Makanan yang Membantu Menjaga Kesehatan Mata Sahabat - Bospedia.com

Mata adalah salah satu organ tubuh yang termasuk panca indra. Sebagai indra penglihat, mata memiliki peranan penting. Jika mata kita terganggu kesehatannya maka aktivitas kita juga bisa saja terganggu. Inilah bukti bahwa kita adalah makhluk yang sangat lemah, tidak memiliki kekuatan apa-apa jika bukan karena kasih sayang Allah.

Sebagai makhluk yang bersikap amanah terhadap titipan Allah, sudah sepatutnya kita menjaga amanah itu. Menjaga kesehatan adalah bentuk menjaga amanah. Menjaga kesehatan mata sebagai bukti rasa syukur kita kepada nikmat penglihatan ini.

Seperti yang kita tahu, semua makanan yang kita konsumsi pasti berpengaruh pada setiap organ di tubuh kita. Pilihan makanan pun sangat berpengaruh pada kesehatan mata. Sebuah studi yang dilakukan National Eye Institute (NEI) menunjukkan kalau vitamin dan nutrisi tertentu merupakan kunci utama pencegahan penyakit mata.

Salah satu kandungan dalam makanan yang berperan dalam menjaga kesehatan mata adalah lutein. Lutein merupakan antioksidan karotenoid yang banyak ditemukan pada buah-buahan dan sayuran. Lutein ini juga merupakan pigmen yang memberikan warna kuning dan orange pada sayuran. Antioksidan ini dipercaya sangat penting untuk  menjaga kesehatan mata karena bisamelindungi dari katarak dan degenarasi macular.

Nah, di bawah ini adalah beberapa makanan yang baik untuk kesehatan mata versi Bospedia.com (dari beberapa literatur): 

1. Alpukat

image source: klikpintar.com


Alpukat merupakan buah kaya nutrisi, sumber vitamin A, C, B6 dan E yang baik untuk mata. Alpukat mengandung lebih banyak lutein dibandingkan buah lainnya. Zat ini sangat penting untuk mencegah degenerasi macular dan katarak

2. Wortel

 
image source: flasberita.com

Sudah tidak diragukan lagi bahwa wortel adalah makanan yang baik untuk mata. Wortel kaya akan beta karoten yang akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin A. vitamin ini berperan penting dalam proses bioelektrik di mata. Selain itu juga membantu tubuh melepaskan radikal bebas.

3. Telur

image source: shofapramu.wordpress.com

Telur mengandung nutrisi yang baik untuk mata seperti vitamin A, seng, lutein, lecithin, B12, vitamin D dan cysteine.

5. Tomat

image source: anneahira.com
Tomat  mengandung banyak vitamin C dan lycopene yang keduanya baik untuk kesehatan mata kita.

6. Biji Bunga Matahari dan Bawang Putih

image source: pojokinfo.com

Biji bunga matahari mengandung selenium, nutrisi yang bisa mencegah katarak dan menjaga kesehatan mata secara umum. Bawang putih juga mengandung selenium seperti biji bunga matahari, citamin C dan quercetin.

7. Salmon

image source: www.huffingtonpost.ca

Ikan salmon kaya akan omega-3 yang penting bagi kesehatan mata. Salmon juga mengandung asam folik, vitamin D, vitamin B6, B12 dan vitamin A.

 8. Bayam


image source: berita.grosirkeripik.com

Bayam banyak mengandung zat-zat yang baik bagi kesehatan tubuh secara umum. Selain mengandung zat besi, bayam mengandung vitamin A. lutein dan zeaxathin yang sangat baik bagi kesehatan mata kita.

Itulah Sobat, makanan (buah dan sayur) yang baik untuk menjaga kesehatan mata. So, masihkah ragu untuk mengonsumsi buah dan sayur yang kaya manfaat ini?