Ramadhan Sebagai Bulan Jual Beli, So Ayo Sahabat Bekali Ramadhan Terbaikmu dengan Dua Modal Utama - Bospedia.com

Tidak terasa, Ramadhan sudah sangat dekat. 7 hari lagi in syaa Allah kita bertemu dengan bulan mulia ini. Wah, tak terkira bahagianya hati ini. Eits, sudah menyiapkan bekal apa ini untuk menjalani hari-hari selama bulan Ramadhan? Apa? Belum menyiapkan apa-apa? Waah, siapkan sekarang yuuk sobat :) Memangnya apa saja sih bekal utama di bulan Ramadhan ini?
 
image source: immodigitalstudio.blogspot.com


Sebagaimana yang dijelaskan oleh para Ustadz ketika di majlis ilmu, Tarhib Ramadhan, bahwasanya 

bulan Ramadhan ini adalah bulan jual beli. 

Lho kenapa? karena di bulan ini, Allah memberikan diskon besar-besaran. Iya. Bayangkan saja, pintu neraka Allah tutup, pintu surga dibuka selebar-lebarnya. Pahal diobral. Setiap amal sholeh ganjarannya dilipatgandakan. Waahh, subhanallah. Jangan sampai kita rugi dalam bulan jual beli kali ini sobat. Seorang pengusaha dikatakan rugi kalau tidak bisa menjaga modal. Modal untuk dagang dipakai untuk yang lain, akhirnya lama-lama habis. Hmm,,,pengalaman berkali-kali nih hingga akhirnya bangkrut. hehehe


image source: alhikmah.ac.id

Jadi bagaimana agar kita bisa melakukan jual beli yang cerdas? Apa modal utama kita?
Cukup dua sobat, cukup dua modal utama, yaitu keimanan dan waktu.

Keimanan

Selama bulan Ramadhan ini sebisa mungkin kita meminimalisir hal-hal yang menjauhkan kita dari Allah. Jauhi hal-hal yang bisa menurunkan keimanan dan ketaatan kita kepada Allah. Jika aktivitas kita menghalangi kita dari ketaatn kepada Allah, maka tinggalkan aktivitas itu. Jika kita memiliki teman yang mengajak kepada keburukan, maka jauhilah teman itu. Carilah teman-teman yang mengajak pada kebaikan, yang jika kita melihatnya, selalu membuat hati kita mengingat Allah. Ahh sungguh indah pertemanan dan persahabatan karena Allah, pertemanan yang mencari ridho Allah.


image source: abd-holikulanwarislamic.blogspot.com


Waktu


image source: mas-mar.blogspot.com


Waktu yang Allah berikan kepada setiap orang di dunia itu sama, 1 X 24 jam. Tetapi. kenapa ya ada orang yang produktif dan yang tidak? Ada yang punya kesibukan tiada henti tapi ada yang luaaang sekali? Hmmm,, itulah seni mengatur waktu yang tidak dimiliki setiap orang. Perbedaan cara memanfaatkan waktu yang tersedia. Usia kita adalah modal. Apalagi usia muda. Usia inti hakikatnya adalah pemuda.Di bulan Ramadhan ini semoga kita menjadi orang yang terlatih. Sebenarnya latihannya dari bulan-bulan sebelumnya. Tapi tidak mengapa semoga ini belum terlambat. Jadikanlah setiap waktu di bulan penuh ampunan ini bernilai ibadah. Isi dengan tilawah, sholat, sedekah, dan sebagainya. Jadikan pula tidur kita diniatkan untuk ibadah, pergi ke masjid, pergi ke kampus, bekerja dan membantu orang tua semuanya diniatkan ibadah.


image source: donikaizen.blogspot.com
Itulah sobat, Bekal dan Modal Utama untuk menjalani bulan Ramadhan. Semoga kita bisa menjadi orang yang cerdas, yaitu yang bisa beramal bukan untuk dunia tetapi beramal untuk mempersiapkan kehidupan setelahnya yaitu akhirat. Semoga kita selalu semangat, setiap nafas dan aktivitas kita bernilai ibadah :) Aamiiin..
Semoga bermanfaat yaa, read and share :D