Lima Rumah Adat Indonesia Yang Hampir Punah - Bospedia.com

Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi telah mempengaruhi berbagai aspek kehidupan manusia. Pengaruh tersebut memberikan dampak positif dan negatif terhadap keberlangsungan hidup manusia. Apalagi di era digital seperti ini, kita sering kali dihadapkan dengan berbagai tantangan yang nyaris melenyapkan kesejatian diri kita. Hal yang paling terasa dari dampak perkembangan tersebut adalah di aspek sosial dan budaya. Indonesia sebagai negara dengan jumlah penduduk ratusan juta lebih dengan berbagai suku dan budayanya pun tergoyahkan dengan perkembangan tersebut. Sebut saja adat dan istiadat yang hampir tergerus oleh perkembangan zaman saat ini.

Edisi ini Bospedia.com kembali menyajikan informasi seputar adat istiadat masyarakat Indonesia yang hapir punah tergerus zaman. Dalam edisi ini spesifiknya lebih ke rumah adat Indonesia yang hampir punah. Berikut tiga rumah adat yang hampir punah versi Bospedia.com .


1. Rumah Adat Bumbungan Lima 

Image source Google.com

Rumah yang menjadi identitas propinsi Bengkulu ini nyaris punah. Hal ini karena saat ini masyarakat lebih cenderung menyukai rumah dengan gaya arsitektur modern. Rumah yang di dindingnya terdapat doa-doa untuk penghuni ini saat ini bisa dihitung dengan jari. 

2. Rumah Panggung Jambi

Image source Google.com

Rumah yang berbentuk panggung persegi panjang 12 m x 9 m ini dengan tiang penyangga sebanyak 30 ini nyaris punah. Rumah kebanggaan propinsi Jambi tersebut saat ini dapat kita saksikan di kampung Lamo. 

3. Rumah Adat Mamasa

Image source Google.com

Daerah yang letak geografisnya di propinsi Sulawesi Barat tersebut memiliki rumah adat yang unik dan indah. Akan tetapi menghadapi persoalan yang sama seperti rumah adat Jambi dan Lima di Bengkulu. Saat ini sudah sangat sulit sekali kita menemukan rumah adat Mamasa di daerah tersebut.