health.kompas.com


Cobalah berdiri dan bergerak menjauh dari meja kerja paling tidak beberapa jam sekali. Jika mungkin rebahkan bahu di sandaran kursi dan tutup mata selama beberapa saat. Paling tidak berikan istirahat selamat 5 menit setiap jam. Lakukan hal lain seperti menelpon dan membereskan berkas surat.

3. Sering Berkedip karena Berkedip akan Membantu Melembabkan Mata


image source:chibi-cyber.com

Ini untuk menyegarkan mata kembali. Tahukah Sobat bahwa orang yang bekerja di depan monitor berkedip lebih jarang? Maka dari itu banyak yang mengalami kasus mata kering. Berkedip akan memproduksi air mata sehingga membantu melembabkan mata.


4. Lakukan Rileksasi
image source: m.infospesial.net

Rileksasi dapat eringankan ketegangan otot. Misalnya dengan meletakkan siku di meja kerja, telapak tangan menghadap ke atas. Biarkan beban jatuh ke depan dan kepala jatuh ke tangan. Posisikan kepala sehingga alis berada di dasar telapak tangan dengan jari menjulur ke dahi. Tutup mata dan tarik napas melalui hidung. Tahan napas selama beberapa detik. Buang napas, Lanjutkan pernapasan dalam ini selama 15-30 detik.

Ulangilah latihan sederhana ini beberapa kali sehari.

Itulah Sobat, 4 Tips yang dapat bukan.info bagikan kali ini dalam mengatasi mata lelah ketika di depan monitor. Baca juga yaa artikel terkait tentang 6 Tips Menjaga Kesehatan Mata, dan Senam Mata. Terima kasih yaa Sobat, semoga bermanfaat :)