Tips Lolos Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negri-bukan.info

Gimana kabarnya sahabat bukan.info, terutama yang baru selesai mendengar hasil ujian nasional tingkat SMU dan sederajat. Sekarang mungkin sahabat lagi memikirkan cara masuk keperguruan tinggi. Sebagian mungkin kebingungan karena saat ini seleksi masuk ke perguruan tinggi semakin ketat. Nah, berikut ini bukan.info berusaha membantu sahabat yang kebingungan tersebut dengan berbagai tips lolos seleksi masuk perguruan tinggi negeri.Untukl olos masuk Perguruan Tinggi Negri setidaknya kita harus mempersiapkannya dengan sungguh-sungguh. Untuk SNMPTN mungkin memang sudah terlanjur menggunakan nilai raport, bagaimana dengan Ujian Tulis Masuk PTN? raport dan nilai UN tidak berpengaruh dan yang berpengaruh adalah skor ketika kita ujian tulis tersebut.



1. Berdo'a 

 Image source Google.com

Doa adalah anjuran semua agama bagi penganutnya ketika hendak melakukan segala aktifitas. Karena diyakini bahwa dengan Do'a kita akan memiliki ketenangan jiwa, jiwa yang tenang lebih mudah untuk berfikir. Sehingga dalam menjalani seleksi, kita lebih tenang walaupun suasananya menegangkan.



2. Niat untuk belajar

 Image source Google.com

Siswa SMU biasanya ketika setelah melaksanakan ujian nasional, mulai pada malas-malesan. Hal ini karena mereka beranggapan bahwa telah lolos dari belenggu soal-soal ujian nasional, dan ekarang saatnya untuk berlibur dan bersenang-senang. Saat seperti ini sangat mempengaruhi jiwa dan pikiran siswa yang baru ujian tersebut. Padahal untuk masuk ke perguruan tinggi dibutuhkan niat yang kuat untuk belajar. Oleh karena itu, perlunya menjaga kondisi jiwa selain kondisi fisik agar tetap stabil dari pengaruh liburan dan senang-senang.


3. Daftar Ujian Tulis dan Pilih Jurusan Secara Cerdas

 Image source Google.com

Putuskan untuk mendaftar dimana, jangan setengah-setengah, mantapkan, isi formulir pendaftaran dengan se-benar-benarnya, dan jangan lupa bayarya, kalo ngga bayar ngga dapet kartu ujian buat mengikuti seleksi tulis biasanya .
Pilihlah jurusan secara cerdas maksudnya, kita belajar untuk mengukur kemampuan kita sendiri .Biasanya akan di beri 3 kesempatan memilih jurusan dan Universitas, jangan lupa pertimbangkan juga dengan passing grade, peluangs etelah lulus, dan akreditasi . Dalam memilih jurusan strateginya :
•    pilihan jurusan pertama adalah jurusan yang tidak mungkin kita dapatkan (mencoba peruntungan)
•    pilihan jurusan kedua adalah jurusan yang optimis kita di terima
•    pilihan jurusan ketiga, adalah jurusan yang sangat-sangat berpeluang besar untuk kita bisa masuk kesana


4. Persiapan  UjianTertulis

 Image source Google.com

Untuk mengikuti ujian tulis agar lebih terkondisional harus di persiapkan juga, di antaranya :
•    Minimal satu hari sebelum ujian, sudah tahu letak dimana ruangan kita akan mengikuti ujian tulis.
•    Siapkan pensil 2B, penghapus (bila perlu) dan papan ujian
•    Siapkan juga untuk mengenakan pakaian yang rapi dan sesuai
•    Siapkan makanan minuman (bila perlu) jadi, pas di sela-sela jam istirahat / sebelum ujian mungkin merasa lapar, tidak perlu beli jauh-jauh .
•    Jangan lupa kesehatan badan dan mental juga harus di jaga, biar fit