Jangan Malas Minum Air Putih: Berikut Enam Khasiat Air Putih Bagi Kesehatan - Bospedia.com

Di saat membanjirnya berbagai produk menimuman dengan bahan pewarna dan perasa berupa zat kimia tentu menuntut kita agar lebih berhati-hati untuk mengonsumsinya. Sikap kehati-hatian ini merupakan sebuah rasa syukur kita kepada Sang Pencipta. Minuman yang berbahan kimia tentu berbahaya bagi tubuh manusia, walaupun tidak semua minuman produk memiliki bahaya. Ada sebagian yang juga di anjurkan oleh para dokter. Tentu minuman-minuman produk seperti ini sudah melewati uji kelayakan konsumsi di laboratorium. Seperti minuman berupa obat dan penambah stamina tubuh. Akan tetapi minuman yang sering dianjurkan oleh para dokter adalah air putih. Kenapa, karena air putih memiliki khasiat sebagaimana dijelaskan berikut ini:


1. Melindungi Jantung

Image source Google.com
 
Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh American Jurnak of Epidemiologi, menyebutkan bahwa seseorang yang mengonsumsi air putih sebanyak 8 gelas ukuran gelas aqua, akan menurunkan 45% resiko kena serangan jantung.

2. Menurunkan Berat Badan

Image source Google.com

Air menurut para ahli tidak memiliki kalori, karbohidrat, dan protein. Minuman dan makanan yang mengandung ketiga unsur zat kimia tersebut mengakibatkan kegemukan seseorang yang sering mengonsumsi. Oleh karena itu, orang yang sering mengonsumsi air putih tentu berat dan volume tubuhnya bisa terjaga.

3. Sebagai Penambah Energi Tubuh

Image source Google.com

Banyak orang sering mengatakan bahwa ketika lapar mereka masih bisa menahannya. Akan tetapi jika mereka haus, sama sekali tidak bisa menahanya. Dalam penelitian, peneliti mengatakan bahwa air bisa menggantikan cairan tubuh yang hilang karena dehidrasi. Cairan tubuh yang hilang karena dehidrasi itulah yang mengakibatkan tubuh manusia menjadi lemah.

4. Meningkatkan Ketajaman Otak

Image source Google.com

Pakar kesehatan mengatakan bahwa otak manusia sangat membutuhkan oksigen untuk menjalankan fungsinya secara optimal. Oleh karena itu, air putih sebagai penyuplai oksigen tubuh sangat berperan penting untuk membantu otak menjalankan fungsinya. Sebuah penelitian mengatakan bahwa tingkat dehidrasi sebesar 1% saja mempengaruhi fungsi-fungsi berfikir.

5. Mencegah Sakit Kepala

Image source Google.com

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas of Masstricht, Belanda, mengatakan bahwa ketika seseorang yang menderita diakibatkan migrain, dapat mencegahnya dengan selalu mengonsumsi air putih sebanyak 8 gelas setiap harinya.

6. Mencerahkan Kulit

Image source Google.com

Tubuh yang kekurangan cairang akan mengakibatkan sel-sel kulit mengerut. Dengan memperbanyak mengonsumsi air putih membuat kulit terjaga elastisitasnya. Sehingga kulit tetap terlihat lembab atau tidak kering.