Lima Tradisi Puasa di Indonesia - Bospedia.com

Indonesia merupakan negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia. Bahkan muslim Indonesia saat ini di akui dunia sebagai muslim yang paling progresif. Hal ini karena pesatnya perkembangan spiritual dan pengetahuan kaumk muslim Indonesia dan tingginya toleransi antara masyarakat muslim dengan ono muslim. Tidak hanya itu, dengan adanya berbagai golongan muslim di Indonesia ini, semuanya hidup rukun dan tentram. Ketentraman inilah yang membuat muslim Indonesia menjalani ibadahnya dengan ekspresi yang satu sama lain berbeda namun tidak saling melecehkan satu sama lain. Inilah yang menjadikan muslim Indonesia penuh dengan keuinikan budaya atau tampilan berislam yang khas dan beda dengan kaum muslim di negara lain. Muslim Indonesia adalah musli9m yang toleran dan dibungkus dengan berbagai kekayaan budaya yang tidak bertentangan dengan syariat. Berikut merupakan kebudayaan masyarakat muslim Indonesia dalam bulan romadhan.





1.    Nyekar


Image source Google.com

Nyekar merupakan tyradisi menabur bunga di kuburan. Nyekar atau Sering ini merupakan tradisi yang hamper di seluruh daerah Indonesia masyarakat muslim  melakukannya . biasanya Nyekar dilakukan ke kuburan keluarga, seperti orang tua, kakek, nenek, atau anak yang telah meninggal. Selain menabur bungan Nyekar juga dilakukan denghan membaca doa kepada Allah untuk keselamatan orang yang sudah wafat tersebut.

2.    Padusan

Image source Google.com

Padusan merupakan tradisi yang dilakukan pada saat menyambut bulan suci ramadhan. Padusan dilakukan untuk menyucikan diri ketika memasuki bulan suci ramadhan, Padusan biasanya dilakukan dengan menyebur diri ke dalam sungai, danau, atau pantai. Tradisi ini terkenal di jawa namun tidak untuk luar jawa.

3.    Megengan 

Image source Google.com

Tradisi ini pertama kali di perkenalkan di masyarakat Jawa, terutama Jawa timur oleh sunan Kalijaga ketika menyebarkan agama Islam. Tradisi ini dilakukan dengan membagikan kue apem atau makanan ringan lainnya kepada masyarakat sebelum puasa.

4.    Berkatan/Punggahan 

Image source Google.com

Tradisi Berkatan merupakan tradisi membaca doa dan tahlil di rumah-rumah yang suda ditetapkan atau juga dilakukan dib alai desa. Tradisi ini dilakukan berdasarkan penanggalan Jawa atau minggu terakhir sebelum bulan puasa.

5.    Dug Deran

Image source Google.com

Tradisi Dug Deran merupakan tradisi yang memadukan tiga budaya, yaitu Tionghoa, Arab, dan Jawa. Tradisi ini berasal dari Semarang, jawa tengah. Dugderan sendiri merupakan tradisi membunyikan bedug dan biasanya untuk wilayah perkotaan di adakan seperti pawai.