Sudah Siapkah Kamu menghadapi Kuliah Kerja Nyata (KKN)? Ini Nih Bekal yang Bisa Kamu Persiapkan untuk Menghadapinya - Bospedia.com

Kuliah kerja nyata (KKN) adalah salah satu syarat yang harus di ikuti oleh setiap mahasiswa dalam menempuh pendidikan di perkuliahan. Banyak yang harus disiapkan oleh masing-masing mahasiswa pada saat terjun ke masyarakat, salah satunya adalah mental. Bagi kamu yang saat ini akan menghadapi masa-masa KKN, apa yang sudah kamu persiapkan? Nah, kali ini Bospedia.com akan mengajak kamu yang saat ini sedang berada di bangku kuliah dan akan menghadapi KKN untuk sedikit mengulas tentang bekal apa saja yang bisa kamu persiapkan saat terjun ke masyarakat :



1. kamu harus mempersiapkan mental dan fisik kamu jika ditempatkan di daerah yang jauh dari lokasi perkotaan

siapkan bekal kemampuan fisik dan mental kamu untuk terjun ke masyarakat
image source grassshackroad.com

Mental dan fisik sangat penting untuk kamu persiapkan pada saat menghadapi KKN. Jika fisik kamu kuat maka kamu akan siap untuk ditempatkan dimana-mana. Selain itu mental juga akan mempengaruhi aktivitas kamu saat berhadapan dengan orang yang baru baru. Jika kamu mempunyai mental yang bagus, maka kamu akan lebih siap menghadapi watak dan sifat dari orang baru yang akan kamu temui dilapangan nanti.


2. Persiapkan beberapa bekal materi dan beberapa pengetahuan saat kamu terjun ke masyarakat


kemampuan dan pengetahuan kamu akan diuji saat kamu terjun dalam lingkungan masyarakat
image source materi-it.unpkediri.ac.id

Biasanya para mahasiswa yang sedang terjun ke masyarakat dianggap sebagai orang yang tahu akan segala hal. Nah, anggapan ini menjadi rumit buat kamu jika kamu tidak mempersiapkan bekal materi dan pengetahuan secara lebih mendalam. Jadi, segeralah untuk mencari materi supaya bisa kamu jadikan sebagai bekal untuk terjun ke masyarakat.


3. Siapkan beberapa program kerja yang bisa kamu angkat saat terjun ke masyarakat

buatlah program kerja yang sesuai dengan jurusan kamu dan beberapa program kerja kelompok yang bagus
image source kampusholic.blogspot.com

Beberapa karakter dan watak dari lingkungan masyarakat yang berbeda bisa kamu jadikan sebagai patokan untuk merancang beberapa program kerja. Kamu bisa membuat beberapa kegiatan yang menurut kamu cocok di terapkan pada lingkungan masyarakat tersebut dengan melihat beberapa kegiatan yang biasa mereka lalukan. Namun jika kamu sudah membuat rancangan program kerja, kamu tinggal mengevaluasi kecocokan program tersebut jika diterapkan di lingkungan masyarakat.


4. Nah, yang paling penting untuk kamu persiapkan sebagai bekal KKN adalah pendanaan

kamu harus bisa memanajemen biasa dan keuangan
image source wnkase.blogspot.com

Jika berbicara mengenai pendanaan maka ha ini menjadi sangat penting dan tidak bisa kamu anggap sepele. Kamu harus mampu untuk mengatur keuangan saat terjun ke masyarakat. Beberapa program kerja yang sudah kamu persiapkan juga harus dilihat berapa dana yang akan di keluarkan, sehingga kamu bisa memenejemen keuangan kamu secara maksimal.


Demikian beberapa bekal yang bisa kamu persiapkan untuk menghadapi kuliah kerja nyata (KKN) buat kamu yang sedang berada di bangku kuliah. Semangat, percaya diri, dan pikiran yang positif adalah kunci untuk kesuksesan kamu. Terima kasih telah membaca "Sudah Siapkan Kamu Menghadapi Kuliah Kerja Nyata (KKN),  Ini Nih Bekal yang Bisa Kamu Persiapkan untuk Menghadapinya". Jangan lupa untuk untuk berkunjung kembali ke Bospedia.com